Pertama dan Tertua di Indonesia, Pembangunan Tol Jagorawi Banyak Makan 'Tumbal'

Jumat 27 September 2024, 16:30 WIB
Jalan Tol Jagorawi. Sumber: Instagram/bogorkeun

Jalan Tol Jagorawi. Sumber: Instagram/bogorkeun

SUKABUMIUPDATE.com - Jakarta, Bogor, dan Ciawi atau Jagorawi adalah nama jalan tol pertama yang dibangun di Indonesia. Dinamakan Jagorawi karena jalan tol ini menghubungkan Jakarta, Bogor, dan Ciawi.

Tol Jagorawi memegang peranan penting dalam pengembangan infrastruktur jalan di Indonesia, terutama untuk menghubungkan wilayah metropolitan Jakarta dengan daerah sekitarnya.

Sejarah Pembangunan Tol Jagorawi

Tol Jagorawi tahun 1992. Sumber: Instagram/gnfiTol Jagorawi tahun 1992. Sumber: Instagram/gnfi

Mengacu pada sejarah, ide Pembangunan Tol Jagorawi pertama kali dicetuskan oleh Raden Soediro, walikota Jakarta (setingkat gubernur di masa itu) periode 1953-1960.

Ide pembangunan jalan bebas hambatan berbayar, Tol Jagorawi, bermula dari kondisi ekonomi Jakarta usai pembangunan Jalan Soedirman dan M.H. Thamrin, yang membutuhkan anggaran sangat besar. 

Namun ide sempat ditolak anggota dewan karena dianggap beresiko menghambat lalu lintas. Tak sedikit yang berpendapat bahwa konsep Jalan Tol dapat menimbulkan perpecahan.

Baca Juga: Peuyeum Legend, Oleh-oleh Bandung Jadul yang Eksis Sejak Zaman Belanda

Menteri Pekerjaan Umum dan Tenaga Listrik (PUTL) Sutami, yang saat itu menjabat, kemudian kembali mengajukan ide Pembangunan Jalan Tol Jagorawi di tahun 1970. Ide diusulkan karena ruas jalan yang tersedia tidak bisa lagi mengatasi masalah kemacetan.

Akhirnya, Presiden Soeharto menerima ide dibangunnya Tol Jagorawi dan memulai proyeknya di tahun 1973. Proses pembangunan jalan tol tertua di Indonesia ini terbagi menjadi dua tahap, yaitu tahap satu dan dua.

Tahap 1 Proyek Tol Jagorawi dilakukan dengan pembangunan kurang lebih 27 kilometer di sepanjang jalan Cibubur, Jakarta, sampai Cibinong, Kabupaten Bogor.

Sementara pembangunan Tol Jagorawi tahap kedua diresmikan satu tahun setelah pembangunan tahap pertama. Tol Jagorawi tahap dua dibangun sepanjang 10 kilometer dari Cibinong, Bogor, sampai dengan Ciawi.

Setelah dibangun selama kurang lebih lima tahun sejak 1973, Jalan Tol Jagorawi akhirnya selesai diresmikan pada 9 Maret 1978.

Proyek Pembangunan Jalan Tol Jagorawi menjadi bagian dari proyek infrastruktur besar-besaran pada era Orde Baru.

Pembangunan Tol Jagorawi didanai dan dipelopori oleh pemerintah Indonesia di bawah kepemimpinan Presiden Soeharto. Saat itu, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat juga mendapat dukungan dari USAID sehingga berkontribusi sejumlah 26 juta dolar AS.

Namun secara keseluruhan, investasi untuk ruas tol ditaksir mencapai Rp 615 triliu, dengan komposisi sekitar 20% dari pemerintah, dan 80% dari non-APBN berupa investasi dari investor ataupun pinjaman.

Pemerintah Indonesia diketahui menggunakan jasa kontraktor asal Korea Selatan, yakni Hyundai untuk mengerjakan Proyek Pembangunan Jalan Tol Jagorawi. Kemudian, perusahaan AS, Amman-Whitney & Trans Asia Engineering juga diminta sebagai pengawas proyek, sehingga tercatat sebanyak 30 ribu pekerja terlibat dalam proses pembangunan jalan tol tertua di Indonesia ini.

Hal itu menjadi fakta sejarah bahwa selain menjadi jalan tol tertua, Tol Jagorawi juga menjadi proyek pertama Indonesia yang menggunakan biaya dari hutang luar negeri serta kontraktor asing.

Maut di Tol Jagorawi

Tol Jagorawi adalah proyek pembangunan jalan tol pertama Indonesia. Sumber: ekaagus_90Tol Jagorawi adalah proyek pembangunan jalan tol pertama Indonesia. 

Tak hanya dikenal sebagai jalan tol tertua di Indonesia, Tol Jagorawi juga populer karena cerita pembangunannya yang disebut banyak memakan 'tumbal'.

Pembangunan Jalan Tol yang kuat dan awet selama lebih dari 45 tahun ini tak lepas dari keringat Indonesia, yang kala itu para pekerja ditempatkan sebagai pekerja kasar alias kuli dibawah arahan kontraktor asal Korea Selatan.

Belum lagi soal pembangunan aspal sepanjang lebih kurang 50 kilometer yang mengorbankan lebih dari 600 batang pohon hingga kebun dan lahan warga. Sebanyak 21 orang Indonesia dan 1 orang Korea Selatan ikut tercatat menjadi korban meninggal dunia dalam proses pengerjaan proyek Jalan Tol Jagorawi.

Usai diresmikan pun, banyak kecelakaan lalu lintas yang memakan korban di Jalan Tol Jagorawi. Sepanjang 2011 dilaporkan ada 611 kecelakaan dengan rata-rata 51 kejadian per bulan, jumlah tersebut meningkat dari tahun sebelumnya dengan total 514 kejadian dengan rata-rata 43 kecelakaan.

Kecelakaan maut di Tol Jagorawi yang menelan korban jiwa turut dialami oleh sederet tokoh populer, seperti kecelakaan yang melibatkan anak musisi Ahmad Dhani, Dul Jaelani mengakibatkan enam orang tewas serta M Rasyid Amrullah, putra bungsu Menko Perekonomian Hatta Rajasa dengan korban dua orang tewas.

Di tahun 2019, kecelakaan di Tol Jagorawi juga melibatkan selebgram Gaga Muhammad dan mendiang pacarnya Laura Anna. Sebelum meninggal dunia, Laura Anna dilaporkan mengalami lumpuh akibat kecelakaan tersebut.

Selain kecelakaan lalu lintas, warga sekitar Jalan Tol Jagorawi disebut kecewa karena ganti rugi lahan yang tidak optimal dari Pemerintah. Akibatnya, aksi melempar batu hingga kaca pecah, menyeberang tiba-tiba, dan menghalangi jalan dengan bambu pernah dilakukan di masa awal Pembangunan Tol Jagorawi.

Baca Juga: Wisata Budaya Kampung Naga Tasikmalaya Jawa Barat, Banyak Spot Foto & HTM Gratis!

Terlepas dari berbagai polemik Tol Jagorawi dan kilas balik pembangunannya, hingga kini Jagorawi sangat membantu akses cepat lalu lintas. Jalan Tol dengan panjang lintasan 59 kilometer ini masih beroperasi secara aktif.

Termasuk Ciawi-Sukabumi, Jalan Tol Jagorawi terhubung dengan berbagai ruas tol penting, seperti Jalan Tol Dalam Kota, Lingkar Luar Jakarta, Bogor Ring Road, Cimanggis-Cibitung dan Cinere-Jagorawi.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Life27 September 2024, 18:00 WIB

Termaktub dalam Al-Quran, Doa Mohon Perlindungan dari Orang-orang Zalim

Orang zalim adalah mereka yang bertindak semena-mena dan tidak adil. Dalam Islam, perbuatan zalim sangat dilarang dan akan mendapat balasan.
Ilustrasi berdoa - Sebagai umat Islam, kita harus sabar jika mengalami kezaliman dan terus berdoa agar Allah melindungi kita. | (Sumber : Pixabay.com)
Musik27 September 2024, 17:30 WIB

Prediksi Setlist Konser Tunggu Aku Di Bandung Sheila On 7 Besok

Grup band Sheila On 7 akan menggebarakan panggung Bandung dengan menggelar konser bertajuk ‘Tunggu Aku Di Bandung’ pada Sabtu, 28 September 2024, di Stadion Si Jalak Harupat.
Prediksi Setlist Konser Tunggu Aku Di Bandung Sheila On 7 Besok (Sumber : Instagram/@sheilaon7)
Nasional27 September 2024, 17:02 WIB

Ada Masalah Gaji! Hakim se-Indonesia Cuti Massal 7-11 Oktober, Simak 5 Tuntutannya

Seruan aksi cuti bersama ini disampaikan gerakan yang menamakan diri Solidaritas Hakim Indonesia.
(Foto Ilustrasi) Sejumlah hakim dari berbagai daerah di Indonesia berniat melakukan gerakan cuti bersama pada 7-11 Oktober 2024. | Foto: Freepik
Musik27 September 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Asumsi Adrian Khalif dan Bernadya yang Baru Rilis, Galau Abis!

Makna Lagu Asumsi Adrian Khalif dan Bernadya menceritakan tentang sibuknya pikiran di kepala yang kebenarannya belum tentu.
Official Video Lagu Asumsi Adrian Khalif dan Bernadya. Foto: YouTube/EmotionEnterntainment
Produk27 September 2024, 16:35 WIB

Transformasi Digital 5 Tahun Erick Thohir, Layanan Catat Meter Mandiri PLN Mobile Beri Kemudahan

Fitur di PLN Mobile ini dapat membantu pelanggan untuk mengetahui perkiraan tagihan listrik setiap bulannya dan mengontrol pemakaian listrik bulanan pada rumah pelanggan.
Produk layanan PLN. | Foto: PLN
Life27 September 2024, 16:30 WIB

Pertama dan Tertua di Indonesia, Pembangunan Tol Jagorawi Banyak Makan 'Tumbal'

Ide pembangunan jalan bebas hambatan berbayar, Tol Jagorawi, bermula dari kondisi ekonomi Jakarta usai pembangunan Jalan Soedirman dan M.H. Thamrin, yang membutuhkan anggaran sangat besar.
Jalan Tol Jagorawi. Sumber: Instagram/bogorkeun
Sukabumi27 September 2024, 16:22 WIB

Berjarak 414 Km, Sukabumi dan Lalu Lintas Imigran-Pengungsi Menuju Christmas Island

Banyak nelayan yang mengenal Christmas Island karena terbawa badai ke pulau ini.
Tangkapan layar peta jarak Sukabumi dengan Christmas Island. | Foto: Google Maps
Bola27 September 2024, 16:11 WIB

PT LIB Ungkap Biang Kerok Kericuhan usai Laga Persib Vs Persija

Terkait dengan kericuhan yang terjadi, Ferry Paulus mengatakan PT LIB tidak bisa memberikan sanksi karena itu ranahnya Komisi Disiplin PSSI.
Tangkapan layar video kericuhan di pertandingan Persib vs Persija Jakarta dalam lanjutan Liga 1 2024/2025 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Senin sore, 23 September 2024. |  Foto: Indonesia Hooligans
Life27 September 2024, 16:00 WIB

Sungai Ciliwung Dahulu Kala: Paling Bersih di Dunia Hingga Dijuluki “Ratu dari Timur

Sungai Ciliwung memang pernah memiliki masa kejayaan di mana airnya begitu jernih dan bersih sehingga dianggap sebagai salah satu sungai terbersih di dunia.
Sungai Ciliwung memang pernah memiliki masa kejayaan di mana airnya begitu jernih dan bersih sehingga dianggap sebagai salah satu sungai terbersih di dunia. (Sumber : wikimedia/Universiteit Leiden).
Inspirasi27 September 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Sebagai Chef/Cook dengan Penempatan di Kota Sukabumi, Cek Kualifikasinya!

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, yuk segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi - Lowongan Kerja Sebagai Chef/Cook dengan Penempatan di Kota Sukabumi, Cek Kualifikasinya! (Sumber : Freepik.com/@wirestock)