Jembatan Panus Depok, Peninggalan Zaman Kolonial Belanda yang Penuh Misteri

Sabtu 26 Oktober 2024, 16:00 WIB
Jembatan Panus, yang membentang di atas Sungai Ciliwung, merupakan salah satu ikon sejarah di Kota Depok. (Sumber : Screenshot YouTube/@SHINING GLORY PRODUCTION).

Jembatan Panus, yang membentang di atas Sungai Ciliwung, merupakan salah satu ikon sejarah di Kota Depok. (Sumber : Screenshot YouTube/@SHINING GLORY PRODUCTION).

SUKABUMIUPDATE.com - Jembatan Panus di Kota Depok, Jawa Barat, yang telah berusia lebih dari 100 tahun, menyimpan berbagai cerita misteri di balik keberadaannya.

Seiring bertambahnya usia, jembatan ini sering menjadi topik cerita tentang hal-hal di luar nalar, termasuk penampakan makhluk tak kasat mata.

Selain penampakan astral, warga sekitar juga mengaku sering mendengar suara-suara aneh di area jembatan ini.

Lalu, seperti apa kisah lengkapnya? Yuk, simak sejarah dan misteri Jembatan Panus ini.

Awalnya, jembatan ini dibangun untuk menghubungkan Depok dengan Jalan Batavia-Buitenzorg, yang kini dikenal sebagai Jalan Raya Jakarta-Bogor.

Pada masa pemerintahan Belanda, Jembatan Panus adalah satu-satunya akses menuju area tersebut. Namun, lebih dari 20 tahun lalu, jembatan ini digantikan oleh jembatan baru yang lebih besar di sebelahnya.

Jembatan Panus, yang panjangnya sekitar 100 meter, dibangun oleh Andre Laurens dengan tenaga kerja pribumi. Nama "Panus" berasal dari Stephanus, yang merupakan mandor sekaligus pengawas proyek ini.

Jembatan Panus Depok yang dibangun pada tahun 1917. | Perpustakaan NasionalJembatan Panus Depok yang dibangun pada tahun 1917. | Perpustakaan Nasional.

Menurut kisahnya, jembatan ini dibangun tanpa menggunakan bahan besi, melainkan dari batu kali, kapur, pasir, semen, serta putih telur sebagai perekatnya.

Selain menjadi penghubung, Jembatan Panus berfungsi sebagai tempat pemantauan debit air Sungai Ciliwung yang mengalir dari Bogor menuju Jakarta. Pada tiang-tiang jembatan terdapat meteran tinggi air untuk mengukur debit air setiap harinya.

Dibangun pada tahun 1917, Jembatan Panus telah menjadi pusat berbagai cerita mistis yang membuat bulu kuduk berdiri.

Di balik sejarah panjang jembatan berusia lebih dari seabad ini, konon terdapat banyak cerita mistis yang dipercaya masyarakat Depok.

Dari penampakan Stephanus yang sering terlihat berjalan di jembatan bersama anjingnya, hingga munculnya sosok manusia kecil menyerupai kurcaci dan ular putih panjang.

Selain itu, ada juga makhluk halus yang kerap mengganggu pengendara yang melintas di Jembatan Panus, terutama para supir angkot, yang sering mengalami gangguan dari sosok perempuan misterius yang tiba-tiba menghilang.

Jembatan Panus bukan hanya dikenal angker karena dipercaya menjadi sarang makhluk gaib, tetapi juga sering dijadikan tempat untuk mencari benda pusaka dan pesugihan.

Bahkan, sudah menjadi kebiasaan bagi warga Depok yang melewati jembatan yang belum pernah direnovasi ini untuk membunyikan klakson sebagai tanda "izin lewat" kepada para penunggu jembatan.




Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi Memilih26 Oktober 2024, 18:25 WIB

Amankan Debat Calon Bupati Sukabumi, Ratusan Personil TNI-Polri Dikerahkan

Dalam rangka mengamankan debat publik Calon Bupati dan Wakil Bupati Sukabumi, ratusan personil gabungan TNI-Polri serta petugas lainnya disiagakan. Acara debat publik diselenggarakan di Aula Universitas Nusa Putra.
Petugas pengamanan gabungan saat melakukan apel di halaman parkir Universitas Nusa Putra. Sabtu (26/10/2024) | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi26 Oktober 2024, 18:00 WIB

Ngaku Gabut, 2 Wanita Muda di Kota Sukabumi Nekat Jadi Pengedar Narkoba

Kepala Unit 2 Satuan Reserse Narkoba, Polres Sukabumi Kota Ipda Asep Santosa, mengatakan dari tangan SS, pihaknya berhasil mengamankan barang bukti berupa narkotika jenis sabu seberat 5 gram yang didapatkan dari temannya
SS dan IS saat dihadirkan dalam komferensi pers di Polres Sukabumi Kota pada Jumat (25/10/2024) | Foto : Isitimewa
Life26 Oktober 2024, 18:00 WIB

Doa Agar Hidup Penuh Keberkahan dan Diberikan Keselamatan di Dunia Maupun Akhirat

Membaca doa memohon kebahagiaan dan keselamatan di dunia dan akhirat memiliki banyak manfaat bagi kehidupan kita.
Membaca doa memohon kebahagiaan dan keselamatan di dunia dan akhirat memiliki banyak manfaat bagi kehidupan kita. | Sumber: Freepik.com
Bola26 Oktober 2024, 17:46 WIB

Disambut Orang Tua: SBV JHI Cetak Atlet Voli hingga Jauhkan Anak Sukabumi dari Hal Negatif

Sekolah Bola Voli Jaringan Hera Iskandar (SBV JHI) yang berlatih di GOR Bunda Ratu, Kecamatan Nagrak, Kabupaten Sukabumi, mendapat respons positif dari para orang tua siswa yang anaknya aktif berlatih di sekolah ini.
Para siswa Sekolah Bola Voli Jaringan Hera Iskandar (SBV JHI) di Nagrak Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Gadget26 Oktober 2024, 17:00 WIB

6 Cara Mengatasi Layar HP yang Tidak Bisa Disentuh, Jangan Dulu Bawa ke Tempat Service!

Mengatasi layar HP yang tidak dapat disentuh dapat dilakukan dengan beberapa cara, tergantung pada penyebabnya.
Ilustrasi. Mengatasi layar HP yang tidak dapat disentuh dapat dilakukan dengan beberapa cara, tergantung pada penyebabnya. (Sumber : Pixabay/JanVasek)
Sukabumi Memilih26 Oktober 2024, 16:35 WIB

Target 70 Persen Suara di Dapil 2 Sukabumi, Asep Japar-Andreas Sentuh Jaringan Koalisi hingga Desa

Koalisi lima partai pengusung pasangan nomor urut 2, Asep Japar-Andreas di Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024, yaitu Golkar, PKB, PPP, PAN, dan Gelora, terus melakukan konsolidasi pemenangan
Konsolidasi partai koalisi pengusung Asep Japar-Andreas di Dapil 2 Sukabumi | Foto : Istimewa
Life26 Oktober 2024, 16:00 WIB

Jembatan Panus Depok, Peninggalan Zaman Kolonial Belanda yang Penuh Misteri

Jembatan Panus, yang membentang di atas Sungai Ciliwung, merupakan salah satu ikon sejarah di Kota Depok.
Jembatan Panus, yang membentang di atas Sungai Ciliwung, merupakan salah satu ikon sejarah di Kota Depok. (Sumber : Screenshot YouTube/@SHINING GLORY PRODUCTION).
DPRD Kab. Sukabumi26 Oktober 2024, 15:39 WIB

Hera Iskandar Dirikan Sekolah Bola Voli, Cetak Atlet Muda Berprestasi di Sukabumi

Dalam kurun waktu lima bulan, Sekolah Bola Voli Jaringan Hera Iskandar (SBV JHI) telah berhasil menarik minat siswa dari tingkat SD, SMP, hingga SMA, dengan fokus pada pengembangan keterampilan dan prestasi di bidang bola voli.
Hera Iskandar, Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi dari Fraksi Partai Gerindra | Foto : Sukabumiupdate
Nasional26 Oktober 2024, 14:32 WIB

Terlibat Perkara Pembunuhan Wanita Sukabumi, Eks Pejabat MA 10 Tahun Biasa Mainkan Kasus

Zarof biasa memainkan perkara ketika berdinas di MA sejak 2012 hingga 2022.
(Foto Ilustrasi) Zarof Ricar biasa mengurusi perkara kasasi di MA yang dapat menguntungkan pihak yang sedang berperkara. | Foto: Istimewa
Film26 Oktober 2024, 14:00 WIB

Sinopsis Film Koma, Berhenti Sebelum Mati: Suguhkan Petualangan Hingga Misteri

Koma, Berhenti Sebelum Mati adalah film Indonesia bergenre misteri yang menghadirkan kisah menegangkan tentang tiga remaja yang terjebak dalam petualangan tak terduga di Gunung Dempo.
Film "Koma, Berhenti Sebelum Mati" dijadwalkan tayang di bioskop Indonesia pada tanggal 31 Oktober 2024. (Sumber : Instagram/@filmkoma_).