Ingin Diet Sukses? Ini 15 Cara Menurunkan Berat Badan Dalam Sebulan

Rabu 03 Juli 2024, 14:15 WIB
Ilustrasi Beberapa cara bisa dilakukan jika ingin menurunkan berat badan dalam sebulan (Sumber : Freepik.com)

Ilustrasi Beberapa cara bisa dilakukan jika ingin menurunkan berat badan dalam sebulan (Sumber : Freepik.com)

SUKABUMIUPDATE.com - Tidak bisa dipungkiri bahwa berat badan merupakan aspek penting yang harus dijaga agar tubuh tetap sehat serta untuk menunjang penampilan. Jika memiliki lemak berlebih, segeralah diet untuk menurunkan berat badan.

Namun, bagi mereka yang masuk dalam kategori kegemukan bahkan obesitas, menurunkan berat badan adalah wajib karena berkaitan dengan kesehatan. Sudah pasti, diet haruslah menjadi pola hidup yang dijalankan hingga berat badannya ideal.

Mengutip dari laman Pristyn Care, misi menurunkan berat badan sering kali dimulai dengan tekad dan semangat tinggi, tetapi banyak yang berakhir dengan kegagalan diet karena kelesuan dan ketidakdisiplinan merayapi hidup kita.

Baca Juga: 10 Ciri Pasangan Sudah Tidak Bahagia Meski Saling Mencintai

Terkadang, kita harus segera menurunkan berat badan, mungkin dalam sebulan, dan kita menjadi cemas dan bingung tentang apa yang harus dilakukan dan bagaimana cara menjadi bugar dalam waktu singkat.

Dikutip dari laman yang sama, terdapat beberapa cara yang bisa ditempuh jika ingin diet sukses dan berhasil menurunkan berat badan dalam sebulan. Tentunya ini perlu komitmen dan konsistensi dari dalam diri kita.

15 Cara Menurunkan Berat Badan Dalam Waktu Sebulan

1. Mulai Menghitung Kalori

Dengan perubahan gaya hidup dan pola makan lainnya, mulailah menghitung dan mengawasi asupan kalori harian. Ini akan membantu mengetahui berapa banyak kalori yang sebenarnya dikonsumsi.

Baca Juga: 4 Kunci Sukses Diet Rendah Karbohidrat, Turunkan Berat Badan dan Raih Tubuh Ideal

Jika kalori yang dikonsumsi jauh lebih banyak daripada yang digunakan, maka sudah saatnya untuk membatasi asupan kalori karena sebagian besar kalori diubah menjadi lemak.

2. Jauhi Karbohidrat Olahan

Kita harus memilih diet bergizi setiap hari daripada diet biji-bijian olahan karena karbohidrat olahan berada di urutan teratas makanan yang dapat menambah berat badan. Ganti roti putih, makanan olahan dalam kemasan dengan produk biji-bijian utuh seperti jelai, beras merah, dan oat.

3. Gunakan Lebih Banyak Kardio

Latihan kardio yang lebih banyak akan membantu membakar kalori dengan cepat dan membantu penurunan berat badan. Menambahkan latihan kardio ke dalam rutinitas akan membantu menurunkan berat badan dengan cepat dan efektif. Jadi, berkeringatlah lebih banyak untuk mendapatkan lekuk tubuh yang indah!

Baca Juga: Diet Rendah Karbohidrat: Bisakah Bantu untuk Menurunkan Berat Badan?

4. Makanlah Perlahan, Jangan Mengunyah Terlalu Cepat

Makan perlahan menciptakan psikologi bahwa perut sudah kenyang dan telah makan dengan baik. Makan perlahan juga meningkatkan hormon tertentu dalam tubuh yang mengirimkan sinyal ke otak mengenai rasa kenyang saat lapar dan makan berlebihan. Makan perlahan tentu dianggap dapat mengurangi asupan dan membantu penurunan berat badan.

 

5. Pemilihan Minuman Penting

Memilih minuman yang lebih sehat daripada soda, jus, dan minuman kemasan akan memberikan hasil yang lebih baik dalam meningkatkan penurunan berat badan yang cepat, karena cairan memainkan peran yang sangat penting dalam diet.

Karena begitu banyak gula yang dikonsumsi dengan cairan dalam tubuh sekaligus. Jadi lebih baik pilih air putih daripada pemanis lainnya, kopi hitam dalam jumlah sedang juga diyakini dapat meningkatkan metabolisme tubuh.

Baca Juga: Contoh Rencana Diet Seimbang untuk Penderita Diabetes: Jaga Kadar Gula Darah

6. Konsumsi Makanan Berserat

Makan lebih banyak serat membantu mengurangi berat badan dan asupan kalori. Serat membuat merasa kenyang dan juga membantu membersihkan usus. Setidaknya 25-38 gram serat harus dikonsumsi setiap hari melalui sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian utuh untuk menurunkan berat badan dengan cepat.

7. Perhatikan Jam Tidur

Mendapatkan tidur yang cukup sangat penting saat memulai program penurunan berat badan karena tubuh yang kurang tidur akan mengeluarkan hormon yang akan menimbulkan rasa lapar.

8. Makan Sarapan yang Kaya Protein

Sarapan dengan protein tinggi akan membuat merasa kenyang dan berenergi serta menurunkan kadar hormon pemicu rasa lapar. Kita juga dapat menyertakan gandum, telur, selai kacang, dan yogurt dalam sarapan yang kaya protein.

Baca Juga: 4 Tips Mengelola Perilaku Anak yang Suka Menentang dan Sulit Diatur

9. Puasa Intermiten

Kita dapat melakukan puasa intermiten karena puasa dapat meningkatkan pembakaran lemak, memperbaiki metabolisme, dan mempertahankan massa tubuh tanpa lemak untuk mendukung penurunan berat badan. Ini termasuk siklus puasa selama 16-24 jam berturut-turut.

10. Latihan Beban Tubuh atau Latihan Dengan Peralatan Olahraga

Ini adalah dua cara terbaik untuk menurunkan berat badan dengan latihan ketahanan. Latihan ini juga meningkatkan metabolisme sehingga penurunan berat badan menjadi lebih mudah.

11. Hindari Bumbu dan Saus

Saus dan topping lezat pada makanan mungkin tampak sedikit jumlahnya, tetapi tidak baik untuk yang berencana menurunkan berat badan. Mengurangi dan menggantinya dengan alternatif rendah kalori dapat membantu penurunan berat badan.

Baca Juga: 7 Strategi Menurunkan Berat Badan Secara Sehat dalam Waktu Sebulan

12. Konsumsi Lebih Banyak Sayuran

Konsumsi sayur akan meningkatkan asupan serat dan menjaga tubuh tetap terhidrasi. Ini akan meningkatkan proses penurunan berat badan dan menurunkan risiko obesitas karena pada akhirnya akan menyebabkan asupan kalori yang lebih sedikit.

Baca Juga: Warga Temukan Lubang Batu Penunggu Curug Cimarinjung Sukabumi Terdampar di Sawah, Beratnya 9 Kg!

13. Hindari Gaya Hidup yang Tidak Banyak Bergerak

Duduk berjam-jam di meja kantor akan membuat tubuh cepat gemuk. Hal ini juga diketahui dapat menyebabkan kekakuan otot dan masalah nyeri tubuh. Jadi, gerakkan tubuh secara teratur.

14. Latihan Interval Intensitas Tinggi

Menambahkan latihan HIIT ke rutinitas akan membantu membakar kalori 20-30% lebih banyak daripada aktivitas lainnya. Sertakan lari, bersepeda, dan latihan ketahanan selama 30 menit dalam rutinitas untuk melihat hasil terbaik.

15. Jadikan Air Sebagai Sahabat Terbaik

Minumlah lebih banyak air untuk mengeluarkan racun-racun dari tubuh sehingga pencernaan berjalan baik dan tetap terhidrasi, sehingga memberikan hasil terbaik dalam menurunkan berat badan.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Gadget05 Oktober 2024, 19:00 WIB

8 Cara Mengatasi HP Lemot, Dijamin Kembali Lancar

Mengatasi HP yang lemot bisa dilakukan dengan beberapa langkah perawatan dan optimalisasi.
Ilustrasi. Mengatasi HP yang lemot bisa dilakukan dengan beberapa langkah perawatan dan optimalisasi. (Sumber : Pixabay/JanVasek)
DPRD Kab. Sukabumi05 Oktober 2024, 18:53 WIB

Harapan Anggota DPRD Sukabumi di HUT TNI ke-79: Perkuat Sinergi dengan Rakyat

Dalam rangka memperingati HUT TNI ke-79, Aanggota DPRD Kabupaten Sukabumi, Hamzah Gurnita, memberikan apresiasi atas dedikasi dan kontribusi TNI kepada bangsa. Sekaligus beraharap agar sinergi antara TNI dan rakyat semakin diperkuat.
Hamzah Gurnita, Ketua Komisi 2 DPRD Kabupaten Sukabumi - Fraksi PKB | Foto : Ilyas Supendi
DPRD Kab. Sukabumi05 Oktober 2024, 18:29 WIB

Anggota DPRD Sukabumi Loka Tresnajaya Apresiasi Peran TNI dalam Menjaga Keutuhan NKRI

Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi, Loka Tresnajaya, menyampaikan apresiasi atas peran penting Tentara Nasional Indonesia (TNI) dalam menjaga keutuhan dan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
H. Loka Tresnajaya, Aggota DPRD Kabupaten Sukabumi Fraksi Partai Golkar | Foto : Ibnu Sanubari
Jawa Barat05 Oktober 2024, 18:28 WIB

AMSI Jawa Barat Gelar Training Cek Fakta Lawan Gangguan Informasi Jelang Pilkada 2024

Training atau pelatihan ini merupakan kerjasama antara AMSI Pusat dengan Cek Fakta, Aliansi Jurnalis Independen (AJI), dan Google News Initiative.
AMSI Jawa Barat Gelar Training Cek Fakta Lawan Gangguan Informasi Jelang Pilkada 2024 (Sumber : Ist)
DPRD Kab. Sukabumi05 Oktober 2024, 18:02 WIB

Respon DPRD Sukabumi Soal Pembangunan Tambak Udang di Minajaya: Wajar Ditolak Warga

Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi, Andri Hidayana turut menanggapi rencana pembangunan tambak udang di Pantai Minajaya, Kecamatan Surade. Dimana rencana tersebut mendapatkan penolakan dari warga setempat dengan berbagai alasan.
Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi, Andri Hidayana turut menanggapi rencana pembangunan tambak udang di Pantai Minajaya, Kecamatan Surade | Foto: Istimewa
Life05 Oktober 2024, 18:00 WIB

Doa Agar Anak-anak Sholeh dan Sholehah, Yuk Amalkan

Memiliki anak sholeh dan sholehah adalah dambaan semua orang tua.
Ilustrasi Bacaan Doa Agar Diberikan Anak Sholeh (Sumber : Freepik).
Sukabumi05 Oktober 2024, 17:23 WIB

Sudah 2 Hari, Nelayan Pancing Hilang Kontak di Laut Ujunggenteng Sukabumi

Perahu nelayan Setia Jaya 37 yang dinahkodai Iwan (45 tahun) asal Kampung Pasirpogor Desa Loji, Kecamatan Simpenan, dan ABK Ekih (46 tahun) asal Palabuhanratu dikabarkan  hilang kontak sejak dua hari lalu di laut Ujunggenteng.
Perahu Setia Jaya 37 yang di nahkodai Iwan dan ABK Ekih hilang kontak di laut Ujunggenteng Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Musik05 Oktober 2024, 17:00 WIB

Lirik dan Terjemahan Lagu Yummy Justin Bieber yang Viral di Medsos

Meski Lagu Yummy kembali viral, hingga artikel ini ditayangkan, desas desus hubungan Justin Bieber dengan kasus P Diddy masih belum mendapat konfirmasi dari pihak manapun.
Official Video Klip Lagu Yummy Justin Bieber. Foto: YouTube/JustinBieber
Life05 Oktober 2024, 16:00 WIB

6 Mitos Masyarakat Sunda yang Sering Dianggap Pamali Jika Dilakukan

Sejak dulu kala, masyarakat Sunda telah mengembangkan beragam kepercayaan dan mitos yang diwariskan dari generasi ke generasi.
Ilustrasi - Sejak dulu kala, masyarakat Sunda telah mengembangkan beragam kepercayaan dan mitos yang diwariskan dari generasi ke generasi. (Sumber : pexels.com/@Kun Fotografi).
Life05 Oktober 2024, 15:00 WIB

Jangan Dulu Dikawinkan! Ini 7 Cara Mengatasi Kucing Betina Birahi

Dengan menerapkan langkah-langkah ini, pemilik kucing dapat membantu mengurangi perilaku dan gejala birahi pada kucing betina.
Dengan menerapkan langkah-langkah ini, pemilik kucing dapat membantu mengurangi perilaku dan gejala birahi pada kucing betina. | Foto: Pixabay/TeamK