Ingin Turun Berat Badan dengan Lari? Perhatikan 8 Hal Ini Sebelum Memulainya

Selasa 25 Juni 2024, 19:15 WIB
Ilustrasi Jika ingin menurunkan berat badan dengan lari, maka perhatikan beberapa hal penting (Sumber : Freepik.com/@master1305)

Ilustrasi Jika ingin menurunkan berat badan dengan lari, maka perhatikan beberapa hal penting (Sumber : Freepik.com/@master1305)

SUKABUMIUPDATE.com - Salah satu olahraga yang sering jadi fokus utama bagi orang yang ingin turun berat badan adalah lari. Ya, lari memang merupakan aktivitas fisik yang akan banyak menguras kalori pada tubuh.

Namun, jika ingin turun berat badan dengan lari, ada hal-hal yang harus diperhatikan sebelum memulainya. Hal ini penting untuk meminimalisir cedera dan membuat tubuh tetap terasa nyaman setelah lelah berlari.

Mengutip dari laman verywellhealth, lari terbukti efektif untuk menurunkan berat badan. Ini adalah aktivitas fisik sangat baik untuk orang yang ingin menurunkan berat badan. Berlari mudah dilakukan dan dapat memberikan efek positif pada komposisi tubuh dan kesehatan secara keseluruhan.

Baca Juga: 6 Kebiasaan Ini yang Meningkatkan Lonjakan Gula Darah, Bukan Hanya Makanan Manis!

Manfaat Lain Dari Olahraga Lari Selain Menurunkan Berat Badan

Melakukan aktivitas fisik seperti lari juga memiliki manfaat lain, seperti:

• persentase lemak tubuh yang lebih rendah
• menurunkan kadar kolesterol
• menurunkan tekanan darah
• penurunan risiko diabetes tipe 2
• mobilitas yang lebih baik
• mengurangi lemak perut
• menurunkan risiko penyakit kardiovaskular

Untuk menurunkan berat badan, waktu, dan intensitas aktivitas mingguan harus ditingkatkan. Ini berarti seseorang mungkin perlu berolahraga lebih banyak dalam seminggu atau melakukan beberapa aktivitas dengan lebih giat, seperti meningkatkan kecepatan lari, agar bisa menurunkan berat badan.

Untuk berlari dengan aman dan membantu mencegah cedera, pertimbangkan beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum mulai rutin berolahraga lari agar bisa menurunkan berat badan secara benar.

Baca Juga: Dialihkan ke Jalur Sukabumi, Jalan Raya Puncak Bogor Ditutup! Pedagang Tolak Digusur

8 Hal yang Harus Diperhatikan Jika Ingin Mulai Olahraga Lari

1. Pemanasan : Pemanasan yang tepat membantu mempersiapkan tubuh untuk berlari. Ini bisa termasuk peregangan dinamis atau jalan cepat.

2. Bangun waktu dan intensitas secara bertahap : Jangan mencoba meningkatkan intensitas lari Anda sekaligus. Memaksa tubuh melakukan sesuatu sebelum siap dapat mengakibatkan cedera.

3. Dengarkan tubuh Anda : Anda sendiri yang paling mengenal tubuh. Perhatikan sinyal yang dikirimkannya. Rasa sakit atau kelelahan adalah tanda-tanda bahwa olahraga tadi mungkin berlebihan.

4. Tingkat aktivitas alternatif setiap hari : Dengan mengubah tingkat aktivitas setiap hari, Anda memberi tubuh kesempatan untuk pulih dan mencegah cedera akibat penggunaan berlebihan.

Baca Juga: Simpel, Ini 5 Resep Menu Makan Pagi Ramah Asam Urat dan Cara Membuatnya

5. Cross-train : Aktivitas lain seperti angkat beban, Pilates, atau yoga dapat melengkapi program lari Anda dengan meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas. Peningkatan kekuatan serta fleksibilitas biasa meningkatkan bentuk lari dan daya tahan.

6. Tetap terhidrasi : Minum banyak air adalah kunci performa yang baik dan dapat mencegah kram otot, pusing, dan dehidrasi saat lari sprint atau jarak jauh.

7. Temukan sepatu yang tepat : Memiliki sepatu atletik yang tepat dapat mencegah cedera pada persendian seperti pergelangan kaki dan lutut serta mencegah lecet.

8. Waspadai lingkungan sekitar Anda : Jika berlari di luar ruangan, waspadai lubang di jalan setapak, lalu lintas di jalan raya, atau orang lain di sekitar Anda. Kenakan perlengkapan reflektif di malam hari. Berlarilah secara berkelompok atau bersama pasangan jika berada di area yang tidak diketahui.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi Memilih02 Juli 2024, 21:51 WIB

Rayu PKS Gabung Koalisi Sulanjana, Fikri Bertemu Sodikin Untuk Pilkada Sukabumi

Tokoh muda yang siap menjadi Bakal calon (Bacalon) Wakil Bupati Sukabumi, Fikri Abdul Aziz  bertemu dengan Ketua DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Sukabumi, M Sodikin.
Bakal Calon Wakil Bupati, Fikri Abdul Aziz dan M. Sodikin saat bertemu membahas Pilkada Sukabumi 2024 | Foto : Sukabumi Update
Sukabumi02 Juli 2024, 21:11 WIB

Bupati Sukabumi Akan Serahkan Raperda LPj APBD 2023 ke Gubernur untuk Evaluasi

Bupati Sukabumi, Marwan Hamami, mengumumkan bahwa Raperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2023 telah resmi disahkan menjadi Peraturan Daerah (Perda)
Marwan Hamami, Bupati Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Life02 Juli 2024, 21:00 WIB

10 Bahasa Tubuh Wanita yang Diam-diam Menyukaimu, Dia Memendam Rasa!

Bahasa tubuh adalah salah satu cara terbaik untuk memahami perasaan seseorang, dan wanita sering kali menunjukkan melalui tanda-tandanya.
Ilustrasi - Bahasa tubuh adalah salah satu cara terbaik untuk memahami perasaan seseorang, dan wanita sering kali menunjukkan melalui tanda-tandanya. (Sumber : Freepik.com).
Nasional02 Juli 2024, 20:41 WIB

Hacker Bakal Berikan Kunci Enkripsi Pusat Data Nasional yang Diretas

Kelompok hacker, Brain Chiper, yang diduga meretas Pusat Data Nasional (PDNS), membuat pengumuman yang mengejutkan publik. Hal itu diungkap akun perusahaan intelijen siber @stealthmole_int di X.
Brain Chiper, yang diduga peretas Pusat Data Nasional (PDNS), menyebutkan bahwa kunci untuk membuka akses enkripsi PDNS 2 akan diberikan pada Rabu, 3 Juli 2024 | Foto : Ilustrasi
DPRD Kab. Sukabumi02 Juli 2024, 20:06 WIB

Paripurna DPRD Kabupaten Sukabumi Tetapkan Laporan APBD 2023 Menjadi Perda

DPRD Kabupatem Sukabumi, menggelar Rapat Paripurna untuk menetapkan hasil laporan tentang pertanggungjawaban pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2023, menjadi peraturan daerah (Perda).
Rapat Pipurna DPRD Kabupaten Sukabumi tentang pertanggungjawaban pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2023 | Foto : Istimewa
Gadget02 Juli 2024, 20:00 WIB

3 Rekomendasi HP dengan RAM Besar Harga Mulai Rp3 Jutaan Saja!

HP dengan RAM besar memungkinkan Anda untuk menjalankan aplikasi-aplikasi produktivitas dengan lancar dan tanpa hambatan.
Ilustrasi - HP dengan RAM besar memungkinkan Anda untuk menjalankan aplikasi-aplikasi produktivitas dengan lancar dan tanpa hambatan. (Sumber : samsung.com/Mi.co.id).
Nasional02 Juli 2024, 19:05 WIB

Penjambret Beraksi Di Jakarta Ditangkap Di Sukabumi: Ini Kronologi dan Identitasnya

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Komisaris Besar Ade Ary Syam Indradi mengatakan pihaknya telah menangkap dua penjambret yang beraksi di arena Car Free Day Jalan Sudirman, Jakarta Pusat
Penjambret tertangkap kamera fotografer saat beraksi di car fre day di Sudirman Jakarta | Foto : @zakwanoe di X (Twitter)
Sehat02 Juli 2024, 19:00 WIB

Rebusan Daun Salam untuk Mengobati Asam Urat, Gula Darah dan Kolesterol

Rebusan daun salam dipercaya dapat membantu mengobati berbagai penyakit seperti asam urat, gula darah dan kolesterol.
Ilustrasi - Rebusan daun salam dipercaya dapat membantu mengobati berbagai penyakit seperti asam urat, gula darah dan kolesterol. (Sumber : YouTube/@Classic Bakes).
Sukabumi Memilih02 Juli 2024, 18:18 WIB

Bersaing di Pilbup Sukabumi, Asjap dan Iyos Kompak Hadiri Acara DPP Golkar: Ini Kata Relawan

Bakal calon bupati Sukabumi, Asep Japar dan Iyos Somantri kompak menghadiri acara DPP Partai Golkar, pada Minggu 30 Juni 2024, di Jakarta.
Asep Japar dan Iyos Somantri kompak hadiri acara DPP Partai Golkar | Foto : Istimewa
Life02 Juli 2024, 18:00 WIB

8 Doa-doa Pendek yang Pahalanya Bukan Main! Amalkan Setiap Hari

Doa pendek ini memiliki pahala luar biasa dan bukan main bagi siapapun yang mengamalkannya.
Ilustrasi - Doa pendek ini memiliki pahala luar biasa dan bukan main bagi siapapun yang mengamalkannya. (Sumber : pexels.com/@SERHAT TUĞ)