7 Cara Memulihkan Harga Diri Saat Merasa Down dan Diremehkan Orang Lain

Jumat 12 Juli 2024, 10:00 WIB
Ilustrasi -Memulihkan harga diri membutuhkan waktu dan usaha. Ingatlah bahwa Anda berharga dan pantas untuk bahagia. (Sumber : pexels.com/Alexander Suhorucov)

Ilustrasi -Memulihkan harga diri membutuhkan waktu dan usaha. Ingatlah bahwa Anda berharga dan pantas untuk bahagia. (Sumber : pexels.com/Alexander Suhorucov)

SUKABUMIUPDATE.com - Merasa down dan diremehkan orang lain memanglah pengalaman yang pahit. Hal ini dapat menggerus harga diri dan membuat kita mempertanyakan kemampuan diri sendiri. 

Namun, penting untuk diingat bahwa setiap orang memiliki nilai dan keunikannya masing-masing. Berikut 7 cara yang dapat membantu Anda memulihkan harga diri saat merasa down dan diremehkan orang lain:

1. Terima dan Akui Perasaan Anda

Langkah pertama adalah dengan menerima dan mengakui perasaan Anda. Merasa sedih, marah, atau kecewa adalah hal yang wajar. Jangan tekan atau abaikan perasaan Anda. Biarkan diri Anda merasakannya sejenak, kemudian lepaskan dengan cara yang sehat.

2. Ingatlah Nilai dan Kekuatan Anda

Setiap orang memiliki nilai dan kekuatannya masing-masing. Buatlah daftar hal-hal positif tentang diri Anda, seperti bakat, prestasi, dan kualitas baik yang Anda miliki. Ingatlah kembali momen-momen di mana Anda berhasil mencapai sesuatu dan rasakan kebanggaan atas pencapaian tersebut.

3. Hindari Membandingkan Diri dengan Orang Lain

Membandingkan diri dengan orang lain hanya akan memperburuk keadaan. Setiap orang memiliki jalan hidupnya masing-masing. Fokuslah pada perjalanan Anda sendiri dan rayakan setiap pencapaian yang Anda raih, sekecil apa pun itu.

4. Batasi Interaksi dengan Orang yang Menurunkan Harga Diri Anda

Jika memungkinkan, batasi interaksi dengan orang-orang yang selalu meremehkan dan menjatuhkan harga diri Anda. Menghabiskan waktu bersama orang-orang yang positif dan suportif akan lebih membantu Anda dalam proses pemulihan harga diri.

5. Lakukan Hal-hal yang Anda Sukai

Melakukan hal-hal yang Anda sukai dapat membantu meningkatkan mood dan meningkatkan rasa percaya diri. Luangkan waktu untuk hobi, minat, atau aktivitas yang membuat Anda merasa senang dan bahagia.

6. Berikan Diri Anda Reward

Berikan diri Anda hadiah kecil atas setiap pencapaian yang Anda raih, sekecil apa pun itu. Hal ini dapat membantu memotivasi Anda untuk terus maju dan meningkatkan rasa percaya diri.

7. Berlatih Self-Compassion

Belajarlah untuk bersikap baik dan pengertian kepada diri sendiri. Semua orang membuat kesalahan, dan tidak ada yang sempurna. Jangan terlalu keras pada diri sendiri ketika Anda gagal. Alih-alih, pelajari dari kesalahan Anda dan teruslah berusaha untuk menjadi versi terbaik dari diri Anda.



Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi Memilih22 Agustus 2024, 13:17 WIB

Charly Van Houten Gagal Jadi Cawabup Sukabumi? SK Pilkada PKB untuk Asjap-Andreas

Zainul berharap SK ini dapat dipergunakan dengan sebaik-baiknya untuk memenangkan pasangan Asep Japar dan Andreas dalam Pilkada Sukabumi.
Pasangan yang juga diusung Partai Golkar ini, resmi surat rekomendasi dari PKB melalui Sekretaris Desk Pilkada DPP PKB, Zainul Munasihin. (Sumber: dok PKB)
Food & Travel22 Agustus 2024, 13:15 WIB

3 Pantai Hidden Gems dalam Satu Kawasan Dekat Ujunggenteng Sukabumi

Ujunggenteng Sukabumi memang menyimpan banyak sekali pesona pantai yang belum banyak terjamah, alias hidden gems.
Ujunggenteng Sukabumi memang menyimpan banyak sekali pesona pantai yang belum banyak terjamah, alias hidden gems. (Sumber : Instagram/@rimasilvyni/@asepbebek).
Life22 Agustus 2024, 13:00 WIB

Punten, Kunaon? Ini 63 Kosakata Bahasa Sunda Sehari-hari dan Artinya

Wawasan Kosakata Bahasa Sunda Sehari-hari dan Artinya. Bahasa Sunda bukan hanya sarana komunikasi, tetapi juga bagian penting dari identitas budaya dan warisan masyarakat Sunda.
Ilustrasi. Keluarga. Punten, Kunaon? Ini Contoh Kosakata Bahasa Sunda Sehari-hari dan Artinya (Sumber : Pexels/NasirunKhan)
Science22 Agustus 2024, 12:44 WIB

Prodi Teknik Informatika Nusa Putra Sukses Raih Akreditasi Unggul LAM INFOKOM

LAM INFOKOM adalah lembaga yang bertugas melakukan penilaian dan akreditasi program studi di bidang informatika dan komputer di Indonesia.
Akreditasi ini berdasarkan Keputusan Lembaga Akreditasi Mandiri Informatika dan Komputer (LAM INFOKOM) nomor 114/SK/LAM-INFOKOM/Ak/S/VIII/2024 pada 09 Agustus 2024. (Sumber: dok nusa putra)
Entertainment22 Agustus 2024, 12:30 WIB

El Rumi dan Syifa Hadju Sudah Berani Go Public, Netizen: Dunia Milik Mereka

El Rumi dan Syifa Hadju mulai berani menunjukkan kemesraan mereka sebagai pasangan kekasih di hadapan publik dengan membagikan momen menghabiskan waktu bersama.
El Rumi dan Syifa Hadju Sudah Berani Go Public, Netizen: Dunia Milik Mereka (Sumber : Instagram/@elelrumi)
Entertainment22 Agustus 2024, 12:19 WIB

5 Kali Lebih Dianiaya? Selebgram Cut Intan Nabila Bongkar Video KDRT Armor Toreador

Video CCTV terbaru menunjukkan bagaimana Armor Toreador melakukan penganiayaan kepada Cut Intan Nabila di depan anak mereka.
Selebgram Cut Intan Nabila Unggah Video KDRT yang Dilakukan Armor Toreador (Sumber : Instagram/@cut.intannabila)
Sukabumi22 Agustus 2024, 12:18 WIB

Tekan Potensi Kecelakaan, PT KAI Tutup Perlintasan Kereta Liar di Sukabumi

Banyak kecelakaan pengguna jalan dan kereta api terjadi pada JPL liar atau tanpa izin.
PT KAI Daop 1 Jakarta menutup perlintasan sebidang liar di KM 28 + 504 petak jalan Stasiun Cicurug-Stasiun Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Kamis (22/8/2024). | Foto: PT KAI
Bola22 Agustus 2024, 12:00 WIB

Cetak Dua Gol Jadi Ajang Pembuktian Tyrone Del Pino untuk Persib dan Bobotoh

Ini perasaan Tyrone Del Pino usai cetak dua gol untuk Persib Bandung.
Ini perasaan Tyrone Del Pino usai cetak dua gol untuk Persib Bandung. (Sumber : Instagram/@tyronne11).
Sukabumi22 Agustus 2024, 11:40 WIB

Mahasiswa Sukabumi Konsolidasi Darurat! Suarakan Perlawanan Pembajakan Konstitusi

MK mengeluarkan dua putusan pada 20 Agustus 2024.
Organisasi ekstra kampus Cipayung Plus Sukabumi melakukan konsolidasi darurat pada Kamis (22/8/2024). | Foto: Istimewa
Inspirasi22 Agustus 2024, 11:30 WIB

Cara Cek Formasi CPNS 2024 Melalui Link SSCASN dan Situs Resmi

Untuk memeriksa daftar formasi CPNS 2024, pelamar dapat mengunjungi portal Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN) yang dikelola oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) maupun di laman masing-masing instansi yang dituju.
Ilustrasi. Pegawai Negeri Sipil atau PNS. Begini Cara Cek Formasi CPNS 2024 di SSCASN dan Situs Resmi (Sumber : Freepik/syarifahbrit)