Harapan Guru Honorer di Hari Guru Sedunia: Catatan untuk Calon Bupati Sukabumi

Rabu 09 Oktober 2024, 00:08 WIB
Iwa Kartiwa, Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Sukabumi | Foto : Sukabumiupdate

Iwa Kartiwa, Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Sukabumi | Foto : Sukabumiupdate

Hari Guru Sedunia yang diperingati setiap tanggal 5 Oktober sejak tahun 1994 bertujuan untuk memberikan dukungan kepada para guru di seluruh dunia dan meyakinkan mereka bahwa keberlangsungan generasi di masa depan ditentukan oleh guru.

Hari Guru Sedunia mewakili kepedulian, pemahaman, dan apresiasi terhadap peran vital guru dalam mengajarkan ilmu pengetahuan dan membangun generasi. Ini juga merupakan momen besar untuk merayakan kontribusi serta perubahan yang telah dilakukan guru dalam dunia pendidikan.

Di berbagai negara, Hari Guru Sedunia menjadi kesempatan untuk menyoroti pentingnya peran guru dalam membentuk masyarakat. Organisasi seperti UNESCO dan International Labour Organization (ILO) mendorong perbaikan kondisi kerja guru dan peningkatan kesejahteraan mereka.

Isu-isu mengenai profesionalisme, pelatihan berkelanjutan, dan pengakuan terhadap kontribusi guru menjadi agenda utama. Semua terlihat begitu manis di panggung dunia, namun bagi ribuan guru honorer di Indonesia, terutama di Kabupaten Sukabumi, peringatan ini mungkin terasa jauh dari kenyataan hidup sehari-hari. Nasib para guru honorer di Kabupaten Sukabumi tampak seperti “pemain cadangan” yang tak kunjung turun ke lapangan, menunggu kesejahteraan yang belum tiba.

Guru honorer di Kabupaten Sukabumi, seperti di banyak daerah lain di Indonesia, sering kali menghadapi kondisi yang jauh dari ideal. Penghasilan yang rendah, status kepegawaian yang tidak jelas, dan minimnya tunjangan kesejahteraan menjadi tantangan utama. Banyak dari mereka yang telah mengabdi bertahun-tahun, namun tetap belum diangkat sebagai ASN (Aparatur Sipil Negara) baik PPPK maupun PNS. Padahal, tanggung jawab yang mereka emban tidak berbeda jauh dari guru PNS, yaitu mengajar, mendidik, dan membentuk karakter peserta didik.

Meskipun peran mereka sangat penting, kesejahteraan yang mereka terima seringkali jauh dari layak. Dengan gaji yang bahkan di bawah upah minimum regional, banyak guru honorer harus mencari pekerjaan sampingan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Mereka tidak hanya mengajar, tetapi juga berjuang untuk hidup.

Bagi sebagian besar, menjadi guru bukan hanya panggilan jiwa, tetapi juga pengorbanan yang nyata. Walaupun sudah ada secercah kepedulian dari Pemda Kabupaten Sukabumi terkait pemberian insentif bagi guru honorer yang sudah memperoleh SK Petikan Bupati, nominalnya bertingkat tergantung masa kerja, yakni dari mulai Rp100 ribu - Rp500 ribu.

Baca Juga: Cerita Guru Honorer Sukabumi Nyambi Jadi Pemulung, Butuh Modal untuk Buka Lapak

Baca Juga: Rumah Tak Layak Huni Popon Guru Honorer di Waluran Sukabumi Dibedah Bupati

Guru honorer di Kabupaten Sukabumi sering merasa seperti “pemain cadangan” yang tak kunjung dipanggil untuk masuk ke lapangan. Meskipun pemerintah telah berupaya menyelesaikan masalah ini dengan berbagai kebijakan, seperti rekrutmen PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja), prosesnya masih berjalan lambat dan belum merata. Banyak guru honorer yang sudah lama menunggu, namun kesempatan untuk mendapatkan status yang lebih stabil belum juga datang.

Peringatan Hari Guru Sedunia telah berlalu tiga hari yang lalu. Namun, masih tersirat berbagai masalah dan pekerjaan rumah yang harus dituntaskan oleh para pemangku kebijakan, khususnya di Kabupaten Sukabumi. Penataan non-ASN atau honorer yang harus tuntas pada akhir Desember 2024 sesuai Undang-undang Nomor 20 Tahun 2023 masih jauh dari harapan. Hal ini terlihat dari jumlah formasi PPPK Guru 2024 di Kabupaten Sukabumi yang masih sedikit dibandingkan dengan jumlah guru non-ASN yang saat ini aktif mengajar di sekolah-sekolah negeri.

Tahun ini, jumlah formasi PPPK Guru Kabupaten Sukabumi hanya berjumlah 800, sementara jumlah tenaga guru honorer jenjang Dikdas mencapai 3500-an. Ini menjadi kebimbangan bagi guru-guru honorer Kabupaten Sukabumi, dimana Pemda hanya mampu mengusulkan formasi PPPK sebanyak 800 karena alasan anggaran.

Lebih miris lagi adalah nasib guru honorer PAI di Kabupaten Sukabumi yang selama ini termarjinalkan oleh aturan dan kebijakan. Sementara guru-guru umum memperoleh kesempatan untuk mengikuti PPG piloting yang diselenggarakan Kemendikbud Ristek, guru PAI tidak mendapatkan porsi yang sama karena perbedaan kewenangan dalam hal pengembangan profesi yang seharusnya diatur oleh Kemenag. Guru mapel PAI di sekolah negeri di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi tetap tidak memperoleh porsi PPG maksimal dari Kemenag, yang lebih fokus pada guru-guru di sekolah-sekolah di bawah naungannya.

Ketika kebijakan PPPK mulai digaungkan oleh pemerintah pusat pada tahun 2021, Kabupaten Sukabumi tidak memberikan satu pun formasi PPPK untuk guru PAI. Baru pada tahun 2022, jumlahnya hanya 25 formasi, dan di tahun 2023 bertambah menjadi 92 formasi (itu pun atas reaksi dari aksi audiensi yang dilakukan para guru honorer PAI). Tahun ini, guru PAI kembali hanya memperoleh 206 formasi, yang masih jauh dari jumlah guru umum yang telah diangkat sebagai PPPK pada tahun-tahun sebelumnya. Banyak dari mereka yang nasibnya masih belum pasti.

Kondisi ini menimbulkan frustasi.

Di satu sisi, mereka harus terus mengajar dengan dedikasi penuh, sementara di sisi lain, kepastian masa depan dan kesejahteraan mereka masih menggantung. Bagaimana mereka bisa fokus memberikan pendidikan berkualitas jika mereka sendiri hidup dalam ketidakpastian? Terutama bagi guru PAI, bagaimana bisa terwujud Visi Kabupaten Sukabumi yang Religius dan Mandiri jika pemerintahnya kurang peduli terhadap pemegang amanah dalam menciptakan generasi yang religius, yaitu guru PAI?

Hari Guru Sedunia seharusnya menjadi momen refleksi, tidak hanya untuk menghargai jasa para guru, tetapi juga untuk menyoroti tantangan yang mereka hadapi. Bagi guru honorer di Kabupaten Sukabumi, peringatan ini mestinya menjadi pengingat bagi pemerintah dan masyarakat untuk memberikan perhatian lebih kepada nasib mereka. Perlu ada langkah konkret untuk memperbaiki kesejahteraan para guru honorer, baik melalui peningkatan kesejahteraan, jaminan kesehatan, maupun kepastian status kepegawaian.

Di panggung internasional, selebrasi Hari Guru Sedunia akan terus bergema dengan meriah. Namun, tanpa perhatian yang nyata terhadap nasib para guru honorer di daerah-daerah seperti Kabupaten Sukabumi, selebrasi itu hanya akan menjadi simbol tanpa makna. Para pemain cadangan ini juga layak mendapatkan kesempatan untuk turun ke lapangan, berjuang dengan layak, dan diakui atas jasa mereka dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

Di Hari Guru Sedunia ini kami berharap memperoleh perhatian lebih terkait kesejahteraan, jaminan kesehatan, jaminan pendidikan putra putri kami. Jangan sampai kami para guru honorer konsern mencerdaskan anak bangsa (anak orang lain) sementara anak-anak kami sendiri terabaikan masa depan pendidikannya karena terkendala biaya dampak dari kesejateraan kami yang masih belum memperoleh perhatian lebih dari pemerintah.

Dan kami juga berharap pemerintah Kabupaten Sukabumi lebih serius lagi dalam melakukan inovasi kebijakan terkait nasib dan status kami. Jangan hanya menjalankan kebijakan template yang hanya menggugurkan kewajiban anggaran sehingga kurang terasa imbasnya bagi kami guru honorer Kabupaten sukabumi.

Penulis : Iwa Kartiwa / Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Sukabumi

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi09 Oktober 2024, 00:22 WIB

Hidup Seorang Diri, Pemuda Ditemukan Tewas Tergantung dan Membusuk di Cibadak Sukabumi

Seorang pria berinisial PP (35 tahun) ditemukan tewas tergantung dan sudah membusuk di kamar rumahnya, tepatnya di Kelurahan Cibadak, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Selasa (8/10/2024) malam.
(Foto Ilustrasi) seorang pemuda (35 tahun) ditemukan tewas tergantung di Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Selasa (8/10/2024). | Foto: Pixabay
Life09 Oktober 2024, 00:08 WIB

Harapan Guru Honorer di Hari Guru Sedunia: Catatan untuk Calon Bupati Sukabumi

Bagi guru honorer di Kabupaten Sukabumi, peringatan Hari Guru Sedunia mestinya menjadi pengingat bagi pemerintah dan masyarakat untuk memberikan perhatian lebih kepada nasib mereka
Iwa Kartiwa, Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Sukabumi | Foto : Sukabumiupdate
Sukabumi08 Oktober 2024, 22:18 WIB

Kembali Terjadi, Seorang Pria Tewas Tertabrak Kereta di Warudoyong Kota Sukabumi

Peristiwa tertabrak kereta api kembali terjadi, kali ini menimpa seorang pria inisial FK (35 tahun) warga Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi. Peristiwa terjadi di perlintasan kereta api yang berada di Kampung Nyomplong Kulin
Tempat Kejadian Perkara (TKP) seorang pria tertabrak kereta di Nyomplong Kulon, Rt 02/06, Kelurahan Benteng, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi | Foto : Istimewa
Science08 Oktober 2024, 22:11 WIB

BMKG: Gempa M4.9 Sukabumi akibat Aktivitas Sesar Dasar Laut

Gempa M4.9 yang guncang Sukabumi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar dasar laut.
Episenter gempa M4.9 di Laut Sukabumi. (Sumber : BMKG)
Sukabumi08 Oktober 2024, 22:07 WIB

Polemik Tower BTS Dekat Sekolah di Parungkuda Sukabumi, DPTR Belum Bersikap

Polemik pendirian tower Base Transceiver Station (BTS) di dekat lingkungan SMAN 1 Parungkuda menjadi pembahasan khusus dalam pertemuan yang digelar pada Selasa (8/10/2024) di Aula Kantor Desa Bojongkokosan, Kabupaten Sukabumi.
Ahmad Arief, Pengawas Penata Ruang pada Dinas Pertanahan dan Tata Ruang (DPTR) Kabupaten Sukabumi, Ahmad Arif di halaman kantor Desa Bojongkokosan, Selasa (8/10/2024) | Foto : Ibnu Sanubari
Sukabumi08 Oktober 2024, 21:43 WIB

Gempa Laut M4.9 Guncang Sukabumi: Kedalaman 11 KM, Cek Episentrumnya

Gempa laut magnitudo 4.9 guncang Sukabumi hingga Garut pada Selasa (8/10/2024) pukul 21:12:08 WIB.
Episenter gempa M4.9 di Laut Sukabumi. (Sumber : BMKG)
Sukabumi Memilih08 Oktober 2024, 21:24 WIB

Catat! Ini Tiga Tips Memilih Pemimpin dalam Pilkada Era Digital

Peneliti politik BRIN, Wasisto Raharjo menyebutkan ada tiga tips atau kiat yang bisa dijadikan bahan referensi bagi masyarakat untuk memilih calon pemimpin dalam pemilihan kepala daerah atau pilkada pada era digital saat
Tips atau kiat memilih pemimpin dalam Pilkada era digital | Foto : Ilustrasi Pixabay
Sukabumi08 Oktober 2024, 20:49 WIB

Dinas Sosial Gelar Bimbingan Teknis untuk Calon Pekerja Sosial Masyarakat Sukabumi

Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Sukabumi menggelar bimbingan teknis dan sosialisasi guna meningkatkan motivasi serta potensi calon Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) di Aula Kantor Kecamatan Palabuhanratu pada 17 September 2024
Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Sukabumi menggelar Bimtek dan sosialisasi kepada calon Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) di Aula Kantor Kecamatan Palabuhanratu pada 17 September 2024 | Foto : Istimewa
Inspirasi08 Oktober 2024, 20:44 WIB

Dukung Kemandirian & Sinergi Pesantren, BSI Gelar Gathering Ponpes Se-Sukabumi Raya di Yaspida

BSI gelar gathering Ponpes Se-Sukabumi Raya bahas pengembangan ekonomi syariah di Ponpes Darussyifa Al-Fithroh Perguruan Islam YASPIDA Sukabumi.
Yaspida Sukabumi jadi tuan rumah penyelenggaran gathering BSI se-Sukabumi Raya. (Sumber Foto: Yaspida)
Sukabumi08 Oktober 2024, 20:33 WIB

Ada Opak hingga Coet Kayu Kelapa, Produk UMKM Lokal Di Rural ICT Camp Ciracap Sukabumi

Event Rural ICT Camp 2024 di wilayah Pantai Ujunggenteng yang digelar pada Senin, 7 Oktober 2024 dijadikan kesempatan untuk menampilkan sejumlah produk UMKM yang dikelola PKK desa di Kecamaran Ciracap, Kabupaten Sukabumi.
Kades Purwasedar, Defi Susandi saat memperlihatkan makanan ringan dari bahan baku pisang dan coet dari pohon kelapa | Foto : Ragil Gilang