5 Cara Menjaga Kesehatan Mental Anak Perempuan yang Perlu Dipahami Orang Tua

Senin 01 Juli 2024, 12:15 WIB
Ilustrasi cara menjaga kesehatan mental anak perempuan (Sumber : Pexels.com/@Ketut Subiyanto)

Ilustrasi cara menjaga kesehatan mental anak perempuan (Sumber : Pexels.com/@Ketut Subiyanto)

SUKABUMIUPDATE.com - Kesehatan mental sangat penting untuk dijaga demi menyehatkan secara keseluruhan pada diri seseorang, tanpa memandang usia ataupun jenis kelamin.

Selain itu, gejala kesehatan mental dapat mempengaruhi komunitas atau keluarga mana pun dan tidak boleh didefinisikan hanya dalam satu cara.

Maka tak ayal, banyak perempuan dewasa dan anak perempuan muda menghadapi berbagai kondisi kesehatan mental, termasuk depresi, kecemasan, gangguan penyesuaian, gangguan makan, dan perilaku adiktif.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, satu dari lima anak yang berusia sekitar 6–17 tahun mengalami gangguan mental setiap tahunnya.

Untuk itu, berikut beberapa hal yang perlu diingat ketika mempertimbangkan untuk menjaga kesehatan mental seorang anak perempuan melansir dari laman mayoclinichealthsystem :

Baca Juga: 6 Ciri Pasangan yang Gak Bahagia Hidup Bersama dan Ingin Berpisah, Ini Tandanya

1. Ajarkan Emosi

Orang tua harus mulai memperhatikan kesejahteraan mental anak sejak lahir pertama kali ke dunia. Maka dari itu, ajari anak-anak tentang emosi, apa yang dapat dia lakukan ketika memiliki perasaan yang besar dan contohkan perilaku positif.

Misalnya, orang tua dapat mengatakan kepada anak-anak : "Saya kesal hari ini karena mengalami hari yang berat di tempat kerja. Ayo kita membaca buku bersama karena itu akan membantu perasaan terasa lebih baik."

Dalam hal ini, orang tua mengungkapkan apa yang dirasakan, alasan merasa seperti itu, dan menunjukkan cara positif untuk menangani perasaannya.

2. Membantu Dalam Pengambilan Keputusan

Kesehatan mental dapat mempengaruhi kemampuan seseorang dalam mengambil keputusan. Saat seseorang merasa cemas, kewalahan, marah, atau sedih, maka akan sulit untuk memecahkan masalah atau mengetahui apa yang harus dilakukan agar merasa lebih baik. Itulah mengapa penting memiliki rencana umum sebelum perasaan besar itu muncul.

Untuk menyusun rencana umum, mulailah dengan menyadari emosi dan mengetahui bahwa semuanya baik-baik saja.

Emosi yang mudah, seperti senang dan gembira, bersama dengan emosi yang sulit, seperti sedih, marah, atau gugup, semuanya penting. Kita tidak akan menjadi manusia jika tidak memiliki berbagai emosi.

Penting juga untuk memiliki rencana tentang cara mengatasi emosi saat muncul. Ini bisa berupa berbicara dengan teman atau orang dewasa yang terpercaya, mendengarkan musik, atau melakukan aktivitas fisik seperti berlari atau berjalan kaki.

Baca Juga: Jalan Kaki dan Jogging, Mana yang Lebih Baik Untuk Menurunkan Berat Badan?

3. Waspadai Gejalanya

Meskipun penyakit mental tidak dapat dicegah dengan satu cara, akan tetapi langkah pertama yang bermanfaat adalah dengan menyadari, dan memperhatikan emosi, pikiran, serta perilaku.

Terkadang gejala seperti depresi dan kecemasan dapat terwujud dalam gejala fisik, seperti sakit kepala, ketegangan otot, atau perubahan kebiasaan tidur atau makan. Ini bisa jadi karena terlalu banyak atau terlalu sedikit tidur serta makan.

Gejala lainnya dapat berupa penarikan diri dari teman dan aktivitas, rasa lelah yang parah atau energi yang rendah, mudah tersinggung, perubahan suasana hati yang ekstrem, ketakutan atau kekhawatiran yang berlebihan.

4. Carilah Bantuan Profesional

Sebagian besar penyakit mental tidak membaik dengan sendirinya, dan jika tidak diobati, penyakit tersebut dapat memburuk seiring berjalannya waktu dan menyebabkan masalah serius.

Selain perawatan kesehatan mental, anak-anak harus menerima pemeriksaan kesehatan rutin dengan penyedia perawatan primer mereka untuk menyingkirkan masalah kesehatan mendasar yang dapat memicu gejala.

Baca Juga: 12 Olahraga yang Efektif Membakar Lemak Untuk Menurunkan Berat Badan

5. Jaga Diri Sendiri

Terakhir, jaga diri sendiri seperti tidur yang cukup, makan makanan sehat dan temukan cara untuk aktif secara fisik. Selain itu, dorong anak perempuan agar mau melakukan hal yang sama juga.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Life03 Juli 2024, 10:45 WIB

9 Tips Mengurangi Stres dan Kecemasan Pada Anak Saat Liburan Sekolah

Liburan sekolah merupakan waktu yang sangat ditunggu-tunggu oleh semua pelajar. Meski menyenangkan, ternyata liburan dapat membuat anak stres lho bunda!
Ilustrasi tips mengurangi stres dan kecemasan anak saat liburan sekolah (Sumber : Pexels.com/@Ketut Subiyanto)
Sehat03 Juli 2024, 10:30 WIB

Waspada 3 Masalah Pernapasan Akibat Obesitas, Bisa Mengalami Asma!

Penyakit akibat obesitas bisa sangat serius dan mempengaruhi berbagai sistem dalam tubuh, salah satunya masalah pernapasan.
Ilustrasi. Waspada Masalah Pernapasan Akibat Obesitas, Bisa Mengalami Asma! (Sumber : Freepik/@jcomp)
Science03 Juli 2024, 10:26 WIB

Pertanian Berbasis Presisi: Memacu Efisiensi dan Produktivitas dengan Teknologi Modern

Yield monitoring dan yield mapping adalah bagian dari pertanian presisi yang memberikan informasi penting untuk manajemen lahan.
Ilustrasi pertanian modern (Sumber: freepik)
Life03 Juli 2024, 10:15 WIB

7 Penyebab Stunting pada Anak yang Perlu Diketahui Orang Tua

Penyebab stunting kompleks dan melibatkan faktor-faktor mulai dari gizi yang kurang hingga masalah sanitasi.
Ilustrasi Penyebab Stunting pada Anak (Sumber : Pixabay.com/@zoliow111)
Sukabumi03 Juli 2024, 10:00 WIB

Pria Asal Cidahu Dilarikan ke RS, Tertabrak Truk di Parungkuda Sukabumi

Korban mengalami patah tulang pergelangan kaki kiri dan luka benjolan pada kepala.
Polisi di lokasi Dayat tertabrak Mitsubishi truk tronton di Jalan Nasional Sukabumi-Bogor, tepatnya di Kampung Pangadegan, Desa Sundawenang, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Life03 Juli 2024, 10:00 WIB

10 Karakter Penting yang Harus Dimiliki Anak Usia Dini, Bunda Mesti Tahu!

Memupuk 10 karakter penting ini pada anak usia dini akan memberikan mereka fondasi yang kuat untuk menjadi individu yang sukses dan bahagia di masa depan.
Ilustrasi - Memupuk 10 karakter penting ini pada anak usia dini akan memberikan mereka fondasi yang kuat untuk menjadi individu yang sukses dan bahagia di masa depan. (Sumber : Pexels.com/@Alexgreen)
Aplikasi03 Juli 2024, 09:45 WIB

6 Langkah Mengubah Video YouTube ke Teks, Creator Wajib Tahu

Anthiago hadir sebagai solusi praktis untuk mengatasi tantangan ini, dengan menyediakan alat yang memungkinkan Anda mengonversi video YouTube menjadi teks dengan cepat dan efisien.
Ilustrasi Langkah Mengubah Video YouTube ke Teks (Sumber : Pixabay.com/@lkw11)
Keuangan03 Juli 2024, 09:38 WIB

Rp 420 Miliar Serap 8.279 Tenaga Kerja, Investasi di Kota Sukabumi Triwulan I 2024

Perusahaan yang paling banyak menanamkan investasi adalah sektor perdagangan.
(Foto Ilustrasi) Laju pertumbuhan investasi di Kota Sukabumi pada triwulan I 2024 meningkat sekitar 20 persen. | Foto: Pexels/Mikhail Nilov
Life03 Juli 2024, 09:30 WIB

10 Kebiasaan Cerdas Orang Sukses yang Harus Ditiru dan Tips Memulainya

Menetapkan tujuan yang spesifik, terukur, dapat dicapai, relevan, dan berbatas waktu (SMART) membantu fokus dan memantau kemajuan tentang bagaimana mencapai kesuksesan.
Ilustrasi. Koneksi. Kebiasaan Cerdas Orang Sukses yang Harus Ditiru dan Tips Memulainya (Sumber : Freepik/@tirachardz)
Inspirasi03 Juli 2024, 09:15 WIB

Penerimaan Pegawai Tetap Bidang Purchasing, Jobseeker Lulusan S1 Yuk Daftar!

Berikut Informasi Penerimaan Pegawai Tetap Bidang Purchasing, Jobseeker Lulusan S1 Yuk Daftar Sekarang!
Ilustrasi. Penerimaan Pegawai Tetap Bidang Purchasing, Jobseeker Lulusan S1 Yuk Daftar!(Sumber : Freepik/@freepik)