Mengenal Crumple Zone dari Cara Kerja serta Fungsinya Bagi Kendaraan

Kamis 16 Februari 2023, 14:30 WIB
Mengenal Crumple Zone dari Cara Kerja serta Fungsinya Bagi Kendaraan. | (Sumber : wuling.id).

Mengenal Crumple Zone dari Cara Kerja serta Fungsinya Bagi Kendaraan. | (Sumber : wuling.id).

SUKABUMIUPDATE.com - Crumple zone atau zona benturan merupakan fitur keamanan yang dirancang untuk mengalami kehancuran saat terjadi kecelakaan. Penerapan crumple zone berguna untuk menyerap energi kinetik dari benturan dan meminimalisir dampaknya.

Mengutip laman wulling, Crumple zone biasanya diletakan di bagian depan dan bagian belakang sebuah mobil. Jika ditempatkan di bagian depan, maka lokasi penyimpanannya berada di bagian ujung depan mobil bahkan sampai dengan ruang kabin.

Oleh karena itu memahami istilah crumple zone bagi pengendara adalah sangat perlu. Karena keselamatan berkendara menjadi prioritas utama yang dimana sangat berguna untuk mengurangi risiko fatal saat terjadi kecelakaan.

Baca Juga: Merasa Diperas Soal Dana BOS, Kepsek SMP di Sukabumi Lapor Saber Pungli

Berikut cara kerja dan fungsi dari crumple zone yang dihimpun via Tempo.co.

Cara kerja crumple zone

Poros penggerak crumple zone terbuat dari serat karbon dan polimer yang dirancang untuk pecah menjadi fragmen serat kecil jika mengalami benturan. Hal inilah yang kemudian akan menimbulkan sedikit bahaya bagi penumpang.

Mengutip Science Direct, untuk meningkatkan kemampuan menyerap daya, struktur logam dibungkus dengan komposit yang diperkuat serat. Program elemen hingga ANSYS eksplisit digunakan untuk pemodelan.

Baca Juga: 13 Fakta Goa Kutamaneuh Sukabumi, Peristirahatan Prabu Siliwangi Sampai Johny Indo

Komposit carbon epoxy dan e-glass epoxy dibungkus menggunakan serat yang berbeda dan jumlah lapisan di sekitar tabung baja ringan.

Parameter penting lainnya yang digunakan sudut kompresi miring dan rasio tabung elips. Tabung hibrida diposisikan di antara dua pelat.

Elemen shell digunakan untuk membangun model elemen hingga seluruh permukaan model berguna eroding single surface untuk mengidentifikasi permukaan yang bersentuhan.

Baca Juga: Dulu Dibakar Kini Disegel, JAI Ungkap Alasan Bangun Madrasah di Sukabumi

Adapun hubungan automatic surface-to-surface ditugaskan ke permukaan antara tabung dan dua pelat. Sebelum model ini digunakan lebih lanjut, penting untuk membandingkan dengan solusi yang ada dan untuk melihat apakah model saat ini sesuai. Ketika sudut miring dan rasio elips naik, semua parameter kelaikan tabrak menurun.

Fungsi crumple zone

Fungsi utama crumple zone mengurangi kekuatan tabrakan yang diterima oleh penumpang kendaraan. Ketika kendaraan bertabrakan dengan benda keras, energi kinetik yang dihasilkan dari kecepatan kendaraan akan berubah menjadi potensial.

Jika kendaraan tidak memiliki crumple zone, energi potensial tersebut akan secara langsung disalurkan ke kabin dan penumpang dalam kendaraan. Itu menyebabkan cedera yang serius atau bahkan fatal.

Baca Juga: Kecelakaan dengan Truk Tronton, Pemotor Tewas di Jembatan Pamuruyan Sukabumi

Namun, adanya crumple zone, material di bagian depan atau belakang kendaraan bisa melengkung atau berkerut, sehingga energi tabrakan bisa diserap dan dikurangi secara bertahap.

Hal ini membantu melindungi penumpang kendaraan dari kekuatan tabrakan yang berlebihan dan mengurangi risiko cedera yang serius atau fatal.

Dalam beberapa kasus, crumple zone menolong mengurangi biaya perbaikan kendaraan setelah tabrakan karena material crumple zone mudah diganti atau diperbaiki.

Sumber: Tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Inspirasi08 September 2024, 09:00 WIB

Loker Marketing Manager di Jakarta Timur, Syarat: Mahir Ms. Office

Loker Marketing Manager di Jakarta Timur. Rekrutmen Pegawai Tetap masih dibuka hingga 5 November 2024 mendatang.
Loker Marketing Manager di Jakarta Timur, Syarat: Mahir Ms. Office (Sumber : Istimewa)
Food & Travel08 September 2024, 07:00 WIB

Resep Sup Durian Keju Mozzarella, Hidangan Pencuci Mulut yang Lezat!

Sup Durian Keju Mozzarella adalah perpaduan unik antara manisnya durian dan kelezatan keju, menciptakan hidangan penutup yang creamy dan meleleh di mulut.
Ilustrasi - Taman durian Hauma Ni Opung atau Hauma Ni Opung Farm and Plantation merupakan destinasi wisata yang harus dikunjungi oleh para penggemar buah durian (Sumber : iStock)
Science08 September 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 8 September 2024, Sukabumi Pagi Cerah Berawan dan Siang Potensi Hujan

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca berawan pada 8 September 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca berawan pada 8 September 2024. (Sumber : Freepik.com/@fanjianhua)
DPRD Kab. Sukabumi07 September 2024, 22:57 WIB

Sekretariat DPRD Sosialisasikan Peran Dewan Kepada Masyarakat di Sukabumi Expo 2024

Sekretariat DPRD menyuguhkan konsep yang berbeda pada pameran pembangunan di Sukabumi Expo tahun ini.
Stand Sekretariat DPRD Kabupaten Sukabumi di Sukabumi Expo 2024. (Sumber : SU/Ilyas)
Sukabumi07 September 2024, 22:21 WIB

Niat Jemput Istri, Cerita di Balik Kecelakaan Maut Warga Sukabumi Akibat Motor Tersangkut Kabel

Berikut cerita di balik kecelakaan maut yang menimpa ayah anak di Cicurug Sukabumi akibat motor tersangkut kabel di Jalan Raya Sukabumi-Bogor.
Kecelakaan maut di jalan raya Sukabumi-Bogor, seorang anak tewas terlindas truk usai motor yang ditumpanginya terjatuh akibat tersangkut kabel internet. (Sumber : Istimewa)
Kecantikan07 September 2024, 21:00 WIB

5 Manfaat Masker Mentimun untuk Mengurangi Kantung Mata

Masker mentimun efektif untuk mengurangi kantung mata karena sifatnya yang menghidrasi, menenangkan, dan mendinginkan.
Ilustrasi. Menggunakan masker. Efek pendingin alami mentimun juga dapat membantu mengurangi peradangan dan pembengkakan di area sekitar mata. (Sumber : Freepik/freepik)
Keuangan07 September 2024, 20:58 WIB

Perumda BPR Hadir di Sukabumi Expo 2024, Tawarkan Beragam Produk Tabungan dan Kredit

Tawarkan Beragam Produk Tabungan dan Kredit, Stand BPR Sukabumi disambut antusias pengunjung Sukabumi Expo 2024.
Stand Perumda BPR Sukabumi di Sukabumi Expo 2024, Lapang Canghegar Palabuhanratu. (Sumber : SU/Ilyas)
Sukabumi07 September 2024, 20:34 WIB

Perahu Terbalik Dihantam Badai, Nelayan Sukabumi Selamatkan Diri dengan Berenang ke Tepian

Berikut kronologi perahu nelayan Sukabumi terbalik dihantam ombak dan angin kencang di perairan Tegalbuleud Sukabumi.
Kondisi perahu nelayan yang sempat terbaik dihantam badai di perairan Tegalbuleud Sukabumi dievakuasi usai mendarat di tepian. (Sumber Foto: Istimewa)
Life07 September 2024, 20:00 WIB

Sleep Training Hacks: 9 Cara Agar Anak Cepat Tidur di Malam Hari

Sleep Training Hacks: Ciptakan rutinitas yang menenangkan sebelum tidur. Aktivitas seperti membaca buku, mendengarkan cerita, mandi air hangat, atau bermain dengan mainan lembut bisa membuat anak rileks sebelum tidur.
Ilustrasi. Cara Agar Anak Cepat Tidur di Malam Hari, Parenting Hacks untuk Ayah Bunda! (Sumber : Freepik/pvproductions)
Sukabumi07 September 2024, 19:35 WIB

Kabel Menjuntai Picu Kecelakaan Maut di Sukabumi, Saksi sebut Akibat Tersangkut Truk Kontainer

Saksi ungkap penyebab kabel menjuntai di Jalan Raya Sukabumi-Bogor yang picu kecelakaan maut, anak tewas terlindas truk.
Polisi saat olah TKP kecelakaan maut di Jalan Raya Sukabumi-Bogor tepatnya di Cicurug Sukabumi. Serang anak tewas terlindas truk usai motor yang diboncengnya terjatuh akibat tersangkut kabel. (Sumber : Istimewa)