Tak Hanya Cinta Saja! 12 Hal Penting dalam Sebuah Hubungan Jika Ingin Langgeng

Selasa 09 Juli 2024, 21:00 WIB
Ilustrasi - Selain cinta, beberapa hal penting lainnya diperlukan dalam sebuah hubungan agar berhasil. (Sumber : unsplash.com/@Scott Broome).

Ilustrasi - Selain cinta, beberapa hal penting lainnya diperlukan dalam sebuah hubungan agar berhasil. (Sumber : unsplash.com/@Scott Broome).

SUKABUMIUPDATE.com - Setiap orang pasti menginginkan hubungan dengan pasangannya awet dan bahagia selamanya. Membangun dan menjaga hubungan yang langgeng dan penuh kebahagiaan memang membutuhkan usaha dan komitmen dari kedua belah pihak.

Namun untuk mewujudkan itu semua tidak mudah dan butuh kerja keras serta komitmen yang disepakati satu sama lain. Apalagi dalam sebuah hubungan, terdapat beberapa hal penting selain cinta yang harus terpenuhi.

Berikut ini ada hal-hal penting dalam sebuah hubungan yang harus dimiliki jika ingin langgeng dengan pasangan, dihimpun dari laman momjunction.

1. Kepercayaan

Jika cinta adalah hal yang membuat hubungan menjadi menarik, maka kepercayaan adalah hal yang membuatnya tetap kuat. Ketika ada kepercayaan , kedamaian akan terwujud dalam hubungan.

Namun, jika pasangan tidak cukup percaya satu sama lain, mereka akan menghabiskan seluruh hidup mereka dengan meragukan setiap tindakan pasangannya. Tidak seorang pun pantas mendapatkan cinta yang mengharuskan mereka untuk terus mengawasi atau terus-menerus mengkhawatirkan apa yang mungkin dilakukan pasangannya di belakang mereka.

Kepercayaan tidak dapat diperoleh dalam semalam. Kepercayaan adalah tujuan dan akan semakin baik seiring berjalannya waktu. Bila Anda tidak menyembunyikan apapun dari pasangan, pasangan Anda tidak akan ragu saat Anda bersama orang lain.

2. Kesetiaan

Cinta dengan kesetiaan mungkin lebih penting daripada sekadar cinta. Jadi ketika pasangan Anda tidak bisa tetap setia tetapi berkata 'Aku mencintaimu ,' apakah Anda akan dapat mempercayai kata-kata itu?

Mungkin tidak, karena cinta yang dipadukan dengan kesetiaan adalah cinta yang murni dan bertahan lama. Pasangan Anda mungkin tidak semenarik rekan kerja Anda, atau tidak selembut mantan kekasih Anda, tetapi Anda memilih mereka setiap saat.

Dan ketika Anda setia kepada orang yang Anda cintai, itu adalah satu hal yang tidak akan Anda ubah selama sisa hidup Anda.

3. Kebahagiaan

Anda mungkin tidak selalu bahagia dalam suatu hubungan, tetapi ketika Anda melihat ke belakang, saat-saat bahagia harus lebih banyak daripada saat-saat sedih. Kebahagiaan adalah unsur penting untuk hubungan yang langgeng, jadi bagaimana Anda bisa bahagia?

Apakah itu tugas pasangan Anda? Tidak! Kebahagiaan Anda seharusnya ada di tangan Anda dan Anda tidak dapat mengharapkan pasangan Anda menjadi penjaga kebahagiaan Anda.

Belajar menemukan kebahagiaan dalam diri Anda sendiri dan tidak bergantung pada orang lain untuk kesejahteraan Anda adalah aspek penting dalam mengembangkan hubungan yang sehat.

4. Rasa Hormat

Rasa hormat sama pentingnya dengan cinta dalam sebuah hubungan. Bila Anda benar-benar mencintai seseorang, Anda mencintai mereka apa adanya. Dan cinta seperti itu secara otomatis mendatangkan rasa hormat bagi pasangan Anda.

Selain itu, sebuah hubungan adalah ikatan antara dua orang dewasa dengan pendapat dan pandangan yang berbeda. Saling menghormati adalah fondasi dasar yang Anda butuhkan untuk sebuah hubungan yang sehat.

5. Dukungan Emosional

Suatu hubungan dapat membawa Anda pada naik turunnya emosi. Namun, yang membuatnya berharga adalah memiliki pasangan di samping Anda, memegang tangan Anda, melalui semua itu.

Dalam hubungan yang penuh kasih, Anda menginginkan hal itu. Ketika Anda mendengar kabar bahagia, Anda ingin membagikannya dengan pasangan Anda dan ketika Anda merasa sedih dan tertekan, Anda ingin pasangan Anda memeluk Anda dan memberitahu Anda bahwa semuanya akan baik-baik saja.

6. Humor

Kehidupan sehari-hari dapat membuat hubungan Anda memburuk, jadi sedikit kesenangan dan kegembiraan sangat penting untuk menjaga agar semuanya tetap menarik. Jika Anda dan pasangan dapat menertawakan suatu masalah, maka menghadapinya secara langsung akan menjadi lebih mudah.

7. Komitmen

Dalam suatu hubungan, kedua belah pihak harus saling memberi dan menerima agar cinta tetap hidup. Hubungan yang sehat adalah hubungan di mana Anda tidak keberatan melepaskan sebagian kebutuhan demi mengakomodasi kebutuhan pasangan Anda.

Namun, hal itu haruslah saling menguntungkan. Jika hanya satu pasangan yang selalu berkompromi, hal-hal negatif dapat muncul dalam hubungan dan membuat Anda berdua menjauh.

8. Kebebasan

Berada dalam suatu hubungan tidak berarti Anda harus melupakan diri sendiri atau terus-menerus mengutamakan ketidakegoisan. Kebebasan individu sangat penting agar hubungan dapat berkembang.

Hubungan yang sehat akan membantu Anda menjadi versi terbaik dari diri Anda sendiri. Hubungan ini memberi Anda ruang yang dibutuhkan untuk berpikir dan mengekspresikan pikiran serta mengambil keputusan dalam hidup.

9. Aman

Cinta sebesar apa pun tidak dapat mengukur kekerasan! Jika Anda tidak merasa aman dalam hubungan, maka tidak peduli seberapa besar cinta yang Anda miliki, hubungan tersebut tidak akan berhasil.

Perasaan aman dalam pelukan pasangan sangat penting dalam suatu hubungan, karena hubungan yang berkomitmen didasarkan pada janji untuk melindungi dan mencintai satu sama lain selamanya.

10. Persahabatan

Ini mungkin hal yang paling diremehkan, tetapi merupakan salah satu hal penting dalam sebuah hubungan. Berbahagialah pasangan yang bisa menjadi partner sekaligus sahabat. Persahabatan dikatakan sebagai salah satu ciri pernikahan yang bahagia dan langgeng.

Cinta dan persahabatan yang kuat merupakan komponen penting untuk pernikahan yang bahagia dan langgeng. Bila Anda berteman dengan pasangan, Anda akan memiliki minat yang sama yang meningkatkan waktu bersama.

11. Kejujuran

Kebohongan dan penipuan dapat mendatangkan kebahagiaan jangka pendek, tetapi jika Anda mencari hubungan yang langgeng dan kuat, cobalah jujur ​​kepada pasangan. Kebenaran dapat menyakiti pasangan untuk sementara waktu, tetapi ketidakjujuran dapat merusak kepercayaannya dan hubungan Anda juga.

12. Komunikasi

Jika ada satu hal yang dapat membuat semua hal di atas menjadi mungkin dalam suatu hubungan, itu adalah komunikasi. Kemampuan untuk berbicara dalam bahasa yang dipahami pasangan Anda adalah hal yang sangat berharga.

Jika komunikasi tidak berjalan baik, semuanya jadi berantakan karena jika Anda menekan keinginan, pikiran, dan impian, Anda akan menyesal dan akhirnya bisa mengakhiri hubungan.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Inspirasi08 September 2024, 09:00 WIB

Loker Marketing Manager di Jakarta Timur, Syarat: Mahir Ms. Office

Loker Marketing Manager di Jakarta Timur. Rekrutmen Pegawai Tetap masih dibuka hingga 5 November 2024 mendatang.
Loker Marketing Manager di Jakarta Timur, Syarat: Mahir Ms. Office (Sumber : Istimewa)
Food & Travel08 September 2024, 07:00 WIB

Resep Sup Durian Keju Mozzarella, Hidangan Pencuci Mulut yang Lezat!

Sup Durian Keju Mozzarella adalah perpaduan unik antara manisnya durian dan kelezatan keju, menciptakan hidangan penutup yang creamy dan meleleh di mulut.
Ilustrasi - Taman durian Hauma Ni Opung atau Hauma Ni Opung Farm and Plantation merupakan destinasi wisata yang harus dikunjungi oleh para penggemar buah durian (Sumber : iStock)
Science08 September 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 8 September 2024, Sukabumi Pagi Cerah Berawan dan Siang Potensi Hujan

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca berawan pada 8 September 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca berawan pada 8 September 2024. (Sumber : Freepik.com/@fanjianhua)
DPRD Kab. Sukabumi07 September 2024, 22:57 WIB

Sekretariat DPRD Sosialisasikan Peran Dewan Kepada Masyarakat di Sukabumi Expo 2024

Sekretariat DPRD menyuguhkan konsep yang berbeda pada pameran pembangunan di Sukabumi Expo tahun ini.
Stand Sekretariat DPRD Kabupaten Sukabumi di Sukabumi Expo 2024. (Sumber : SU/Ilyas)
Sukabumi07 September 2024, 22:21 WIB

Niat Jemput Istri, Cerita di Balik Kecelakaan Maut Warga Sukabumi Akibat Motor Tersangkut Kabel

Berikut cerita di balik kecelakaan maut yang menimpa ayah anak di Cicurug Sukabumi akibat motor tersangkut kabel di Jalan Raya Sukabumi-Bogor.
Kecelakaan maut di jalan raya Sukabumi-Bogor, seorang anak tewas terlindas truk usai motor yang ditumpanginya terjatuh akibat tersangkut kabel internet. (Sumber : Istimewa)
Kecantikan07 September 2024, 21:00 WIB

5 Manfaat Masker Mentimun untuk Mengurangi Kantung Mata

Masker mentimun efektif untuk mengurangi kantung mata karena sifatnya yang menghidrasi, menenangkan, dan mendinginkan.
Ilustrasi. Menggunakan masker. Efek pendingin alami mentimun juga dapat membantu mengurangi peradangan dan pembengkakan di area sekitar mata. (Sumber : Freepik/freepik)
Keuangan07 September 2024, 20:58 WIB

Perumda BPR Hadir di Sukabumi Expo 2024, Tawarkan Beragam Produk Tabungan dan Kredit

Tawarkan Beragam Produk Tabungan dan Kredit, Stand BPR Sukabumi disambut antusias pengunjung Sukabumi Expo 2024.
Stand Perumda BPR Sukabumi di Sukabumi Expo 2024, Lapang Canghegar Palabuhanratu. (Sumber : SU/Ilyas)
Sukabumi07 September 2024, 20:34 WIB

Perahu Terbalik Dihantam Badai, Nelayan Sukabumi Selamatkan Diri dengan Berenang ke Tepian

Berikut kronologi perahu nelayan Sukabumi terbalik dihantam ombak dan angin kencang di perairan Tegalbuleud Sukabumi.
Kondisi perahu nelayan yang sempat terbaik dihantam badai di perairan Tegalbuleud Sukabumi dievakuasi usai mendarat di tepian. (Sumber Foto: Istimewa)
Life07 September 2024, 20:00 WIB

Sleep Training Hacks: 9 Cara Agar Anak Cepat Tidur di Malam Hari

Sleep Training Hacks: Ciptakan rutinitas yang menenangkan sebelum tidur. Aktivitas seperti membaca buku, mendengarkan cerita, mandi air hangat, atau bermain dengan mainan lembut bisa membuat anak rileks sebelum tidur.
Ilustrasi. Cara Agar Anak Cepat Tidur di Malam Hari, Parenting Hacks untuk Ayah Bunda! (Sumber : Freepik/pvproductions)
Sukabumi07 September 2024, 19:35 WIB

Kabel Menjuntai Picu Kecelakaan Maut di Sukabumi, Saksi sebut Akibat Tersangkut Truk Kontainer

Saksi ungkap penyebab kabel menjuntai di Jalan Raya Sukabumi-Bogor yang picu kecelakaan maut, anak tewas terlindas truk.
Polisi saat olah TKP kecelakaan maut di Jalan Raya Sukabumi-Bogor tepatnya di Cicurug Sukabumi. Serang anak tewas terlindas truk usai motor yang diboncengnya terjatuh akibat tersangkut kabel. (Sumber : Istimewa)