Situs Purbakala Batu Kuya Raksasa di Bogor yang Tinggal Kenangan

Kamis 26 September 2024, 16:00 WIB
Situs Purbakala Batu Kuya Raksasa di Bogor yang Tinggal Kenangan. Foto: Instagram/@pajajaran.anyar

Situs Purbakala Batu Kuya Raksasa di Bogor yang Tinggal Kenangan. Foto: Instagram/@pajajaran.anyar

SUKABUMIUPDATE.com - Batu Kuya Raksasa di Kabupaten Bogor adalah salah satu Situs Purbakala yang sempat menggemparkan Indonesia. Batu Kuya ini  dahulu terdapat di Kampung Cisusuh, Desa Cileuksa, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor.

Situs Purbakala Batu Kuya Raksasa di Bogor yang Tinggal Kenangan. Foto: Instagram/@pajajaran.anyarSitus Purbakala Batu Kuya Raksasa di Bogor. Foto: Instagram/@pajajaran.anyar

Adapun pemberitaan soal Batu Kuya kala itu heboh diperbincangkan sebab keberadaanya yang dilindungi Undang-Undang, merupakan peninggalan Kerajaan hingga sempat diisukan hilang karena dijual ke Korea Selatan.

Berikut seutas catatan tentang Situs Purbakala Batu Kuya Raksasa di Bogor yang tinggal kenangan, sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber:

Situs Purbakala Batu Kuya Raksasa di Bogor

Tentang Situs Purbakala Batu Kuya Raksasa di Bogor

Batu Kuya termasuk kategori Situs Purabakala yang dilindungi oleh Undang-Undang. Batu Kuya diduga merupakan peninggalan Kerajaan Tarumanegara, yaitu kerajaan tertua di Nusantara.

Kerajaan Tarumanegara adalah Kerajaan Hindu yang didirikan oleh Rajadirajaguru Jayasingawarman pada tahun 358 Masehi. Ada beberapa benda purbakala yang menjadi peninggalan Tarumanegara, termasuk diantaranya tujuh prasasti, meliputi Prasasti Tugu, Ciaruteun, Kebon Kopi, Jambu, Munjul, Muara Cianten, dan Prasasti Pasir Awi.

Baca Juga: 8 Perbedaan Gen Z dan Millenial di Tempat Kerja, Kamu yang Mana?

Kenapa Dinamakan Batu Kuya?

Situs Purbakala Batu Kuya Raksasa di Bogor yang Tinggal Kenangan. Foto: Instagram/@pajajaran.anyarSitus Purbakala Batu Kuya Raksasa di Bogor yang Tinggal Kenangan. Foto: Instagram/@pajajaran.anyar

Merujuk padanan katanya, Batu Purbakala ini diinamakan Batu Kuya karena bentuknya mirip seperti seekor kura-kura, yang dalam bahasa Sunda disebut ”kuya”. Pada bagian ujung Batu raksasa juga terdapat benjolan seperti kepala kura-kura.

Benda langka bernilai tinggi peninggalan abad ke-5 ini diperkirakan berbobot seberat enam ton, dengan diameter sekitar 3m dan tinggi 4m.

Menurut perkiraan, Batu Kuya di Bogor memiliki panjang sekitar 670 cm, lebar terluar 350 cm, tinggi 290 cm dan panjang leher 240 cm. 

Situs Purbakala Batu Kuya Raksasa di Bogor Sempat Hilang

Tepat di tahun 2008, Situs Purbakala Batu Kuya Raksasa di Bogor sempat dikabarkan hilang. Kala itu banyak isu yang beredar luas soal hilangnya Batu Kuya Raksasa di Kabupaten Bogor.

Batu Kuya di Bogor pernah diberitakan hilang akibat dicuri penjahat kampung yang disebut tak peduli pada warisan peradaban.

Menurut kabar yang beredar, Batu Kuya diangkut menggunakan kontainer dari kawasan Hutan Lindung Haur Bentes, Kabupaten Bogor, dan melintas di Desa Pasir Madang, pada 23 September 2008. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) saat itu langsung sigap bekerjasama dengan polisi untuk melakukan pengejaran.

Berita Batu Kuya Raksasa di Bogor yang menghilang cukup menggegerkan masyarakat. Sebab, segala jenis tindakan atau perbuatan di kawasan hutan lindung telah diatur dalam UU 41 tahun 1999 mengenai kawasan hutan lindung.

Potret Batu Kuya Raksasa di Bogor yang Tinggal Kenangan Saat Diangkut dengan Kontainer Tahun 2008 Silam. Foto: Instagram/@pajajaran.anyarPotret Batu Kuya Raksasa di Bogor yang Tinggal Kenangan Saat Diangkut dengan Kontainer Tahun 2008 Silam. Foto: Instagram/@pajajaran.anyar

Di tahun yang sama, Batu Kuya yang hilang dari tempatnya ini diisukan dijual dan telah berada di se­buah rumah ibadah di Korea Selatan. Batu Kuya diduga akan diselundupkan ke luar negeri di sebuah gudang di daerah Jakarta.

Padahal, jarak dari tengah sungai Cimangenteung, Kampung Cisusuh, Desa Cileuksa, Kec. Sukajaya, Kab. Bogor menuju sebuah gudang di Jalan Raya Cilincing, Tanjung Priok, Jakarta Utara ini diperkirakan sepanjang 120 kilometer.

Batu Kuya Raksasa di Bogor yang Tinggal Kenangan Saat Diangkut dengan Kontainer Tahun 2008 Silam. Foto: Instagram/@pajajaran.anyarBatu Kuya Raksasa di Bogor yang Tinggal Kenangan Saat Diangkut dengan Kontainer Tahun 2008 Silam. Foto: Instagram/@pajajaran.anyar

Namun, menepis seluruh kabar yang tersiar luas, AKP Santoso, Kasat Reskrim Polres Bogor yang menjabat saat itu, mengatakan Batu Kuya Raksasa akhirnya berhasil diamankan di Cilincing Jakarta Utara.

Pengamanan dilakukan setelah upaya pencarian masif, baik meminta keterangan masyarakat maupun penelesuruan jejak perjalanan Batu Kuya dari tempat asalnya di Hutan Lindung Haur Bentes, Kabupaten Bogor, hingga ke tempat ekspor di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Baca Juga: Hidden Gem Gratis, Inilah Wisata Labirin Taman Penjaringan Jakarta!

Seperti diketahui, Situs Purbakala adalah bukti fisik sekaligus saksi bisu peradaban Indonesia pada zaman dahulu. Situs Purbakala sangat erat kaitannya dengan proses perkembangan budaya di Indonesia yang memang terkenal sangat beragam.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Food & Travel27 September 2024, 11:00 WIB

Peuyeum Legend, Oleh-oleh Bandung Jadul yang Eksis Sejak Zaman Belanda

Peuyeum merupakan makanan tradisional Jawa Barat dari Singkong yang difermentasi.
Peuyeum Bandung, Makanan Fermentasi Tradisional dari Singkong. Foto: Instagram/@budayajabar
Science27 September 2024, 10:30 WIB

Bumi Akan Memiliki Dua Bulan Pada 29 September 2024, Simak Penjelasannya

Beredar kabar bahwa Bumi akan memiliki "dua bulan" mulai tanggal 29 September 2024.
Ilustrasi - Beredar kabar bahwa Bumi akan memiliki "dua bulan" mulai tanggal 29 September 2024. (Sumber : Pixabay.com/@flo222).
Aplikasi27 September 2024, 10:01 WIB

3 Jenis Software HRIS yang Paling Banyak Dicari Perusahaan

Software HRIS adalah perangkat lunak yang berguna untuk mempermudah pengelolaan segala aspek dalam sumber daya manusia di perusahaan.
Ilustrasi. Berikut 3 Jenis Software HRIS yang Paling Banyak Dicari Perusahaan. (Sumber Foto: LinovHR)
Life27 September 2024, 10:00 WIB

Jangan Sampai Menyesal! Tinggalkan 9 Kebiasaan Ini Jika Ingin Bahagia di Masa Pensiun

Memasuki masa pensiun yang bahagia bukan hanya soal persiapan finansial, tetapi juga menghindari kebiasaan-kebiasaan tertentu yang dapat mengganggu kualitas hidup.
Ilustrasi. | Memasuki masa pensiun yang bahagia bukan hanya soal persiapan finansial, tetapi juga menghindari kebiasaan-kebiasaan tertentu yang dapat mengganggu kualitas hidup. (Sumber : pixabay.com/@ BelajatiRaihanFahrizi)
Kecantikan27 September 2024, 09:44 WIB

7 Langkah Perawatan Kulit Wajah yang Bisa Kamu Lakukan di Rumah

Yuk simak ini tujuh langkah mudah untuk merawat kulit wajah di rumah, sehingga kamu bisa tampil percaya diri setiap hari.
Ilustrasi - Ini 7 Langkah Perawatan Kulit Wajah yang Bisa Kamu Lakukan di Rumah. (Sumber : Freepik.com)
Jawa Barat27 September 2024, 09:03 WIB

6 Orang Jadi Tersangka, Ini Motif Oknum Bobotoh Keroyok Steward Usai Laga Persib Vs Persija

Enam orang ditangkap dan dijadikan tersangka, berikut motif oknum bobotoh keroyok steward usai laga Persib vs Persija.
Polresta Bandung saat konferensi pers kasus penyerangan steward oleh oknum bobotoh usai laga Persib vs Persija. (Sumber : Humas Polda Jabar)
Sehat27 September 2024, 09:00 WIB

5 Cara Menghilangkan Sakit Gigi Berlubang, Yuk Simak Agar Tidak Kambuh Lagi

Mengatasi sakit gigi berlubang agar tidak kambuh lagi memerlukan pendekatan yang menyeluruh dan berkelanjutan.
Ilustrasi sakit gigi - Mengatasi sakit gigi berlubang agar tidak kambuh lagi memerlukan pendekatan yang menyeluruh dan berkelanjutan. | (Sumber : Pixabay.com/Inactive account – ID 10634669)
Inspirasi27 September 2024, 08:30 WIB

Lowongan Kerja SMA Fresh Graduate, Tersedia Posisi di Bidang Production

Lowongan Kerja di Jabodetabek Lulusan SMA berikut dibuka untuk penempatan wilayah Cikokol Tangerang.
Ilustrasi. Pekerja Packing. Lowongan Kerja SMA Fresh Graduate, Tersedia Posisi di Bidang Production. (Sumber : Freepik/@rawpixel.com)
Science27 September 2024, 08:00 WIB

7 Cara Mudah Membuat Pupuk Kompos di Rumah, Yuk Cintai Lingkungan!

Membuat pupuk kompos di rumah adalah cara yang mudah dan ramah lingkungan untuk mengurangi limbah organik sekaligus menghasilkan pupuk alami untuk tanaman.
Ilustrasi. Cara Membuat Pupuk Kompos di Rumah.
Life27 September 2024, 07:00 WIB

6 Perbedaan Gen Z dan Generasi X di Tempat Kerja, Kamu Termasuk yang Mana?

Bagi Gen X, keamanan finansial dan pensiun adalah faktor yang sangat penting dalam memutuskan apakah akan tetap bekerja di suatu perusahaan atau tidak. Sedangkan Gen Z lebih memprioritaskan kesejahteraan pribadi dan pertumbuhan.
Ilustrasi. Perbedaan Gen Z dan Gen X di Tempat Kerja. (Sumber : Pixabay/AmoreSeymour)