10 Cara Membesarkan Anak Menjadi Sosok yang Bahagia Agar Sukses Dalam Hidup

Rabu 03 Juli 2024, 12:15 WIB
Ilustrasi cara membesarkan anak menjadi sosok yang bahagia (Sumber : Pexels.com/@Alex Green)

Ilustrasi cara membesarkan anak menjadi sosok yang bahagia (Sumber : Pexels.com/@Alex Green)

SUKABUMIUPDATE.com - Memberikan anak-anak masa kecil yang bahagia dan sehat dapat membuat mereka sukses dalam hidup. Namun, banyak orang tua bertanya-tanya, bagaimana tepatnya membesarkan anak yang bahagia di dunia saat ini?

Membesarkan anak-anak yang bahagia bukanlah tentang memberi mereka kesenangan sesaat atau kepuasan langsung. Faktanya, justru sebaliknya.

Anak-anak yang bahagia memiliki keterampilan yang memungkinkan mereka menikmati kebahagiaan jangka panjang dalam hidup. Anak akan mampu mengabaikan kepuasan instan dalam upaya mencapai tujuan.

Orang tua dapat membantu anak-anak mengembangkan keterampilan tersebut dengan mengadopsi kebiasaan sehat seumur hidup.

Dilansir dari laman verywellfamily, berikut adalah cara membesarkan anak-anak yang bahagia agar memiliki masa depan lebih baik :

Baca Juga: 4 Tips Mengelola Perilaku Anak yang Suka Menentang dan Sulit Diatur

1. Dorong Anak-anak Bermain di Luar Ruangan

Jangan remehkan kekuatan bermain di luar ruangan. Berlari di atas rumput, memanjat pohon, duduk di ayunan, dan menggali tanah baik untuk anak-anak.

Sebuah penelitian menunjukkan aroma yang berhubungan dengan alam seperti pohon pinus, rumput yang dipotong, dapat meningkatkan suasana hati anak-anak.

Selain itu, bermain di luar ruangan juga dapat meningkatkan keterampilan sosial pada anak-anak.

2. Batasi Waktu Layar

Anak-anak mungkin bersikeras bahwa bermain game video berjam-jam membuatnya bahagia. Namun, terlalu banyak waktu di depan layar tidak baik untuk kesehatan psikologis mereka.

Tetapkan batasan yang jelas mengenai waktu anak menggunakan gadget. Jika ia memiliki barang tersebut, maka dibatasi aksesnya saat melakukan aktivitas keluarga, berkendara di mobil, atau saat ia bermain di luar.

3. Berlatih Bersyukur

Memasukkan rasa syukur ke dalam kehidupan sehari-hari dapat membantu anak-anak menjadi orang yang lebih bahagia dan lebih sehat. Namun, perlu diingat bahwa ada perbedaan besar antara memaksakan ucapan "terima kasih" dan mengucapkannya dengan tulus.

Baca Juga: 9 Hal yang Perlu Ditanamkan Agar Anak Memiliki Karakter Kuat!

4. Memiliki Harapan Tinggi namun Wajar

Meskipun tidak menyenangkan menghabiskan waktu berjam-jam belajar untuk ujian atau berlatih alat musik, anak-anak yang berusaha keras melakukan hal-hal sulit cenderung memiliki kehidupan lebih bahagia.

Harapan memiliki dampak besar pada kemauan anak untuk menantang dirinya sendiri. Anak-anak akan bekerja keras untuk memenuhi harapan orang tua selama harapan itu masuk akal.

Namun, penting untuk dicatat bahwa orang tua tidak boleh mengharapkan kesempurnaan. Menetapkan standar yang terlalu tinggi pada anak, kemungkinan besar akan menjadi bumerang.

Selain itu, mengharapkan anak untuk menjadi sempurna dapat meningkatkan risiko masalah kesehatan mental.

5. Ajarkan Pengendalian Diri

Sebuah studi tahun 2014 yang diterbitkan dalam Journal of Personality, menemukan bahwa orang-orang dengan pengendalian diri yang lebih baik melaporkan suasana hati yang lebih baik juga.

Namun, yang menarik, para peneliti mencatat bahwa orang-orang dengan pengendalian diri yang lebih baik juga tidak menempatkan diri mereka dalam situasi yang menggoda sesering orang lain. Mereka pada dasarnya mempersiapkan diri untuk menjadi bahagia.

Mulailah mengajarkan anak Anda tentang disiplin diri sejak dini. Pada saat yang sama, ajari dia untuk tidak terlalu banyak tergoda.

6. Tetapkan Tugas Rumah

Anak-anak mungkin saja tidak suka membersihkan meja atau membersihkan debu di ruang tamu sekarang. Namun, memberikan tugas rumah dapat menjadi faktor kunci dalam membantu mereka mencapai kebahagiaan jangka panjang.

Baca Juga: Bersama Eni Mulyasari, Ngobrol Viral Paduan Suara dan Lagu Jang yang Sarat Makna

7. Makan Malam Bersama

Saat anak-anak mengikuti latihan olahraga, pertandingan, dan kegiatan ekstrakurikuler lainnya, mungkin orang tua tergoda untuk membeli sesuatu saat bepergian dan memakannya di waktu yang berbeda.

Namun, makan bersama keluarga mungkin merupakan salah satu hal terbaik yang dapat dilakukan jika ingin membesarkan anak-anak yang bahagia.

8. Hindari Memanjakan Anak Secara Berlebihan

Membelikan anak-anak banyak hadiah saat liburan atau memberinya semua yang ia inginkan tidak akan benar-benar membuatnya bahagia. Malah, hal ini hanya akan memanjakan anak secara berlebihan dan dapat berdampak buruk pada kesejahteraan psikologisnya.

9. Menghabiskan Waktu Bersama Keluarga

Memutuskan untuk berjalan-jalan malam bersama sebagai keluarga atau menonton video latihan sambil bersantai di ruang tamu, atau olahraga dapat membuat seluruh anggota keluarga lebih bahagia.

Baca Juga: Pria Asal Cidahu Dilarikan ke RS, Tertabrak Truk di Parungkuda Sukabumi

10. Bersikap Baik Pada Orang Lain

Faktanya, bersikap baik kepada orang lain dapat membuat anak-anak lebih bahagia dan kebahagiaan akan membuat mereka baik hati. Ini adalah siklus positif yang mempersiapkan anak untuk kehidupan yang lebih bahagia dan lebih sehat dimasa depan.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi Memilih05 Juli 2024, 19:13 WIB

Panwaslu Surade Sukabumi Laksanakan Rakernis Pemutakhiran Data Pemilih Pilkada 2024

Panwaslu Surade Sukabumi juga membeberkan strategi pengawasan Pemutakhiran Data Pemilih Pilkada 2024.
Panwaslu Surade, PKD, dan Staf kesekretariatan dalam sesi foto bersama usai Rakernis Pemutakhiran Data Pemilih Pilkada 2024. (Sumber : Istimewa)
Sehat05 Juli 2024, 19:00 WIB

7 Strategi Menurunkan Berat Badan Secara Sehat dalam Waktu Sebulan

Menurunkan berat badan dalam sebulan berarti menjalani gaya hidup sehat. Utamakan kesehatan daripada menurunkan berat badan secara cepat.
Ilustrasi - Menurunkan berat badan dalam sebulan berarti menjalani gaya hidup sehat. Utamakan kesehatan daripada menurunkan berat badan secara cepat. (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi05 Juli 2024, 18:49 WIB

Tiang Listrik Ambruk Diduga Gegara Proyek Galian, Warga Geruduk UPTD PJJWP II Sukabumi

Aksi demo yang diwarnai pengrusakan gerbang Kantor UPTD PJJWP II ini buntut tiang listrik ambruk di Cemerlang Sukabumi.
Puluhan warga yang mengatasnamakan Gerakan Prima Sukabumi demo Kantor UPTD PJJWP II buntut tiang listrik ambruk di Cemerlang Sukabumi. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Jawa Barat05 Juli 2024, 18:05 WIB

Caringin Bogor! Kronologi Kebakaran Pesantren yang Sempat Disebut di Sukabumi

Kebakaran terjadi saat santri akan melaksanakan salat magrib berjemaah di masjid.
Tangkapan layar kebakaran pondok pesantren di Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor. | Foto: X/@Sutbudiharto62
Life05 Juli 2024, 18:00 WIB

Tahun Baru Islam 2024: Doa Akhir Tahun dan Awal Tahun yang Dapat Diamalkan

Dengan membaca doa akhir tahun dan awal tahun ini semoga kita semua selalu ada dalam rahmat dan lindungan Allah SWT.
Ilustrasi. Dengan membaca doa akhir tahun dan awal tahun ini semoga kita semua selalu ada dalam rahmat dan lindungan Allah SWT. (Sumber : Freepik)
Keuangan05 Juli 2024, 17:59 WIB

Solusi Qurban! Tahara Idul Adha: Produk Tabungan Hari Raya Terbaru Perumda BPR Sukabumi

Setelah sukses dengan Tahara Idul Fitri yang mendapat banyak minat dari masyarakat, kini Perumda BPR Sukabumi meluncurkan program baru, yaitu Tahara Idul Adha.
Pelayanan Nasabah di Kantor Perumda BPR Sukabumi cabang Cibadak. (Sumber: SU/Ibnu)
Food & Travel05 Juli 2024, 17:42 WIB

Tiba-tiba Hujan! Daftar Tempat Hiburan dan Liburan di Kota Sukabumi Biar Nggak Kehujanan

wisata di alam terbuka kurang cocok untuk yang malas hujan-hujanan apalagi termasuk kaum waterproof.
Ilustrasi kehujanan. Daftar tempat hiburan saat liburan di Kota Sukabumi yang aman dari hujan (Sumber: pinterest @wayfaring)
Life05 Juli 2024, 17:30 WIB

9 Trik Ampuh Menghadapi Pasangan yang Cuek Saat Membalas Chat

Ingatlah bahwa kunci utama dalam menghadapi pasangan yang cuek adalah dengan komunikasi yang terbuka, pengertian, kesabaran, dan usaha dari kedua belah pihak.
Ilustrasi - Dengan menerapkan trik-trik ini menjadi solusi kamu dalam menghadapi pasangan yang cuek saat balas chat. (Sumber : pexels.com/@Ivan Samkov).
Sukabumi05 Juli 2024, 17:26 WIB

Luka di Kepala, Pengakuan Korban Keributan di Selakaso Sukabumi

Berikut pengakuan sopir Honda Civic yang mengaku jadi korban pengeroyokan dalam kasus keributan di Jalan Pembangunan Selakaso Cibeureum Sukabumi.
Fredi, korban sekaligus pengendara mobil Honda Civic menceritakan soal kronologi keributan di Selakaso Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi05 Juli 2024, 17:20 WIB

Hampir Rampung, Disperkim Minta Warga Jaga Tugu Nol Kilometer Kabupaten Sukabumi

Pembangunan tugu nol kilometer Kabupaten Sukabumi mendekati 100 persen.
Tugu nol kilometer Kabupaten Sukabumi yang dibangun di kawasan Alun-alun Palabuhanratu. | Foto: SU/Ilyas Supendi