Misteri Jalan Tamansari Bandung, Konon Dihuni Kuntilanak dari Sungai Cikapundung

Senin 30 September 2024, 17:13 WIB
Ilustrasi. Menurut warga, Jalan Tamansari Bandung gelap karena setiap lampu yang dipasang selalu pecah. (Sumber : Freepik/rorozoa)

Ilustrasi. Menurut warga, Jalan Tamansari Bandung gelap karena setiap lampu yang dipasang selalu pecah. (Sumber : Freepik/rorozoa)

SUKABUMIUPDATE.com - Mitos tentang Jalan Tamansari di Bandung merupakan salah satu cerita urban yang terkenal di kalangan masyarakat setempat.

Jalan Tamansari Bandung dikabarkan angker dan sering dikaitkan dengan berbagai kisah mistis yang membuatnya menarik perhatian, terutama bagi penggemar cerita horor.

Meski cerita horor Jalan Tamansari kian beredar, kebenaran Urban Legend Bandung satu ini tetap tergantung pada kepercayaan masing-masing orang. Mengingat, keberadaan mitos Jalan Tamansari Bandung eksis karena ada masyarakat yang meyakininya.

Baca Juga: Jurig Jarian, Hantu dari Tanah Sunda yang Konon Mendiami Tempat Sampah

Merangkum dari berbagai sumber, ada beberapa mitos yang beredar mengenai Jalan Tamansari Bandung. Berikut ulasannya:

Cerita Misteri Jalan Tamansari Bandung

Kisah misterius bernuansa horor di  Jalan Tamansari Bandung yang paling ikonik adalah tentang keberadaan Kuntilanak. Meski masih menjadi misteri, mitos Kuntilanak di Jalan Tamansari Bandung membuat daerah ini kerap disebut angker.

Konon, Jalan Tamansari Bandung dihuni oleh sosok Kuntilanak. Apalagi ketika malam hari, jalan di depan Kebun Binatang Bandung ini selalu gelap gulita.

Cerita horor alan Tamansari Bandung tersebar secara lisan di kalangan masyarakat, tak terkecuali Mahasiswa Institut Teknologi Bandung atau ITB. Menurut warga, Jalan Tamansari Bandung gelap karena setiap lampu yang dipasang selalu pecah.

Baca Juga: Wisata Kuningan Jagara Eco Park, View Waduk Darma & Gunung Ciremai Epic Banget!

Untuk membuktikan sederet kejanggalan di Jalan Tamansari Bandung yang diduga akibat ulah Kuntilanak, lima orang pemuda nekat melaksanakan uji nyali. Uji nyali dilakukan sebanyak tiga kali dengan waktu yang berbeda.

Uji Nyali di Jalan Tamansari Bandung pertama kali dilakukan pada malam rabu. Melansir news.klite.id, Uji Nyali dilakukan dengan melewati Jalan Tamansari, berhenti sejenak dan mematikan lampu motor. Saat itu, tak ada perubahan atau tanda-tanda Kuntilanak di Jalan Tamansari Bandung.

Uji Nyali kedua juga tidak menghasilkan apapun alias nihil. Tidak ada penampakan menyeramkan pada di Jalan Tamansari Bandung pada malam kamis itu.

Namun demikian, Uji Nyali di Jalan Tamansari Bandung dilakukan pada Malam Jumat. Tepat pukul 11 malam sekira 23.00 WIB, konon, pemuda yang melakukan Uji Nyali melihat bayangan putih yang tertawa menyeringai nyaring. Anehnya, suara dan sosok bayangan putih di Jalan Tamansari Bandung itu keluar dari aliran Sungai Cikapundung.

Cerita Misteri bayangan putih dari aliran Sungai Cikapundung di Jalan Tamansari Bandung ini lantas beredar luas di masyarakat.

Meski begitu, mitos atau tidaknya cerita horor Jalan Tamansari Bandung kembali pada kepercayaan masing-masing.

Baca Juga: Rainbow Garden Floating Market Lembang, Wisata Bandung Murah HTM 10K!

Seperti diketahui, Tamansari adalah salah sebuah jalan atau daerah yang berada di Kota Bandung dan cukup populer di kalangan masyarakat Bandung.

Tamansari merupakan sebuah desa yang terletak di Kecamatan Bandung Wetan, Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Food & Travel30 September 2024, 19:00 WIB

Bisa Bermain Banana Boat dan Jet Ski, Pantai Lagundi Anyer yang Sungguh Mempesona

Pantai Lagundi di Wisata Anyer tidak hanya menawarkan keindahan alam yang memukau, tetapi juga berbagai aktivitas seru yang bisa Anda coba.
Pantai Lagundi di Wisata Anyer tidak hanya menawarkan keindahan alam yang memukau, tetapi juga berbagai aktivitas seru yang bisa Anda coba. (Sumber : Instagram/@sagitariusnana97/@agus_lagundi).
Nasional30 September 2024, 18:17 WIB

Wajah Baru Parlemen

Wajah-wajah baru wakil rakyat sudah masuk Gedung Senayan. Tapi, tunggu dulu. Apakah "baru" di sini benar-benar berarti segar, penuh aspiratif, dan siap bekerja keras untuk rakyat?
Wajah Baru Parlemen | Foto : Istimewa
Sukabumi30 September 2024, 18:03 WIB

Gula Semut Ciracap Sukabumi, Tanpa Bahan Kimia Dijual hingga Mancanegara

Ketua Kelompok Tani Warung Waru, M. Supendi mengatakan selain melayani permintaan dari pasar lokal, gula semut juga diminati pasar luar negeri, seperti Eropa dan Asia.
Proses pembuatan gula semut oleh Poktan Warung Waru Ciracap Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Life30 September 2024, 18:00 WIB

Baca 3 Doa Ini! Insya Allah Segala Urusan Dipermudah dan Dilancarkan

Doa adalah kekuatan yang dapat membantu kita melewati segala kesulitan dan meraih kebahagiaan.
Ilustrasi -  Membaca doa ini secara rutin dapat memberikan kita kekuatan batin untuk menghadapi segala rintangan hidup. (Sumber : pexels.com/RDNE Stock project)
Sukabumi30 September 2024, 17:53 WIB

Cerita Warga Nagrak Sukabumi Hidup di Dekat Tower BTS: Elektronik Rusak-Keselamatan Terancam

Berikut pemicu Warga Kampung Sinagar Nagrak Sukabumi tolak perpanjangan izin operasional Tower BTS.
Perpanjangan izin operasional Tower BTS milik PT STP ditolak warga Kampung Sinagar RT 2/2, Gang Turbin, Desa Nagrak Utara, Kecamatan Nagrak, Kabupaten Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Life30 September 2024, 17:13 WIB

Misteri Jalan Tamansari Bandung, Konon Dihuni Kuntilanak dari Sungai Cikapundung

Jalan Tamansari Bandung Konon Dihuni Kuntilanak. Dari Uji Nyali, bayangan putih tertawa menyeringai nyaring keluar dari aliran Sungai Cikapundung.
Ilustrasi. Menurut warga, Jalan Tamansari Bandung gelap karena setiap lampu yang dipasang selalu pecah. (Sumber : Freepik/rorozoa)
Sukabumi30 September 2024, 17:01 WIB

Motif 4 Anggota Geng Motor Aniaya Hingga Tusuk 2 Pemuda di Sukabumi

Berikut motif dan kronologi insiden penganiayaan dan penusukan dua pemuda di Kota Sukabumi oleh empat anggota geng motor mild community.
Tampang 4 anggota geng motor pelaku penganiayaan dan penusukan di Kota Sukabumi saat dihadirkan dalam konferensi pers Polres Sukabumi Kota, Senin (30/9/2024). (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Sukabumi30 September 2024, 17:01 WIB

Hujan Angin Terjang 4 Kecamatan di Sukabumi, Ini Data Kerusakannya

Hujan deras dan angin kecang atau badai yang mengguyur wilayah Kabupaten Sukabumi pada Minggu, 29 September 2024, kemarin, menyebabkan bencana di empat kecamatan
Badai melanda 4 kecamatan di Kabupaten Sukabumi | Foto : Istimewa
Musik30 September 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Bukan Untukku Tiara Andini: Aku Takkan Bertahan Bila Tak Teryakinkan

Inilah Full Lirik Lirik Lagu Bukan Untukku Tiara Andini yang sudah dirilis Preview-nya di penggalan "Aku Takkan Bertahan Bila Tak Teryakinkan".
Cover Preview Lagu Bukan Untukku versi Tiara Andini. (Sumber : Istimewa)
Life30 September 2024, 16:00 WIB

Misteri Jalur Tengkorak Tanjakan Emen Subang, Jalan Mulus yang Bisa Berujung Kecelakaan Maut

Tanjakan Emen adalah sebuah tanjakan curam yang terletak di kawasan Subang, Jawa Barat, dan dikenal oleh banyak orang karena sering terjadi kecelakaan di sana.
Tanjakan Emen adalah sebuah tanjakan curam yang terletak di kawasan Subang, Jawa Barat, dan dikenal oleh banyak orang karena sering terjadi kecelakaan di sana. (Sumber : Instagram/@dudisugandi).