Profil Eddie Soekardi, Pahlawan Sukabumi Sang Pemimpin Pertempuran Bojongkokosan

Selasa 01 Oktober 2024, 12:00 WIB
Mengingat Kembali Pahlawan Sukabumi Letkol Eddie Soekardi (Sumber : Istimewa)

Mengingat Kembali Pahlawan Sukabumi Letkol Eddie Soekardi (Sumber : Istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Jejak Sejarah di Sukabumi tak selalu berbentuk prasasti dan peninggalan purba. Mengenang Pahlawan Sukabumi juga bisa dengan memahami dan mengenal siapa sosok heroik di balik kemerdekaan Indonesia tersebut.

Letnan Kolonel (Letkol) Eddie Soekardi adalah satu diantara sekian banyak Pahlawan Sukabumi yang darah juangnya tak boleh dilupakan. Letkol Eddie Soekardi adalah sosok Pahlawan yang ikut serta mempertahankan Kemerdekaan Republik Indonesia dalam Pertempuran Bojongkokosan.

Kala itu, Letkol Eddie Soekardi dengan gagah berbekal kobaran semangat merdeka, menjadi pemimpin dalam Peristiwa Bojongkokosan. Hadirnya Eddie Soekardi menjadi bukti kontribusi nyata warga Sukabumi dalam sejarah kemerdekaan bumi pertiwi.

Baca Juga: Rainbow Garden Floating Market Lembang, Wisata Bandung Murah HTM 10K!

Terbaru, Nama Letkol Eddie Soekardi resmi ditetapkan sebagai nama jalan di Sukabumi. Jalan Letkol Eddie Soekardi tepatnya menggantikan nama Jalan Lingkar Selatan Kota Sukabumi.

Jalan Letkol Eddie Soekardi Pengganti Nama Jalan Lingkar Selatan (Sumber : Istimewa)Jalan Letkol Eddie Soekardi Pengganti Nama Jalan Lingkar Selatan (Sumber : Istimewa)

Lantas, siapa Eddie Soekardi? Updaters, mari mengingat kembali sosok Pahlawan Asal Sukabumi Letnan Kolonel Eddie Soekardi!

Profil Eddie Soekardi

Letkol Eddie Soekardi (Sumber : Istimewa)Letkol Eddie Soekardi (Sumber : Istimewa)

Eddie Soekardi adalah Pahlawan kelahiran Sukabumi, 18 Februari 1916. Letkol Eddie merupakan putra tertua dari pejuang kemerdekaan Indonesia yang juga berasal dari Sukabumi yakni Raden Haji (RH) Didi Soekardi.

Anak-anak dari RH Didi Soekardi banyak berkiprah baik secara nasional maupun lokal di Sukabumi. Contohnya adalah Mayor Hary Soekardi, adik Eddie Soekardi yang menjadi salah satu pemimpin perang Bojongkokosan.

Potret Lama Pahlawan dan Bojongkokosan di SukabumiPotret Lama Para Pahlawan dan Bojongkokosan di Sukabumi

Karir militer Eddie Soekardi berakhir pada 1957 dengan pangkat kolonel, setelah pensiun beliau berkecimpung dalam usaha pengembangan bunga anggrek di Bandung. Hingga akhirnya beliau meninggal dunia pada 5 September 2014 silam.

Baca Juga: Patilasan Prabu Siliwangi, Gunung Padang Cianjur Piramida Tertua Di Dunia

Nama Eddie Soekardi diabadikan menjadi nama sebuah jalan di jalur lingkar selatan Sukabumi. Saat ini, nama jalan tersebut diubah menjadi Jl. Eddie Soekardi sebagai bentuk penghormatan kepada salah satu pahlawan Indonesia.

Selain itu, pihak Inggris telah mengakui kehebatan para pejuang yang dipimpin Eddie Soekardi dalam buku bertajuk "The Fighting Cock". Sang penulis (Kolonen A.J.F Doulton) menyebut jalur Bojongkokosan merupakan jalur neraka bagi tentara Inggris saat itu.

Diketahui, karena peralatan musuh yang cukup canggih pada masanya, maka sulit untuk melakukan perang terbuka. Letnan Eddie Soekardi kemudian memutuskan untuk bergerilya (Hit & Run) di sepanjang jalur area pertempuran.

Sepenggal Cerita Sejarah Pertempuran Bojongkokosan yang Menyulut Bandung Lautan Api

Palangan Perjuangan Bojongkokosan (Sumber : YouTube/Matahatipemuda)Palangan Perjuangan Bojongkokosan (Sumber : YouTube/Matahatipemuda)

Menurut situs resmi kebudayaan.kemdikbud.go.id, Pertempuran Bojongkokosan Sukabumi termasuk salah satu faktor pemicu terjadinya peristiwa Bandung Lautan Api pada 24 Maret 1946 silam.

Baca Juga: Dekat dengan Nyi Roro Kidul, Palabuhanratu Sukabumi Jadi Tempat Menyeramkan Di Dunia

Alasan ini didasarkan pada tinjauan strategi Nasional, daerah jalur Jakarta-Bogor-Sukabumi-Bandung. Jalur ini merupakan urat nadi kekuatan Sekutu untuk menguasai daerah yang dilalui oleh jalur itu sendiri.

Tragedi Berdarah Bojongkokosan Sukabumi Menyulut Peristiwa Bandung Lautan ApiTragedi Berdarah Pertempuran Bojongkokosan di Sukabumi Menyulut Peristiwa Bandung Lautan Api (Sumber : Istimewa)

Kala itu, peristiwa Pertempuran Bojongkokosan Sukabumi yang diperingati sebagai Hari Juang Siliwangi dipimpin oleh warga Sukabumi bernama Letnan Kolonel Eddie Soekardi. Pertempuran Bojongkokosan Sukabumi ini terjadi tiga bulan sebelum peristiwa Bandung Lautan Api, yakni 9-12 Desember 1945.

Sumber : berbagai sumber.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Gadget01 Oktober 2024, 14:15 WIB

VPN Proxy: Solusi Aman Browsing di Indonesia

Artikel ini membahas lebih lanjut mengenai VPN proxy dan alasan pentingnya menggunakannya di Indonesia.
Ilustrasi browsing internet via VPN. (Sumber Foto: Istimewa)
Keuangan01 Oktober 2024, 14:00 WIB

Bapenda Sukabumi Ajak Warga Manfaatkan Program Pemutihan Pajak Kendaraan 2024

Program pemutihan pajak kendaraan bermotor Jabar ini berlangsung mulai dari 1 Oktober hingga 30 November 2024.
Kepala Bapenda Kabupaten Sukabumi, Herdy Somantri saat menggelar rapat bersama Kepala P3DW Sukabumi II Palabuhanratu, Rendy Supriyatna. (Sumber : Istimewa)
Jawa Barat01 Oktober 2024, 14:00 WIB

5 Tokoh Pahlawan Nasional dari Jawa Barat, Salah Satunya dari Sukabumi

Para Pahlawan Nasional ini tidak hanya berjuang untuk tanah kelahiran mereka, tetapi juga untuk seluruh rakyat Indonesia.
Para Pahlawan Nasional ini tidak hanya berjuang untuk tanah kelahiran mereka, tetapi juga untuk seluruh rakyat Indonesia. (Sumber : Wikipedia/Istimewa/NUOnline).
Cek Fakta01 Oktober 2024, 13:46 WIB

Hoaks Penipuan! Bantuan BPJS 2024 Sebesar Rp 15 Triliun untuk Masyarakat Indonesia

BPJS tidak pernah menyebarkan informasi ini.
(Foto Ilustrasi) Beredar unggahan hoaks tentang BPJS. | Foto: Istimewa
Food & Travel01 Oktober 2024, 12:27 WIB

Rakor Nasional di Lombok, Pemkab Sukabumi Bahas Strategi Pemasaran Pariwisata

Pemerintah berhasil meningkatkan pariwisata Indonesia ke peringkat ketiga dunia.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami dan jajaran menghadiri rakor nasional tentang pemasaran pariwisata dan ekonomi kreatif di Lombok. | Foto: Dokpim Kabupaten Sukabumi
Life01 Oktober 2024, 12:00 WIB

Profil Eddie Soekardi, Pahlawan Sukabumi Sang Pemimpin Pertempuran Bojongkokosan

Eddie Soekardi adalah Pahlawan kelahiran Sukabumi sekaligus putra tertua dari pejuang kemerdekaan Indonesia yang juga berasal dari Sukabumi yakni Raden Haji (RH) Didi Soekardi.
Mengingat Kembali Pahlawan Sukabumi Letkol Eddie Soekardi (Sumber : Istimewa)
Sukabumi01 Oktober 2024, 11:39 WIB

Hari Kesaktian Pancasila, Kusmana Ajak Masyarakat Kota Sukabumi Jaga Keutuhan NKRI

Pada momen ini hadir Ketua TP PKK Kota Sukabumi Diana Rahesti.
Pj Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji memimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila tahun 2024 di Plaza Balai Kota Sukabumi, Selasa (1/10/2024). | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
DPRD Kab. Sukabumi01 Oktober 2024, 11:18 WIB

Anggota DPRD Kritik Kerusakan Bangunan Kantor Kecamatan Ciemas Sukabumi

Taopik menyebut kerusakan salah satunya terjadi di aula kantor.
Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi Taopik Guntur. | Foto: Istimewa
Bola01 Oktober 2024, 11:00 WIB

Daftar 20 Pemain Persib Bandung untuk Laga Kontra Zhejiang FC di Champions League Two

Persib Bandung terbang ke Negeri Tirai Bambu! 20 pemain pilihan siap tempur hadapi Zhejiang FC di laga krusial ACL.
Maung Bandung siap menggebrak Hangzhou! Dengan skuad terbaiknya, Persib Bandung bertolak ke Tiongkok untuk menghadapi tantangan berat di ajang AFC Champions League. (Sumber : X@persib).
Sukabumi01 Oktober 2024, 10:36 WIB

Wadah Komunitas, Pemkot Sukabumi Berencana Bentuk Sukabumi Literasi Hub

Sukabumi Literasi Hub diharapkan bisa membuat kegiatan dari setiap forum.
Pejabat Pemerintah Kota Sukabumi saat menghadiri Gebyar Pelitrasi 3 pada 28 September 2024 di Gedung Widaria Kencana. | Foto: Website Kota Sukabumi