6 Cara Merawat Kucing Baru Lahir Tanpa Induk, Begini Langkahnya Agar Anabul Sehat!

Kamis 24 Oktober 2024, 09:00 WIB
Ilustrasi - Merawat anak kucing yang baru lahir tanpa induk memerlukan perhatian ekstra, karena mereka sangat rentan. (Sumber : Freepik.com/@freepic.diller)

Ilustrasi - Merawat anak kucing yang baru lahir tanpa induk memerlukan perhatian ekstra, karena mereka sangat rentan. (Sumber : Freepik.com/@freepic.diller)

SUKABUMIUPDATE.com - Merawat anak kucing yang baru lahir tanpa induk adalah tugas yang membutuhkan kesabaran dan perhatian ekstra. Kucing induk memiliki insting alami untuk merawat anak-anaknya, mulai dari memberikan susu, menjaga suhu tubuh, hingga mengajarkan berbagai hal.

Oleh karena itu, kita perlu menggantikan peran induk kucing tersebut sebaik mungkin. Berikut adalah langkah-langkah penting untuk merawat kucing baru lahir tanpa induk:

1. Buat Sarang yang Hangat dan Nyaman

Anak kucing yang baru lahir tidak bisa mengatur suhu tubuh mereka sendiri, jadi kamu harus menyediakan tempat yang hangat dan nyaman. Gunakan kotak atau keranjang yang dilapisi dengan handuk atau kain lembut.

Pastikan suhu sekitar tetap hangat, bisa menggunakan botol air hangat atau lampu penghangat, namun jangan terlalu dekat agar tidak terlalu panas.

Suhu yang ideal:

  • Minggu pertama: 32°C – 35°C
  • Minggu kedua: 27°C – 32°C
  • Minggu ketiga hingga kelima: 24°C

2. Memberi Makan dengan Susu Pengganti

Anak kucing baru lahir membutuhkan susu khusus, karena mereka tidak bisa mencerna susu sapi. Kamu bisa membeli susu formula khusus anak kucing yang tersedia di toko hewan peliharaan.

Peralatan: Gunakan botol susu kecil khusus hewan atau pipet.
Frekuensi pemberian makan: Setiap 2-3 jam, termasuk di malam hari. Pada usia satu minggu, anak kucing membutuhkan sekitar 2-4 ml susu per kali makan. Jumlah ini akan meningkat seiring pertumbuhan mereka.

3. Bantu Mereka Buang Air

Anak kucing baru lahir tidak bisa buang air kecil atau besar sendiri. Biasanya, induk mereka akan merangsang aktivitas ini dengan menjilati area genital mereka. Kamu bisa menggunakan kapas atau kain lembut yang dibasahi air hangat untuk mengusap lembut bagian bawah (anus dan area genital) setelah makan untuk merangsang mereka buang air.

4. Pantau Kesehatan Mereka

Selalu perhatikan tanda-tanda kesehatan anak kucing. Jika mereka lesu, menangis terus-menerus, atau tampak tidak mau makan, segera bawa ke dokter hewan. Selain itu, cek apakah mereka mengalami diare atau sembelit, yang bisa menjadi tanda masalah pencernaan.

5. Bersihkan Secara Rutin

Kucing yang baru lahir butuh bantuan untuk tetap bersih. Gunakan kain basah hangat untuk membersihkan tubuh mereka secara perlahan, meniru cara induk kucing menjilati anak-anaknya. Pastikan juga sarang tetap bersih dan kering untuk menghindari infeksi atau penyakit.

6. Perhatikan Pertumbuhan dan Sosialisasi

Mulai umur 3-4 minggu, anak kucing bisa mulai diberi makanan semi-padat seperti makanan basah yang dicampur air. Selain itu, penting untuk mulai memperkenalkan mereka ke lingkungan agar terbiasa dengan orang dan suasana sekitar.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Entertainment24 Oktober 2024, 11:30 WIB

Paula Verhoeven Bantah Tuduhan Selingkuh yang Diungkapkan Baim Wong

Paula Verheoven menghadiri sidang perdana perceraiannya dengan Baim Wong yang digelar pada Rabu, 23 Oktober 2024, di Pengadilan Agama Jakarta Selatan.
Paula Verhoeven Bantah Tuduhan Selingkuh yang Diungkapkan Baim Wong (Sumber : Instagram/@paula_verhoeven)
Food & Travel24 Oktober 2024, 11:00 WIB

Gunung Tangkuban Parahu: Keajaiban Geologi dan Wisata Vulkanik di Bandung

Wisata Vulkanik di Bandung: Sejarah geologi mencatat, Gunung Tangkuban Parahu merupakan sisa dari Gunung Purba di Indonesia.
Wisata Vulkanik di Bandung: Gunung Tangkuban Parahu | Foto: twatangkubanparahu.com
Keuangan24 Oktober 2024, 10:58 WIB

Pj Wali Kota Sukabumi dalam Agenda Evaluasi Penatausahaan Keuangan Daerah Tahun 2024

Acara ini diselenggarakan oleh BPKPD Kota Sukabumi.
Pj Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji menghadiri kegiatan Evaluasi Penatausahaan Keuangan Daerah Pemerintah Kota Sukabumi Tahun 2024 yang digelar di Harmoni Hotel Garut pada Rabu (23/10/2024). | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Nasional24 Oktober 2024, 10:00 WIB

Usia Masuk Sekolah Dasar Diusulkan Jadi 6 Tahun

Usia masuk sekolah dasar diusulkan untuk dirubah dari 7 tahun menjadi 6 tahun. Hal itu disampaikan oleh Mantan Menteri Koordinasi Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy.
Usia masuk sekolah dasar  (Sumber : Freepik/@jcomp)
Nasional24 Oktober 2024, 09:53 WIB

Jaksa Sita Uang Miliaran, Kasus Dugaan Suap Ronald Tannur Si Pembunuh Wanita Sukabumi

Kejaksaan Agung telah menetapkan tiga hakim PN Surabaya dan pengacara Ronald Tannur sebagai tersangka dan menahannya.
(Foto Ilustrasi) Kejaksaan Agung menggeledah enam tempat terkait dengan dugaan suap dalam putusan bebas Gregorius Ronald Tannur. | Foto: Istimewa
Nasional24 Oktober 2024, 09:03 WIB

Kasasi Dikabulkan, Ronald Tannur Dihukum 5 Tahun Atas Pembunuhan Wanita Sukabumi

Perkara ini diadili Ketua Majelis Soesilo dengan anggota Ainal Mardhiah dan Sutarjo.
Gregorius Ronald Tannur. | Foto: Istimewa
Life24 Oktober 2024, 09:00 WIB

6 Cara Merawat Kucing Baru Lahir Tanpa Induk, Begini Langkahnya Agar Anabul Sehat!

Merawat anak kucing yang baru lahir tanpa induk memerlukan perhatian ekstra, karena mereka sangat rentan.
Ilustrasi - Merawat anak kucing yang baru lahir tanpa induk memerlukan perhatian ekstra, karena mereka sangat rentan. (Sumber : Freepik.com/@freepic.diller)
Inspirasi24 Oktober 2024, 08:00 WIB

Open Recruitment Hingga 16 Desember, Cek Info Loker Jakarta Berikut!

Pendaftaran Recruitment Dibuka Hingga 16 Desember, Berikut Info Loker Jakarta untuk Lulusan SMA/SMK!
Ilustrasi. Open Recruitment Hingga 16 Desember, Cek Info Loker Jakarta Berikut! (Sumber : Freepik/@pressfoto)
Aplikasi24 Oktober 2024, 07:08 WIB

Banyak Guru dan Siswa Indonesia Gunakan Canva untuk Desain Presentasi

Kepala Pemasaran Produk Canva, Jen Thompson, menyampaikan bahwa lebih dari 2,3 juta guru dan siswa di Indonesia telah membuat lebih dari 45 juta desain menggunakan aplikasi tersebut, khususnya dalam pembuatan lembaran presentasi.
Alplikasi canva untuk desain presentasi | Foto : Istimewa
Food & Travel24 Oktober 2024, 07:00 WIB

Resep Sambal Baby Cumi Daun Jeruk, Cocok Dimakan dengan Nasi Putih Hangat!

Daun jeruk di Sambal Baby Cumi memberikan sensasi rasa yang lebih segar dan khas, sangat cocok untuk para penggemar kuliner pedas dengan sentuhan cita rasa nusantara
Ilustrasi. Resep Sambal Baby Cumi Daun Jeruk, Cocok Dimakan dengan Nasi Putih Hangat! (Sumber : via MAHI)