Gampang Tersinggung dan Terluka, Kenali 14 Ciri Orang yang Kehilangan Harga Diri

Jumat 05 Juli 2024, 20:00 WIB
Ilustrasi. Kosong dan hampa, kehilangan harga diri juga membuat seseorang merasa tidak berharga. (Sumber : Freepik/@jcomp)

Ilustrasi. Kosong dan hampa, kehilangan harga diri juga membuat seseorang merasa tidak berharga. (Sumber : Freepik/@jcomp)

SUKABUMIUPDATE.com - Orang yang kehilangan harga diri sering menunjukkan tanda-tanda yang bisa diamati dalam perilaku, pemikiran, dan emosinya.

Membangun harga diri yang tentu membutuhkan waktu, konsistensi, dan kesabaran. Maka tak heran karena terlihat kosong dan hampa, kehilangan harga diri juga membuat seseorang merasa tidak berharga.

Berikut beberapa ciri umum orang yang kehilangan harga diri, sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber:

Ciri Orang Kehilangan Harga Diri

Kurang Percaya Diri:

Orang yang kehilangan harga diri mungkin merasa tidak mampu atau tidak yakin dengan kemampuan mereka dalam melakukan sesuatu, baik itu dalam pekerjaan, hubungan, atau aktivitas sehari-hari.

Baca Juga: Jangan Sedih! 10 Tips Menyemangati Diri Sendiri yang Kehilangan Motivasi Bahagia

Perasaan Tidak Berharga:

Orang yang terluka sering merasa tidak berarti atau tidak berharga, dan berpikir bahwa mereka tidak pantas mendapatkan hal-hal baik dalam hidup.

Mengkritik Diri Sendiri Berlebihan:

Orang yang mudah tersinggung karena harga diri rendah terus-menerus mengkritik diri sendiri dan merasa bahwa tidak ada yang mereka lakukan yang cukup baik.

Takut Akan Kegagalan:

Orang yang kehilangan harga diri menghindari tantangan atau situasi baru karena takut gagal. Karena mudah tersinggung, sering merasa cemas ketika dihadapkan pada tugas atau situasi yang sulit.

Ketergantungan pada Pujian Orang Lain:

Orang dengan harga diri rendah sangat membutuhkan validasi dari orang lain dan merasa baik tentang diri mereka hanya jika mendapatkan pujian atau pengakuan

Baca Juga: Ingin Hidup Sukses? Ini 8 Keterampilan yang Harus Kamu Miliki untuk Meraih Kesuksesan

Kesulitan Mengambil Keputusan:

Ragu-ragu dalam mengambil keputusan, bahkan untuk hal-hal kecil, karena takut membuat kesalahan termasuk ciri orang kehilangan harga diri.

Cenderung Menyalahkan Diri Sendiri:

Ketika terjadi sesuatu yang salah, orang yang kehilangan harga diri cenderung menyalahkan diri sendiri meskipun situasinya di luar kendali mereka.

Mudah Tersinggung dan Terluka:

Orang yang merasa tidak berharga sangat peka terhadap kritik atau penolakan, dan bisa merasa sangat terluka oleh komentar negatif.

Baca Juga: 10 Kebiasaan Cerdas Orang Sukses yang Harus Ditiru dan Tips Memulainya

Mengisolasi Diri:

Orang yang terluka cenderung menarik diri dari orang lain dan menghindari interaksi sosial karena merasa tidak layak atau takut dihakimi.

Mengalami Masalah Kesehatan Mental:

Orang dengan harga diri rendah lebih rentan terhadap masalah kesehatan mental seperti depresi, kecemasan, dan stres.

Perfeksionisme:

Terkadang orang dengan harga diri rendah berusaha keras untuk menjadi sempurna sebagai cara untuk mengkompensasi perasaan tidak berharga.

Baca Juga: Orang Sukses Suka Makan Siang Apa? Intip Makanan Favorit 12 Tokoh Berpengaruh Ini!

Tidak Berani Menyuarakan Pendapat:

Orang yang kehilangan harga diri mungkin enggan mengungkapkan pendapat atau keinginan mereka, takut bahwa pandangan mereka tidak penting atau tidak akan dihargai.

Merasa Sulit Menerima Pujian:

Ketika diberikan pujian, mereka yang merasa tidak berharga mungkin merasa tidak nyaman atau tidak percaya bahwa mereka layak menerimanya.

Cenderung Membandingkan Diri dengan Orang Lain:

Sering membandingkan diri dengan orang lain dan merasa kurang dalam banyak aspek.

Baca Juga: 10 Ciri Orang yang Punya Harga Diri Rendah dan Cara Mengatasinya

Jika kamu atau seseorang yang kamu kenal menunjukkan ciri-ciri kehilangan harga diri, penting untuk mencari dukungan agar hidup kembali bahagia.

Berbicara dengan teman, keluarga, atau profesional kesehatan mental bisa sangat membantu dalam mengatasi masalah harga diri rendah.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi08 Juli 2024, 21:27 WIB

Bersama FSKSS, Dinkes Kabupaten Sukabumi Ikuti Pembinaan Penyelenggaraan KKS 2024

FSKSS dan Dinkes Kabupaten Sukabumi mengikuti kegiatan pembinaan penyelenggaraan KKS tahun 2024 secara hybrid, Senin (8/7/2024).
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sukabumi Agus Sanusi (paling kanan) ikuti kegiatan pembinaan penyelenggaraan KKS 2024. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)
Jawa Barat08 Juli 2024, 21:20 WIB

Pegi Setiawan Dibebaskan, Pengakuan Aep Saksi Kasus Vina Cirebon Sampah Belaka

Hakim tunggal PN Bandung, Eman Sulaeman, pada Senin (8/7/2024), memutuskan membebaskan Pegi dari seluruh dakwaan yang dilayangkan oleh Polda Jawa Barat terkait kasus Vina Cirebon.
Aep dan Pegi Setiawan | Foto : Ist
Life08 Juli 2024, 21:00 WIB

5 Tanda Seorang Wanita Sedang Jatuh Cinta Kepadamu, Gampang Dikenali!

Memahami perasaan wanita yang sedang jatuh cinta membutuhkan kesabaran, pengertian, dan komunikasi yang terbuka.
Ilustrasi - Memahami perasaan wanita yang sedang jatuh cinta membutuhkan kesabaran, pengertian, dan komunikasi yang terbuka. (Sumber : Freepik.com/@master1305).
Internasional08 Juli 2024, 20:54 WIB

Setiba di Tanah Air, Jemaah Haji Indonesia Diminta Lapor ke Puskesmas Setempat

Kemenag RI juga mengimbau jemaah haji untuk tetap menerapkan Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS) setibanya di kampung halaman.
Petugas sedang memeriksa kesehatan jemaah haji. (Sumber : Kemenag RI)
Sukabumi Memilih08 Juli 2024, 20:41 WIB

Kader Golkar Makin Solid Dukung Asep Japar Jadi Calon Bupati Sukabumi di Pilkada 2024

Asep Japar menjadi salah satu calon terkuat yang diusung Golkar untuk maju sebagai Calon Bupati Sukabumi di Pilkada 2024 mendatang.
Momen Asep Japar bersama pengurus DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi08 Juli 2024, 20:07 WIB

Berisi Data Penting, Tas Pinggang Milik Satpol PP Surade Hilang Diduga Digondol Maling

Tas pinggang merk Eiger milik Solih Sunarya, Kanit Pol-PP Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, hilang diduga digondol maling pada Kamis, 4 Juli 2024 lalu.
Ruang kerja Pol PP Kecamatan Surade Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Arena08 Juli 2024, 20:00 WIB

Petinju Ryan Garcia Dipecat WBC Usai Hina Islam dan Ras Kulit Hitam

Petinju sensasional Ryan Garcia dipecat dari WBC usai lontaran bernada rasis di media sosial.
Petinju sensasional Ryan Garcia dipecat dari WBC usai lontaran bernada rasis di media sosial. (Sumber : Instagram/@kingryan).
Sukabumi08 Juli 2024, 19:51 WIB

Perumdam TJM Perbaiki Pipa Bocor di Warungkiara Sukabumi, Ini Wilayah Terdampak

Berikut wilayah terdampak gangguan air akibat adanya perbaikan pipa utama yang bocor oleh Perumdam TJM Cabang Cikembar di Warungkiara Sukabumi.
Petugas Perumdam TJM Sukabumi Cabang Cikembar saat memperbaiki pipa utama yang bocor di Warungkiara. (Sumber : Istimewa)
Life08 Juli 2024, 19:30 WIB

10 Cara Mengatasi Sulit Tidur di Malam Hari, Tak Hanya dari Kafein dan Relaksasi Ya!

Cara Mengatasi Sulit Tidur di Malam Hari: Tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari, termasuk akhir pekan, untuk mengatur ritme sirkadian tubuh.
Ilustrasi Tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari, termasuk akhir pekan, untuk mengatur ritme sirkadian tubuh. Wanita sedang tidur | Foto : istockphoto.com
Sukabumi08 Juli 2024, 19:15 WIB

Cerita Anak Sebelum Ayahnya Ditemukan Tak Bernyawa di Saung Cibadak Sukabumi

Berikut cerita anak Odit (74 tahun) pria lansia yang ditemukan tak bernyawa di Saung Cibadak Sukabumi. Korban dilaporkan sempat hilang sebulan.
Anak korban, Azis (36 tahun) saat diwawancara di pemakaman belakang RSUD Sekarwangi, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Senin (8/7/2024). (Sumber : Istimewa)