Pria yang Kesepian dalam Hubungan Akan Tunjukkan 5 Ciri-ciri Ini, Kamu Termasuk?

Rabu 26 Juni 2024, 19:45 WIB
Ilustrasi pria kesepian dalam sebuah hubungan (Sumber : Pexels.com/@KeeganHouser)

Ilustrasi pria kesepian dalam sebuah hubungan (Sumber : Pexels.com/@KeeganHouser)

SUKABUMIUPDATE.com - Ada kesenjangan besar antara merasa sendirian dan kesepian, khususnya dalam suatu hubungan.

Merasa sendirian juga bisa terjadi ketika Anda sedang bersama orang lain, bahkan ketika orang tersebut adalah pasangan. Kondisi ini merupakan sensasi halus dan menjalar yang sulit dijabarkan dan lebih sulit untuk dibicarakan.

Pria yang merasakan kesepian seperti ini dalam hubungan seringkali menunjukkan perilaku tertentu, namun mereka tidak menyadarinya.

Lantas, apa ciri-ciri pria sedang kesepian dalam hubungannya walau dengan pasangan sekalipun? Simak uraiannya, seperti dikutip dari laman idepod:

Baca Juga: 6 Kebiasaan Ini yang Meningkatkan Lonjakan Gula Darah, Bukan Hanya Makanan Manis!

1. Menjadi Pendiam

Dalam dunia hubungan, kesepian tidak selalu berarti sendirian. Hal ini dapat terwujud bahkan ketika Anda sedang bersama pasangan.

Salah satu tanda utama pria merasa kesepian dalam hubungannya adalah penarikan diri secara emosional atau semacam mekanisme pertahanan diri dalam upaya untuk melindungi diri dari tekanan emosional lebih lanjut.

Ironisnya, kebanyakan pria bahkan tidak menyadari bahwa mereka sedang melakukannya karena mungkin merasa hanya menyimpan sesuatu untuk diri sendiri atau tidak ingin membuat keributan.

2. Bekerja atau Menekuni Hobi secara Berlebihan

Kadang-kadang, ketika seorang pria mulai menghabiskan setiap waktu luang di kantor rumah, mengerjakan proyek yang bahkan tidak mendesak, itu hanyalah cara untuk melepaskan diri dari ketegangan dan kesepian yang membayangi di rumah.

Bahkan, menghabiskan waktu berjam-jam di garasi, mengerjakan proyek restorasi mobil. Perilaku ini belum tentu buruk, namun ketika hal itu menjadi jalan keluar dari masalah hubungan, itu tandanya ada yang tidak beres.

Baca Juga: Kadar Gula Darah Terkendali, 4 Makanan Manis yang Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes

3. Terlalu Peka terhadap Kritik

Pria yang menghadapi kesepian dalam hubungan mereka seringkali menunjukkan peningkatan kepekaan terhadap kritik. Kritik atau ketidaksepakatan sekecil apa pun dapat dianggap sebagai konflik besar atau serangan pribadi.

Penelitian menunjukkan bahwa kesepian sebenarnya bisa membuat kita lebih defensif, yang mana seolah-olah kesepian memicu semacam mode bertahan hidup, yaitu terus-menerus waspada terhadap potensi ancaman.

Sensitivitas yang meningkat ini seringkali dapat menyebabkan konflik yang tidak perlu dan semakin terisolasi dari pasangannya.

4. Kurangnya Minat terhadap Keintiman Fisik

Keintiman fisik adalah bagian penting dari setiap hubungan romantis karena ini adalah cara untuk mengekspresikan cinta, kasih sayang, dan membangun hubungan yang lebih dalam dengan pasangan.

Namun, pria yang merasa kesepian dalam hubungannya seringkali menunjukkan kurangnya minat pada keintiman fisik dengan pasangan.

Baca Juga: Simpel, Ini 5 Resep Menu Makan Pagi Ramah Asam Urat dan Cara Membuatnya

5. Kurangnya Komunikasi

Landasan hubungan apapun adalah komunikasi karena hal ini merupakan cara untuk memahami dan terhubung dengan pasangan. Namun ketika pria merasa kesepian dalam hubungan, mereka seringkali menunjukkan kurangnya komunikasi.

Mereka akan berhenti mengungkapkan perasaan, pikiran, atau kebutuhannya, karena takut akan konflik atau karena yakin bahwa hal itu tidak membawa perbedaan.

Jalan untuk mengatasi kesepian dalam suatu hubungan dimulai dengan memecah keheningan yang dimulai dengan melakukan percakapan terbuka dan jujur ​​tentang perasaan masing-masing.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Science29 September 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 29 September 2024, Siang Hari Sukabumi Potensi Turun Hujan

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca berawan dan beberapa diantaranya hujan ringan pada 29 September 2024.
Ilustrasi Hujan. Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca berawan dan beberapa diantaranya hujan ringan pada 29 September 2024. (Sumber : Pixabay)
Sukabumi28 September 2024, 23:45 WIB

Pagar Tembok Rusak Berat Tertimpa Pohon Tumbang di Cikembar Sukabumi

Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Cikembar, Sudarmat menjelaskan bahwa selain menutup jalan, pohon besar tersebut juga menghantam tembok Armed 13 hingga mengalami kerusakan berat.
Pagar tembok rusak berat tertimpa pohon tumbang di Cikembar Sukabumi | Foto : Istimewa
Food & Travel28 September 2024, 22:31 WIB

Cerita Pantai Amanda Ratu, Wisata Pantai Rasa Tanah Lot Bali di Ciracap Sukabumi

Pantai Amanda Ratu berada di kawasan perkebunan kelapa Citespong, yang dikelola PT. Asabaland. Di areal tersebut terdapat objek wisata dengan julukan sebagai pantai Sukabumi rasa tanah lot, Bali.
Pantai Amanda Ratu, Ciracap Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi28 September 2024, 21:03 WIB

Idap Ganguan Jiwa, Tarsum Pria Ciamis Mutilasi Istri Jalani Rehabilitasi di Sukabumi

Tarsum (51 tahun), pria asal Ciamis yang sempat menggegerkan publik karena membunuh dan memutilasi istrinya, Yanti (44 tahun), kini menjalani rehabilitasi di Sentra Phala Martha, Sukabumi.
Sentra Phala Marta Sukabumi tempat rehabilitasi sosial | Foto : Ibnu Sanubari
Film28 September 2024, 21:00 WIB

Sinopsis Film Sumala, Teror Menyeramkan yang Dialami Suami Istri dari Anaknya

Sumala adalah film bergenre horor yang telah tayang diseluruh bioskop Indonesia pada Kamis, 26 September 2024 dan akan menghadirkan nuansa mencekam kepada penonton.
Sinopsis Film Sumala, Teror Menyeramkan yang Dialami Suami Istri dari Anaknya (Sumber : Instagram/@lunamaya)
Sukabumi28 September 2024, 20:38 WIB

Hari Bakti Karang Taruna ke-64, Kadinsos Sukabumi Bicara Sinergi Pemberdayaan Masyarakat

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sukabumi, Wawan Godawan Saputra menghadiri peringatan Hari Bakti Karang Taruna ke-64, bertempat di Lapang Desa Margaluyu, Kecamatan Sagaranten, Sabtu (28/9/24).
Kepala Dinsos Wawan Gondawan Saputra  dan Ketua Karang Taruna Asep Aripin dalam cara Hari Bakti ke-64 tingkat Kabupaten Sukabumi | Foto : Istimewa
Musik28 September 2024, 20:00 WIB

Maliq & D’essentials akan Menggelar Tur Konser di Indonesia dan Malaysia

Grup musik Maliq & D’essentials akan menggelar tur bertajuk Can Machines Fall In Love? Album Tour di beberapa kota di Indonesia dan di Kuala Lumpur, Malaysia.
Maliq & D’essentials akan Menggelar Tur Konser di Indonesia dan Malaysia (Sumber : Instagram/@maliqmusic)
Film28 September 2024, 19:00 WIB

Buat Nonton Seharian, Daftar Drama dan Variety Show Korea Bulan September di Viu

September ini banyak sekali drama korea maupun variety show dari Korea Selatan yang menarik dan siap tayang di berbagai platform streaming, salah satunya adalah Viu.
Buat Nonton Seharian, Daftar Drama dan Variety Show Korea Bulan September di Viu (Sumber : Instagram/@tving.official)
Nasional28 September 2024, 18:48 WIB

Silaturahmi Kebangsaan Tokoh dan Aktivis di Jakarta Dibubarkan Kelompok Tak Dikenal

Sebuah diskusi dengan tema "Silaturahmi Kebangsaan Diaspora Bersama Tokoh dan Aktivis Nasional" di sebuah hotel kawasan Kemang, Jakarta Selatan, hari ini, Sabtu (28/9/2024), dibubarkan oleh sekelompok orang.
Diskusi tokoh dan aktivis di Jakarta dibubarkan oleh sekelompok orang tak dikenal | Foto : @msaid_didu
Sukabumi28 September 2024, 18:02 WIB

Pohon Tumbang di Cikembar, Lalu Lintas Cibadak-Palabuhanratu Sempat Terhambat

Hujan deras yang mengguyur wilayah Sukabumi sore ini mengakibatkan pohon tumbang di depan Armed 13 Kostrad Sukabumi, tepatnya di Kampung Kebon Jeruk RT 3/10, Desa Sukamulya, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi
Pohon tumbang di Cikembar saat di evakuasi oleh BPBD Kabupaten Sukabumi | Foto : Istimewa