9 Cara Memandikan Anak Kucing, Begini Langkahnya Agar Tidak Salah!

Rabu 23 Oktober 2024, 09:00 WIB
Ilustrasi - Memandikan anak kucing membutuhkan perhatian khusus karena tubuh mereka masih rapuh dan mereka belum terbiasa dengan air. (Sumber : Freepik.com).

Ilustrasi - Memandikan anak kucing membutuhkan perhatian khusus karena tubuh mereka masih rapuh dan mereka belum terbiasa dengan air. (Sumber : Freepik.com).

SUKABUMIUPDATE.com - Memandikan anak kucing perlu dilakukan dengan hati-hati dan lembut. Kucing adalah hewan yang sangat bersih dan umumnya tidak perlu dimandikan terlalu sering.

Namun, dalam beberapa kondisi seperti terkena kotoran yang sulit dibersihkan atau memiliki masalah kulit, memandikan kucing mungkin diperlukan. Berikut adalah langkah-langkah cara memandikan anak kucing dengan aman dan nyaman:

1. Siapkan Perlengkapan

Sebelum memandikan anak kucing, pastikan semua perlengkapan sudah tersedia, seperti:

  • Air hangat (tidak terlalu panas atau dingin)
  • Shampo khusus untuk kucing (jangan gunakan shampo manusia)
  • Handuk lembut
  • Sikat atau sisir khusus kucing
  • Cangkir kecil untuk membilas
  • Kapas untuk melindungi telinga (opsional)

2. Pastikan Anak Kucing Siap

Jika kucing masih terlalu kecil (kurang dari 8 minggu), sebaiknya hindari memandikan mereka kecuali benar-benar diperlukan. Sebaiknya tunda hingga mereka lebih kuat atau gunakan tisu basah khusus untuk membersihkan tubuh mereka.

3. Gunakan Air Hangat

Isi bak kecil atau wastafel dengan air hangat secukupnya, tidak terlalu dalam. Cukup sampai menyentuh bagian perut kucing. Pastikan air nyaman saat disentuh, tidak terlalu panas atau terlalu dingin.

4. Basahi Tubuh Perlahan

Masukkan anak kucing dengan perlahan ke dalam air. Basahi tubuhnya secara perlahan, hindari area kepala dan wajah. Untuk wajah, cukup gunakan kain basah.

5. Gunakan Shampo Kucing

Oleskan sedikit shampo kucing dan gosok secara lembut di seluruh tubuh, hindari bagian mata, hidung, dan mulut. Jika ada kotoran yang menempel, bersihkan dengan lembut.

6. Bilas dengan Lembut

Bilas tubuh anak kucing dengan cangkir kecil atau tangan, pastikan semua sisa shampo hilang dari bulu mereka. Hindari menyiram air langsung ke kepala.

7. Keringkan dengan Handuk

Setelah mandi selesai, segera bungkus anak kucing dengan handuk lembut. Usap tubuhnya secara perlahan hingga bulunya tidak terlalu basah. Hindari menggunakan pengering rambut kecuali dalam keadaan darurat dan pastikan pengering dalam suhu rendah.

8. Sisir Bulu

Setelah anak kucing agak kering, sisir bulunya dengan lembut untuk menghilangkan kekusutan. Ini juga akan membantu mempercepat pengeringan.

9. Berikan Kehangatan

Setelah mandi, pastikan anak kucing tetap hangat. Taruh di tempat yang nyaman dan hindari udara dingin agar tidak kedinginan.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Entertainment23 Oktober 2024, 11:30 WIB

Irish Bella Menikah Lagi, Ammar Zoni Galau dan Berencana Rujuk Usai Bebas dari Penjara

Pernikahan Irish Bella dengan pengusaha Haldy Sabri cukup mengejutkan publik sampai menjadi sorotan karena terkesan tiba-tiba. Apalagi Irish baru delapan bulan bercerai dari Ammar Zoni.
Irish Bella Menikah Lagi, Ammar Zoni Galau dan Berencana Rujuk Usai Bebas dari Penjara| Foto: Instagram/@_irishbella_
Sukabumi23 Oktober 2024, 11:08 WIB

RCSU Nusa Putra University Gelar Monev Internal untuk Dosen Penerima Hibah Dikti 2024

Kegiatan Monev RCSU Nusa Putra University ini dihadiri oleh para dosen penerima hibah Dikti 2024.
RSCU Nusa Putra University gelar monev internal untuk dosen penerima Hibah Dikti 2024, Selasa (15/10/2024). (Sumber : Istimewa)
Life23 Oktober 2024, 11:00 WIB

Prasasti Batu Tulis di Bogor, Peninggalan Prabu Siliwangi dan Kerajaan Pajajaran

Prasasti Batu Tulis menandai pengangkatan Sri Baduga Maharaja atau Prabu Siliwangi sebagai pemimpin Kerajaan Pajajaran (Kerajaan Sunda).
Prasasti Batu Tulis Prabu Surawisesa (kiri) dan Prabu Siliwangi (kanan) di Bogor. Foto: IG/@bogorpisan
Sukabumi23 Oktober 2024, 10:57 WIB

Sopir Mengantuk, Mobil Tabrak Pagar Rumah Warga di Ciracap Sukabumi

Kecelakaan tunggal mobil Avanza tabrak pagar rumah di Ciracap Sukabumi ini sempat membuat warga sekitar panik.
Kecelakaan tunggal Toyota Avanza tabrak pagar rumah warga di jalan raya Ujunggenteng Ciracap Sukabumi. (Sumber : Tangkapan layar video/Istimewa)
Sukabumi Memilih23 Oktober 2024, 10:00 WIB

Sejarah Volksraad, DPR Versi Hindia Belanda yang Lahir di Batavia

Volksraad berasal dari bahasa Belanda, yang terdiri dari dua suku kata, Volks artinya rakyat dan Raad artinya dewan, sehingga Volksraad berarti Dewan Rakyat.
Volksraad kerap disebut sebagai Dewan Permusyawaratan Rakyat atau DPR di zaman Hindia Belanda. Foto: IG/@nederlands_indie
Sukabumi23 Oktober 2024, 09:44 WIB

Respons KCD Disdik Jabar soal Aksi Demo Pelajar SMKN 1 Gunungguruh Sukabumi

Kepala KCD Wilayah V Disdik Jabar Lima Faudiamar merespons adanya aksi demo pelajar SMKN 1 Gunungguruh Sukabumi.
Pelajar salah satu SMK Negeri di Kabupaten Sukabumi unjuk rasa protes dana sumbangan pembangunan (Sumber : video viral)
Life23 Oktober 2024, 09:00 WIB

9 Cara Memandikan Anak Kucing, Begini Langkahnya Agar Tidak Salah!

Memandikan anak kucing membutuhkan perhatian khusus karena tubuh mereka masih rapuh dan mereka belum terbiasa dengan air.
Ilustrasi - Memandikan anak kucing membutuhkan perhatian khusus karena tubuh mereka masih rapuh dan mereka belum terbiasa dengan air. (Sumber : Freepik.com).
Inspirasi23 Oktober 2024, 08:00 WIB

Loker Sarjana di Perusahaan Makanan, Syarat: Fleksibel Kerja Shift Akhir Pekan

Rekruter akan menghubungi pelamar via telepon atau email resmi perusahaan, sehingga pelamar haru memastikan nomor telepon dan emailnya selalu aktif.
Ilustrasi - Loker Sarjana di Perusahaan Makanan, Syarat: Fleksibel Kerja Shift Akhir Pekan (Sumber : Pexels.com/@iMin Technology)
Food & Travel23 Oktober 2024, 07:00 WIB

Resep Bakso Goreng Ikan Tenggiri, Camilan Gurih Simpel untuk Keluarga

Bakso Ikan Tenggiri biasa disajikan sebagai camilan atau lauk pendamping dan sering dinikmati dengan berbagai saus seperti saus sambal.
Ilustrasi. Bakso Goreng Ikan Tenggiri, Camilan Gurih Simpel untuk Keluarga (Sumber : Freepik/@freepik)
Science23 Oktober 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 23 Oktober 2024, Pagi Hari Potensi Berawan dan Siang Waspada Hujan

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca berawan dan hujan ringan pada 23 Oktober 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca berawan dan hujan ringan pada 23 Oktober 2024. (Sumber : pexels.com/Jonathan Young)