Punya Masalah Berat Badan? Simak 5 Olahraga yang Aman Untuk Orang Obesitas

Rabu 03 Juli 2024, 20:15 WIB
Ilustrasi nilah waktu yang tepat untuk olahraga menurunkan berat badan menurut ahli (Sumber : Freepik.com/@studioredcup)

Ilustrasi nilah waktu yang tepat untuk olahraga menurunkan berat badan menurut ahli (Sumber : Freepik.com/@studioredcup)

SUKABUMIUPDATE.com - Orang yang memiliki berat badan berlebih atau hingga obesitas, perlu menentukan olahraga dengan tepat dan minim cedera, namun tetap berdampak menurunkan berat badan dan lemak di tubuhnya.

Sebab, kelebihan berat badan atau obesitas membuat beban pada persendian di tubuh lebih berat ketika melakukan aktivitas fisik seperti olahraga. Oleh karena itu, bagi yang obesitas sebaiknya berkonsultasi dan memilih olahraga yang aman atau sesuai dengan kapasitas tubuh.

Mengutip dari laman doctormarvin.com, tidak mungkin seseorang yang kurang gerak, atau yang memiliki masalah kesehatan, atau hanya memiliki berat badan berlebih, dapat langsung melakukan rutinitas olahraga berat.

Baca Juga: 9 Hal yang Perlu Ditanamkan Agar Anak Memiliki Karakter Kuat!

Mereka dapat mencoba olahraga berat, tetapi hasilnya kemungkinan besar adalah cedera atau keputusasaan. Oleh karena itu, sangat penting bagi siapa pun yang mengalami obesitas atau kelebihan berat badan untuk memulai rutinitas olahraga.

Kuncinya adalah memulai secara perlahan dan dengan olahraga yang tepat. Bagi mereka yang berjuang melawan obesitas, beralih perlahan ke rutinitas olahraga teratur sangatlah penting.

Berikut ini merupakan beberapa jenis olahraga yang aman bagi mereka yang obesitas, dikutip dari laman yang sama:

Baca Juga: 4 Tips Mengelola Perilaku Anak yang Suka Menentang dan Sulit Diatur

1. Angkat Beban

Kesalahpahaman yang umum adalah bahwa hanya kardio yang akan membantu seseorang menurunkan berat badan. Meskipun kardio jelas penting, latihan beban juga penting.

Latihan beban meningkatkan metabolisme, membantu seseorang membakar lebih banyak kalori dibandingkan dengan latihan kardio saja. Dan jenis latihan ini memungkinkan terjadinya "pembakaran kalori setelahnya," di mana tubuh terus membakar kalori bahkan setelah latihan.

Latihan beban sebaiknya dilakukan setidaknya tiga kali seminggu selama sekitar tiga puluh menit. Ini mungkin tidak mungkin dilakukan pada awalnya. Mulailah dengan lima menit dua kali sehari. Kemudian, tingkatkan hingga 10 menit dan seterusnya hingga target tiga kali seminggu selama 30 menit tercapai.

2. Berenang

Berenang dan olahraga air lainnya merupakan cara yang bagus untuk memulai olahraga. Air membuat tubuh terasa lebih ringan, sehingga memungkinkan seseorang membakar kalori tanpa membebani sendi dan tulang.

Baca Juga: Bukan Mainan, Inilah 10 Hal Penting yang Dibutuhkan Setiap Anak Dari Orang Tuanya

3. Berjalan Kaki

Ini mungkin bentuk latihan yang paling populer bagi siapa pun yang baru memulai. Latihan ini gratis, tidak memerlukan peralatan, dan tidak terlalu sulit.

Banyak orang memulai dengan berjalan kaki di sepanjang blok. Seiring berjalannya waktu, mereka mulai berjalan lebih jauh, berlari, dan bahkan mengikuti marathon. Namun, semuanya dimulai dengan berjalan-jalan di sepanjang jalan.

4. Bersepeda

Bersepeda adalah bentuk latihan berdampak rendah lainnya yang cocok untuk pemula. Tidak masalah apakah itu sepeda statis atau sepeda jalan raya, ini adalah cara yang bagus untuk menikmati latihan.

5. Peregangan

Peregangan sangat penting untuk mengurangi nyeri pada otot yang baru dilatih. Selain itu, peregangan merupakan cara paling bagus untuk mencegah cedera. Peregangan bisa jadi sulit pada awalnya karena otot-otot sangat tegang.

Sekali lagi, penting untuk melakukannya secara perlahan dan lembut hingga mencapai tujuan. Pada akhirnya, otot -otot akan mulai meregang dan ini akan menjadi bagian yang sangat menyenangkan dari latihan apa pun.

Baca Juga: 10 Ciri Pasangan Sudah Tidak Bahagia Meski Saling Mencintai

Olahraga adalah salah satu senjata utama dalam gudang senjata untuk menurunkan berat badan. Mengambil langkah-langkah harian untuk mencapainya, dan perlahan-lahan membangun tubuh sehingga akhirnya siap untuk rutinitas yang lebih berat, adalah cara terbaik untuk menurunkan berat badan.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Musik06 Juli 2024, 17:00 WIB

Lirik Terjemahan Lagu La La La Thats How It Goes Honne, Viral Jadi Backsound

Lagu La La La Thats How It Goes viral di TikTok terutama potongan lirik "La la la, la la la la la, Ooh, ooh, That's how it goes" yang dijadikan backsound video di aplikasi media sosial Instagram.
Ilustrasi. Gitar | Chord Gitar Before You Go Lewis Capaldi, Cover Lagu Galau Malam Minggu (Sumber : pixabay.com/@pvproductions)
Sukabumi06 Juli 2024, 16:09 WIB

Ojek di Parungkuda Sukabumi Ditipu, Anak Korban: Motor Itu Modal Nafkah Keluarga

Motor bebek supra x yang menjadi satu-satunya alat mencari nafkah keluarga hilang, ditipu oleh pelaku curanmor modus minta tolong.
Ilustrasi, Motor milik ojek di Parungkuda Sukabumi hilang ditipu pelaku curanmor (Sumber: istimewa)
Life06 Juli 2024, 16:00 WIB

12 Tips Menghangatkan Hubungan Bersama Pasangan yang Sudah Menikah Belasan Tahun

Luangkan waktu untuk berbicara secara terbuka dan jujur satu sama lain untuk meraih kebahagiaan bersama pasangan.
Ilustrasi. Tips Menghangatkan Hubungan Bersama Pasangan yang Sudah Menikah Belasan Tahun (Sumber : Pexels/JCarter)
Food & Travel06 Juli 2024, 15:22 WIB

Sisi Gelap Wisata di Geopark Ciletuh Sukabumi yang Katanya Tercipta Saat Tuhan Tersenyum

Geopark Ciletuh, sering digambarkan sebagai salah satu mahakarya alam Sukabumi yang "tercipta saat Tuhan tersenyum,".
Sisi gelap obyek wisata di kawasan geopark ciletuh Sukabumi | Foto : Istimewa
Aplikasi06 Juli 2024, 15:00 WIB

30 Link Twibbon Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 H, Cocok Dibagikan di Media Sosial

Penggunaan Twibbon Tahun Baru Islam dapat meningkatkan kesadaran masyarakat, terutama di media sosial, tentang momen penting bagi umat Islam ini.
Penggunaan Twibbon Tahun Baru Islam dapat meningkatkan kesadaran masyarakat, terutama di media sosial, tentang momen penting bagi umat Islam ini. (Sumber : twibbonize.com).
Sukabumi06 Juli 2024, 14:54 WIB

Pria di Palabuhanratu Sukabumi Dibacok Tetangga, Pelaku Diduga ODGJ

Peristiwa pembacokan terjadi bermula Mustopa alias Opa mendatangi rumah korban dengan cara mengetuk pintu. Setelah itu korban menbukan pintu, kemudian secara tiba tiba Opa langsung melakukan pembacokan.
ODGJ bacok tetangga di Palabuhanratu Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Film06 Juli 2024, 14:00 WIB

Ada Kengerian di Gunung Karena Mitos, Inilah Sinopsis Film Sekawan Limo

Film Sekawan Limo yang menceritakan sekelompok orang tersesat di sebuah gunung karena melanggar mitos di sana, merupakan garapan dari Bayu Skak. Untuk naskahnya ditulis oleh Nona Ica.
Ada Kengerian di Gunung Karena Mitos, Inilah Sinopsis Film Sekawan Limo (Sumber : Instagram@/moektito)
Sukabumi Memilih06 Juli 2024, 13:36 WIB

Forkopimda dan KPU Kota Sukabumi Matangkan Persiapan Pilkada 2024

Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Sukabumi bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar rapat koordinasi untuk membahas persiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada)
Forkopimda dan KPU Kota Sukabumi matangkan persiapan Pilkada 2024 | Foto : Dokpim Kota Sukabumi
Musik06 Juli 2024, 13:00 WIB

Ada SBY, Berikut Pengisi Acara Festival Musik Pestapora 2024

Pestapora merupakan salah satu festival musik terbesar Tanah Air yang akan diselenggarakan selama tiga hari dari Jumat sampai Minggu, 20-22 September 2024, di Gambir Expo dan Hall D2 Jiexpo, Kemayoran, Jakarta.
Ada SBY, Berikut Pengisi Acara Festival Musik Pestapora 2024 (Sumber : instagram@/pestapora) (Sumber : dok AHY)
Sukabumi Memilih06 Juli 2024, 12:42 WIB

Paris Incar Dapil 4 Sukabumi Jadi Lumbung Suara Iyos Somantri

Sejumlah Relawan yang tergabung dalam Persatuan Relawan Iyos Somantri (Paris) menggelar pertemuan di sebuah Resto yang berlokasi di Jalan Selabintana, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (6/7/2024).
Deklarasi Relawan Iyos Somantri Dapil 4 Kabupaten Sukabumi | Foto : Dok. Relawan