Menurut Ahli Kesehatan, Begini Urutan Makan yang Benar Untuk Penderita Diabetes

Sabtu 22 Juni 2024, 16:00 WIB
Ilustrasi Penting untuk mengetahui urutan makan yang benar bagi penderita diabetes (Sumber : Freepik.com/@freepic.diller)

Ilustrasi Penting untuk mengetahui urutan makan yang benar bagi penderita diabetes (Sumber : Freepik.com/@freepic.diller)

SUKABUMIUPDATE.com - Bila Anda adalah penderita diabetes, segala hal tentang pola makan perlu diperhatikan dan dijaga. Sebab, pola makanlah yang banyak mempengaruhi kadar gula darah.

Di dalam pola makan untuk penderita diabetes, perlu juga diketahui bagaimana urutan makan yang benar, untuk menghindari lonjakan kadar gula darah setelah makan.

Urutan makan untuk penderita diabetes ini banyak dibahas oleh para ahli kesehatan, karena sudah banyak percobaan walaupun belum banyak data yang didapatkan dari teori yang berkaitan dengan kadar gula darah ini.

Baca Juga: Mulai 1 Juli! Catat Jadwal Baru KA Pangrango Bogor-Sukabumi, Lebih Efisien 14 Menit

Mengutip dari laman health, meskipun diperlukan lebih banyak data untuk memastikan dampak pengurutan makanan pada penderita diabetes, dijelaskan bahwa individu yang berisiko tinggi terkena diabetes, atau orang yang telah didiagnosis pra-diabetes atau diabetes, harus mempertimbangkan untuk memulai mengatur makanan mereka.

Baik dengan mengurutkan makanan atau metode lainnya, para ahli menekankan pentingnya menjaga kadar gula darah demi kesejahteraan jangka panjang.

Jadi, meskipun pengurutan makanan berpotensi membantu, ini bukanlah cara yang pasti dalam mengatur kadar gula darah pada penderita diabetes. Tetap konsisten untuk makan seimbang dengan porsi yang terkontrol adalah hal utama.

Lalu, bagaimana urutan makan yang benar bagi penderita diabetes? Dari laman yang sama, dijelaskan oleh ahli kesehatan tentang urutan makan yang membantu untuk menghindari dari lonjakan gula darah.

Baca Juga: Kadar Gula Darah Terkendali, 4 Makanan Manis yang Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes

Urutan Makan Untuk Penderita Diabetes Agar Terhindar dari Lonjakan Gula Darah

Sebuah studi tahun 2022 mengevaluasi bagaimana makan sayur sebelum karbohidrat berdampak pada gula darah bagi penderita diabetes tipe 2. Hasil menunjukkan peningkatan yang signifikan pada hemoglobin A1C (rata-rata kadar gula darah dalam tiga bulan terakhir) setelah lima tahun peserta mengikuti pola makan tersebut.

Selain itu, dengan mengkonsumsi lemak dan protein sebelum karbohidrat, seperti yang direkomendasikan oleh kebanyakan orang yang melakukan pengurutan makanan, orang mungkin akan merasakan rasa kenyang lebih besar.

Secara khusus, mengkonsumsi makro ini sebelum karbohidrat dapat membantu meningkatkan sekresi hormon yang disebut glukagon-like peptida-1 (GLP-1), yang antara lain dapat membantu menunda pengosongan lambung dan meningkatkan pengelolaan glukosa (gula darah) pasca makan.

Baca Juga: Simpel, Ini 5 Resep Menu Makan Pagi Ramah Asam Urat dan Cara Membuatnya

Selain protein dan lemak sehat, mengkonsumsi serat sebelum karbohidrat (seperti yang diperoleh dengan mengkonsumsi sayur-sayuran) secara signifikan mengurangi peningkatan glukosa setelah makan atau lonjakan gula darah.

Meskipun data ini menunjukkan dampak pengurutan makanan terhadap pengendalian gula darah secara keseluruhan, masih diperlukan lebih banyak data untuk memastikan validitas klinisnya.

Sehingga para penulis tinjauan tersebut menyimpulkan bahwa tidak ada bukti kuat mengenai manfaat potensial dari merekomendasikan pengurutan makanan di luar saran diet standar pada diabetes tipe 2.

Oleh karena itu, meskipun pengurutan makanan berpotensi membantu, ini bukanlah cara yang pasti dan kuncian untuk mengatur kadar gula darah. Kunci utamanya adalah perubahan gaya hidup dan pola makan lebih sehat.

Baca Juga: Kenali Jenis Makanan Wajib Dihindari dan Dikonsumsi Bagi Penderita Diabetes

Menjaga kadar gula darah bagi penderita diabetes pasti sangatlah penting. Sebab jika sudah terkena diabetes, maka kadar gula darah bisa kapan saja melonjak tanpa terasa apapun.

Oleh sebab itu, rajin berkonsultasi pada dokter dan penyedia layanan kesehatan mengenai cara untuk mengendalikan kadar gula darah merupakan hal yang lebih utama bagi penderita diabetes.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi28 September 2024, 18:02 WIB

Pohon Tumbang di Cikembar, Lalu Lintas Cibadak-Palabuhanratu Sempat Terhambat

Hujan deras yang mengguyur wilayah Sukabumi sore ini mengakibatkan pohon tumbang di depan Armed 13 Kostrad Sukabumi, tepatnya di Kampung Kebon Jeruk RT 3/10, Desa Sukamulya, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi
Pohon tumbang di Cikembar saat di evakuasi oleh BPBD Kabupaten Sukabumi | Foto : Istimewa
Entertainment28 September 2024, 18:00 WIB

Profil Anggota Girl Grup Secret Number yang Konser di Jakarta Hari Ini

Girl grup Secret Number akan menggelar konser pertama mereka di Indonesia hari ini, Sabtu, 28 September 2024 di di Tennis Indoor, Senayan, Jakarta Pusat.
Profil Anggota Girl Grup Secret Number yang Konser di Jakarta Hari Ini (Sumber : Instagram/@secretnumber.official)
DPRD Kab. Sukabumi28 September 2024, 17:54 WIB

DPRD Sukabumi Turut Berduka, Desak KBRI di Suriah Selidiki Kematian TKW Asal Cikakak

Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi, Budi Azhar Mutawali, meminta KBRI di Suriah agar melakukan penyelidikan terkait penyebab kematian Sri Erni Juniarti (40), seorang Tenaga Kerja Wanita (TKW) asal Sukabumi
Budi Azhar Mutawali, Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Musik28 September 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Di Balik Pertanda dari Kaleb J, Cinta Kita Tak Berpihak

Musisi Kaleb J baru saja merilis single terbaru berjudul Di Balik Pertanda pada 22 Agustus 2024, yang merupakan bagian dari mini album terbarunya Off Guard.
Lirik Lagu Di Balik Pertanda dari Kaleb J, Cinta Kita Tak Berpihak (Sumber : Youtube | PASSION VIBE)
Sukabumi28 September 2024, 16:58 WIB

5 Hari Sebelum Kabar Meninggal, TKW Asal Cikakak Sukabumi Curhat Disiksa Majikan

Sri Erni Juniarti (40), warga Desa Cimaja, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi, yang dilaporkan meninggal dunia saat bekerja di Suriah. Erni diduga mengalami kekerasan dari majikannya sebelum kematiannya.
Bambang Permadi memperlihatkan foto Erni Juniarti (40 tahun), TKW asal Kampung Cimaja, Desa Cimaja, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi, yang dikabarkan meninggal dunia di Suriah. (Sumber : SU/Ilyas)
Sukabumi28 September 2024, 16:37 WIB

Cerita Penjual Sate di Parungkuda, Pendapatan Menurun Imbas Pembukaan Tol Bocimi

Pembukaan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) Seksi 2 ruas Cigombong-Cibadak pada Selasa, 24 September 2024, membawa dampak signifikan terhadap aktivitas ekonomi di sepanjang Jalan Nasional Sukabumi-Bogor
Adep Supriyatna (52 tahun) penjual sate di jalan nasional Sukabumi-Bogor | Foto : Ibnu Sanubari
Food & Travel28 September 2024, 16:19 WIB

Dekat Dari Exit Tol Bocimi, 7 Rekomendasi Wisata Alam di Kadudampit Sukabumi

Ada beberapa tempat wisata alam di Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, di antaranya:
Rekomendasi tujuh tempat wisata di Kadudampit Kabupaten Sukabumi | Foto : Istimewa
Entertainment28 September 2024, 16:00 WIB

Kronologi Kasus Sean 'Diddy' Combs yang Diduga Terlibat Kejahatan Seksual

baru-baru ini Sean ‘Diddy’ Combs menghadapi gugatan ke-11 yang diajukan oleh Thalia Graves. Graves melaporkan Diddy atas tuduhan kekerasan seksual terhadapnya dan menjual video penyerangan seksual secara ilegal.
Sean 'Diddy' Combs Ditangkap FBI atas Dugaan Terlibat Kekerasan Seksual (Sumber : Istimewa)
Sukabumi28 September 2024, 15:15 WIB

TKW Asal Cikakak Sukabumi Meninggal di Suriah, Keluarga Minta Jenazah Dipulangkan

TKW asal Cikakak Sukabumi Sri Erni Juniarti dikabarkan meninggal karena terjatuh saat bekerja di Suriah.
Bambang Permadi memperlihatkan foto Sri Erni Juniarti (40 tahun), TKW asal Kampung Cimaja, Desa Cimaja, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi, yang dikabarkan meninggal dunia di Suriah. (Sumber : SU/Ilyas)
Entertainment28 September 2024, 15:00 WIB

Chikita Meidy Buka Suara Usai Dilaporkan atas Pencemaran Nama Baik Oleh Sahabatnya

Mantan penyanyi cilik, Chikita Meidy dilaporkan oleh sahabatnya sendiri, Shilda Oktavia Rosa atas kasus dugaan pencemaran nama baik ke Polda Metro Jaya.
Chikita Meidy Buka Suara Usai Dilaporkan atas Pencemaran Nama Baik Oleh Sahabatnya (Sumber : Instagram/@chikitameidy)