Sehat Selama Liburan, 7 Olahraga Seru Ini Bisa Jadi Ide Kegiatan Bersama Keluarga

Selasa 02 Juli 2024, 15:15 WIB
Ilustrasi Ada beberapa olahraga yang bisa jadi aktivitas fisik bersama dengan keluarga selama liburan (Sumber : Freepik.com/@prostooleh)

Ilustrasi Ada beberapa olahraga yang bisa jadi aktivitas fisik bersama dengan keluarga selama liburan (Sumber : Freepik.com/@prostooleh)

SUKABUMIUPDATE.com - Memasuki musim liburan seperti sekarang ini, banyak keluarga ingin menghabiskan waktu bersama dengan kegiatan seru walaupun hanya di rumah saja.

Salah satu yang mungkin bisa jadi ide seru untuk keluarga adalah olahraga. Sebab, aktivitas fisik akan mendorong kekompakan dan kebersamaan antara satu sama lain selama liburan.

Banyak olahraga seru yang bisa dilakukan bersama keluarga. Baik di dalam atau luar ruangan, aktivitas fisik selama liburan dapat membantu tubuh lebih sehat dan bugar.

Baca Juga: 9 Hal yang Perlu Ditanamkan Agar Anak Memiliki Karakter Kuat!

Mengutip dari laman Freedom Health Insurance, dengan menjadikan olahraga sebagai aktivitas keluarga, kita dapat menikmati semua manfaat ini dan lebih banyak lagi, terutama untuk kesehatan tubuh setiap anggota keluarga.

Di laman yang sama, disebutkan beberapa olahraga yang seru dan bisa dilakukan bersama dengan keluarga selama liburan. Berikut diantaranya:

1. Jalan Kaki di Luar Ruangan

Baik jalan kaki di hutan, di taman, atau di pantai, berjalan kaki di luar ruangan menawarkan suasana yang berbeda dari kehidupan keluarga yang normal.

Berjalan berdampingan dengan keluarga, berapa pun kecepatannya, merupakan cara yang bagus untuk berbicara dan terhubung satu sama lain tanpa gangguan dari rumah.

Jalan kaki di luar ruangan juga dapat mengajarkan anak-anak tentang dunia di sekitar mereka seperti berbagai pohon, bunga, atau berbagai jenis rambu keselamatan jalan.

2. Menari

Menari dapat menjadi aktivitas fisik yang menyenangkan, selain itu dapat disesuaikan dengan kemampuan dan dengan mengubah intensitas tarian.

Penelitian telah menunjukkan bahwa menari secara teratur dengan intensitas sedang dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. Ini adalah cara yang bagus untuk meningkatkan detak jantung dan membantu membakar lebih banyak kalori.

Menari mendorong ikatan sosial dan dapat melepaskan endorfin, menjadikannya cara yang sangat baik untuk menggabungkan kebugaran dan kesenangan dalam aktivitas keluarga.

3. Berenang

Berenang akan memberikan waktu yang menyenangkan bagi keluarga. Baik saat liburan di tempat lain atau di kolam renang setempat, berenang adalah cara untuk bersenang-senang di air dan bercengkrama dengan keluarga.

Berenang menggunakan semua otot di tubuh, yang berarti ini adalah bentuk latihan sangat baik untuk memperkuat otot dan meningkatkan kesehatan kardiovaskular. Selain itu, berenang dan mempelajari keselamatan di air merupakan keterampilan hidup yang penting untuk diajarkan kepada anak-anak.

Baca Juga: 6 Ciri Pasangan yang Gak Bahagia Hidup Bersama dan Ingin Berpisah, Ini Tandanya

4. Olahraga Sirkuit di Rumah

Olahraga sirkuit adalah olahraga yang dilakukan dengan serangkaian gerakan yang berbeda dengan jeda istirahat yang singkat di antaranya. Kita dapat merancang kombinasi gerakannya sendiri untuk sirkuit tersebut, tergantung pada kemampuan masing-masing anggota keluarga.

Berikut ini beberapa ide gerakan yang dapat dimasukkan ke dalam sirkuit:

• Bintang melompat
• Lompatan satu kaki
• Lompatan gunting
• Hiking
• Jongkok
• Gerakan Burpee
• Sit up
• Jogging di tempat
• Plank
• Lari lutut tinggi

5. Bersepeda

Bersepeda melibatkan hampir semua otot kaki saat mengayuh, lengan saat memegang stang, dan perut serta punggung saat menyeimbangkan tubuh di atas sepeda. Bersepeda merupakan cara yang bagus untuk tetap bugar, meningkatkan kesehatan kardiovaskular, dan menghabiskan waktu bersama keluarga.

Bersepeda cocok untuk semua tingkat kebugaran karena tekanan pada sendi rendah dan dapat dilakukan dengan kecepatan sesuai kemampuan.

Baik itu lebih di jalan raya, jalan setapak, atau taman, bersepeda lebih dari sekadar latihan fisik, tetapi juga merupakan cara yang bagus untuk mengajarkan anak-anak tentang keselamatan di jalan raya, menjelajahi daerah setempat, dan keluar rumah. Terlebih lagi, bersepeda mengurangi emisi karbon, menjadikannya cara yang ramah lingkungan untuk keluar rumah.

6. Yoga

Yoga meningkatkan fleksibilitas, kekuatan, dan keseimbangan dengan mempertahankan berbagai postur, berkonsentrasi pada pernapasan, dan bermeditasi.

Yoga dapat meningkatkan suasana hati dalam jangka panjang, meningkatkan citra tubuh, dan kepercayaan diri. Berlatih yoga bersama keluarga dapat membangun kepercayaan dengan saling mendukung baik secara fisik maupun emosional.

Baca Juga: 4 Tips Mengelola Perilaku Anak yang Suka Menentang dan Sulit Diatur

7. Permainan di Taman atau Pantai

Bermain game atau olahraga di taman lokal atau di pantai merupakan cara yang bagus dalam menggabungkan kebugaran dan hiburan. Memanfaatkan ruang terbuka untuk aktivitas seperti kejar-kejaran, sepak bola, rounders, atau frisbee, yang semuanya dapat membantu meningkatkan kesehatan kardiovaskular, kelincahan, dan koordinasi tangan-mata.

Berada di luar ruangan sambil menghirup udara segar juga dapat meningkatkan kesejahteraan mental dan membuat olahraga tidak lagi terasa seperti tugas, tetapi lebih seperti waktu keluarga yang berharga.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Nasional04 Juli 2024, 17:24 WIB

Mochammad Afifuddin Ditunjuk sebagai Plt Ketua KPU Gantikan Hasyim Asy'ari

Anggota komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mochammad Afifuddin disepakati sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Ketua KPU menggantikan Hasyim Asy'ari.
Mochammad Afifuddin ditunjuk sebagai Plt Ketua KPU Gantikan Hasyim Asy'ari | Foto : Capture Youtube KPU
Life04 Juli 2024, 17:15 WIB

Ingin Berteman dengan Mantan? Perhatikan 4 Poin Penting Ini Sebelum Melangkah

Ada poin-poin penting yang perlu diperhatikan sebelum menjalin hubungan pertemanan dengan mantan.
Ilustrasi berteman dengan mantan (Sumber : Pexels.com/@Andreapiacquadio)
Arena04 Juli 2024, 17:14 WIB

Medali Emas dari Pegi untuk Jabar, Atlet Sepeda Sukabumi di Kejurnas Mountain Bike 2024

“Alhamdulilah atlet muda Sukabumi bisa sumbang dua medali emas untuk kontingen Jabar di Kejurnas MTB 2024,” ucapnya kepada sukabumiupdate.com, Kamis (4/7/2024).
Pegi Maulida dengan medali emas di Kejurnas MTB 2024 di Batam (Sumber: dok sukabumi empire)
Musik04 Juli 2024, 17:00 WIB

Trending #9 YouTube Music, Intip Lirik Lagu Lampu Kuning Juicy Luicy

Berdasarkan pantauan sukabumiupdate.com di YouTube Music, Official Lyric Video Lagu Lampu Kuning Juicy Luicy ada di urutan ke-9 diantara #20 Trending Music Indonesia.
Lagu Lampu Kuning Juicy Luicy (Sumber : Istimewa)
Life04 Juli 2024, 16:45 WIB

5 Tanda Pria Benar-benar Peduli Padamu, Kenali Lewat Perilaku Halus yang Ditunjukkan

Ada tanda-tanda ketika seorang pria benar-benar peduli yang bisa dikenali lewat perilaku halus.
Ilustrasi pria yang benar-benar peduli pada wanita pasangannya (Sumber : Pexels.com/@Kampusproduction)
Film04 Juli 2024, 16:30 WIB

Sinopsis Film Wonderland yang Dibintangi Suzy dan Park Bo Gum

Film bergenre romantis yang dibalut fiksi ilmiah berupa AI yaitu Wonderland berhasil menyita perhatian masyarakat begitu diumumkan akan tayang pada 5 Juni 2024 lalu. Kini, film tersebut akan hadir Netflix pada bulan Juli ini.
Sinopsis Film Wonderland yang Dibintangi Suzy dan Park Bo Gum (Sumber : Instagram@/acemaker.movie)
Sukabumi04 Juli 2024, 16:25 WIB

Mayat Pria Nyentrik di Sukabumi Belum Dimakamkan, Tunggu Konfirmasi Keluarga

Identitas mayat pria berpakaian nyentrik yang ditemukan dalam kondisi terlentang di saung warga di Kampung Anggayuda RT 01/11, Desa Pamuruyan, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, masih belum
Mayat pria ditemukan di saung milik warga di Pamuruyan Cibadak Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Life04 Juli 2024, 16:15 WIB

Simak dan Lakukan, 12 Tips Jalan Kaki Menurunkan Berat Badan Untuk Pemula

Walaupun jalan kaki termasuk aktivitas fisik yang mudah, ringan dan minim cedera untuk menurunkan berat badan, tetapi melakukan dengan benar adalah hal penting.
Ilustrasi Beberapa tips jalan kaki menurunkan berat badan penting dilakukan oleh pemula (Sumber : Freepik.com/@pressfoto)
Sehat04 Juli 2024, 16:00 WIB

Contoh Rencana Diet Seimbang untuk Penderita Diabetes: Jaga Kadar Gula Darah

Pola makan seimbang sangat penting untuk mengelola diabetes dan mencegah komplikasi kesehatan.
Ilustrasi Pola makan seimbang sangat penting untuk mengelola diabetes dan mencegah komplikasi kesehatan.(Sumber : Freepik.com/@rawpixel.com)
Sehat04 Juli 2024, 15:45 WIB

Diet Sesuai Golongan Darah, Inilah Makanan yang Direkomendasikan Ahli

meskipun orang-orang masih mengikuti diet golongan darah saat ini, tidak ada bukti ilmiah yang mendukung diet tersebut dan para ahli telah mengkritik konsepnya
Ilustrasi Inilah makanan rekomendasi dari ahli untuk diet sesuai golongan darah (Sumber : Freepik.com/@rawpixel.com)