Kembang Kol dan Gula Darah: 10 Manfaat dan Memasukkannya ke Diet Ramah Diabetes

Senin 24 Juni 2024, 20:00 WIB
Ilustrasi - Kembang kol adalah salah satu sayuran yang bermanfaat baik untuk gula darah penderita diabetes. (Sumber : Freepik.com/@jcomp).

Ilustrasi - Kembang kol adalah salah satu sayuran yang bermanfaat baik untuk gula darah penderita diabetes. (Sumber : Freepik.com/@jcomp).

SUKABUMIUPDATE.com - Salah satu sayuran serbaguna yang telah mendapatkan pengakuan atas potensi manfaatnya bagi penderita diabetes adalah kembang kol. Sayuran cruciferous ini tidak hanya rendah karbohidrat tetapi juga kaya akan nutrisi penting, menjadikannya tambahan yang berharga untuk diet ramah diabetes.

Kembang kol dikenal dengan kandungan seratnya yang tinggi sehingga dapat membantu mengatur kadar gula darah dan meningkatkan kesehatan pencernaan. Selain itu, sayuran ini kaya akan sumber vitamin, mineral, dan antioksidan yang penting untuk kesehatan secara keseluruhan.

Indeks glikemiknya yang rendah juga menjadikannya pilihan yang cocok bagi individu yang ingin mengontrol kadar gula darahnya secara efektif. Dihimpun dari laman diabesmart. selain itu, kembang kol dapat diolah dengan berbagai cara, mulai dari dipanggang dan dikukus hingga diblender menjadi sup krim atau bahkan menggantikan biji-bijian dalam resep.

Baca Juga: 7 Cara Makan Nasi Putih Bagi Penderita Diabetes Agar Gula Darah Aman Terkendali

Kandungan Gizi Kembang Kol

Nilai Gizi 100 gram kembang kol mentah:

Gizi dan Jumlah per Penyajian

  • Protein: 2,05 gram
  • Karbohidrat: 5,32 gram
  • Serat: 2,14 gram
  • Kalsium: 23,5mg
  • Magnesium: 16mg
  • Fosfor: 47,1mg
  • Kalium: 320mg
  • Sodium: 32,1mg
  • Vitamin C: 51,6mg
  • Folat: 61 mcg
  • Kolin: 47,4mg
  • Vitamin K: 16,6 mcg

Baca Juga: Cara Membuat Nasi Kembang Kol untuk Penderita Diabetes, Ramah Gula Darah!

Manfaat Nutrisi Kembang Kol

1. Indeks Glikemik (GI) Rendah

Kembang kol memiliki indeks glikemik yang rendah, artinya tidak menyebabkan lonjakan kadar gula darah yang signifikan saat dikonsumsi sehingga cocok untuk pengelolaan diabetes.

2. Rendah Kalori

Kembang kol rendah kalori, menjadikannya pilihan tepat bagi mereka yang ingin mengatur berat badan atau asupan kalori.

3. Tinggi Serat

Kaya akan serat makanan, yang penting untuk kesehatan pencernaan, melancarkan buang air besar secara teratur, dan mencegah sembelit. Serat juga membantu membuat Anda merasa kenyang, yang dapat membantu pengelolaan berat badan.

Baca Juga: 10 Langkah Memasak Nasi Bagi Penderita Diabetes untuk Mencegah Lonjakan Gula Darah

4. Vitamin dan Mineral

Kembang kol merupakan sumber beberapa vitamin dan mineral yang baik, termasuk vitamin C, vitamin K, vitamin B6, folat, potasium, dan mangan. Vitamin C penting untuk fungsi kekebalan tubuh dan kesehatan kulit, sedangkan vitamin K penting untuk kesehatan tulang dan pembekuan darah.

5. Antioksidan

Kembang kol mengandung berbagai antioksidan, termasuk glukosinolat dan karotenoid, yang membantu melindungi tubuh dari stres oksidatif dan mengurangi risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung dan jenis kanker tertentu.

6. Kolin

Kembang kol adalah sumber kolin yang baik, nutrisi penting yang berperan dalam kesehatan otak, fungsi hati, dan metabolisme.

Baca Juga: 4 Panduan Makan Nasi untuk Penderita Diabetes, Tips Jaga Gula Darah

7. Sifat Anti-inflamasi

Beberapa senyawa yang ditemukan dalam kembang kol, seperti sulforaphane, telah terbukti memiliki sifat anti-inflamasi, yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh dan menurunkan risiko penyakit kronis yang berhubungan dengan peradangan.

8. Keserbagunaan

Kembang kol sangat serbaguna dan dapat digunakan dalam berbagai hidangan sebagai pengganti bahan berkalori tinggi atau berkarbohidrat tinggi. Misalnya, nasi kembang kol dapat digunakan sebagai pengganti nasi rendah karbohidrat, dan kembang kol dapat dihaluskan sebagai pengganti kentang tumbuk.

9. Kesehatan Jantung

Serat dan antioksidan dalam kembang kol dapat berkontribusi terhadap kesehatan jantung dengan menurunkan kadar kolesterol dan mengurangi risiko penyakit jantung, yang sering kali meningkat pada penderita diabetes.

Baca Juga: 6 Tanda Seseorang Mengidap Pradiabetes, Selalu Lapar dan Lelah dari Biasanya

10. Meningkatkan Pengelolaan Berat Badan

Dengan kandungan serat yang tinggi dan kepadatan kalori yang rendah, kembang kol dapat membantu meningkatkan rasa kenyang dan mencegah makan berlebihan, mendukung pengelolaan berat badan—sebuah aspek penting dalam pengendalian diabetes.

Memasukkan Kembang Kol ke dalam Diet Diabetes

Kembang Kol Tumbuk: Alternatif yang bagus untuk kentang tumbuk, cukup rebus kembang kol hingga empuk, lalu haluskan dengan sedikit susu dan satu siung bawang putih panggang untuk menambah rasa.

Nasi Kembang Kol: Gantikan nasi tradisional dengan kembang kol parut halus sebagai alternatif rendah karbohidrat dan bergizi. Tumis dengan bumbu dan rempah favorit Anda untuk mendapatkan lauk yang lezat.

Kembang Kol Panggang: Lumuri kuntum kembang kol dengan minyak zaitun, garam, dan merica, lalu panggang hingga berwarna cokelat keemasan. Taburi dengan jus lemon dan peterseli segar untuk rasa yang gurih.

Pizza Kembang Kol: Haluskan kuntum kembang kol hingga halus, campur dengan telur, keju, dan bumbu, lalu panggang untuk membuat kulit pizza yang sehat. Taburi dengan sayuran dan protein tanpa lemak untuk hidangan tanpa rasa bersalah.

Sup Kembang Kol: Buat sup kembang kol krim dengan merebus kembang kol bersama bawang bombay, kaldu, dan sedikit krim. Blender hingga halus dan nikmati makanan yang nyaman dan bergizi.

 

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat28 Juni 2024, 18:15 WIB

Daftar Makanan Enak Rendah Kalori Bagi Penderita Diabetes, Kadar Gula Darah Aman

Berikut ini daftar makanan enak rendah kalori yang aman dikonsumsi oleh penderita diabetes, sehingga kadar gula darah tetap aman.
Ilustrasi makanan enak rendah kalori untuk penderita diabetes (Sumber : Pexels.com/@Pixabay)
Life28 Juni 2024, 18:00 WIB

Terjerat Pinjol? Bacalah Doa Pelunas Utang yang Diajarkan Rasulullah SAW

Doa pelunas utang merupakan salah satu ikhtiar yang dilakukan untuk memohon bantuan Allah SWT dalam memudahkan perkara ini.
Ilustrasi - Doa pelunas utang merupakan salah satu ikhtiar yang dilakukan untuk memohon bantuan Allah SWT dalam memudahkan perkara ini. (Sumber : pexels.com/@SERHAT TUĞ)
Life28 Juni 2024, 17:45 WIB

7 Cara Mengajarkan Keterampilan Pemecahan Masalah pada Anak yang Bisa Orang Tua Lakukan

Anak-anak perlu mempunyai keterampilan pemecahan masalah karena hal tersebut merupakan kunci untuk membantu mereka dalam mengatur kehidupan.
Ilustrasi cara mengajarkan pemecahan masalah pada anak (Sumber : Pexels.com/@Mikhailnilov)
Inspirasi28 Juni 2024, 17:38 WIB

Diskusi Buku “Mega Merger In The Pandemic Era” Karya Hery Gunardi

Buku yang ditulis oleh Direktur Utama BSI, Hery Gunardi, tersebut diharapkan menjadi salah satu acuan pengembangan ekonomi dan keuangan syariah Indonesia masa depan.
Diskusi buku Mega Merger In The Pandemic Era: Kepemimpinan dan Tantangan Merger Bank Syariah Indonesia | Foto : Istimewa
Life28 Juni 2024, 17:30 WIB

8 Cara Mudah Mengatasi Anak Perfeksionis yang Bisa Orang Tua Lakukan

Menangani anak yang perfeksionis memang agak sulit, terlebih jika sifat ini sudah terbentuk sejak lama pada dirinya. Namun tak perlu bingung karena ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengatasi anak yang perfeksionis.
Ilustrasi cara mengatasi anak perfeksionis (Sumber : Pexels.com/@RDNEstockproject)
Life28 Juni 2024, 17:15 WIB

8 Faktor Risiko yang Menjadi Penyebab Perfeksionis Pada Anak, Yuk Simak

Perfeksionis pada anak merupakan hal yang selalu dibanggakan orang tua. Meskipun terlihat mengagumkan, namun hal ini bisa membahayakan mental anak.
Ilustrasi faktor risiko penyebab perfeksionis pada anak (Sumber : Pexels.com/@Pavel Danilyuk)
Sukabumi28 Juni 2024, 17:11 WIB

Fakta Soal Sosok Pemilik Villa Simpan Mesin Uang Palsu Rp22 M di Sukabumi dan Mobil Plat TNI

Berikut fakta soal sosok pemilik villa di Sukabumi tempat menyimpan mesin pencetak uang palsu Rp22 Miliar dan mobil berplat TNI.
Villa tempat menyimpan mesin pencetak uang palsu Rp22 Miliar di daerah Kecamatan Cireunghas, Kabupaten Sukabumi. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Musik28 Juni 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Niscaya Bilal Indrajaya yang Viral di TikTok

Viral Jadi Backsound Music di Video TikTok hingga Instagram, Inilah Lirik Lagu Niscaya Bilal Indrajaya!
Official Lirik Video Lagu Niscaya Bilal Indrajaya. Foto: YouTube/Bilal Indrajaya
Life28 Juni 2024, 16:45 WIB

3 Jenis Perfeksionis Menurut Para Peneliti, Apakah Anak Bunda Salah Satunya?

perfeksionis sering dianggap hal normal bahkan luar biasa. Akan tetapi, hal tersebut ternyata memiliki dampak buruk pada anak.
Ilustrasi jenis perfeksionis menurut para peneliti (Sumber : Pexels.com/@CDC)
Sehat28 Juni 2024, 16:30 WIB

Contoh Menu Diet Rendah Kalori Bagi Penderita Diabetes Selama 3 Hari, Kadar Gula Darah Aman

Berikut contoh diet rendah kalori selama 3 hari untuk penderita diabetes dijamin enak, kadar gula darah aman dan terkendali.
Ilustrasi menu diet rendah kalori untuk penderita diabetes (Sumber : Pexels.com/@Marianna)