Film Home Sweet Loan Viral, Ini 9 Ciri Orang yang Termasuk Generasi Sandwich

Rabu 02 Oktober 2024, 13:30 WIB
Kaluna di Film Home Sweet Loan yang berperan sebagai Generasi Sandwich di keluarga (Sumber : Instagram/@homesweetloanfilm)

Kaluna di Film Home Sweet Loan yang berperan sebagai Generasi Sandwich di keluarga (Sumber : Instagram/@homesweetloanfilm)

SUKABUMIUPDATE.com - Home Sweet Loan adalah salah satu film yang sedang tayang di Bioskop. Film Home Sweet Loan viral karena dianggap menjadi reka adegan kehidupan nyata para generasi sandwich.

Poster Film Home Sweet Loan yang Bercerita Tentang Generasi Sandwich (Sumber : Instagram/@homesweetloanfilm)Poster Film Home Sweet Loan yang Bercerita Tentang Generasi Sandwich (Sumber : Instagram/@homesweetloanfilm)

Lagu Berakhir di Aku Idgitaf bahkan ikut trending karena menjadi OST Film Home Sweet Loan. Lagu Berakhir di Aku banyak disorot dan menjadi backsound video mental health, terutama di penggalan lirik "Ku sudah tidak nyaman lagi, bermimpi pun tahu diri" serta di bagian "Jika semua bersandar padaku, lalu aku bersandar kemana?"

Di Bioskop Moviplex Sukabumi, Film Home Sweet Loan tayang sebanyak empat kali dengan waktu berbeda, pada Rabu 2 Oktober 2024 hari ini.

Tentang Generasi Sandwich

Film Home Sweet Loan Bercerita Tentang Generasi Sandwich (Sumber : Instagram/@homesweetloanfilm)Film Home Sweet Loan Bercerita Tentang Generasi Sandwich (Sumber : Instagram/@homesweetloanfilm)

Menarik diketahui, bahwa isitilah "generasi sandwich" dikenalkan pertama kali pada tahun 1981 oleh seorang Profesor sekaligus direktur praktikum University Kentucky, Lexington, Amerika Serikat bernama Dorothy A. Miller. Generasi sandwich merupakan generasi orang dewasa yang mengalami kondisi hidup berat karena harus menanggung hidup 3 generasi yaitu orang tuanya, diri sendiri, dan anaknya.

Kondisi generasi dengan beban ganda ini dianalogikan seperti sandwich dimana sepotong daging terhimpit oleh 2 buah roti. Roti diibaratkan sebagai orang tua (generasi atas) dan anak (generasi bawah), sedangkan isi utama sandwich berupa daging, mayonnaise, dan saus yang terhimpit oleh roti diibaratkan bagai diri anda sendiri.

Baca Juga: Serba Serbi Batik Sukabumi: Pesona Lokatmala, Reugreug hingga Seragam ASN

Ciri Generasi Sandwich

Ciri-ciri generasi sandwich umumnya mencakup beberapa aspek tanggung jawab dan kondisi hidup.

Orang yang termasuk dalam generasi sandwich memiliki beberapa karakteristik yang mencerminkan tanggung jawab ganda dan tekanan yang mereka hadapi.
Berikut ciri-ciri orang yang termasuk dalam sandwich generation, seperti dirangkum dari berbagai sumber:

Ciri Orang yang Termasuk Generasi Sandwich

1. Mengurus Dua Generasi

Merawat Anak: Orang yang termasuk generasi sandwich masih bertanggung jawab atas anak-anak, baik yang masih kecil, remaja, atau bahkan dewasa muda yang belum mandiri secara finansial.

Merawat Orang Tua: Generasi sandwich juga merawat atau mendukung orang tua yang lanjut usia, yang memerlukan bantuan fisik, emosional, atau finansial.

2. Tekanan Finansial Ganda

Biaya Pendidikan Anak: Orang yang termasuk generasi sandwich harus membayar biaya pendidikan, kebutuhan hidup, atau dukungan finansial lainnya untuk anak-anak mereka.

Biaya Perawatan Orang Tua: Di sisi lain, sandwich generation mungkin juga harus menanggung biaya kesehatan, perawatan, atau kebutuhan hidup orang tua.

3. Usia Paruh Baya

Melansir dari sikapiuangmu.ojk.go.id, generasi sandwich dialami oleh pria maupun wanita dengan rentang umur 30 sampai 40 tahun, meskipun ada pula yang menyebutkan rentang umur antara 30-50 tahun.

Di usia tersebut, generasi sandwich dianggap berada pada puncak karir sekaligus harus menghadapi kebutuhan keluarga yang bertumpuk.

4. Kelelahan Fisik dan Emosional

Orang yang mengalami fenomena sandwich generation sering merasa kelelahan fisik dan mental karena harus mengurus dua generasi. Generasi sandwich bahkan mungkin merasa kewalahan oleh tanggung jawab yang besar dan waktu yang terbatas.

Baca Juga: Kabar Duka: Aktris Marissa Haque, Istri Ikang Fawzi Meninggal Dunia

5. Kehidupan yang Penuh Kesibukan

Menghadapi kesulitan dalam mengelola waktu karena harus mengurus anak, orang tua, pekerjaan, dan tanggung jawab rumah tangga. Waktu pribadi sering kali terabaikan.

6. Dukungan Sosial Terbatas

Orang yang termasuk generasi sandwich sering kali tidak memiliki cukup waktu atau kesempatan untuk meminta dukungan dari luar, sehingga beban tanggung jawab berada pada diri sendiri saja.

7. Tanggung Jawab Karier dan Keluarga

Selain tanggung jawab keluarga, generasi sandwich mungkin juga memiliki pekerjaan penuh waktu atau paruh waktu yang menambah beban, sehingga harus menyeimbangkan antara kehidupan karier dan keluarga.

8. Rasa Kewajiban yang Tinggi

Orang yang termasuk generasi sandwich sering merasakan kewajiban moral untuk merawat orang tua yang telah membesarkan mereka, sekaligus merawat anak-anak yang masih membutuhkan dukungan untuk masa depan mereka.

9. Pengambilan Keputusan yang Kompleks

Orang yang termasuk generasi sandwich sering kali harus membuat keputusan yang sulit, misalnya memilih antara kebutuhan anak atau orang tua dalam hal finansial dan waktu. Sering kali, keputusan ini melibatkan pengorbanan pribadi dari generasi sandwich itu sendiri.

Baca Juga: Profil Eddie Soekardi, Pahlawan Sukabumi Sang Pemimpin Pertempuran Bojongkokosan

Orang-orang yang termasuk dalam generasi sandwich memainkan peran penting dalam keluarga, tetapi sering kali menghadapi tantangan besar dalam menjaga keseimbangan antara tanggung jawab mereka dan kesejahteraan pribadi.

Generasi sandwich ini sering kali menghadapi tantangan besar, tetapi juga memainkan peran penting dalam menjaga dan mendukung keluarga mereka.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Nasional03 Oktober 2024, 23:19 WIB

Nasib Cawapres? Gugatan PDIP atas Pencalonan Gibran Diputuskan 10 Hari Jelang Pelantikan Presiden

Gugatan PDI Perjuangan atas pencalonan Gibran Rakabuming Raka sebagai Wakil Presiden akan diputus Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta pada Kamis, 10 Oktober 2024 pekan depan
Didampingi Gibran Rakabuming, Prabowo Subianto sampaikan pidato perdana setelah resmi ditetapkan jadi Presiden RI terpilih. (Sumber : Youtube KPU RI)
Sukabumi03 Oktober 2024, 22:20 WIB

60 Persen Perlintasan Kereta di Sukabumi Tanpa Palang Pintu, Ini Tindakan PT KAI

Pelaksana Harian Humas Daop 1 Jakarta, Tohari menyebutkan berdasarkan data yang dimiliki KAI Daop 1 Jakarta, tercatat ada 503 perlintasan liar, 60 persen diantaranya tidak memiliki palang pintu.
Tohari, Pelaksana Harian Humas Daop 1 Jakarta saat diwawancarai pada Kamis (3/10/2024) | Foto : Asep Awaludin
Bola03 Oktober 2024, 21:19 WIB

Hasil Zhejiang FC vs Persib di ACL 2 2024/2025: Maung Bandung Tumbang 1-0

Persib Bandung tumbang satu gol tanpa balas dari tuan rumah Zhejiang FC pada laga lanjutan Grup F ACL 2 2024/2025, Kamis (3/10/2024).
Momen Winger Persib Bandung Ciro Alves mencoba melewati pemain Zhejiang FC di laga ACL 2 2024/2025, Kamis (3/10/2024) malam WIB. (Sumber Foto: PERSIB.co.id)
Sukabumi03 Oktober 2024, 21:19 WIB

KAI Hadirkan Rail Clinic di Cisaat Sukabumi, Warga Sumringah Periksa Kesehatan Gratis

Dalam rangkaian memperingati Hari Ulang Tahun ke-79 PT Kereta Api Indonesia mengadakan pemeriksaan kesehatan gratis dengan menghadirkan Rail Clinic atau Kereta Api Klinik di stasiun Cisaat, Kabupaten Sukabumi, Kamis (3/10/2024)
Pemeriksaan warga di dalam gerbong Kereta Api Rail Clinic di Stasiun Cisaat, Kabupaten Sukabumi, Kamis (3/10/2024) | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi Memilih03 Oktober 2024, 19:54 WIB

Tim Paslon MAJU Serukan Pilkada Kota Sukabumi Damai, Tanpa Intimidasi dan Berita Bohong

Dalam kontestasi Pilkada Kota Sukabumi 2024 yang semakin dekat, Tim pemenangan Paslon MAJU menyebut masyarakat harus teredukasi dengan baik.
Tim pemenangan Paslon Muraz-Andri Juara (MAJU) saat konferensi pers. Kamis (3/10/2024). (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Sukabumi Memilih03 Oktober 2024, 19:52 WIB

Ayep Zaki Janji Kembalikan Tukin ASN hingga Bangun Wisata Skala Nasional di Kota Sukabumi

Calon Wali Kota Sukabumi dari pasangan nomor 2, Ayep Zaki mengungkapkan  sejumlah rencananya dalam upaya meningkatkan kesejahterakan masyarakat Kota Sukabumi, diantaranya dari pemberian tukin ASN hingga membangun destinasi wisata
Calon Wali Kota Sukabumi, Ayep Zaki saat sapa warga di Kelurahan Cikundul, Kamis (3/10/2024) | Foto : Sukabumi Update
Keuangan03 Oktober 2024, 19:33 WIB

Perumdam TJM Sukabumi Targetkan Sumbang PAD Rp10 Miliar hingga 2028

Kontribusi PAD dari Perumdam TJM baru mencapai Rp 2 miliar, angka tersebut akan terus meningkat. Pada periode 2018 hingga 2028, ditargetkan kontribusi PAD bisa mencapai Rp10 miliar
Direktur Utama Perumdam TJM Kabupaten Sukabumi, M Kamaludin Zen, di Kantor Perumda, Kamis (3/10/2024) | Foto : Ibnu Sanubari
Sukabumi03 Oktober 2024, 19:16 WIB

Sebelum Ditemukan Jadi Mayat di Cisolok Sukabumi, Korban Dijemput Dua Temannya

Ibu angkat Diki Jaya (21 tahun) mengungkapkan sebelum ditemukan menjadi mayat di Cisolok Sukabumi, korban dijemput oleh dua orang temannya.
Mayat pria yang ditemukan di Kampung Cilengka RT 01/05 Desa Pasirbaru, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Minggu (29/9/2024). | Foto: SU/Ilyas Supendi
DPRD Kab. Sukabumi03 Oktober 2024, 19:15 WIB

Rakor Bersama Perumdam TJM dan BPR, Komisi III DPRD Sukabumi Dorong Peningkatan PAD

Komisi III DPRD Kabupaten Sukabumi mengadakan Rapat Koordinasi (Rakor) bersama dua Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) milik Pemkab Sukabumi bertempat di Kantor Perumdam TJM, di Jalan Ciheulang Tonggoh, Kecamatan Cibadak.
Komisi III DPRD Kabupaten Sukabumi menggelar Rapat Koordinasi dengan BUMD di kantor Perumdam TJM, Kamis (3/10/2024) | Foto : Ibnu Sanubari
Food & Travel03 Oktober 2024, 19:00 WIB

Pantai Cijeruk Indah: Wisata Jawa Barat yang Cuma 3 Jam dari Pusat Kota Garut

Pantai Cijeruk Indah adalah destinasi Wisata Jawa Barat yang sempurna bagi Anda yang ingin menikmati keindahan alam yang masih asli dan suasana yang tenang.
Pantai Cijeruk Indah adalah destinasi Wisata Jawa Barat yang sempurna bagi Anda yang ingin menikmati keindahan alam yang masih asli dan suasana yang tenang. (Sumber : Instagram/@skomaladewiii/@rendioktiniardi_).