Kereta Hantu Manggarai, Cerita Urban di Jalur Perlintasan Jakarta Bogor

Selasa 08 Oktober 2024, 17:30 WIB
Ilustrasi. Mitos Kereta Hantu Manggarai. Foto: Instagram/keretaapikita

Ilustrasi. Mitos Kereta Hantu Manggarai. Foto: Instagram/keretaapikita

SUKABUMIUPDATE.com - Cerita urban tentang kereta api Manggarai merupakan salah satu legenda urban yang menyeramkan di Jakarta, khususnya di sekitar Stasiun Manggarai.

Stasiun Manggarai dikenal sebagai salah satu stasiun kereta api terbesar dan tersibuk di Indonesia, yang melayani ribuan penumpang setiap harinya. Namun, selain fungsinya sebagai pusat transportasi, Stasiun Manggarai juga dikenal dengan cerita-cerita mistis yang beredar di kalangan masyarakat dan pengguna kereta api.

Salah satu cerita urban yang populer tentang angkutan KRL di jalur Jakarta – Bogor ini adalah penampakan Kereta Hantu Manggarai di malam hari.

Menurut cerita yang beredar, di tengah malam, ketika jadwal perjalanan kereta api sudah selesai dan rel kereta seharusnya kosong, ada orang-orang yang mengaku melihat sebuah kereta melintas di Stasiun Manggarai.

Baca Juga: Potensi Peredaran Hoaks Lokal di Pilkada 2024, Cek Fakta Sebelum Percaya!

Kereta Hantu Manggarai ini tidak terlihat seperti kereta modern, melainkan kereta tua yang menyerupai kereta zaman Belanda, lengkap dengan lampu kuning temaram dan suara mesin uap.

Merujuk kereta-api.info, versi lain juga menyebutkan bahwa seorang penumpang tidak menyadari bahwa dirinya menaiki kereta tak biasa.

Pasalnya, usai dirinya turun di stasiun, kereta tiba-tiba menghilang sehingga disebut kereta hantu. Ditambah, tak ada yang melihat ada kereta lewat di Stasiun Manggarai.

Apakah tidak ada saksi hidup yang melihat Kereta Hantu di Manggarai?

Jawabannya, ada, dialah Sutrisno, penjaga pintu perlintasan kereta api bukit duri di Jakarta selatan.

Tepat pada 12 Desember tahun 2003 silam, Sutrisno menyebut pernah melihat Kereta Hantu di Stasiun Manggarai. Saat itu, ia mendengar suara sirine tiba-tiba berbunyi yakni pertanda kereta akan melintas.

“Padahal, waktu itu baru pukul 04.00 WIB. Setahu saya, jam segitu belum ada kereta yang beroperasi,” jelas Sutrisno, dikutip Selasa (8/10/2024).

Anehnya, Sutrisno melihat bahwa kereta di Manggarai itu tidak berawak dan tidak mengangkut penumpang.

“Yang saya ingat, kereta itu menarik 4 gerbong dengan kondisi nggak ada penumpang dan nggak ada masinis, serta dalam keadaan gelap,” lanjut Sutrisno.

Baca Juga: Hutan Pinus Gunung Pancar Bogor, Rekomendasi Tempat Healing di Jawa Barat

Saksi mata lainnya adalah Slamet, yang kala itu sedang menjaga perlintasan kereta api di Jalan Arief Rahman Hakim, Depok.

“Baru saja terlelap tidur, tiba-tiba bel di dalam pos dan sirine berbunyi. Saya langsung kucek-kucek mata melihat jam yang baru menunjukkan pukul 03.30 pagi,” ujar Slamet kepada awak media beberapa waktu lalu.

Slamet kemudian menutup palang pintu dan membiarkan kereta melaju dengan kecepatan 60 km/jam. Namun, kereta itu tidak berhenti di Stasiun Depok baru, padahal hanya KRL Express yang seharusnya tidak berhenti di stasiun tersebut.

“Memang, Jumat dini hari itu, saat KRL meluncur, saya sempat merinding bulu kuduk di leher dan tangan. Namun saya anggap itu karena terpaan angin dari KRL yang lewat saja,” tambah Slamet.

Urban legend tentang kereta api Manggarai menambah dimensi misterius pada stasiun yang sudah bersejarah ini. Meskipun cerita kereta hantu Manggarai belum terbukti secara ilmiah, misteri ini tetap menarik perhatian banyak orang dan menjadi bagian dari kepercayaan urban di daerah tersebut.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat08 Oktober 2024, 19:27 WIB

Bupati & Dinkes Sukabumi Sambut Positif Rencana Kerja Sama Layanan Radioterapi di RSUD

Bupati Sukabumi Marwan Hamami dan Dinkes menyambut positif rencana kerja sama layanan radioterapi kanker dan cuci darah di RSUD Sekarwangi.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami dan jajaran Dinkes saat menghadiri acara presentasi layanan Radioterapi Kanker dan Hemodialisa di RSUD Sekarwangi. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)
Food & Travel08 Oktober 2024, 19:00 WIB

Pantai Goa Langir di Wisata Banten, HTM Rp5.000 dan Hanya 1 Jam dari Palabuhanratu

Pantai Goa Langir, yang terletak di Sawarna, Banten, adalah salah satu destinasi wisata pantai yang wajib dikunjungi.
Pantai Goa Langir, yang terletak di Sawarna, Banten, adalah salah satu destinasi wisata pantai yang wajib dikunjungi. (Sumber : Google/Foto Suryo Adi).
Sukabumi08 Oktober 2024, 18:58 WIB

Cerita Nelayan Jodang, Menantang Ombak Ganas Karang Gantung Sukabumi Demi Mengais Rezeki

Dirman telah beberapa tahun berkawan dengan ganasnya deburan ombak Pantai Karang Gantung, dengan menjadi nelayan Jodang, demi mengais rezeki untuk menghidupi keluarganya.
Dirman (50 tahun), nelayan Jodang di Pantai Karang Gantung Surade Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Film08 Oktober 2024, 18:30 WIB

Sinopsis Film Laut Tengah, Diadaptasi dari Novel dengan Latar Indonesia dan Korea

Laut Tengah adalah film drama religi terbaru yang telah menghiasi layar lebar Tanah Air begitu ditayangkan di seluruh bioskop Indonesia pada Kamis, 3 Oktober 2024.
Sinopsis Film Laut Tengah, Diadaptasi dari Novel dengan Latar Indonesia dan Korea (Sumber : Instagram/@lauttengahfilm)
Life08 Oktober 2024, 18:00 WIB

Bacaan Doa Mohon Dimudahkan Segala Urusan dan Terlepas dari Kesusahan

Doa ini mengandung makna yang sangat mendalam dan memiliki banyak manfaat bagi kehidupan kita.
Ilustrasi - Doa Mohon Dimudahkan Segala Urusan dan Terlepas dari Kesusahan merupakan doa yang dianjurkan dipanjatkan oleh umat muslim. (Sumber : Pexels.com/@Pavel Danilyuk)
Sukabumi Memilih08 Oktober 2024, 17:56 WIB

Kadisporapar Langgar Netralitas ASN, Pj Wali Kota Sukabumi Belum Bisa Berkomentar

Pj Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji mengaku belum mendapat rekomendasi pasti dari Bawaslu yang menangani kasus tersebut.
Penjabat (Pj) Wali Kota Sukabumi, Kusmana Hartadji. (Sumber Foto : Istimewa)
DPRD Kab. Sukabumi08 Oktober 2024, 17:31 WIB

DPRD Sebut Banyak Perkebunan di Sukabumi Nganggur, Mayoritas HGU Belum Sisihkan Lahan

Mayoritas perusahaan perkebunan di Kabupaten Sukabumi belum mengoptimalkan lahan yang mereka kelola, dari luasan lahan yang masing-masing perusahaan miliki sesuai izin, belum semua lahan digarap secara produktif.
Komisi I DPRD Kabupaten Sukabumi saat Rakor dengan sejumlah mitra kerja, Senin (7/10/2024) | Foto : Sukabumi Update
Life08 Oktober 2024, 17:30 WIB

Kereta Hantu Manggarai, Cerita Urban di Jalur Perlintasan Jakarta Bogor

Menyimpan Kisah Mistis Kereta Hantu, Stasiun Manggarai dikenal sebagai salah satu stasiun kereta api terbesar dan tersibuk di Indonesia.
Ilustrasi. Mitos Kereta Hantu Manggarai. Foto: Instagram/keretaapikita
Sukabumi Memilih08 Oktober 2024, 17:08 WIB

Respons Kadisporapar Kota Sukabumi Usai Dinyatakan Melanggar Netralitas

Kadisporapar Kota Sukabumi memberikan respons usai dinyatakan melanggar netralitas ASN jelang Pilkada 2024 Sentra Gakkumdu setempat.
Kepala Disporapar Kota Sukabumi Tejo Condro Nugroho. | Foto: Istimewa
Musik08 Oktober 2024, 17:00 WIB

Viral Video Joker: Folie Deux, Ini Lirik Terjemahan Lagu I Forgive You Sia!

I Forgive You Sia, lagu bergenre pop ini memiliki durasi musik selama 4 menit 20 detik, dengan lirik yang viral di penggalan "I, I forgive you. You are not what you have done".
Tangkapan Layar Video Klip Joker di Lagu I Forgive You Sia. Foto: YouTube/GerardoSuntasig