7 Cara Mudah Menambah Tinggi Badan Anak, Orang Tua Harus Tahu Nih!

Kamis 04 Juli 2024, 18:30 WIB
Ilustrasi - Anak yang tumbuh tinggi cenderung memiliki pertumbuhan tulang yang baik, termasuk panjang tulang kaki dan tulang belakang. (Sumber : pexels.com/@Kampus Production)

Ilustrasi - Anak yang tumbuh tinggi cenderung memiliki pertumbuhan tulang yang baik, termasuk panjang tulang kaki dan tulang belakang. (Sumber : pexels.com/@Kampus Production)

SUKABUMIUPDATE.com - Sebagai orang tua pasti menginginkan anak-anaknya tumbuh tinggi dan kuat. Sebab keduanya merupakan parameter penting sebagai tanda kesehatan yang baik.

Oleh karenanya, banyak orang tua berusaha keras untuk memastikan bahwa anak-anaknya tumbuh sehat dan tinggi. Meskipun tinggi badan seseorang dipengaruhi oleh faktor, Namun, ada beberapa cara yang dapat membantu anak tumbuh menjadi lebih tinggi.

Jika Anda orang tua yang khawatir dan sedang mencari cara untuk menambah tinggi badan anak Anda, berikut ini beberapa caranya yang dihimpun dari laman Times of India.

1. Pola Makan

Cara terbaik untuk memastikan anak Anda mencapai tinggi badan maksimal adalah dengan memastikan ia mendapatkan nutrisi yang tepat. Pola makan yang seimbang harus berupa campuran protein, karbohidrat, lemak, dan vitamin dalam proporsi yang tepat.

Pastikan juga anak-anak Anda menjauhi makanan cepat saji dan minuman berkarbonasi. Sesekali tidak masalah, tetapi sebaiknya jangan dikonsumsi setiap hari.

Seng diketahui memiliki pengaruh besar terhadap pertumbuhan anak Anda. Oleh karena itu, penting untuk memasukkan makanan kaya seng seperti kacang tanah dan biji labu ke dalam makanan mereka. Pola makan yang seimbang tidak hanya akan memberi anak Anda nutrisi yang tepat untuk menambah tinggi badan, tetapi juga akan membuatnya lebih kuat dari dalam.

2. Latihan Peregangan

Latihan peregangan sederhana pun dapat memberikan dampak besar pada tinggi badan anak Anda. Mengajarkan anak Anda beberapa latihan sederhana sejak usia dini akan memudahkan proses pertumbuhan tinggi badan.

Peregangan membantu memanjangkan tulang belakang dan memperbaiki postur tubuh anak Anda. Minta anak Anda berdiri tegak dengan punggung menempel di dinding dan minta dia untuk memperkuat otot kakinya sambil meraih dinding.

Latihan peregangan mudah lainnya melibatkan anak Anda duduk di lantai dengan kedua kakinya terbuka lebar dan dia mencoba meraih kedua jari kakinya dengan lengannya.

3. Latihan Menggantung

Menggantung untuk menambah tinggi badan telah direkomendasikan selama beberapa dekade. Menggantung di palang membantu memanjangkan tulang belakang, yang merupakan bagian penting untuk menjadi lebih tinggi.

Selain menggantung seperti biasa, Anda juga dapat meminta anak Anda melakukan pull-up dan chin-up. Kedua latihan tersebut membuat otot punggung dan lengan menjadi lebih kuat.

4. Ajak Anak Anda Melakukan Yoga

Latihan yoga melibatkan banyak peregangan dan keseimbangan, yang keduanya bagus untuk tinggi badan anak Anda. Ajak anak Anda melakukan beberapa asana yoga seperti Surya namaskar, chakra asana, dan pose pohon.

Cobalah untuk melakukan pose-pose tersebut bersama anak Anda sehingga ia bisa mendapatkan inspirasi dari Anda.

5. Lompat Tali

Lompat tali merupakan olahraga yang menyenangkan dan terasa seperti permainan bagi anak-anak. Olahraga ini melatih seluruh tubuh termasuk jantung dan menambah tinggi badan.

Seluruh tubuh akan meregang saat melompati tali, yang akan meningkatkan pertumbuhan vertikal anak. Olahraga ini juga merupakan latihan kardio yang luar biasa, yang membantu menjaga anak Anda tetap aktif dan sehat.

6. Berenang

Berenang adalah olahraga sehat dan menyenangkan lainnya yang dapat membantu pertumbuhan anak Anda secara keseluruhan. Ini adalah olahraga yang melatih seluruh tubuh dan melatih semua otot tubuh.

Berenang juga melibatkan banyak peregangan, yang memperkuat tulang belakang dan meningkatkan tinggi badan.

7. Tidur yang Nyenyak

Pentingnya tidur yang baik tidak akan pernah cukup ditekankan. Tidur malam yang baik tidak hanya penting bagi orang dewasa tetapi juga bagi anak-anak. Anda harus memastikan bahwa anak Anda tidur selama 8 jam setiap malam agar tetap sehat dan tumbuh kuat.

Tidur melepaskan hormon pertumbuhan yang disebut HGH, yang berperan langsung dalam menambah tinggi badan. Jadi, melewatkan tidur bukanlah ide yang baik.

 

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Film07 Juli 2024, 15:00 WIB

5 Rekomendasi Film Netflix yang Tayang Juli 2024 dari Berbagai Genre

Ada beberapa film netflix yang bisa ditonton di bulan Juli 2024 ini.
Ada beberapa film netflix yang bisa ditonton di bulan Juli 2024 ini. (Sumber : imdb.com).
Sukabumi Memilih07 Juli 2024, 14:55 WIB

Panwaslu Kalibunder Sukabumi Lantik 7 PKD, Langsung Terjun Awasi Coklit Pilkada 2024

Panwaslu Kalibunder Kabupaten Sukabumi melantik 7 orang Pengawas Kelurahan dan Desaatau PKD Pilkada 2024.
Pelantikan 7 PKD Pilkada 2024 oleh Panwaslu Kalibunder Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi07 Juli 2024, 14:17 WIB

Sembunyikan Celurit di Balik Baju, Pemuda asal Sukaraja Sukabumi Ditangkap Polisi

Seorang pemuda asal Sukaraja Sukabumi ditangkap polisi karena kedapatan membawa celurit yang disembunyikan di balik baju usai terjaring razia.
Barang bukti celurit yang disita Polisi dari seorang pemuda asal Sukaraja Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sehat07 Juli 2024, 14:00 WIB

Mengenal Diet Keto: Manfaat, Kelebihan, Kekurangan dan Tips untuk Memulainya

Diet keto berfokus pada konsumsi makanan tinggi lemak dan rendah karbohidrat.
Ilustrasi - Diet keto berfokus pada konsumsi makanan tinggi lemak dan rendah karbohidrat. (Sumber : freepik.com/pikselmentah.com)
DPRD Kab. Sukabumi07 Juli 2024, 13:37 WIB

Pansus RPJPD DPRD Sukabumi Kunjungi Bappeda Jabar, Bahas Sinkronisasi Pembangunan

DPRD berharap RPJPD Kabupaten Sukabumi 20 tahun kedepan mempunyai sinkronisasi yang kuat dengan RPJPD Jabar dan RPJMN.
Kunjungan kerja Pansus RPJPD DPRD Kabupaten Sukabumi ke Bappeda Jabar. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi07 Juli 2024, 13:02 WIB

Jelang HCS 2024, Dispar Sukabumi Gelar Pelatihan Pengelolaan Sampah di Destinasi Wisata

Peserta dalam pelatihan yang digelar Dispar ini adalah dari 40 pengelola destinasi pariwisata di Kabupaten Sukabumi
Dispar Kabupaten Sukabumi gelar pelatihan kebersihan lingkungan, sanitasi dan pengelolaan sampah bagi 40 pengelola destinasi wisata. (Sumber : Istimewa)
Life07 Juli 2024, 13:00 WIB

9 Ciri Orang yang Memiliki Harga Diri Rendah, Apa Kamu Salah Satunya?

Harga diri rendah bisa berasal dari berbagai faktor, termasuk pengalaman masa kecil yang negatif, trauma, kritik atau penolakan dari orang lain.
Ilustrasi - Harga diri rendah bisa berasal dari berbagai faktor, termasuk pengalaman masa kecil yang negatif, trauma, kritik atau penolakan dari orang lain. (Sumber : unsplash.com/Elsa Tonkinwise)
Food & Travel07 Juli 2024, 12:00 WIB

8 Rekomendasi Kuliner Sukabumi yang Cocok Disantap di Cuaca Dingin

Musim hujan di Sukabumi memang menjadi waktu yang tepat untuk menikmati berbagai hidangan hangat dan lezat.
Ilustrasi - Musim hujan di Sukabumi memang menjadi waktu yang tepat untuk menikmati berbagai hidangan hangat dan lezat. (Sumber : Freepik.com).
Sukabumi Memilih07 Juli 2024, 11:17 WIB

Bobby Maulana Rangkul UMKM Hingga Influencer Kota Sukabumi Gabung Menata Kebaikan Tech

Program 'Menata Kebaikan Tech' Bobby Maulana ini bertujuan untuk mempromosikan berbagai usaha lokal melalui medsos dan platform digital lainnya.
Artis sinetron Bobby Maulana dan pengusaha asal Sukabumi H. Ayep Zaki. (Sumber : Istimewa)
Bola07 Juli 2024, 11:00 WIB

Persib Bandung Resmi Menjadi Pengelola Stadion GBLA Selama 30 Tahun

Persib Bandung resmi ditunjuk sebagai pengelola Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) selama 30 tahun ke depan.
Persib Bandung resmi ditunjuk sebagai pengelola Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) selama 30 tahun ke depan. (Sumber : Pemkot Bandung/bandung.go.id).