7 Tips Makan Malam Untuk Mencegah Penyakit Jantung dan Stroke

Kamis 27 Juni 2024, 19:45 WIB
Ilustrasi Beberapa tips makan malam dapat mencegah penyakit jantung dan stroke (Sumber : Freepik.com)

Ilustrasi Beberapa tips makan malam dapat mencegah penyakit jantung dan stroke (Sumber : Freepik.com)

SUKABUMIUPDATE.com - Salah satu yang dapat mempengaruhi kesehatan jantung adalah pola makan. Untuk itu, perlu memperhatikan bagaimana makan yang baik agar terhindar dari penyakit jantung dan stroke.

Terutama pada makan malam, sebab setelah makan malam biasanya tubuh akan berdiam diri karena waktunya istirahat. Sehingga jika pada waktu makan tidak memperhatikan apa yang ada di atas piring, bisa berujung penyakit jantung dan stroke.

Mengutip dari laman The Health Site, salah satu penyebab utama penyakit jantung atau penyumbatan jantung adalah penumpukan plak yang tidak biasa di sepanjang dinding arteri. Plak ini terdiri dari kolesterol , lemak, kalsium, dan zat lain dalam darah.

Baca Juga: Kadar Gula Darah Terkendali, 4 Makanan Manis yang Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes

Seiring waktu, penyakit ini mengeras dan mempersempit arteri, sehingga membatasi aliran darah ke organ vital seperti jantung dan otak. Jika tidak diobati, penyumbatan arteri dapat menyebabkan serangan jantung , stroke, atau penyakit arteri perifer.

Pada laman yang sama, dibagikan beberapa tips untuk makan malam agar bisa mencegah penyakit jantung dan stroke, terutama bagi mereka yang sudah memiliki riwayat penyakit terkait jantung.

7 Tips Makan Malam Untuk Mencegah Penyakit Jantung dan Stroke

1. Lemak Sehat Jantung

Tips diet pertama yang harus diikuti saat makan malam adalah menambahkan lemak ramah jantung seperti minyak zaitun, alpukat, dan kacang-kacangan ke dalam piring Anda.

Makanan ini diketahui dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh dan mengurangi peradangan arteri. Lemak ini sangat penting untuk kesehatan jantung dan membantu mencegah penyumbatan arteri.

2. Protein Rendah Lemak dalam Diet

Selalu pilih protein tanpa lemak seperti ikan, ayam tanpa kulit, dan kacang-kacangan daripada daging merah untuk menurunkan kolesterol dan mendukung kesehatan jantung. Makanan ini kaya akan omega-3 yang berperan penting dalam mengatasi masalah jantung tersumbat secara alami.

3. Memiliki Lebih Banyak Serat

Makanan kaya serat seperti biji-bijian, buah-buahan, dan sayuran adalah pilihan makan malam yang baik untuk menjaga kesehatan jantung, terutama arteri yang tersumbat. mereka menurunkan kolesterol dan mengatur gula darah.

Baca Juga: 8 Makanan Lebaran yang Sebaiknya Tidak Dimakan Penderita Gula Darah Tinggi

4. Kurangi Asupan Garam

Mengonsumsi lebih sedikit garam saat makan malam dapat membantu mengatur tekanan darah dan mencegah pengerasan arteri. Gunakan herba, rempah-rempah, dan bumbu lainnya sebagai gantinya. Mengurangi natrium akan melindungi jantung dan arteri.

5. Tetap Terhidrasi

Minum air yang cukup tidak hanya penting untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut. Ini juga memainkan peran besar dalam mengelola jantung dan kadar kolesterol. Anda harus menghindari minuman manis dan memilih air atau teh herbal agar tetap terhidrasi dan mendukung kesehatan jantung.

6. Makan dengan Penuh Perhatian

Makan dengan penuh perhatian saat makan malam membantu memperlambat kecepatan, menikmati makanan, dan menghindari makan berlebihan. Kunyah dengan baik, hindari gangguan seperti layar, dan dengarkan sinyal rasa lapar untuk membantu pencernaan dan mencegah ketegangan jantung.

7. Seimbangkan Makanan

Merencanakan makanan seimbang dengan beragam nutrisi adalah kunci kesehatan jantung dan arteri yang bersih. Sertakan variasi: protein tanpa lemak, lemak sehat, biji-bijian, serta buah-buahan dan sayuran berwarna dalam makan malam untuk memberikan apa yang dibutuhkan jantung.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat30 Juni 2024, 10:00 WIB

Mengenal Apa Itu Clean Eeating dalam Pola Makan Sehat, Sudah Tahu?

Istilah Clean Eeating dan diet bersih menjadi interpretasi oleh konsumen sekaligus pemasaran produk "bersih" oleh industri makanan yang dapat sangat bervariasi.
Ilustrasi. Clean Eating (Sumber : Pexels/ShameelMukkath)
Nasional30 Juni 2024, 09:58 WIB

Pusat Data Nasional Diretas, PUI Sebut Malapetaka yang Mengancam Integritas Bangsa

Peretasan Pusat Data Nasional ini tidak hanya merugikan PUI sebagai salah satu korban, tetapi juga mengancam integritas dan keamanan data seluruh bangsa.
Ilustrasi. PUI menyoroti peretasan Pusat Data Nasional (PDN). (Sumber : Facebook)
Sukabumi30 Juni 2024, 09:28 WIB

Pernah Makan Korban, Jembatan Rusak di Cireunghas Sukabumi Dikeluhkan Warga

Jembatan rusak di Cireunghas Sukabumi ini dikeluhkan warga karena kondisinya memprihatinkan dan pernah makan korban.
Kondisi jembatan dengan lebar sekitar 60 centimeter serta panjang 15 meter di Kampung Bandang, Rt 12/04, Desa Tegal Panjang, Kecamatan Cireunghas, Kabupaten Sukabumi. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Life30 Juni 2024, 09:00 WIB

9 Sikap Agar Kamu Bisa Berdamai dengan Masa Lalu dan Hidup Bahagia

Semoga tips-tips ini dapat membantu kamu berdamai dengan masa lalu dan menjalani hidup yang lebih bahagia!
Ilustrasi - Semoga tips-tips ini dapat membantu kamu berdamai dengan masa lalu dan menjalani hidup yang lebih bahagia! (Sumber : Freepik.com/@cookie_studio)
Life30 Juni 2024, 08:00 WIB

Public Speaking untuk Pemula Tak Hanya Materi Presentasi, Cek 10 Tips Ini!

Dengan mengikuti tips-tips ini dan terus berlatih, Anda akan semakin percaya diri dan mahir dalam public speaking.
Ilustrasi. Tips Public Speaking untuk Pemula (Sumber : Freepik/wavebreakmedia_micro)
Food & Travel30 Juni 2024, 07:00 WIB

Resep Sandwich Salad Telur Sehat dari Ahli Diet, Bikinnya Cuma 20 Menit!

Sehat! Resep Sandwich Salad Telur ini sudah diulas langsung oleh Ahli Diet Emily Lachtrupp!
Ilustrasi. Resep Sandwich Salad Telur Sehat (Sumber : Pexels/SuzyHazelwood)
Science30 Juni 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 30 Juni 2024, Cek Dulu Yuk Langit Sebelum Keluar Rumah

Prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat 30 Juni 2024 dimana cuaca berawan berpotensi terjadi di berbagai wilayah termasuk Sukabumi dan sekitarnya.
Ilustrasi - Prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat 30 Juni 2024 dimana cuaca berawan berpotensi terjadi di berbagai wilayah termasuk Sukabumi dan sekitarnya. (Sumber : pexels.com/Gabriela Palai)
Sukabumi29 Juni 2024, 23:28 WIB

Warga Dengar Ledakan, Tiang Listrik Ambruk di Cemerlang Sempat Bikin Padam Sukabumi

Ketika peristiwa terjadi, terdengar suara ledakan dibarengi cahaya seperti kilat.
Tiang listrik yang ambruk di Jalan Cemerlang, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi, Sabtu malam (29/6/2024). | Foto: SU/Asep Awaludin
Sukabumi29 Juni 2024, 23:04 WIB

Longsor Masih Tutup Jalan di Jampangtengah Sukabumi, Ruko Ikut Tertimbun

Longsor ini sepanjang 2 hingga 8 meter, lebar 2 sampai 4 meter, dan tinggi 3 meter.
Ruko yang tertimbun longsor di Kampung Nagrog, Desa Bantaragung, Kecamatan Jampangengah, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (29/6/2024) . | Foto: Istimewa
Life29 Juni 2024, 22:30 WIB

Memberi Tanpa Mengharap, 5 Ciri Wanita yang Benar-Benar Tulus Menurut Psikologi

Wanita yang benar-benar tulus akan menunjukkan sikap dan perilaku ini dalam kehidupan sehari-hari.
Ilustrasi - Wanita yang benar-benar tulus dapat dikenali dari ciri-cirinya. (Sumber : Pexels.com/@Mental Health America)