8 Olahraga Terbaik untuk Menurunkan Berat Badan, Bye-bye Perut Buncit!

Senin 01 Juli 2024, 14:30 WIB
Ilustrasi. Olahraga. Ada banyak metode penurunan berat badan yang tersedia, salah satunya dengan olahraga. (Sumber : Freepik/@freepik)

Ilustrasi. Olahraga. Ada banyak metode penurunan berat badan yang tersedia, salah satunya dengan olahraga. (Sumber : Freepik/@freepik)

SUKABUMIUPDATE.com - Menurunkan berat badan memang bisa menjadi hal baik untuk kesehatan, terutama jika Anda memiliki berat badan berlebih atau obesitas. Berikut beberapa manfaat menurunkan berat badan untuk kesehatan:

Meningkatkan kesehatan jantung:

  • Menurunkan tekanan darah tinggi.
  • Menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL).
  • Mengurangi risiko penyakit jantung koroner, stroke, dan gagal jantung.

Mengurangi risiko diabetes tipe 2:

  • Menurunkan resistensi insulin dan meningkatkan sensitivitas insulin.
  • Membantu mengontrol kadar gula darah.

Meningkatkan kesehatan tulang dan sendi:

  • Mengurangi beban pada sendi, terutama lutut dan pinggul.
  • Membantu mencegah osteoarthritis.

Meningkatkan kualitas tidur:

  • Mengurangi apnea tidur obstruktif.
  • Meningkatkan kualitas tidur secara keseluruhan.

Meningkatkan energi dan stamina:

  • Meningkatkan metabolisme tubuh.
  • Meningkatkan kebugaran fisik.

Meningkatkan kesehatan mental:

  • Meningkatkan kepercayaan diri dan citra diri.
  • Mengurangi risiko depresi dan kecemasan.


Untuk menurunkan berat badan, Anda harus melakukan aktivitas cukup intens setidaknya 300 menit setiap minggunya. Dihimpun dari laman webmd, berikut beberapa olahraga yang dapat membantu Anda dalam menurunkan berat badan.

1. Jalan Sedang

Jika Anda menambahkan setengah jam jalan cepat ke dalam rutinitas harian Anda, Anda dapat membakar sekitar 150 kalori lebih banyak daripada yang biasanya Anda lakukan setiap hari.

Semakin cepat dan lama Anda berjalan, semakin banyak kalori yang Anda bakar. Jalan kaki adalah pilihan yang bagus jika Anda baru melakukan olahraga teratur. Mulailah dengan perjalanan yang lebih pendek dan tingkatkan ke perjalanan yang lebih lama dan lebih intens.

2. Lompat Tali

Jika Anda sedang mencari peralatan olahraga murah yang bisa Anda bawa saat bepergian, lompat tali mungkin cocok untuk Anda. Lompat tali adalah cara luar biasa untuk membakar kalori dengan cepat.

3. Latihan Interval Intensitas Tinggi (HIIT)

Latihan interval intensitas tinggi (juga disebut HIIT) adalah jenis latihan yang berganti-ganti dari aktivitas fisik yang intens ke latihan yang kurang intens. Anda tidak boleh melakukannya setiap hari, tetapi latihan ini sangat efektif untuk menurunkan berat badan.

Anda akan membakar lebih banyak kalori dengan HIIT daripada dengan kardio yang stabil. Latihan yang intens membuat tubuh Anda tetap bekerja dan dalam mode pembakaran lemak hingga 24 jam setelah latihan Anda berakhir.

4. Bersepeda

Bersepeda adalah cara hebat lainnya untuk menurunkan berat badan, dan merupakan olahraga berdampak rendah dan mudah beradaptasi. Anda dapat membakar sekitar 400-750 kalori per jam dengan bersepeda, tergantung pada berat badan Anda, seberapa cepat Anda melaju, dan jenis bersepeda yang Anda lakukan.

5. Renang

Sulit untuk termotivasi untuk berolahraga jika lutut Anda pegal atau punggung Anda sakit. Salah satu opsi terbaik adalah dengan berenang. Jika Anda berenang selama setengah jam beberapa kali seminggu, Anda akan menurunkan risiko penyakit jantung, stroke, diabetes tipe 2, dan beberapa jenis kanker. Ini juga akan menurunkan kolesterol jahat dan tekanan darah Anda.

6. Joging

Jogging adalah latihan aerobik yang menggunakan oksigen. Olahraga ini dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Joging yang baik juga dapat meningkatkan tingkat metabolisme Anda hingga 24 jam.

7. Menaiki Tangga

Olahraga lain yang berbiaya rendah dan serbaguna untuk menurunkan berat badan adalah memanjat tangga. Meskipun Anda bisa menggunakan mesin, yang Anda perlukan untuk latihan ini hanyalah tangga yang dapat diandalkan.

Menaiki dua anak tangga setiap hari dapat menyebabkan penurunan berat badan sebanyak 6 pon dalam setahun. Ini juga dapat menambah jumlah kolesterol baik dalam darah Anda dan membantu menjaga kesehatan sendi, otot, dan tulang Anda.

8. Lintas alam

Jika Anda mencari cara yang lebih berani untuk menurunkan berat badan, hiking mungkin merupakan pilihan yang tepat untuk Anda. Biasanya melibatkan berjalan di alam dan menghindari rintangan di sekitar Anda, seperti akar pohon dan bebatuan.

Mendaki gunung bisa menyebabkan penurunan berat badan, apalagi jika Anda melakukannya secara rutin.

 

 

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi06 Juli 2024, 21:03 WIB

Pawai Obor dan Tablig Akbar, Gebyar Tahun Baru Islam 1446 H di Desa Rambay Sukabumi

Warga dari enam kedusunan di Desa Rambay, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi, memperingati 1 Muharam 1446 H
Gebyar 1 Muharam 1446 H di Desa Rambay Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Film06 Juli 2024, 21:00 WIB

Jimin dan Jungkook BTS akan Membintangi Acara Perjalanan Are You Sure

Dua member BTS yaitu Jimin dan Jungkook mengejutkan penggemar dengan merilis sebuah acara perjalanan bernama Are You Sure?!, yang akan tayang di Disney+ pada 8 Agustus 2024 mendatang.
Keliling Dunia, Jimin dan Jungkook BTS akan Membintangi Acara Perjalanan Are You Sure (Sumber : Instagram @/disneyplushotstarid)
Sukabumi06 Juli 2024, 20:53 WIB

Ribuan Warga Pawai Obor Rayakan Tahun Baru Islam 1446 H di Sagaranten Sukabumi

alam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 H, berbagai lapisan masyarakat dari 12 desa di Kecamatan Sagaranten, Kabupaten Sukabumi
Pawai obor meriahkan malam tahun baru Islam 1446 H di Sagaranten Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi Memilih06 Juli 2024, 20:29 WIB

Pelaku UMKM dan Pengusaha Jasa Konstruksi Sukabumi Dukung Iyos Somantri di Pilkada

Puluhan pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) serta pengusaha jasa di Kabupaten Sukabumi menyatakan dukungannya kepada Iyos Somantri sebagai bakal calon Bupati Sukabumi.
Pengusaha dukung Iyos Somantri di Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024 | Foto : Istimewa
Film06 Juli 2024, 20:00 WIB

5 Rekomendasi Anime Sci-Fi yang Seru dan Layak Ditonton Kembali

Anime Sci-Fi, atau singkatan dari Science Fiction, adalah genre anime yang mengangkat cerita-cerita fiksi ilmiah dengan berbagai macam tema dan subgenre.
Gintama -  Anime Sci-Fi, atau singkatan dari Science Fiction, adalah genre anime yang mengangkat cerita-cerita fiksi ilmiah dengan berbagai macam tema dan subgenre. (Sumber : crunchyroll.com).
Sukabumi Memilih06 Juli 2024, 19:26 WIB

Muraz-Andri Deklarasi Awal Agustus 2024, Koalisi Demokrat Golkar di Pilkada Kota Sukabumi

Pasangan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi, Mohamad Muraz dan Andri Setiawan Hamami, dikabarkan akan mengadakan deklarasi pasangan calon pada awal Agustus 2024
Pasangan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi, Mohamad Muraz dan Andri Setiawan Hamami | Foto : Istimewa
Entertainment06 Juli 2024, 19:00 WIB

Ada D.O EXO, Daftar Idol Kpop dan Aktor Korea yang Ke Indonesia Bulan Juli

Memasuki bulan Juli tentu saja disambut dengan sederet konser dan fanmeeting dari Idol Kpop maupun aktor atau aktris ternama dari Korea Selatan. Promotor Indonesia telah mengumumkan siapa saja yang akan datang kemari di bulan ini
Ada D.O EXO, Daftar Idol Kpop dan Aktor Korea yang Ke Indonesia Bulan Juli (Sumber : Instagram@/bohyunahn, @/d.o.hkyungsoo,@/xodiacofficial)
Sukabumi06 Juli 2024, 18:19 WIB

Goa Gelam Cidolog Sukabumi, Wisata Alam Bebatuan Unik yang Sarat Cerita

Goa Gelam, terletak di Kampung Cimapag, Desa Cikarang, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Sukabumi, menawarkan keindahan dan keunikan bebatuan alam yang tak biasa
Goa Gelam, terletak di Kampung Karangbentang, Desa Cikarang, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Life06 Juli 2024, 18:00 WIB

Doa Akhir dan Awal Tahun Baru Islam 1446 H, Jangan Lupa Baca!

Doa akhir dan awal tahun baru Islam ini dapat diamalkan dengan tujuan memohon rahmat, perlindungan dan ampunan dari Allah SWT.
Doa akhir dan awal tahun baru Islam ini dapat diamalkan dengan tujuan memohon rahmat, perlindungan dan ampunan dari Allah SWT. | Foto : Pixabay
Musik06 Juli 2024, 17:00 WIB

Lirik Terjemahan Lagu La La La Thats How It Goes Honne, Viral Jadi Backsound

Lagu La La La Thats How It Goes viral di TikTok terutama potongan lirik "La la la, la la la la la, Ooh, ooh, That's how it goes" yang dijadikan backsound video di aplikasi media sosial Instagram.
Ilustrasi. Gitar | Chord Gitar Before You Go Lewis Capaldi, Cover Lagu Galau Malam Minggu (Sumber : pixabay.com/@pvproductions)