6 Langkah Mudah Mengajari Anak Agar Memiliki Keterampilan Berpikir Kritis

Rabu 26 Juni 2024, 19:15 WIB
Ilustrasi langkah mudah mengajarkan keterampilan berpikir kritis pada anak (Sumber : Pexels.com/@Vanessa Loring)

Ilustrasi langkah mudah mengajarkan keterampilan berpikir kritis pada anak (Sumber : Pexels.com/@Vanessa Loring)

SUKABUMIUPDATE.com - Mengembangkan pola pikir kritis adalah salah satu keterampilan hidup terpenting yang dapat orang tua berikan kepada anak-anak. Faktanya, di dunia yang dipenuhi informasi saat ini, mereka membutuhkan keterampilan ini agar dapat berkembang dan bertahan hidup.

Keterampilan ini juga akan membantu mereka membuat keputusan yang lebih baik, membentuk hubungan yang sehat, dan menentukan apa yang mereka hargai dan yakini.

Selain itu, ketika mengajari anak-anak untuk mengkaji secara kritis dunia di sekitar, maka orang tua memberikan keuntungan yang akan bermanfaat selama bertahun-tahun secara akademis, profesional, dan hubungan. Pada akhirnya, mereka tidak hanya mampu berpikir sendiri, namun kelak akan menjadi orang dewasa yang lebih cakap.

Dilansir dari laman verywell family, berikut ini adalah beberapa cara yang dapat orang tua lakukan untuk mengajarkan anak-anak menjadi pemikir kritis :

Baca Juga: 6 Kebiasaan Ini yang Meningkatkan Lonjakan Gula Darah, Bukan Hanya Makanan Manis!

1. Jadilah Teladan yang Baik

Terkadang cara terbaik untuk mengajari anak-anak keterampilan hidup yang penting adalah dengan mencontohkannya dalam kehidupan orang tua sendiri. Bagaimanapun, anak akan cenderung selalu meniru perilaku yang mereka lihat pada orang tuanya.

Orang tua yang pemikir kritis, dapat mulai memberikan contoh pemikiran kritis sejak hari pertama dengan mengungkapkan keterampilan berpikir mereka secara verbal. Model berpikir kritis ini memungkinkan anak-anak mengamati proses berpikir orang tua dan model tersebut memungkinkan anak meniru apa yang diamati.

2. Bermain Dengan Mereka

Anak-anak terus-menerus belajar dengan mencoba-coba, dan bermain adalah aktivitas coba-coba yang hebat.

Faktanya, bermain secara teratur dengan anak pada usia yang sangat muda akan menjadi landasan bagi pemikiran kritis dan kedalaman keterampilan berpikir kritis mereka akan meningkat seiring dengan perkembangan.

Baca Juga: Kadar Gula Darah Terkendali, 4 Makanan Manis yang Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes

3. Ajari Mereka untuk Memecahkan Masalah

Salah satu cara mengajari anak berpikir kritis adalah dengan mengajari mereka cara memecahkan masalah. Misalnya, mintalah anak-anak untuk bertukar pikiran setidaknya dengan lima cara berbeda dalam memecahkan masalah tertentu.

4. Dorong Mereka untuk Mengajukan Pertanyaan

Meski kadang terasa melelahkan untuk menjawab rentetan pertanyaan yang terus-menerus, namun penting bagi orang tua mendorong anak-anak agar selalu mempertanyakan berbagai hal.

Mengajukan pertanyaan adalah dasar pemikiran kritis dan waktu yang Anda habiskan untuk menjawab pertanyaan anak atau menemukan jawabannya bersama-sama, yang pada akhirnya akan membuahkan hasil.

5. Berlatih Membuat Pilihan

Seperti semua hal dalam hidup, anak akan sering belajar melalui trial and error. Apalagi bagian dari belajar untuk mempunyai pemikiran kritis melibatkan pengambilan suatu keputusan.

Salah satu cara agar anak berpikir kritis dan membuat pilihan adalah dengan memberikan pendapat tentang bagaimana mereka ingin menghabiskan waktunya.

Baca Juga: Lonjakan Gula Darah di Malam Hari: 10 Makanan yang Harus Dihindari Sebelum Tidur

6. Mendorong Keterbukaan Pikiran

Meskipun mengajarkan keterbukaan pikiran terkadang merupakan konsep yang menantang untuk diajarkan kepada anak, akan tetapi hal ini sangat penting.

Bagian dari menjadi pemikir kritis adalah kemampuan untuk bersikap objektif dan mengevaluasi ide-ide tanpa bias.

Ajari anak-anak bahwa untuk melihat sesuatu dengan pikiran terbuka, mereka perlu mengesampingkan penilaian dan asumsi sendiri. Selain itu, ada beberapa konsep yang harus orang tua bicarakan agar dapat mendorong keterbukaan pikiran meliputi keberagaman, inklusivitas, dan keadilan.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Science29 September 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 29 September 2024, Siang Hari Sukabumi Potensi Turun Hujan

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca berawan dan beberapa diantaranya hujan ringan pada 29 September 2024.
Ilustrasi Hujan. Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca berawan dan beberapa diantaranya hujan ringan pada 29 September 2024. (Sumber : Pixabay)
Sukabumi28 September 2024, 23:45 WIB

Pagar Tembok Rusak Berat Tertimpa Pohon Tumbang di Cikembar Sukabumi

Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Cikembar, Sudarmat menjelaskan bahwa selain menutup jalan, pohon besar tersebut juga menghantam tembok Armed 13 hingga mengalami kerusakan berat.
Pagar tembok rusak berat tertimpa pohon tumbang di Cikembar Sukabumi | Foto : Istimewa
Food & Travel28 September 2024, 22:31 WIB

Cerita Pantai Amanda Ratu, Wisata Pantai Rasa Tanah Lot Bali di Ciracap Sukabumi

Pantai Amanda Ratu berada di kawasan perkebunan kelapa Citespong, yang dikelola PT. Asabaland. Di areal tersebut terdapat objek wisata dengan julukan sebagai pantai Sukabumi rasa tanah lot, Bali.
Pantai Amanda Ratu, Ciracap Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi28 September 2024, 21:03 WIB

Idap Ganguan Jiwa, Tarsum Pria Ciamis Mutilasi Istri Jalani Rehabilitasi di Sukabumi

Tarsum (51 tahun), pria asal Ciamis yang sempat menggegerkan publik karena membunuh dan memutilasi istrinya, Yanti (44 tahun), kini menjalani rehabilitasi di Sentra Phala Martha, Sukabumi.
Sentra Phala Marta Sukabumi tempat rehabilitasi sosial | Foto : Ibnu Sanubari
Film28 September 2024, 21:00 WIB

Sinopsis Film Sumala, Teror Menyeramkan yang Dialami Suami Istri dari Anaknya

Sumala adalah film bergenre horor yang telah tayang diseluruh bioskop Indonesia pada Kamis, 26 September 2024 dan akan menghadirkan nuansa mencekam kepada penonton.
Sinopsis Film Sumala, Teror Menyeramkan yang Dialami Suami Istri dari Anaknya (Sumber : Instagram/@lunamaya)
Sukabumi28 September 2024, 20:38 WIB

Hari Bakti Karang Taruna ke-64, Kadinsos Sukabumi Bicara Sinergi Pemberdayaan Masyarakat

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sukabumi, Wawan Godawan Saputra menghadiri peringatan Hari Bakti Karang Taruna ke-64, bertempat di Lapang Desa Margaluyu, Kecamatan Sagaranten, Sabtu (28/9/24).
Kepala Dinsos Wawan Gondawan Saputra  dan Ketua Karang Taruna Asep Aripin dalam cara Hari Bakti ke-64 tingkat Kabupaten Sukabumi | Foto : Istimewa
Musik28 September 2024, 20:00 WIB

Maliq & D’essentials akan Menggelar Tur Konser di Indonesia dan Malaysia

Grup musik Maliq & D’essentials akan menggelar tur bertajuk Can Machines Fall In Love? Album Tour di beberapa kota di Indonesia dan di Kuala Lumpur, Malaysia.
Maliq & D’essentials akan Menggelar Tur Konser di Indonesia dan Malaysia (Sumber : Instagram/@maliqmusic)
Film28 September 2024, 19:00 WIB

Buat Nonton Seharian, Daftar Drama dan Variety Show Korea Bulan September di Viu

September ini banyak sekali drama korea maupun variety show dari Korea Selatan yang menarik dan siap tayang di berbagai platform streaming, salah satunya adalah Viu.
Buat Nonton Seharian, Daftar Drama dan Variety Show Korea Bulan September di Viu (Sumber : Instagram/@tving.official)
Nasional28 September 2024, 18:48 WIB

Silaturahmi Kebangsaan Tokoh dan Aktivis di Jakarta Dibubarkan Kelompok Tak Dikenal

Sebuah diskusi dengan tema "Silaturahmi Kebangsaan Diaspora Bersama Tokoh dan Aktivis Nasional" di sebuah hotel kawasan Kemang, Jakarta Selatan, hari ini, Sabtu (28/9/2024), dibubarkan oleh sekelompok orang.
Diskusi tokoh dan aktivis di Jakarta dibubarkan oleh sekelompok orang tak dikenal | Foto : @msaid_didu
Sukabumi28 September 2024, 18:02 WIB

Pohon Tumbang di Cikembar, Lalu Lintas Cibadak-Palabuhanratu Sempat Terhambat

Hujan deras yang mengguyur wilayah Sukabumi sore ini mengakibatkan pohon tumbang di depan Armed 13 Kostrad Sukabumi, tepatnya di Kampung Kebon Jeruk RT 3/10, Desa Sukamulya, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi
Pohon tumbang di Cikembar saat di evakuasi oleh BPBD Kabupaten Sukabumi | Foto : Istimewa