Komunikasi Terbuka, Berikut 13 Cara Mengembalikkan Kebahagiaan Dalam Hubungan

Sabtu 06 Juli 2024, 12:00 WIB
Mengembalikkan kebahagiaan dalam hubungan memang memerlukan usaha serta komitmen yang kuat dari kedua belah pihak (Sumber : Freepik.com/@lookstudio)

Mengembalikkan kebahagiaan dalam hubungan memang memerlukan usaha serta komitmen yang kuat dari kedua belah pihak (Sumber : Freepik.com/@lookstudio)

SUKABUMIUPDATE.com - Mengembalikkan kebahagiaan dalam hubungan memang memerlukan usaha serta komitmen yang kuat dari kedua belah pihak. Karena ada cinta yang dipertaruhkan di dalamnya.

Terkadang menjadi sulit ketika pasangan mulai menjaga jarak atau saling menunggu siapa yang ingin bicara terlebih dahulu. Padahal ada berbagai cara yang bisa dilakukan agar bisa mengembalikkan kebahagiaan serta cinta dalam hubungan.

Sudah pasti cara-cara ini bisa membantu untuk membuat hubungan lebih baik dan kebahagiaan bisa kembali. Meski membutuhkan waktu, tapi lebih baik dilakukan daripada membiarkan hubungan tidak terarah.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa cara yang bisa membantu mengembalikan kebahagiaan dalam hubungan:

Baca Juga: 10 Ciri Orang yang Punya Harga Diri Rendah dan Cara Mengatasinya

1. Komunikasi Terbuka

Mungkin ini cara cukup sulit ketika hubungan sedang tidak baik, tapi saling bicara dengan jujur dan terbuka mengenai hubungan, perasaan, harapan, dan kekhawatiran akan membantu mengembalikkan bahagia di dalam hubungan.

Karena pasangan akhirnya akan tahu dan bisa saling memahami apa yang sebenarnya terjadi. Jadi, cobalah untuk mendengarkan dengan penuh perhatian sampai selesai tanpa ada penghakiman.

2. Menghabiskan Waktu Berkualitas

Terkadang kebahagiaan dalam hubungan bisa hilang karena kurangnya waktu berkualitas bersama akibat kesibukkan masing-masing. Maka dari itu, cobalah untuk meluangkan waktu dengan melakukan kegiatan disukai bersama-sama, karena itu akan menjadi kenangan indah nantinya.

3. Menghargai dan Mengapresiasi

Mungkin terdengar sederhana, tapi memberikan apresiasi dan pujian mengenai hal-hal kecil yang dilakukan oleh pasangan dapat memunculkan kebahagiaan kecil yang indah. Karena secara tidak langsung kita telah menunjukkan rasa terima kasih serta menghargai usaha mereka.

4. Memperbarui Komitmen

Mengingat kembali alasan serta tujuan mengapa ingin bersama bisa menjadi cara untuk mengembalikkan kebahagiaan. Cobalah perbarui komitmen dan cari tahu kesalahan yang sebenarnya agar bisa saling mendukung dan mencintai.

Baca Juga: 8 Workout Simpel yang Efektif Membakar Lemak Perut, Cegah Buncit di Rumah Saja!

5. Mengatasi Masalah Bersama

Ini cara sulit tapi bisa berhasil baik. Ya, bekerja sama untuk menyelesaikan masalah dalam hubungan merupakan terbaik agar bisa mengembalikkan kebahagiaan. Bicaralah empat mata dengan baik agar masalah tidak dibiarkan menumpuk tanpa ada penyelesaian.

6. Menerapkan Kebaikan dan Kasih Sayang

Terkadang pasangan mulai lupa untuk memberikan kasing sayang dan kebaikan, karena merasa sudah saling memiliki. Padahal melakukan tindakan kecil seperti memeluk, mencium, atau mengirim pesan kasih sayang dan cinta dapat mengembalikkan kebahagiaan dalam hubungan.

7. Mengambil Waktu untuk Diri Sendiri

Jika masalah tidak bisa diselesaikan bersama, cobalah untuk memberi ruang pada masing-masing dengan menikmati waktu sendiri agar bisa memikirkan solusi memperbaiki hubungan.

Karena mungkin kehadiran pasangan justru membuat perasaan semakin tidak enak, sehingga sulit untuk mengungkapkan perasaan yang bersangkutan dengan masalah dalam hubungan.

8. Meminta Bantuan Profesional

Tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan mencari bantuan melalui terapis atau konselor hubungan. Karena mungkin saran-saran dari ahli bisa membantu memperbaiki hubungan dan mengembalikkan kebahagiaannya.

Baca Juga: Kapan Waktu yang Tepat Untuk Olahraga Menurunkan Berat Badan? Begini Kata Ahli

9. Memulai Kembali Hobi atau Aktivitas Bersama

Melakukan hobi atau aktivitas bersama, apalagi yang dulu sering dilakukan bersama bisa mengembalikkan kesenangan yang sempat hilang dalam hubungan. Akan semakin baik lagi, bila mencoba hal baru yang bisa dinikmati bersama karena bisa memunculkan kebahagiaan baru.

10. Menghindari Negativitas

Usahakan untuk menghindari hal-hal negatif seperti kritikan, keluhan, hingga komentar tidak baik pada pasangan. Cobalah agar fokus membangun sesuatu positif agar bisa membangun hubungan menjadi lebih baik dan sehat.

11. Menjaga Kehidupan Seksual yang Sehat

Membicarakan kebutuhan dan keinginan seksual dengan jujur dan mencari cara untuk menjaga keintiman fisik, merupakan salah satu cara yang bisa dicoba dalam mengembalikan kebahagiaan dan membuat hubungan lebih baik.

12. Memaafkan dan Melupakan

Belajar untuk memaafkan kesalahan setelah berbicara dengan pasangan dan tidak mencoba membahasnya bisa merupakan cara baik membuat hubungan lebih baik. Karena memaafkan dan melupakan masalah adalah solusi terbaik setelah masalah selesai.

Baca Juga: 15 Kegiatan Bersama Pasangan Untuk Bisa Mengembalikan Cinta yang Hilang

13. Merencanakan Masa Depan Bersama

Merencanakan sesuatu mengenai hubungan untuk masa depan bersama akan memperkuat komitmen serta mempunyai tujuan yang sama agar hubungan bisa menjadi lebih baik nantinya dan memunculkan kebahagiaan kecil di dalamnya.

Dalam memperbaiki hubungan setiap pasangan memiliki pendekatan yang berbeda. Akan tetapi komitmen serta bekerja sama dalam memperbaiki dan mempertahankan kebahagiaan dalam hubungan adalah tujuan utamanya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi16 September 2024, 23:43 WIB

Kompor Ditinggal saat Memasak, Rumah Warga di Cicurug Sukabumi Hangus Terbakar

Berikut kronologi kebakaran rumah di Cicurug Sukabumi. Api diduga berasal dari kompor yang ditinggal saat memasak oleh penghuni.
Tim Damkar saat memadamkan api di rumah warga Cicurug Sukabumi yang terbakar. (Sumber : SU/Ibnu)
Sukabumi16 September 2024, 21:03 WIB

Pemotor di Palabuhanratu Sukabumi Kaget Disetop Polisi, Tahunya Dapat Helm Gratis

Para pengendara yang melintas di Palabuhanratu Sukabumi dibuat kaget karena disetop polisi. Ternyata diberi helm gratis dan Cokelat. Ini tujuannya
Kapolres Sukabumi AKBP Dr Samian bersama isteri saat memberikan helm gratis bagi pemotor di Palabuhanratu. (Sumber : SU/Ilyas)
Film16 September 2024, 21:00 WIB

Sinopsis Film Malam Keramat, Teror Mistis Mengerikan di Rumah Mewah

Malam Keramat akan menjadi film horor selanjutnya yang akan menghiasi layar lebar pada bulan ini. Film tersebut telah tayang di seluruh bioskop Indonesia pada Kamis, 12 September 2024.
Sinopsis Film Malam Keramat, Teror Mistis Mengerikan di Rumah Mewah (Sumber : Instagram/@helroadfilms)
Jawa Barat16 September 2024, 20:03 WIB

Polisi Ungkap Penyebab Kemacetan Parah di Puncak Bogor saat Libur Maulid Nabi

Berikut penyebab kemacetan parah di Puncak Bogor saat libur maulid nabi menurut kepolisian.
Puncak Bogor macet parah hingga kendaraan tak bisa bergerak sama sekali. (Sumber : X@Ari_is1to /@baisunn)
Entertainment16 September 2024, 20:00 WIB

Tidak Ikut Comeback dan Tur Konser, Jeonghan SEVENTEEN Mulai Wajib Militer September

Jeonghan SEVENTEEN secara resmi akan mulai menjalani wajib militer pada Kamis, 26 September 2024. Pengumuman tersebut diberitahukan langsung oleh agensinya, Pledis Entertainment.
Tidak Ikut Comeback dan Tur Konser, Jeonghan SEVENTEEN Mulai Wajib Militer September (Sumber : Instagram/@jeonghaniyoo_n)
Science16 September 2024, 19:15 WIB

Hanya 5% yang Baru di Eksplorasi, 7 Fakta Sains Menarik Tentang Lautan

Lautan masih menyimpan sejumlah misteri yang belum terpecahkan hingga saat ini.
Ilustrasi - Lautan masih menyimpan sejumlah misteri yang belum terpecahkan hingga saat ini. (Sumber : Pixabay.com/@TANK153).
Sukabumi16 September 2024, 19:07 WIB

Pelajar yang Terseret Ombak di Pantai Cipatuguran Sukabumi Belum Ditemukan

Tim SAR gabungan pakai aqua eye hingga drone dalam pencarian pelajar Sukabumi yang hilang terseret ombak di Pantai Cipatuguran.
Proses pencarian oleh tim SAR di tengah laut Pantai Cipatuguran Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Film16 September 2024, 19:00 WIB

Spin Off Hospital Playlist, Wise Resident Life Dipastikan Batal Tayang Tahun Ini

Drama korea Wise Resident Life yang merupakan spin-off dari drakor Hospital Playlist dipastikan tidak akan tayang tahun ini, karena permasalahan dunia medis yang terjadi di Korea Selatan saat ini.
Spin Off Hospital Playlist, Wise Resident Life Dipastikan Batal Tayang Tahun Ini (Sumber : Istimewa)
Entertainment16 September 2024, 18:30 WIB

Hoki! Unggahan Mutia Ayu di Instagram Diposting Ulang Oleh Bruno Mars

Pengalaman yang tidak akan pernah terlupakan dialami oleh Mutia Ayu yang beruntung ketika Bruno Mars tersenyum ke arahnya sampai postingan yang ia unggah dibagikan ulang oleh pelantun Versace on the Floor
Hoki! Unggahan Mutia Ayu di Instagram Diposting Ulang Oleh Bruno Mars (Sumber : Instagram/@mutia_ayu)
Life16 September 2024, 18:00 WIB

Padamnya Api Keabadian, 5 Peristiwa Luar Biasa Saat Kelahiran Nabi Muhammad SAW

Kelahiran Nabi Muhammad SAW diiringi dengan sejumlah peristiwa besar yang patut diketahui oleh Umat Muslim.
Ilustrasi - Kelahiran Nabi Muhammad SAW diiringi dengan sejumlah peristiwa besar yang patut diketahui oleh Umat Muslim. (Sumber : Freepik.com/Ist).