Simak dan Lakukan, 12 Tips Jalan Kaki Menurunkan Berat Badan Untuk Pemula

Kamis 04 Juli 2024, 16:15 WIB
Ilustrasi Beberapa tips jalan kaki menurunkan berat badan penting dilakukan oleh pemula (Sumber : Freepik.com/@pressfoto)

Ilustrasi Beberapa tips jalan kaki menurunkan berat badan penting dilakukan oleh pemula (Sumber : Freepik.com/@pressfoto)

SUKABUMIUPDATE.com - Bagi Anda yang baru ingin memulai aktivitas fisik atau olahraga ringan untuk menurunkan berat badan seperti jalan kaki, perlu memperhatikan beberapa hal sebagai pemula.

Walaupun jalan kaki termasuk aktivitas fisik yang mudah, ringan dan minim cedera untuk menurunkan berat badan, tetapi melakukannya dengan benar adalah hal penting. Sehingga tubuh tidak terkejut dan terlalu lelah untuk memulai aktivitas yang baru tersebut.

Mengutip dari laman Women's Health, jalan kaki untuk menurunkan berat badan adalah aktivitas yang kurang dikenal, berdampak rendah, berkelanjutan, menyenangkan, dan sebagian besar gratis. Berjalan kaki juga merupakan latihan yang bagus karena hampir semua orang dapat melakukannya, kapan saja, tanpa peralatan apapun.

Baca Juga: 7 Cara Membangun Kepercayaan Diri Anak yang Pemalu, Yuk Bunda Lakukan!

Meskipun sulit untuk menghitung jumlah langkah pasti yang seseorang butuhkan untuk menurunkan berat badan, secara umum, berjalan kaki selama 30 menit per hari akan membakar sekitar 100 hingga 200 kalori.

Bagi mereka yang pemula, terdapat 12 tips yang bisa dilakukan dan diperhatikan sebelum mulai rutin melakukan jalan kaki, dikutip dari laman yang sama, berikut diantaranya:

1. Lakukan Pemanasan dan Peregangan Terlebih Dahulu

Meregangkan dan mengaktifkan otot-otot tertentu sebelum berjalan akan membantu mengurangi risiko nyeri dan cedera selama dan setelah berjalan.

2. Kenakan Rompi atau Ransel Berbobot

Jika Anda menginginkan intensitas yang lebih tinggi, rompi atau ransel berbobot akan meningkatkan beban pada tubuh Anda selama berjalan.

3. Gunakan Aplikasi atau Jam Tangan untuk Melacak Jumlah Langkah

Cobalah melacak jumlah langkah dengan aplikasi seluler atau jam tangan pintar. Ini dapat membantu melihat kemajuan dan tetap fokus pada sasaran gerakan.

Baca Juga: 10 Ciri Pasangan Sudah Tidak Bahagia Meski Saling Mencintai

4. Bergantian Antara Jalan Kaki dan Jogging

Anda tidak harus berlari untuk menurunkan berat badan, tetapi untuk meningkatkan latihan jalan kaki, cobalah jogging atau berlari perlahan selama 10 detik, lalu berjalan selama dua menit (dan ulangi).

5. Buat Daftar Lagu Jalan Kaki yang Menyenangkan

Memutar lagu-lagu yang membangkitkan semangat saat Anda keluar rumah dapat membuat pengalaman berjalan kaki Anda lebih menyenangkan.

6. Jangan Lupa Membawa Botol Air

Minum air putih merupakan bagian penting dari penurunan berat badan, jadi jangan lupa membawa botol air minum favorit Anda.

7. Gunakan Pelacak Makanan

Jika Anda sudah mencatat apa yang Anda makan dengan aplikasi buku harian makanan, mungkin akan membantu jika Anda mencatat berapa banyak kalori yang Anda bakar dengan berjalan kaki.

Baca Juga: 10 Kebiasaan Cerdas Orang Sukses yang Harus Ditiru dan Tips Memulainya

8. Tetap Konsisten

Untuk mendapatkan manfaat penuh dari berjalan kaki untuk menurunkan berat badan, Anda harus berkomitmen untuk berjalan kaki dengan jadwal yang teratur, baik sekali sehari atau seminggu.

9. Belilah Sepasang Sepatu yang Bagus

Selanjutnya, manjakan diri Anda dengan sepatu kets bagus yang hanya Anda gunakan untuk jalan kaki.

10. Jadwalkan dan Petakan Rute Jalan Kaki

Memilih satu waktu setiap hari untuk berjalan akan membantu Anda tetap konsisten. Cobalah gunakan Google Maps untuk merencanakan rute jalan kaki sehingga tahu persis ke mana akan berjalan dan jarak yang akan ditempuh.

11. Persiapkan Sebaik Mungkin agar Terhindar dari Cuaca Diluar Prediksi

Sebagai kiat umum, sediakan pakaian yang tepat untuk menghadapi hujan, cuaca dingin, atau cuaca panas.

Baca Juga: Kapan Waktu yang Tepat Untuk Olahraga Menurunkan Berat Badan? Begini Kata Ahli

12. Ajaklah Teman atau Anggota Keluarga untuk Berjalan-jalan

Meminta seseorang untuk menemani Anda saat jalan kaki adalah cara yang bagus untuk tetap konsisten dengan aktivitas ini dan mempererat hubungan.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Aplikasi07 Juli 2024, 08:00 WIB

46 Link Twibbon Tahun Baru Islam 2024, Gratis Download dan Lengkap Cara Menggunakannya

Dengan menggunakan Twibbon Tahun Baru Islam, Anda menunjukkan rasa bangga sebagai muslim dan ikut merayakan momen penting dalam agama.
Dengan menggunakan Twibbon Tahun Baru Islam, Anda menunjukkan rasa bangga sebagai muslim dan ikut merayakan momen penting dalam agama. (Sumber : twibbonize.com).
Life07 Juli 2024, 07:00 WIB

30 Ucapan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriah yang Penuh Doa dan Harapan

Tahun Baru Islam adalah momen untuk memulai lembaran baru dan penuh dengan harapan baru.
Ilustrasi - Tahun Baru Islam adalah momen untuk memulai lembaran baru dan penuh dengan harapan baru. (Sumber : Freepik)
Science07 Juli 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 7 Juli 2024, Minggu Pagi Cerah Berawan di Semua Wilayah

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan di pagi hari pada Minggu 7 Juli 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan di pagi hari pada Minggu 7 Juli 2024. (Sumber : Pixabay.com)
Sukabumi06 Juli 2024, 21:03 WIB

Pawai Obor dan Tablig Akbar, Gebyar Tahun Baru Islam 1446 H di Desa Rambay Sukabumi

Warga dari enam kedusunan di Desa Rambay, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi, memperingati 1 Muharam 1446 H
Gebyar 1 Muharam 1446 H di Desa Rambay Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Film06 Juli 2024, 21:00 WIB

Jimin dan Jungkook BTS akan Membintangi Acara Perjalanan Are You Sure

Dua member BTS yaitu Jimin dan Jungkook mengejutkan penggemar dengan merilis sebuah acara perjalanan bernama Are You Sure?!, yang akan tayang di Disney+ pada 8 Agustus 2024 mendatang.
Keliling Dunia, Jimin dan Jungkook BTS akan Membintangi Acara Perjalanan Are You Sure (Sumber : Instagram @/disneyplushotstarid)
Sukabumi06 Juli 2024, 20:53 WIB

Ribuan Warga Pawai Obor Rayakan Tahun Baru Islam 1446 H di Sagaranten Sukabumi

alam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 H, berbagai lapisan masyarakat dari 12 desa di Kecamatan Sagaranten, Kabupaten Sukabumi
Pawai obor meriahkan malam tahun baru Islam 1446 H di Sagaranten Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi Memilih06 Juli 2024, 20:29 WIB

Pelaku UMKM dan Pengusaha Jasa Konstruksi Sukabumi Dukung Iyos Somantri di Pilkada

Puluhan pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) serta pengusaha jasa di Kabupaten Sukabumi menyatakan dukungannya kepada Iyos Somantri sebagai bakal calon Bupati Sukabumi.
Pengusaha dukung Iyos Somantri di Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024 | Foto : Istimewa
Film06 Juli 2024, 20:00 WIB

5 Rekomendasi Anime Sci-Fi yang Seru dan Layak Ditonton Kembali

Anime Sci-Fi, atau singkatan dari Science Fiction, adalah genre anime yang mengangkat cerita-cerita fiksi ilmiah dengan berbagai macam tema dan subgenre.
Gintama -  Anime Sci-Fi, atau singkatan dari Science Fiction, adalah genre anime yang mengangkat cerita-cerita fiksi ilmiah dengan berbagai macam tema dan subgenre. (Sumber : crunchyroll.com).
Sukabumi Memilih06 Juli 2024, 19:26 WIB

Muraz-Andri Deklarasi Awal Agustus 2024, Koalisi Demokrat Golkar di Pilkada Kota Sukabumi

Pasangan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi, Mohamad Muraz dan Andri Setiawan Hamami, dikabarkan akan mengadakan deklarasi pasangan calon pada awal Agustus 2024
Pasangan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi, Mohamad Muraz dan Andri Setiawan Hamami | Foto : Istimewa
Entertainment06 Juli 2024, 19:00 WIB

Ada D.O EXO, Daftar Idol Kpop dan Aktor Korea yang Ke Indonesia Bulan Juli

Memasuki bulan Juli tentu saja disambut dengan sederet konser dan fanmeeting dari Idol Kpop maupun aktor atau aktris ternama dari Korea Selatan. Promotor Indonesia telah mengumumkan siapa saja yang akan datang kemari di bulan ini
Ada D.O EXO, Daftar Idol Kpop dan Aktor Korea yang Ke Indonesia Bulan Juli (Sumber : Instagram@/bohyunahn, @/d.o.hkyungsoo,@/xodiacofficial)