Pentingnya Skill Parenting, Berikut 7 Tantangan Orang Tua dalam Mendidik Anak

Rabu 25 September 2024, 19:00 WIB
Ilustrasi. Orang tua perlu fleksibel dalam mengubah gaya pengasuhan sesuai dengan kebutuhan anak. (Sumber : Freepik/Lifestylememory)

Ilustrasi. Orang tua perlu fleksibel dalam mengubah gaya pengasuhan sesuai dengan kebutuhan anak. (Sumber : Freepik/Lifestylememory)

SUKABUMIUPDATE.com - Menjadi orang tua membutuhkan banyak keterampilan, dan juga menghadirkan tantangan besar yang harus dihadapi dengan bijak.

Terus belajar tentang perkembangan anak dan metode pengasuhan baru membantu orang tua mengelola tantangan dengan lebih baik.

Berikut sederet kemampuan penting yang perlu dimiliki orang tua, serta tantangan yang sering dihadapi dalam mendidik anak-anak. Dirangkum dari berbagai sumber, yuk simak:

Skill Parenting dan Tantangan Orang Tua dalam Mendidik Anak

  • Komunikasi yang Efektif

Kemampuan: Mampu mendengarkan dengan baik dan berkomunikasi dengan jelas adalah dasar hubungan yang sehat antara orang tua dan anak. Orang tua perlu memahami perasaan dan pikiran anak tanpa menghakimi.

Tantangan: Anak-anak, terutama saat remaja, sering kesulitan mengekspresikan diri. Orang tua mungkin harus menghadapi periode diam atau komunikasi yang terbatas, sehingga butuh kesabaran ekstra.

Baca Juga: Patilasan Prabu Siliwangi, Gunung Padang Cianjur Piramida Tertua Di Dunia

  • Empati dan Pemahaman Emosional

Kemampuan: Menunjukkan empati membantu anak merasa didukung, dipahami, dan dihargai. Skill Parenting ini termasuk mengajarkan cara mengenali dan mengelola emosi.

Tantangan: Saat emosi anak-anak meningkat, seperti tantrum pada balita atau stres pada remaja, orang tua bisa merasa frustrasi dan kesulitan tetap tenang dan empati.

  • Konsistensi dan Kedisiplinan

Kemampuan: Memberikan aturan dan batasan yang jelas, serta menegakkannya dengan konsisten, penting untuk menanamkan rasa tanggung jawab dan disiplin pada anak.

Tantangan: Menegakkan aturan bisa jadi sulit ketika orang tua sendiri merasa lelah atau terjebak dalam situasi yang membutuhkan kompromi. Konsistensi ini juga sering terpengaruh oleh stres pekerjaan atau masalah pribadi.

  • Kesabaran

Kemampuan: Kesabaran memungkinkan orang tua menghadapi tantangan harian tanpa reaksi berlebihan.

Skill Parenting ini penting dalam menghadapi pertanyaan berulang, kesalahan anak, atau proses belajar yang lambat.

Tantangan: Saat orang tua merasa stres atau terburu-buru, kesabaran bisa memudar. Mengelola waktu dan emosi sendiri bisa menjadi tantangan besar.

Baca Juga: Viral Suporter Persib vs Persija Ricuh, Ini 5 Catatan Perdamaian Viking - The Jak

  • Menjadi Contoh yang Baik

Kemampuan: Orang tua adalah role model bagi anak. Tindakan, perilaku, dan keputusan mereka akan ditiru oleh anak-anak, baik dalam hal moral, etika, maupun kebiasaan sehari-hari.

Tantangan: Kadang-kadang, orang tua harus menghadapi tekanan untuk bertindak sempurna, dan bisa merasa gagal jika melakukan kesalahan di depan anak.

  • Fleksibilitas dan Adaptabilitas

Kemampuan: Setiap anak unik, dan pendekatan yang bekerja untuk satu anak mungkin tidak efektif untuk yang lain. Orang tua perlu fleksibel dalam mengubah gaya pengasuhan sesuai dengan kebutuhan anak.

Tantangan: Mengelola banyak gaya pengasuhan di tengah tekanan sosial atau saran yang saling bertentangan bisa menjadi tantangan besar.

  • Pengelolaan Konflik

Kemampuan: Menghadapi perbedaan pendapat atau konflik dengan tenang dan mencari solusi yang adil akan mengajarkan anak cara mengelola konflik dengan cara yang sehat.

Tantangan: Mengelola konflik di rumah, terutama ketika anak mulai menunjukkan kemandirian atau sifat keras kepala, bisa memicu ketegangan dan butuh kesabaran serta kebijaksanaan yang tinggi.

Baca Juga: YA, Terdakwa Kasus Kematian Dante Anak Tamara Dituntut Hukuman Mati

Penting untuk selalu memahami bahwa setiap keluarga memiliki dinamika unik. Artinya, tidak ada formula yang sempurna dalam pengasuhan anak.

Memahami pentingnya kemampuan parenting dapat membuat orang tua lebih siap menghadapi tantangan yang ada dengan fleksibilitas dan rasa percaya diri.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi25 September 2024, 21:11 WIB

Gelar Razia, Tim Gabungan Sita Ribuan Batang Rokok Ilegal di Sukabumi

Tim gabungan yang terdiri dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Sukabumi dan Bea Cukai Bogor menggelar razia rokok ilegal atau tanpa cukai ke sejumlah toko dan warung di Kabupaten Sukabumi.
Hasil operasi razia peredaran rokok ilegal di Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Inspirasi25 September 2024, 20:20 WIB

Menengok Pendapatan Warga Bangbayang Sukabumi dari Kuli Getah Pinus Hutan Tegalbuleud

Warga Desa Bangbayang merasa terbantu dengan adanya pekerjaan sampingan sebagai kuli sadap getah pohon pinus Hutan Tegalbuleud Sukabumi.
Kuli getah pinus Hutan Tegalbuleud Sukabumi jadi penghasilan tambahan warga Desa Bangbayang. (Sumber : SU/Ragil)
Food & Travel25 September 2024, 20:00 WIB

Situ Cibeureum Bekasi, Danau Indah Nan Gratis yang Hanya 1 Jam dari Jakarta

Situ Cibeureum, sebuah danau alami yang terletak di Bekasi, Jawa Barat, menawarkan oase ketenangan di tengah hiruk pikuk kota industri.
Situ Cibeureum, sebuah danau alami yang terletak di Bekasi, Jawa Barat, menawarkan oase ketenangan di tengah hiruk pikuk kota industri. (Sumber : Instagram/@arie_46/HARIDARMAWAN.COM).
Sukabumi25 September 2024, 19:35 WIB

Tersambar Petir, Rumah Warga di Parungkuda Sukabumi Terbakar

Sebuah rumah milik Ujang Jejen (48 tahun) di Kampung Babakan RT 20/03, Desa Babakanjaya, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, mengalami kebakaran setelah tersambar petir pada Rabu (25/9/2024)
Tersambar petir dan kebakaran menimpa rumah milik Ujang Jejen (48 tahun) di Parungkuda Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Entertainment25 September 2024, 19:30 WIB

Jakarta Masuk List, Lisa BLACKPINK akan Menggelar Fan Meeting November 2024

Kabar gembira buat BLINK Tanah Air karena Lisa BLACKPINK akan datang ke Indonesia melalui acara ‘LISA Fan Meetup in Asia 2024’ pada Jumat, 15 November 2024
Jakarta Masuk List, Lisa BLACKPINK akan Menggelar Fan Meeting November 2024 (Sumber : Instagram/@lalalalisaa_m)
Sukabumi Memilih25 September 2024, 19:27 WIB

Pimpinan Definitif DPRD Kabupaten Sukabumi Periode 2024-2029 Resmi Dilantik

Pimpinan Definitif DPRD Kabupaten Sukabumi periode 2024-2029 Resmi Dilantik, Ketua Dijabat Budi Azhar Mutawali.
Prosesi penyerahan palu pimpinan DPRD Kabupaten Sukabumi dari pimpinan sementara ke pimpinan definitif. (Sumber : Dok. DPRD Kabupaten Sukabumi)
Life25 September 2024, 19:00 WIB

Pentingnya Skill Parenting, Berikut 7 Tantangan Orang Tua dalam Mendidik Anak

Skill Parenting, Orang tua perlu memahami perasaan dan pikiran anak tanpa menghakimi.
Ilustrasi. Orang tua perlu fleksibel dalam mengubah gaya pengasuhan sesuai dengan kebutuhan anak. (Sumber : Freepik/Lifestylememory)
Inspirasi25 September 2024, 18:49 WIB

Mengenal 3 Rektor Universitas Negeri Kelahiran Sukabumi, Ada yang Terpilih di Usia 38 Tahun

Menjadi rektor di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) adalah prestasi yang menjadi kebanggaan. Dan ini adalah tiga sosok rektor yang merupakan kelahiran Sukabumi: Heri Hermansyah, KH. Solahuddin Sanusi, Prof. Deddy Ismatullah
Jabat Rektor di Universitas Negeri, (Prof. Dr. Heri Hermansyah, KH. Dr. Salahuddin Sanusi, Prof. Dr. Deddy Ismatullah | Foto : Colase Sukabumiupdate
Life25 September 2024, 18:49 WIB

3 Tahun Berjuang Melawan Perkawinan Anak di Sukabumi, Siapa GEMA CITA?

Kabupaten Sukabumi menjadi satu dari 3 daerah di Indonesia yang menjadi lokus GEMA CITA.
Generasi muda dalam kampanye Gema Cita (Sumber: dok Plan Indonesia)
Sukabumi25 September 2024, 18:45 WIB

Tuduh Tukang Teluh, Pria Palabuhanratu Jerat Leher Adik Perempuan dan Bacok Ipar Ternyata Gegara Warisan

Polisi mengungkap motif pria paruh baya di Palabuhanratu Sukabumi nekat jerat leher adik perempuan dan bacok ipar gegara warisan.
Kapolres Sukabumi AKBP Samian dan jajaran saat menunjukan barang bukti kasus penganiayaan dan fitnah tukang teluh di Palabuhanratu Sukabumi. (Sumber : SU/Ilyas)