Bisa Dipicu Film Horor, 11 Aktivitas Malam yang Bisa Menurunkan Kualitas Tidur

Selasa 17 September 2024, 19:00 WIB
Ilustrasi. Menonton Film Horor Bisa Menjadi Aktivitas Malam yang Menurunkan Kualitas Tidur (Sumber : Pixabay/StockSnap)

Ilustrasi. Menonton Film Horor Bisa Menjadi Aktivitas Malam yang Menurunkan Kualitas Tidur (Sumber : Pixabay/StockSnap)

SUKABUMIUPDATE.com - Sejumlah ktivitas malam hari bisa berdampak negatif pada kualitas tidur jika dilakukan sebelum tidur.

Jika kualitas tidur menurun, itu bisa disebabkan oleh berbagai faktor yang mempengaruhi kemampuan untuk tidur dengan nyenyak dan bangun merasa segar.

Kenali beberapa aktivitas yang dapat menurunkan kualitas tidur, seperti merujuk dari berbagai sumber:

Aktivitas Malam yang Bisa Menurunkan Kualitas Tidur

1. Menggunakan Gadget Sebelum Tidur

Paparan layar ponsel, tablet, atau komputer sebelum tidur dapat mengganggu produksi hormon melatonin, yang bertanggung jawab untuk mengatur siklus tidur. Cahaya biru dari layar gadget mengirim sinyal ke otak bahwa masih siang, sehingga membuat sulit untuk tidur.

2. Makan Makanan Berat atau Pedas

Mengonsumsi makanan berat, pedas, atau berlemak sebelum tidur bisa menyebabkan gangguan pencernaan, seperti refluks asam atau perut kembung, yang dapat mengganggu tidur. Sistem pencernaan akan bekerja lebih keras saat kita tidur jika makan terlalu dekat dengan waktu tidur.

Baca Juga: 10 Cara Membangun Sikap Percaya Diri Pada Anak Perempuan Introvert

3. Mengonsumsi Kafein atau Alkohol

Kafein (dari kopi, teh, cokelat, atau minuman berenergi) adalah stimulan yang dapat menghambat rasa kantuk bahkan beberapa jam setelah dikonsumsi.

Alkohol, meskipun awalnya bisa membuat mengantuk, dapat mengganggu siklus tidur dan membuat tidur lebih ringan serta mudah terbangun di tengah malam.

4. Olahraga Berat Menjelang Tidur

Olahraga adalah aktivitas yang baik, namun jika dilakukan terlalu dekat dengan waktu tidur, dapat meningkatkan detak jantung, suhu tubuh, dan adrenalin, yang membuat tubuh tetap terjaga dan sulit untuk rileks.

Sebaiknya lakukan olahraga setidaknya 3-4 jam sebelum tidur agar tubuh punya waktu untuk menenangkan diri.

5. Stres atau Berpikir Berlebihan (Overthinking)

Memikirkan masalah sehari-hari atau khawatir berlebihan dapat memicu stres dan kecemasan yang menghambat kemampuan untuk tidur dengan nyenyak.

Pikiran yang terlalu aktif menjelang tidur dapat membuat sulit untuk relaksasi dan tertidur.

Baca Juga: Update 17/9: Top 5 Klasemen Sementara PON XXI Aceh Sumut 2024

6. Menonton Film atau Acara TV yang Intens

Menonton film horor, thriller, atau program yang menegangkan sebelum tidur dapat meningkatkan detak jantung dan adrenalin, membuat otak lebih aktif, dan menyebabkan kesulitan tidur.

Program dengan konten yang berat atau emosional juga bisa menyebabkan mimpi buruk dan mengganggu tidur.

7. Tidur Siang yang Terlalu Lama

Tidur siang yang terlalu panjang atau terlalu dekat dengan waktu tidur malam dapat mengganggu siklus tidur alami. Tidur siang lebih dari 30 menit, terutama di sore hari, bisa membuat Anda sulit tertidur di malam hari.

8. Bekerja atau Belajar di Tempat Tidur

Menggunakan tempat tidur untuk aktivitas lain seperti bekerja, belajar, atau makan dapat mengacaukan asosiasi otak antara tempat tidur dan tidur, sehingga membuat Anda sulit merasa rileks saat berbaring untuk tidur.

9. Minum Terlalu Banyak Cairan

Minum terlalu banyak air atau minuman lain sebelum tidur dapat menyebabkan sering terbangun di malam hari untuk pergi ke kamar mandi, yang tentunya akan mengganggu kualitas tidur.

Baca Juga: Info Magang Lulusan SMA di Perusahaan Makanan Wilayah Jakarta

10. Merokok Sebelum Tidur

Nikotin dalam rokok adalah stimulan yang dapat mengganggu tidur. Merokok sebelum tidur bisa membuat sulit untuk merasa rileks dan tertidur, karena nikotin meningkatkan denyut jantung dan aktivitas otak.

11. Lingkungan yang Tidak Nyaman

Suara berisik, suhu yang terlalu panas atau terlalu dingin, atau cahaya yang terang dapat mengganggu kenyamanan tidur. Lingkungan tidur yang tidak ideal membuat tubuh sulit masuk ke fase tidur yang dalam dan restoratif.

Dengan menghindari aktivitas-aktivitas ini, Anda dapat meningkatkan kualitas tidur dan bangun dengan perasaan lebih segar serta bugar di pagi hari.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Inspirasi20 September 2024, 01:10 WIB

Refleksi Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

Peringatan Maulid Nabi SAW yang rutin diadakan setiap tahun dalam realitasnya belum sepenuhnya mampu mengubah perilaku keagamaan
Refleksi Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW | Foto : Pixabay
Sukabumi20 September 2024, 00:27 WIB

Terbang ke Aceh, Sekda Ade Beri Dukungan ke Atlet PON XXI Asal Kabupaten Sukabumi

Sekretaris Daerah, Ade Suryaman, bersama sejumlah pejabat Pemkab Sukabumi terbang ke Aceh untuk memberikan dukungan kepada para atlet asal Kabupaten Sukabumi yang bertanding di PON XXI
Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi, Ade Suryaman dan jajaran saat bertemu para atlet asal Kabupaten Sukabumi di PON XXI di Aceh | Foto : Dokpim
Sukabumi19 September 2024, 23:23 WIB

Desa Wisata Hanjeli Sukabumi Sabet Penghargaan Wonderful Indonesia Impact Kemenparekraf

Enam desa wisata terbaik mendapat penghargaan Wonderful Indonesia Impact dari Menparekraf bekerja sama dengan MarkPlus. Salah satunya adalah Desa Wisata Hanjeli, Kabupaten Sukabumi
Asep Hidayat saat menerima Penghargaan Wonderful Indonesia Impact dari Menparekraf Sandiaga Uno di Jakarta, Kamis (19/9/20204) | Foto : Istimewa
Sukabumi19 September 2024, 21:47 WIB

Sepakat Damai Cabut Laporan Usai Bentrok, PP dan Garis Sukabumi Saling Memaafkan

Pasca insiden yang melibatkan dua kelompok ormas PP Kota Sukabumi dan ormas Garis Sukabumi Raya pada Jumat 13 September 2024 lalu, kedua belah pihak bersepakat untuk islah atau berdamai.
Para Pimpinan kedua ormas usai tandatangani nota perdamaian di MWC Pemuda Pancasila (PP) Kota Sukabumi. Kamis (19/9/2024) | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi19 September 2024, 21:18 WIB

Puluhan Perahu Wisata Terparkir Sepi Imbas Keringnya Curug Cikaso Sukabumi

Puluhan perahu angkutan wisata yang biasa mengantar jemput wisatawan ke Curug Cikaso kini terparkir sepi di dermaga apung Sungai Cikaso, Kampung Ciniti, Desa Cibitung, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi.
Puluhan perahu wisata terparkir di sungai cikaso imbas keringany curug Cikaso di Sukabum | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi Memilih19 September 2024, 20:58 WIB

KPU Kabupaten Sukabumi Tetapkan DPT Pilkada 2024, Terjadi Penurunan Jumlah Pemilih

Jumlah DPT Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024 terdiri dari 1.001.764 pemilih laki-laki dan 981.642 perempuan.
Rapat pleno terbuka rekapitulasi DPSHP dan penetapan DPT yang diselenggarakan KPU Kabupaten Sukabumi. (Sumber : SU/Ibnu)
Sukabumi19 September 2024, 20:42 WIB

Tepergok Curi Helm, Pria Cianjur Babak Belur Diamuk Massa di Dago Sukabumi

Berikut kronologi pria Cianjur nyaris tewas diamuk massa di Dago Sukabumi karena tepergok curi helm.
Tangkapan layar video viral pria babak belur diamuk massa karena tepergok curi helm di Dago Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi Memilih19 September 2024, 20:40 WIB

Panwaslu Sukaraja Sosialisasi Netralitas ASN, TNI/Polri dan Perangkat Desa di Pilkada Sukabumi

Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Sukaraja mengadakan kegiatan sosialisasi pengawasan netralitas ASN, TNI, Polri, Kepala Desa, dan perangkat desa dalam Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024.
Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan Sukaraja saat melakukan sosialisasi netralitas ASN, TNI/Polri dan Aparat Desa, Kamis (19/9/2024) | Foto : SU
Sukabumi Memilih19 September 2024, 20:19 WIB

Tak Ada Tanggapan Masuk, KPU Menuju Tahap Penetapan Paslon Pilbup Sukabumi 2024

Nihin tanggapan dan masukan dari masyarakat terkait 2 bapaslon Pilbup Sukabumi 2024. KPU bersiap menuju tahapan berikutnya.
Ketua Divisi Teknis dan Penyelenggara KPU Kabupaten Sukabumi, Abdullah Ahmad Mulya. (Sumber : SU/Ibnu)
Life19 September 2024, 20:00 WIB

Usir Muda Mudi yang Meresahkan, Kota di Finlandia Ini Putar Musik Klasik untuk Atasinya!

Kota di Finlandia ini punya cara unik mengusir pemuda yang selalu meresahkan di daerahnya.
Ilustrasi - Kota di Finlandia ini punya cara unik mengusir pemuda yang selalu meresahkan di daerahnya. (Sumber : Freepik.com).