Bikin Tercengang, Ternyata 5 Hal Sepele Ini Dapat Merusak Otak

Rabu 26 Juni 2024, 13:15 WIB
Ilustrasi Hal Sepele Ini Dapat Merusak Otak (Sumber : pixabay.com/@lou32)

Ilustrasi Hal Sepele Ini Dapat Merusak Otak (Sumber : pixabay.com/@lou32)

SUKABUMIUPDATE.com - Otak adalah organ kompleks yang berfungsi mengatur berbagai proses dalam tubuh, termasuk detak jantung, keseimbangan cairan, tekanan darah, keseimbangan hormon, fungsi kognitif, dan suhu tubuh.

Menjaga kesehatan otak sangat penting, karena kebiasaan buruk seperti kurang minum air putih dan pola makan yang tidak sehat dapat merusak fungsinya secara signifikan.

Otak juga merupakan pusat sistem saraf manusia. Maka dari itu, penting sekali dalam menjaga kesehatan otak. Sebagaimana mengutip dari situs Asuransi Sinarmas berikut adalah beberapa kebiasaan yang dapat merusak otak dan perlu dihindari:

Baca Juga: Lonjakan Gula Darah di Malam Hari: 10 Makanan yang Harus Dihindari Sebelum Tidur

1. Tidak Sarapan

Sarapan adalah makanan penting yang tidak boleh dilewatkan. Ketika kita melewatkan sarapan, kadar glukosa dalam darah bisa turun, yang berakibat negatif pada fungsi otak. Sarapan memberikan energi yang diperlukan untuk memulai aktivitas sehari-hari dengan baik.

2. Makan Berlebihan

Makan dalam jumlah berlebihan, terutama makanan berlemak, dapat menyebabkan penumpukan zat sisa lemak dalam tubuh. Kebiasaan ini bisa merusak otak secara perlahan. Makanlah dengan porsi yang seimbang dan hindari makanan berlemak tinggi untuk menjaga kesehatan otak.

3. Terlalu Banyak Tidur

Meski tidur adalah kebutuhan penting, terlalu banyak tidur juga bisa merugikan. Jika kita tidur terlalu lama, otak menjadi kurang aktif, yang dapat melemahkan daya pikir dan fungsi kognitif. Tidurlah dengan jumlah yang cukup, tidak kurang dan tidak berlebihan.

Baca Juga: Kadar Gula Darah Terkendali, 4 Makanan Manis yang Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes

4. Kurang Minum Air Putih

Minum air putih yang cukup sangat penting karena sebagian besar otak kita terdiri dari air. Karena kalau sampai kekurangan cairan bisa menyebabkan dehidrasi, sehingga berdampak buruk pada fungsi otak. Pastikan Anda cukup minum air putih sepanjang hari untuk menjaga otak tetap terhidrasi.

5. Konsumsi Gula Berlebihan

Mengkonsumsi gula dalam jumlah berlebihan dapat menghambat penyerapan protein dan nutrisi lain dalam tubuh, yang penting untuk perkembangan otak. Batasi asupan gula agar bisa menjaga otak tetap berfungsi optimal.

Kebiasaan-kebiasaan tersebut mungkin terlihat sepele, tetapi memiliki dampak besar pada kesehatan otak dan tubuh kita. Penting untuk mengatur pola makan dan kebiasaan sehari-hari agar tidak berlebihan atau kekurangan.

Misalnya, gunakan botol air berukuran 2 liter untuk memastikan Anda minum cukup air setiap hari. Alihkan waktu tidur yang berlebihan dengan aktivitas fisik seperti olahraga, yang juga baik untuk kesehatan otak. Konsumsi makanan yang kaya vitamin dan protein seperti buah-buahan dan sayuran.

Baca Juga: Simpel, Ini 5 Resep Menu Makan Pagi Ramah Asam Urat dan Cara Membuatnya

Dengan mengubah kebiasaan secara perlahan, Anda dapat menjaga kesehatan otak dan mencegah kerusakan jangka panjang. Tetaplah konsisten dan buat perubahan kecil yang berkelanjutan untuk pola hidup yang lebih sehat dan otak yang lebih kuat.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Life29 Juni 2024, 09:00 WIB

10 Sikap yang Harus Kamu Miliki Agar Tidak Diremehkan Orang Lain

Untuk memastikan agar tidak diremehkan oleh orang lain, penting untuk mengembangkan sikap yang kuat dan positif.
Ilustrasi - Untuk memastikan agar tidak diremehkan oleh orang lain, penting untuk mengembangkan sikap yang kuat dan positif. (Sumber : pexels.com/@Alexander Suhorucov)
Sukabumi29 Juni 2024, 08:08 WIB

7 Hal Tentang Nyi Roro Kidul, Penguasa Pantai Palabuhanratu Sukabumi

Nyi Roro Kidul adalah sosok legendaris yang sangat terkenal di Jawa Barat, terutama di wilayah Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi
Kamar 308 Nyi Roro Kidul di Palabuhanratu Sukabumi (Sumber : Instagram/@tijanatimebomb)
Life29 Juni 2024, 08:00 WIB

10 Dukungan Emosional yang Bisa Orang Tua Berikan Agar Anak Sukses di Masa Depan

Dengan memberikan dukungan emosional yang kuat, orang tua dapat membantu anak mengembangkan kepercayaan diri, kemandirian, keterampilan sosial, dan kemampuan mengatasi masalah yang diperlukan untuk meraih kesuksesan di masa depan.
Ilustrasi. Dukungan Emosional yang Bisa Orang Tua Berikan Agar Anak Sukses di Masa Depan (Sumber : Freepik/@tirachards)
Jawa Barat29 Juni 2024, 07:06 WIB

PDI Perjuangan Sukabumi Dukung Ono Surono Maju Pilgub Jabar 2024

Seluruh DPC PDI Perjuangan di Jawa Barat, termasuk Kabupaten Sukabumi, telah sepakat untuk mendukung Ketua DPD PDIP Jawa Barat, Ono Surono, sebagai calon Gubernur Jawa Barat pada Pemilihan Gubernur 2024.
Ono Surono, Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat / Bakal calon Gubernur Jabar 2024 | Foto : Istimewa
Sehat29 Juni 2024, 07:00 WIB

Contoh Menu Makan Sehat untuk Penderita Diabetes Demi Menjaga Gula Darah

Pola makan sehat bagi penderita diabetes tidak berbeda dengan orang lain. Namun perlu menjaga asupan dan porsinya.
Ilustrasi  - Pola makan sehat bagi penderita diabetes tidak berbeda dengan orang lain. Namun perlu menjaga asupan dan porsinya. (Sumber : Freepik.com/@freepic.diller)
Sukabumi29 Juni 2024, 06:06 WIB

Ini Larangan-Larangan Penting di Sukabumi: Warga Wajib Tahu

Pemerintah daerah Sukabumi telah menetapkan serangkaian larangan untuk menjaga ketertiban masyarakat
Larangan-larangan penting di Sukabumi | Foto : Pixabay
Food & Travel29 Juni 2024, 06:00 WIB

Bebas Gluten Ramah Asam Urat, Intip Uniknya Resep Puding Jahe Beras Merah!

Berikut Resep Puding dengan bahan utama yang ramah kadar asam urat, yakni jahe dan beras merah.
Ilustrasi - Resep Puding Cokelat Lumer, Cocok Disantap bersama Keluarga di Akhir Pekan Ini (Sumber : Endeus.Tv)
Science29 Juni 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 29 Juni 2024, Cek Dulu Langit di Akhir Pekan

Prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat 29 Juni 2024 dimana cuaca berawan berpotensi terjadi di berbagai wilayah termasuk Sukabumi dan sekitarnya
Ilustrasi.Prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat 29 Juni 2024 dimana cuaca berawan berpotensi terjadi di berbagai wilayah termasuk Sukabumi dan sekitarnya | Foto: Pixabay
Sukabumi29 Juni 2024, 00:08 WIB

6 Berita Menggemparkan Sukabumi: Pembunuhan Ibu Kandung hingga Penemuan Tengkorak

Dalam beberapa bulan terakhir, Sukabumi dihebohkan dengan berbagai berita menggemparkan. Berikut adalah enam kejadian yang mencuri perhatian masyarakat:
Ilustrasi membaca berita menggemparkan di Sukabumi | Foto : Pixabay
Sukabumi28 Juni 2024, 23:04 WIB

Bantuan Rutilahu Tak Kunjung Tiba, Nasib Lansia Penghuni Rumah Reyot di Sukabumi

Wanita lanjut usia, Inah (68 tahun), mendiami rumah yang sudah reyot di Kampung Cikeuyeup, RT 12/ 14 Desa Cijulang, Kecamatan Jampangtengah, Kabupaten Sukabumi.
Lansia huni rumah reyot di Jampangtengah Sukabumi | Foto : Ragil Gilang