Padamnya Api Keabadian, 5 Peristiwa Luar Biasa Saat Kelahiran Nabi Muhammad SAW

Senin 16 September 2024, 18:00 WIB
Ilustrasi - Kelahiran Nabi Muhammad SAW diiringi dengan sejumlah peristiwa besar yang patut diketahui oleh Umat Muslim. (Sumber : Freepik.com/Ist).

Ilustrasi - Kelahiran Nabi Muhammad SAW diiringi dengan sejumlah peristiwa besar yang patut diketahui oleh Umat Muslim. (Sumber : Freepik.com/Ist).

SUKABUMIUPDATE.com - Tanggal 12 Rabi'ul Awal Tahun Gajah, atau bertepatan dengan sekitar tahun 571 M, adalah hari yang sangat penting dalam sejarah Islam karena pada tanggal tersebut lahirlah Nabi Muhammad SAW, di kota Makkah, Arab Saudi.

Kelahiran Nabi Muhammad SAW dianggap sebagai awal dari perubahan besar bagi umat manusia, karena beliau adalah utusan terakhir Allah SWT, yang membawa risalah suci, yaitu ajaran Islam, yang diwahyukan melalui Al-Qur'an.

Pada masa kelahiran beliau, Arab berada dalam situasi sosial, politik, dan religius yang penuh dengan kejahilan (jahiliyyah). Nabi Muhammad SAW diutus untuk membawa ajaran tauhid, yang menekankan keesaan Allah, serta membimbing umat manusia menuju moralitas, keadilan, dan perdamaian.

Ilustrasi - Kelahiran Baginda Nabi Muhammad SAW diiringi dengan sejumlah peristiwa luar biasa. |Ilustrasi - Kelahiran Baginda Nabi Muhammad SAW diiringi dengan sejumlah peristiwa luar biasa. | Pixabay.com/@rcascoherrera

Peristiwa kelahiran Nabi Muhammad SAW menjadi momen penting yang diperingati oleh umat Islam sebagai Maulid Nabi, yang dirayakan di berbagai belahan dunia dengan berbagai cara, sebagai bentuk penghormatan dan rasa syukur atas kelahiran utusan Allah SWT yang membawa rahmat bagi alam semesta.

Namun tahukah kamu jika kelahiran Nabi Muhammad SAW ini dibarengi oleh sejumlah peristiwa luar biasa? Jika penasaran yuk simak selengkapnya dibawah ini.

1. Padamnya Api Keabadiaan dari Sesembahan Kaum Majusi

Ilustrasi - Api Keabadian milik kaum Majusi padam saat Nabi Muhammad SAW lahir kedunia. | Pixabay.com/@RonaldPlettIlustrasi - Api Keabadian milik kaum Majusi padam saat Nabi Muhammad SAW lahir kedunia. | Pixabay.com/@RonaldPlett.

Agama Majusi sudah ada sejak lama, bahkan sebelum Islam muncul. Penganut agama ini sangat menghormati api dan menganggapnya sebagai sumber kekuatan serta pelindung. Mereka percaya bahwa api adalah kekuatan gaib yang dapat melindungi dan memberikan kesejahteraan bagi manusia.

Saking sakralnya api, penganut Majusi menganggapnya sebagai Tuhan yang layak disembah. Konon api mereka telah menyala selama ribuan tahun. Menurut riwayat Imam al-Baihaqi, api keabadian milik penganut Majusi baru padam saat Nabi Muhammad lahir:

لما كانت الليلة التي ولد فيها رسول الله صلى الله عليه وسلم ارتجس إيوان كسرى، وسقط منه أربع عشرة شرفة، وخمدت نار الفرس، ولم تَخمُد قبل ذلك بألف عام، وغاضت بحيرة سَاوة

Artinya, “Pada malam kelahiran Nabi Muhammad saw, balkon istana Kisra runtuh, 14 gereja runtuh, api (sesembahan Majusi) di Persia padam yang sebelumnya menyala selama 1000 tahun, dan gereja Bahira ambles ke tanah.”

Imam az-Zurqani mencatat bahwa hadits ini tidak hanya diriwayatkan oleh Imam al-Baiqahi, tetapi juga oleh sejumlah ulama terkemuka seperti Abu Nu’aim al-Khara’iti, Ibnu ‘Asakir, dan Ibnu Jarir ath-Thabari. Semua riwayat tersebut bersambung sampai kepada Hani al-Makhzumi. (Imam Abu Abdilah az-Zurqani, Syarh Mawahibul Ladduniyyah, 2012: juz I, halaman 228).

2. Lahir dalam Keadaan Sujud

Berbeda dengan bayi pada umumnya yang menangis saat dilahirkan, Nabi Muhammad SAW terlahir dalam keadaan sujud. Imam Jalaluddin as-Suyuti dalam kitab Khasaishul Kubra mencatat bahwa saat keluar dari rahim Siti Aminah, beliau langsung melakukan sujud dan mengangkat kedua tangannya seolah sedang berdoa. (Jalaluddin as-Suyuti, Khasaishul Kubra, 2017: 82).

3. Sudah Dikhitan Ketika Dilahirkan

Islam menganjurkan setiap laki-laki untuk berkhitan. Waktu yang ideal untuk melakukan sunat adalah setelah memasuki usia baligh, dan lebih baik dilakukan sekitar usia tujuh tahun. Namun, keistimewaan Nabi Muhammad SAW adalah beliau telah disunat sejak lahir.

Menurut Syekh Sulaiman al-Bujairami, selain Nabi Muhammad, ada 14 nabi lainnya yang juga sudah dalam keadaan dikhitan saat dilahirkan. Nama-nama nabi tersebut tercatat dalam kitab Hasyiyah al-Bujairami ‘alal Khatib juz V, halaman 262.

4. Pertama Kali Dinamakan Muhammad

Bulan Rabiul Awal adalah bulan kelahiran Nabi Muhammad SAW, manusia paling mulia.Bulan Rabiul Awal adalah bulan kelahiran Nabi Muhammad SAW, manusia paling mulia. | Freepik.com.

Secara bahasa, nama "Muhammad" berasal dari kata "hamdun" yang berarti pujian. Nama ini adalah bagian dari kosakata bahasa Arab yang umum digunakan di Makkah pada masa itu, namun anehnya belum pernah ada yang menggunakannya sebagai nama anak. Nabi Muhammad SAW adalah orang pertama yang menyandang nama ini.

Imam Ibnu Qutaibah menjelaskan bahwa salah satu tanda unik yang menunjukkan kelahiran Nabi Muhammad adalah keunikan nama beliau. Sebelumnya, tidak ada seorang pun yang bernama Muhammad. Hal ini, menurut Imam Ibnu Qutaibah, adalah kehendak Allah SWT untuk menjaga kesucian nama Nabi Muhammad, sama seperti yang dilakukan-Nya pada Nabi Yahya. (Syihabuddin al-Qastalani, Mawahibul Ladduniyah, 2009: juz I, halaman 374).

Nama Muhammad diberikan oleh kakeknya, Abdul Muthalib, yang berharap cucunya kelak akan menjadi sosok yang dipuji oleh seluruh makhluk.

Abdul Muthalib mendapatkan inspirasi untuk memberi nama cucunya Muhammad dari sebuah mimpi yang sangat unik. Dalam mimpi itu, beliau melihat sebuah rantai perak yang memanjang ke segala penjuru dunia dan berubah menjadi pohon yang sangat indah dan daunnya memancarkan cahaya. Semua manusia bergelantungan pada pohon tersebut.

Tafsir mimpi itu menunjukkan bahwa ia akan memiliki keturunan yang sangat berpengaruh, diakui oleh seluruh umat manusia, dan mendapatkan pujian dari seluruh penduduk langit dan bumi. Berdasarkan tafsir tersebut, ia berniat menamai keturunannya "Muhammad" yang memiliki arti “orang yang banyak mendapat pujian” (Imam Abu Abdilah az-Zurqani, Syarh Mawahibul Ladduniyyah, 2012: juz I, halaman 162).

5. Pintu Langit Tertutup bagi Iblis

Tertutupnya pintu langit bagi iblis. | Freepik.comTertutupnya pintu langit bagi iblis. | Freepik.com.

Sebelum kelahiran Nabi Muhammad SAW, iblis diyakini memiliki kemampuan untuk mendengarkan secara sembunyi-sembunyi percakapan para malaikat di langit ketujuh mengenai takdir manusia. Informasi rahasia yang didengarnya kemudian disampaikan kepada para dukun, sehingga mereka mengklaim dapat mengetahui hal-hal gaib.

Namun, informasi yang disampaikan iblis seringkali diputarbalikkan. Sejak kelahiran Nabi Muhammad SAW, akses iblis ke langit tertutup, sehingga ia tidak dapat lagi memperoleh informasi tersebut. Terkait hal ini, As-Suhaili dalam ar-Raudhul Unf menyampaikan:

رُوِيَ فِي مَأْثُورِ الْأَخْبَارِ أن إبليس كان يخترق السّماوات قَبْلَ عِيسَى، فَلَمّا بُعِثَ عِيسَى، أَوْ وُلِدَ حجب عن ثلاث سماوات، فَلَمّا وُلِدَ مُحَمّدٌ حُجِبَ عَنْهَا كُلّهَا، وَقُذِفَتْ الشّيَاطِينُ بِالنّجُومِ

Artinya, “Diriwayatkan dalam beberapa hadits yang ma’tsur, dulu iblis bisa mencuri dengar di langit sebelum Nabi Isa diutus. Setelah Isa diutus atau dilahirkan, tertutup tiga lapis langit. Hingga Nabi Muhammad lahir, iblis tidak bisa lagi mencuri dengar sama sekali, sebab setan-setan sudah dilempari dengan bintang-bintang.” (Abul Qasim as-Suhaili, ar-Raudhul Unf, juz II, halaman 194). Wallahu a’lam.

Sumber: NU Online

 

 

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Food & Travel19 September 2024, 06:00 WIB

Resep Mochi Isian Kacang Khas Sukabumi, Oleh-Oleh Liburan yang Nikmat!

Mochi Sukabumi terkenal dengan isi kacang yang manis dan gurih. Intip Resep Mochi Isian Kacang Khas Sukabumi, Oleh-Oleh Liburan yang Nikmat!
Ilustrasi. Mochi telah menjadi simbol kuliner tradisional Sukabumi. Foto:Instagram/@detikviliana
Science19 September 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 19 September 2024, Sukabumi Cerah Berawan Sepanjang Hari

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca berawan pada 19 September 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca berawan pada 19 September 2024. (Sumber : Pixabay.com/@MabelAmber)
Inspirasi19 September 2024, 00:37 WIB

Keteladanan Rasulullah SAW, Inspirasi Bagi Generasi Muda

Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW, yang diperingati oleh umat Islam setiap tahun, merupakan momen penting untuk mengenang kelahiran sosok yang membawa risalah Islam ke dunia.
Peringatan Maulid Nabi Muhammad 12 Rabiul Awal 1445 H / 16 September 2024 | Foto : Pixabay
Sukabumi19 September 2024, 00:13 WIB

Dibeli Murah hingga Intimidasi, Warga Ungkit Soal Tanah Harry Cader di Tegalbuleud Sukabumi

Warga Desa Buniasih dan Desa Tegalbuleud, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi terutama ahli waris tanah merek mengungkit proses penjualan tanah pada beberapa tahun Harry Cader
Tanah Harry Cader di Desa Buniasih Tegalbuleud Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi18 September 2024, 22:35 WIB

Pengakuan Korban Penembakan Oknum Pengacara di Sukabumi: Curhat Lalu Todongkan Senpi

Detik-detik sebelum terjadinya peristiwa penembakan pemilik warung kopi (warkop) di Jalan Sriwidari No 27, Kecamatan Gunungpuyuh, Kota Sukabumi. Pelaku disebut sempat curhat butuh uang untuk berobat sang anak.
MAF (35 tahun) korban penembakan oknum pengacara saat diwawancarai di warkopnya, Rabu (18/9/2024) | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi Memilih18 September 2024, 21:34 WIB

Abah Ucok Kirim Kode Keras ke Calon Bupati, Singgung Tata Ruang Ibukota Kab. Sukabumi

Mantan Wakil Bupati Sukabumi, Ucok Haris Maulana Yusup mengungkapkan keluh kesahnya terhadap sejumlah persoalan yang ada di Kabupaten Sukabumi yang menurutnya banyak yang belum terselesaikan
Politisi senior Sukabumi, H. Ucok Haris Maulana Yusup | Foto : Istimewa
Sukabumi18 September 2024, 20:55 WIB

Empat Warga Terjangkit DBD, Puskesmas Bojonggenteng Sukabumi Lakukan Fogging

Puskesmas Bojonggenteng Sukabumi menerima laporan bahwa ada empat warga terjangkit DBD di Kampung Pamatutan.
Puskesmas Bojonggenteng Sukabumi melakukan fogging di Kampung Pamatutan usai menerima laporan adanya 4 warga yang terjangkit DBD. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi18 September 2024, 20:33 WIB

Dinas PU Sukabumi Lakukan Pemeliharaan Rutin di Ruas Jalan Cicurug-Cidahu

Dinas PU Kabupaten Sukabumi melakukan pemeliharaan rutin pada ruas jalan Cicurug-Cidahu di Desa Tangkil.
Petugas UPTD Dinas PU Kabupaten Sukabumi melakukan pemeliharaan rutin di ruas Jalan Cicurug-Cidahu. (Sumber : Istimewa)
Food & Travel18 September 2024, 20:00 WIB

Situ Bagendit, Wisata Eksotis di Garut yang Berselimut Kisah Legenda

Situ Bagendit tidak hanya menawarkan keindahan alam yang menawan, tetapi juga beragam aktivitas seru yang bisa kamu coba.
Situ Bagendit tidak hanya menawarkan keindahan alam yang menawan, tetapi juga beragam aktivitas seru yang bisa kamu coba. (Sumber : disparbud.garutkab.go.id).
Sukabumi18 September 2024, 19:55 WIB

Kronologi Penembakan Pemilik Warkop di Sukabumi, Korban Alami Luka Tembak di Punggung

Polisi tengah melakukan pengejaran terhadap pelaku penembakan yang dilakukan oleh oknum pengacara kepada pemilik warkop di Sukabumi.
Satreskrim Polres Sukabumi Kota saat melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) pemilik warkop ditembak oknum pengacara, Selasa (17/9/2024) malam. (Sumber : Istimewa)