Tahun Baru Islam 2024: Doa Akhir Tahun dan Awal Tahun yang Dapat Diamalkan

Jumat 05 Juli 2024, 18:00 WIB
Ilustrasi. Dengan membaca doa akhir tahun dan awal tahun ini semoga kita semua selalu ada dalam rahmat dan lindungan Allah SWT. (Sumber : Freepik)

Ilustrasi. Dengan membaca doa akhir tahun dan awal tahun ini semoga kita semua selalu ada dalam rahmat dan lindungan Allah SWT. (Sumber : Freepik)

SUKABUMIUPDATE.com - Tahun Baru Islam 2024 akan segera tiba, dan jika merujuk pada Kalender Islam Hijriah 2024 yang dirilis oleh Kementerian Agama RI, 1 Muharram 2024 akan jatuh pada tanggal 7 Juli 2024.

Peringatan Tahun Baru Islam ini telah ditetapkan sebagai hari libur nasional oleh pemerintah Indonesia. Hal ini tercatat dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama 2024.

Tahun baru ini adalah momen yang tepat untuk merenungkan perjalanan hidup setahun yang lalu dan menyambut tahun baru dengan harapan dan semangat baru.

Salah satu amalan yang dianjurkan dikerjakan sebelum dan saat pergantian tahun baru Hijriah adalah membaca doa akhir dan awal tahun. Doa-doa ini bertujuan memohon kepada Allah SWT agar diberikan rahmat, taufiq, dan hidayah yang melimpah di tahun yang akan datang.

Dikutip dari laman NU Online, berikut ini ada beberapa doa akhir dan awal tahun yang dapat diamalkan.

Doa Akhir Tahun

Doa akhir tahun ini dibaca sebanyak 3 kali sebelum Maghrib.

اَللّٰهُمَّ مَا عَمِلْتُ مِنْ عَمَلٍ فِي هٰذِهِ السَّنَةِ مَا نَهَيْتَنِي عَنْهُ وَلَمْ أَتُبْ مِنْهُ وَحَلُمْتَ فِيْها عَلَيَّ بِفَضْلِكَ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلَى عُقُوْبَتِيْ وَدَعَوْتَنِيْ إِلَى التَّوْبَةِ مِنْ بَعْدِ جَرَاءَتِيْ عَلَى مَعْصِيَتِكَ فَإِنِّي اسْتَغْفَرْتُكَ فَاغْفِرْلِيْ وَمَا عَمِلْتُ فِيْهَا مِمَّا تَرْضَى وَوَعَدْتَّنِي عَلَيْهِ الثَّوَابَ فَأَسْئَلُكَ أَنْ تَتَقَبَّلَ مِنِّيْ وَلَا تَقْطَعْ رَجَائِيْ مِنْكَ يَا كَرِيْمُ

Allâhumma mâ ‘amiltu min ‘amalin fî hâdzihis sanati mâ nahaitanî ‘anhu, wa lam atub minhu, wa hamalta fîhâ ‘alayya bi fadhlika ba‘da qudratika ‘alâ ‘uqûbatî, wa da‘autanî ilat taubati min ba‘di jarâ’atî ‘alâ ma‘shiyatik. Fa innî astaghfiruka, faghfirlî wa mâ ‘amiltu fîhâ mimmâ tardhâ, wa wa‘attanî ‘alaihits tsawâba, fa’as’aluka an tataqabbala minnî wa lâ taqtha‘ rajâ’î minka yâ karîm.

Artinya: Tuhanku, aku meminta ampun atas perbuatanku di tahun ini yang termasuk Kau larang-sementara aku belum sempat bertobat, perbuatanku yang Kau maklumi karena kemurahan-Mu-sementara Kau mampu menyiksaku, dan perbuatan (dosa) yang Kau perintahkan untuk tobat-sementara aku menerjangnya yang berarti mendurhakai-Mu. Tuhanku, aku berharap Kau menerima perbuatanku yang Kau ridhai di tahun ini dan perbuatanku yang terjanjikan pahala-Mu. Janganlah kau membuatku putus asa. Wahai Tuhan Yang Maha Pemurah.

Doa Awal Tahun

Doa awal tahun ini dibaca sebanyak 3 kali setelah shalat Maghrib.

اَللّٰهُمَّ أَنْتَ الأَبَدِيُّ القَدِيمُ الأَوَّلُ وَعَلَى فَضْلِكَ العَظِيْمِ وَكَرِيْمِ جُوْدِكَ المُعَوَّلُ، وَهٰذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ أَقْبَلَ، أَسْأَلُكَ العِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَأَوْلِيَائِهِ، وَالعَوْنَ عَلَى هٰذِهِ النَّفْسِ الأَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ، وَالاِشْتِغَالَ بِمَا يُقَرِّبُنِيْ إِلَيْكَ زُلْفَى يَا ذَا الجَلَالِ وَالإِكْرَامِ

Allâhumma antal abadiyyul qadîmul awwal. Wa ‘alâ fadhlikal ‘azhîmi wa karîmi jûdikal mu‘awwal. Hâdzâ ‘âmun jadîdun qad aqbal. As’alukal ‘ishmata fîhi minas syaithâni wa auliyâ’ih, wal ‘auna ‘alâ hâdzihin nafsil ammârati bis sû’I, wal isytighâla bimâ yuqarribunî ilaika zulfâ, yâ dzal jalâli wal ikrâm.

Artinya: Tuhanku, Kau yang Abadi, Qadim, dan Awal. Atas karunia-Mu yang besar dan kemurahan-Mu yang mulia, Kau menjadi pintu harapan. Tahun baru ini sudah tiba. Aku berlindung kepada-Mu dari bujukan Iblis dan para walinya di tahun ini. Aku pun mengharap pertolongan-Mu dalam mengatasi nafsu yang kerap mendorongku berlaku jahat. Kepada-Mu, aku memohon bimbingan agar aktivitas keseharian mendekatkanku pada rahmat-Mu. Wahai Tuhan Pemilik Kebesaran dan Kemuliaan.

Sumber: NU Online

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Keuangan08 Juli 2024, 17:09 WIB

BPR Sukabumi Ekspansi Kredit ke Pabrik dan UMKM di Parungkuda

Perumda BPR Sukabumi Cabang Parungkuda tengah melakukan ekspansi kredit yang menyasar pabrik dan para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kecamatan Parungkuda
M. Ramdan Maulana, Plt Kepala Perumda BPR Sukabumi Cabang Parungkuda | Foto : Ibnu Sanubari
Musik08 Juli 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Tersemogakan Keisya Levronka yang Baru Dirilis, Sudah Dengar?

Yuk Intip Lirik Lagu Tersemogakan dari Keisya Levronka yang Baru Dirilis, Sudah Dengar Belum Updaters?
Lirik Lagu Tersemogakan Keisya Levronka yang Baru Dirilis, Sudah Dengar (Sumber : Instagram @keisyalevronka)
Food & Travel08 Juli 2024, 16:40 WIB

Indonesia Banget! Mirip Pasar, Ternyata Ada 20-an Warung di Gunung Gede Pangrango

Jadi selalu sediakan uang cash saat melakukan pendakian agar memudahkan proses transaksi beberapa warung tersebut.
Parorama dan lokasi kamping serta warung-warung makanan dan minuman di sepanjang jalur pendakian gunung gede pangrango (Sumber: @basecamp_gununggedeviaputri & @bbtn_gn_gedepangrango)
Film08 Juli 2024, 16:30 WIB

Ada Sweet Home 3, Berikut 8 Rekomendasi Drama Korea di Bulan Juli 2024

Drama korea yang akan tayang di bulan Juli memiliki berbagai cerita unik dan sudah pasti akan menarik perhatian sampai ramai dibicara begitu tayang. Salah satu drakor yang dinanti pada bulan ini adalah Sweet Home 3.
Ada Sweet Home 3, Berikut Rekomendasi Drama Korea di Bulan Juli 2024 (Sumber : Instagram @/tvn_drama, @/netflixid, @/sbsdrama.official)
Sukabumi08 Juli 2024, 16:25 WIB

Identitas Mayat di Saung Cibadak Sukabumi Dikenali, Makamnya Dipindahkan Keluarga

Makam mayat pria yang ditemukan di saung dekat kebun singkong di Cibadak, Kabupaten Sukabumi akhirnya dipindahkan atas permintaan keluarga.
Selepas makamnya digali, jenazah Odit dibawa pihak keluarga untuk dimakamkan di Cigombong Bogor. (Sumber : Istimewa)
Motor08 Juli 2024, 16:00 WIB

Kenali 7 Ciri Ban Motor Harus Segera Diganti, Demi Keselamatan!

Mengenali ban motor yang harus diganti merupakan hal yang penting untuk menunjang keselamatan dan kenyamanan berkendara
Ilustrasi - Mengenali ban motor yang harus diganti merupakan hal yang penting untuk menunjang keselamatan dan kenyamanan berkendara. (Sumber : Freepik.com/@cookie_studio)
Film08 Juli 2024, 15:30 WIB

Clash of Champions, Kompetisi Adu Kepintaran Mahasiswa Terbaik di Indonesia

Clash of Champions adalah sebuah program kompetesi adu kepintaran para mahasiswa dan mahasiswi dari universitas yang ada di Indonesia maupun luar negeri dari Ruangguru.
Clash of Champions, Kompetisi Adu Kepintaran Mahasiswa Terbaik di Indonesia (Sumber : Instagram@/ruangguru)
Sukabumi08 Juli 2024, 15:21 WIB

Wabup Sukabumi Resmikan Masjid Mangkalaya Hills, Minta Warga Memakmurkan

Masjid Abdul Siteer akan digunakan oleh kurang lebih 60 kepala keluarga.
Wabup Sukabumi Iyos Somantri meresmikan Masjid Abdul Siteer di Perumahan Mangkalaya Hills Tahap 2, Desa Cibolang, Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Senin (8/7/2024). | Foto: Dokumentasi Warga
Nasional08 Juli 2024, 15:01 WIB

Ini Dua Pelakunya! Bakar Wartawan yang Beritakan Judi dan Keluarganya di Karo

Keduanya diperlihatkan ke publik dalam konferensi pers yang dilaksana Polda Sumatera Utara, Senin (8/7/2024). Kedua pelaku berinisial R dan Y.
Dua eksekutor ditangkap, Polda Sumur kejar aktor dibelakang kasus pembakaran wartawan dan keluarganya di Karo (Sumber: istimewa)
Inspirasi08 Juli 2024, 15:00 WIB

Penempatan di Kota Sukabumi! Lowongan Kerja Personal Consultant Minimal Lulusan SMA/SMK

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi. Penempatan di Kota Sukabumi! Lowongan Kerja Personal Consultant Minimal Lulusan SMA/SMK | Foto: Freepik