11 Keterampilan Hidup Dasar yang Harus Orang Tua Ajarkan Pada Anak Sejak Dini

Kamis 27 Juni 2024, 17:15 WIB
Ilustrasi kecakapan hidup yang harus orang tua ajarkan kepada anak salah satunya menjaga kebersihan gigi (Sumber : Pexels.com/@RDNE Stock project)

Ilustrasi kecakapan hidup yang harus orang tua ajarkan kepada anak salah satunya menjaga kebersihan gigi (Sumber : Pexels.com/@RDNE Stock project)

SUKABUMIUPDATE.com - Keterampilan atau kecakapan hidup adalah pelajaran berharga yang akan digunakan anak-anak sepanjang hidup mereka. Hal ini mencakup keterampilan mengambil keputusan, keterampilan memecahkan masalah, kebersihan pribadi, persiapan makan, dan keterampilan komunikasi.

Namun, banyak anak tidak mempelajari pelajaran ini dan bagaimana menangani situasi dunia nyata sampai mereka duduk di bangku sekolah menengah atas.

Maka dari itu, jangan menunggu sampai anak-anak beranjak remaja untuk mengajari mereka keterampilan hidup.

Orang tua bisa mencobanya dengan mulai mengajarkan anak-anak pelajaran praktis. Seperti dengan pengambilan keputusan dan kemudian kembangkan setiap pelajaran kecakapan hidup seiring pertumbuhan anak-anak.

Dilansir dari laman verywell family, berikut beberapa kecakapan atau keterampilan hidup yang perlu diajarkan kepada anak-anak, diantaranya yaitu:

Baca Juga: Kadar Gula Darah Terkendali, 4 Makanan Manis yang Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes

1. Keterampilan Pengambilan Keputusan

Membuat keputusan baik merupakan salah satu keterampilan hidup yang harus dipelajari setiap anak sejak usia muda.

Untuk itu, mulailah dengan pilihan dasar seperti es krim coklat versus es krim vanila, kaus kaki biru atau kaus kaki putih, bermain kereta api atau bermain mobil.

Ketika anak-anak telah mencapai usia sekolah dasar, mereka bisa mulai belajar tentang manfaat dari keputusan yang baik dan konsekuensi dari keputusan yang buruk.

2. Kesehatan dan Kebersihan

Dalam kesibukan sehari-hari, kita selalu menyuruh anak-anak untuk mandi, menggosok gigi, mencuci tangan, dan mengganti pakaian dalam. Namun, kita tidak pernah memberi tahu mereka alasannya.

Maka dari itu, jelaskan mengapa kesehatan dan kebersihan akan selalu menjadi bagian penting dari rutinitas mereka.

3. Manajemen Waktu

Mengajari anak kecil cara mengukur waktu, mengerjakan tugas, dan menepati jadwal akan membantu membuat hari-hari menjadi lebih mudah.

Mempelajari kecakapan hidup ini juga membantu mereka menjadi ahli waktu, sehingga dapat melakukan segala hal mulai dari bangun tepat waktu hingga suatu hari nanti bisa berangkat kerja tepat waktu.

4. Persiapan Makan

Ketika anak-anak menjadi lebih percaya diri di dapur, mereka dapat menambahkan keterampilan hidup tentang bagaimana persiapan makan lainnya seperti belajar menyiapkan bekal makan siang sendiri, membuat pilihan makanan sehat, memasak makanan sederhana di atas kompor dengan pengawasan orang dewasa, dan merencanakan makanan mereka sendiri.​

5. Manajemen Keuangan

Pengelolaan uang merupakan masalah yang dihadapi banyak orang dewasa. Sehingga, dengan mengajari anak-anak tentang uang, pentingnya uang, dan cara mengelolanya akan membantu mempersiapkan mereka menghadapi hari ketika mulai mendapatkan gaji sendiri dimasa depan.

Baca Juga: 7 Cara Mengendalikan Gula Darah Dengan Diet Diabetes, Ini Saran Ahli Gizi!

6. Menjaga Kebersihan Rumah

Terkadang lebih mudah bagi orang tua untuk melakukan semua urusan rumah tangga sendiri. Namun ini adalah kesempatan yang terlewatkan untuk mengajari anak-anak bagaimana cara menjaga kebersihan rumah, yang pada akhirnya perlu mereka ketahui saat meninggalkan rumah dan memiliki ruang sendiri untuk diurus.

Mulailah dengan tugas-tugas sesuai usia yang mencakup mempelajari cara merapikan tempat tidur, mengosongkan mesin pencuci piring, dan membersihkan perabotan.

7. Mengurus Pakaian

Mengajari anak-anak cara mencuci, melipat, dan menyimpan cucian adalah keterampilan hidup yang akan membantu mereka, dan tentu saja hal itu juga akan membantu setiap orang tua.

Balita bisa belajar banyak dengan membantu mencuci pakaian, seperti menyortir pakaian berdasarkan warna dan memahami tekstur.

8. Perbandingan Belanja

Sebagai orang dewasa, kita semua memahami nilai uang dan pentingnya perbandingan belanja. Namun, tanpa disadari kita sering mengabaikan keterampilan hidup berharga ini, padahal harus diajarkan kepada anak-anak.

Mungkin yang ada di toko tempat Anda berada adalah paling murah dan produk unggulannya. Namun mengajari anak-anak untuk menjadi pembeli cerdas dan meluangkan waktu dalam membandingkan toko akan membantu anak-anak menghemat uang kemanapun pergi sekaligus membuat keputusan cerdas mengenai produk yang akan dipilih.

9. Memesan di Restoran

Sebagai orang tua, kita cenderung memesan makanan untuk anak-anak di restoran hanya untuk mempermudah server. Namun, membiarkan anak-anak memesan sendiri adalah hal yang menyenangkan bagi mereka dan membangun harga diri serta kepercayaan diri.

10. Berpakaian dan Bersiap

Anak-anak dapat belajar bagaimana bersiap-siap sendiri sejak usia dini. Biarkan mereka memilih pakaian yang akan dikenakan keesokan harinya sebelum tidur.

Pilih jam alarm yang mudah diatur. Letakkan sikat rambut dan sikat gigi mereka. Gunakan visual untuk mengilustrasikan keseluruhan proses.

Baca Juga: 8 Makanan Lebaran yang Sebaiknya Tidak Dimakan Penderita Gula Darah Tinggi

11. Pemeliharaan di Sekitar Rumah

Tugas sederhana ini termasuk menunjukkan kepada mereka cara mengganti gulungan tisu toilet atau mengantongi sampah.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi Memilih02 Juli 2024, 21:51 WIB

Rayu PKS Gabung Koalisi Sulanjana, Fikri Bertemu Sodikin Untuk Pilkada Sukabumi

Tokoh muda yang siap menjadi Bakal calon (Bacalon) Wakil Bupati Sukabumi, Fikri Abdul Aziz  bertemu dengan Ketua DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Sukabumi, M Sodikin.
Bakal Calon Wakil Bupati, Fikri Abdul Aziz dan M. Sodikin saat bertemu membahas Pilkada Sukabumi 2024 | Foto : Sukabumi Update
Sukabumi02 Juli 2024, 21:11 WIB

Bupati Sukabumi Akan Serahkan Raperda LPj APBD 2023 ke Gubernur untuk Evaluasi

Bupati Sukabumi, Marwan Hamami, mengumumkan bahwa Raperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2023 telah resmi disahkan menjadi Peraturan Daerah (Perda)
Marwan Hamami, Bupati Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Life02 Juli 2024, 21:00 WIB

10 Bahasa Tubuh Wanita yang Diam-diam Menyukaimu, Dia Memendam Rasa!

Bahasa tubuh adalah salah satu cara terbaik untuk memahami perasaan seseorang, dan wanita sering kali menunjukkan melalui tanda-tandanya.
Ilustrasi - Bahasa tubuh adalah salah satu cara terbaik untuk memahami perasaan seseorang, dan wanita sering kali menunjukkan melalui tanda-tandanya. (Sumber : Freepik.com).
Nasional02 Juli 2024, 20:41 WIB

Hacker Bakal Berikan Kunci Enkripsi Pusat Data Nasional yang Diretas

Kelompok hacker, Brain Chiper, yang diduga meretas Pusat Data Nasional (PDNS), membuat pengumuman yang mengejutkan publik. Hal itu diungkap akun perusahaan intelijen siber @stealthmole_int di X.
Brain Chiper, yang diduga peretas Pusat Data Nasional (PDNS), menyebutkan bahwa kunci untuk membuka akses enkripsi PDNS 2 akan diberikan pada Rabu, 3 Juli 2024 | Foto : Ilustrasi
DPRD Kab. Sukabumi02 Juli 2024, 20:06 WIB

Paripurna DPRD Kabupaten Sukabumi Tetapkan Laporan APBD 2023 Menjadi Perda

DPRD Kabupatem Sukabumi, menggelar Rapat Paripurna untuk menetapkan hasil laporan tentang pertanggungjawaban pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2023, menjadi peraturan daerah (Perda).
Rapat Pipurna DPRD Kabupaten Sukabumi tentang pertanggungjawaban pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2023 | Foto : Istimewa
Gadget02 Juli 2024, 20:00 WIB

3 Rekomendasi HP dengan RAM Besar Harga Mulai Rp3 Jutaan Saja!

HP dengan RAM besar memungkinkan Anda untuk menjalankan aplikasi-aplikasi produktivitas dengan lancar dan tanpa hambatan.
Ilustrasi - HP dengan RAM besar memungkinkan Anda untuk menjalankan aplikasi-aplikasi produktivitas dengan lancar dan tanpa hambatan. (Sumber : samsung.com/Mi.co.id).
Nasional02 Juli 2024, 19:05 WIB

Penjambret Beraksi Di Jakarta Ditangkap Di Sukabumi: Ini Kronologi dan Identitasnya

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Komisaris Besar Ade Ary Syam Indradi mengatakan pihaknya telah menangkap dua penjambret yang beraksi di arena Car Free Day Jalan Sudirman, Jakarta Pusat
Penjambret tertangkap kamera fotografer saat beraksi di car fre day di Sudirman Jakarta | Foto : @zakwanoe di X (Twitter)
Sehat02 Juli 2024, 19:00 WIB

Rebusan Daun Salam untuk Mengobati Asam Urat, Gula Darah dan Kolesterol

Rebusan daun salam dipercaya dapat membantu mengobati berbagai penyakit seperti asam urat, gula darah dan kolesterol.
Ilustrasi - Rebusan daun salam dipercaya dapat membantu mengobati berbagai penyakit seperti asam urat, gula darah dan kolesterol. (Sumber : YouTube/@Classic Bakes).
Sukabumi Memilih02 Juli 2024, 18:18 WIB

Bersaing di Pilbup Sukabumi, Asjap dan Iyos Kompak Hadiri Acara DPP Golkar: Ini Kata Relawan

Bakal calon bupati Sukabumi, Asep Japar dan Iyos Somantri kompak menghadiri acara DPP Partai Golkar, pada Minggu 30 Juni 2024, di Jakarta.
Asep Japar dan Iyos Somantri kompak hadiri acara DPP Partai Golkar | Foto : Istimewa
Life02 Juli 2024, 18:00 WIB

8 Doa-doa Pendek yang Pahalanya Bukan Main! Amalkan Setiap Hari

Doa pendek ini memiliki pahala luar biasa dan bukan main bagi siapapun yang mengamalkannya.
Ilustrasi - Doa pendek ini memiliki pahala luar biasa dan bukan main bagi siapapun yang mengamalkannya. (Sumber : pexels.com/@SERHAT TUĞ)