Terapkan 3 Aspek Inti Berikut Untuk Mendukung Anak Berbakat

Sabtu 22 Juni 2024, 15:30 WIB
Ilustrasi mendukung anak berbakat (Sumber : Freepik.com)

Ilustrasi mendukung anak berbakat (Sumber : Freepik.com)

SUKABUMIUPDATE.com - Mengenali dan membina kemampuan luar biasa yang dimiliki anak memerlukan perpaduan antara pemahaman, kesabaran, dan strategi, dari orang tua.

Selain itu untuk membangun, mendukung, dan mengembangkan bakat anak, orang tua juga perlu menyiapkan segala sesuatunya agar bisa mendukung hal tersebut.

Perlu kita ketahui, anak berbakat adalah mereka yang memiliki kemampuan di atas rata-rata, baik itu secara intelektual maupun non intelektual, sehingga anak-anak ini perlu menjalani pendidikan dengan cara yang khusus atau secara khusus.

Baca Juga: Mulai 1 Juli! Catat Jadwal Baru KA Pangrango Bogor-Sukabumi, Lebih Efisien 14 Menit

Dukungan yang sukses dari orang tua melibatkan pendekatan holistik yang menangani semua bidang ini. Orang tua juga harus beradaptasi dengan perubahan kebutuhan anak seiring pertumbuhannya, memastikan perkembangan seimbang yang mempersiapkan mereka untuk kehidupan yang memuaskan.

Berikut adalah tiga aspek inti dari dukungan yang sukses, dimana masing-masing merupakan landasan dalam mengembangkan potensi anak berbakat yang telah kami rangkum dari laman davidsongifted.org, diantaranya:

1. Perkembangan Pendidikan

Tidak mengherankan jika salah satu cara orang tua agar bisa menjadi juara terbesar bagi anak adalah dalam hal perkembangan pendidikannya. Ada beberapa faktor yang menyebabkan hal ini, yaitu:

  • Pengujian & penilaian yang berbakat
  • Lingkungan akademis mereka
  • Partisipasi dalam kegiatan ekstrakurikuler

Ada dua jenis tes yang tersedia untuk mengkonfirmasi keberbakatan yaitu:

  • Tes prestasi yang berkaitan dengan tes terstandar untuk mengukur pengetahuan anak dalam suatu mata pelajaran (termasuk ACT atau SAT).
  • Tes kemampuan untuk mengevaluasi kemampuan kognitif atau IQ mereka.

Perbedaan lain antara kedua jenis tes ini adalah tes kemampuan dilaksanakan oleh profesional terlatih di bidang pendidikan, psikologi, atau pekerjaan sosial. Skor dari setiap jenis tes akan membantu anak masuk ke program berbakat, seperti Explore (untuk usia 9-13 tahun) dan Davidson Academy.

Setelah diuji dan dipastikan bakatnya, cara lain untuk membantu anak berbakat adalah dengan memastikan mereka berada di lingkungan akademis yang tepat.

Baca Juga: Kadar Gula Darah Terkendali, 4 Makanan Manis yang Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes

2. Perkembangan Sosial

Hal ini membawa orang tua pada pentingnya perkembangan sosial anak-anak. Sebagai orang tua dari anak yang sangat berbakat, Anda mungkin akrab dengan keseimbangan dalam membina kecerdasan sekaligus mendukung pertumbuhan sosial mereka.

Anak-anak berbakat sering kali mengalami tantangan unik dalam menjalin persahabatan, mengelola kecemasan sosial, dan menemukan tempat mereka di antara teman sebaya. Maka, penting untuk melakukan pendekatan terhadap aspek-aspek perkembangan mereka dengan penuh perhatian dan dukungan proaktif.

Untuk itu, orang tua dapat mengajarkan beberapa hal berikut:

  • Menekankan Pentingnya Persahabatan

Anak-anak berbakat seringkali kesulitan menemukan teman yang berpikiran sama karena mempunyai minat unik dan kemampuan tingkat lanjut mereka.

Dorong partisipasi mereka dalam kelompok berbakat, kegiatan ekstrakurikuler, dan kelompok masyarakat seperti yang kami sebutkan sebelumnya. Ini akan membantu anak-anak terhubung dengan rekan-rekan yang memiliki minat sama.

  • Mendorong Komunikasi Peer-to-Peer

Lingkungan keluarga memainkan peran penting dalam membentuk pengalaman sosial anak. Meskipun menjaga hubungan positif dengan anak berbakat sangat penting, namun mendorong interaksi teman sebaya yang sehat juga sama pentingnya.

Dorong anak-anak untuk memilih teman yang senang belajar, karena hal itu akan meningkatkan motivasi akademik dan meningkatkan kepercayaan diri mereka.

  • Memahami dan Mengelola Kecemasan

Kecemasan sosial adalah kekhawatiran umum bagi anak-anak berbakat yang berasal dari faktor-faktor seperti meningkatnya kepekaan, perkembangan yang tidak sinkron, perfeksionisme, dan isolasi sosial.

Lingkungan mereka berperan besar dalam mengembangkan atau mengurangi kecemasan sosial. Menormalkan diskusi tentang kecemasan dan ajarkan strategi penanggulangan yang memberdayakan anak untuk menavigasi emosinya secara efektif.

Baca Juga: Simpel, Ini 5 Resep Menu Makan Pagi Ramah Asam Urat dan Cara Membuatnya

3. Perkembangan Emosional

Regulasi emosi adalah keterampilan yang bermanfaat bagi semua orang. Dengan memahami dan membantu anak berbakat membangun keterampilan dalam pengaturan diri akan meningkatkan perkembangan emosional mereka secara keseluruhan.

Beberapa contohnya termasuk mengidentifikasi dan mengelola emosi, memahami perasaan orang lain, dan membangun hubungan yang bermakna.

Mengenali di mana seorang anak berada pada tangga perkembangan regulasi emosi adalah langkah pertama dalam memberikan dukungan yang tepat.

Dengan memberikan dukungan terstruktur dan kesempatan untuk berlatih, orang tua dapat membantu anak-anak berbakat mengembangkan keterampilan pengaturan emosi yang diperlukan untuk perkembangan sosial dan emosional lebih sehat.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi28 September 2024, 18:02 WIB

Pohon Tumbang di Cikembar, Lalu Lintas Cibadak-Palabuhanratu Sempat Terhambat

Hujan deras yang mengguyur wilayah Sukabumi sore ini mengakibatkan pohon tumbang di depan Armed 13 Kostrad Sukabumi, tepatnya di Kampung Kebon Jeruk RT 3/10, Desa Sukamulya, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi
Pohon tumbang di Cikembar saat di evakuasi oleh BPBD Kabupaten Sukabumi | Foto : Istimewa
Entertainment28 September 2024, 18:00 WIB

Profil Anggota Girl Grup Secret Number yang Konser di Jakarta Hari Ini

Girl grup Secret Number akan menggelar konser pertama mereka di Indonesia hari ini, Sabtu, 28 September 2024 di di Tennis Indoor, Senayan, Jakarta Pusat.
Profil Anggota Girl Grup Secret Number yang Konser di Jakarta Hari Ini (Sumber : Instagram/@secretnumber.official)
DPRD Kab. Sukabumi28 September 2024, 17:54 WIB

DPRD Sukabumi Turut Berduka, Desak KBRI di Suriah Selidiki Kematian TKW Asal Cikakak

Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi, Budi Azhar Mutawali, meminta KBRI di Suriah agar melakukan penyelidikan terkait penyebab kematian Sri Erni Juniarti (40), seorang Tenaga Kerja Wanita (TKW) asal Sukabumi
Budi Azhar Mutawali, Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Musik28 September 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Di Balik Pertanda dari Kaleb J, Cinta Kita Tak Berpihak

Musisi Kaleb J baru saja merilis single terbaru berjudul Di Balik Pertanda pada 22 Agustus 2024, yang merupakan bagian dari mini album terbarunya Off Guard.
Lirik Lagu Di Balik Pertanda dari Kaleb J, Cinta Kita Tak Berpihak (Sumber : Youtube | PASSION VIBE)
Sukabumi28 September 2024, 16:58 WIB

5 Hari Sebelum Kabar Meninggal, TKW Asal Cikakak Sukabumi Curhat Disiksa Majikan

Sri Erni Juniarti (40), warga Desa Cimaja, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi, yang dilaporkan meninggal dunia saat bekerja di Suriah. Erni diduga mengalami kekerasan dari majikannya sebelum kematiannya.
Bambang Permadi memperlihatkan foto Erni Juniarti (40 tahun), TKW asal Kampung Cimaja, Desa Cimaja, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi, yang dikabarkan meninggal dunia di Suriah. (Sumber : SU/Ilyas)
Sukabumi28 September 2024, 16:37 WIB

Cerita Penjual Sate di Parungkuda, Pendapatan Menurun Imbas Pembukaan Tol Bocimi

Pembukaan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) Seksi 2 ruas Cigombong-Cibadak pada Selasa, 24 September 2024, membawa dampak signifikan terhadap aktivitas ekonomi di sepanjang Jalan Nasional Sukabumi-Bogor
Adep Supriyatna (52 tahun) penjual sate di jalan nasional Sukabumi-Bogor | Foto : Ibnu Sanubari
Food & Travel28 September 2024, 16:19 WIB

Dekat Dari Exit Tol Bocimi, 7 Rekomendasi Wisata Alam di Kadudampit Sukabumi

Ada beberapa tempat wisata alam di Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, di antaranya:
Rekomendasi tujuh tempat wisata di Kadudampit Kabupaten Sukabumi | Foto : Istimewa
Entertainment28 September 2024, 16:00 WIB

Kronologi Kasus Sean 'Diddy' Combs yang Diduga Terlibat Kejahatan Seksual

baru-baru ini Sean ‘Diddy’ Combs menghadapi gugatan ke-11 yang diajukan oleh Thalia Graves. Graves melaporkan Diddy atas tuduhan kekerasan seksual terhadapnya dan menjual video penyerangan seksual secara ilegal.
Sean 'Diddy' Combs Ditangkap FBI atas Dugaan Terlibat Kekerasan Seksual (Sumber : Istimewa)
Sukabumi28 September 2024, 15:15 WIB

TKW Asal Cikakak Sukabumi Meninggal di Suriah, Keluarga Minta Jenazah Dipulangkan

TKW asal Cikakak Sukabumi Sri Erni Juniarti dikabarkan meninggal karena terjatuh saat bekerja di Suriah.
Bambang Permadi memperlihatkan foto Sri Erni Juniarti (40 tahun), TKW asal Kampung Cimaja, Desa Cimaja, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi, yang dikabarkan meninggal dunia di Suriah. (Sumber : SU/Ilyas)
Entertainment28 September 2024, 15:00 WIB

Chikita Meidy Buka Suara Usai Dilaporkan atas Pencemaran Nama Baik Oleh Sahabatnya

Mantan penyanyi cilik, Chikita Meidy dilaporkan oleh sahabatnya sendiri, Shilda Oktavia Rosa atas kasus dugaan pencemaran nama baik ke Polda Metro Jaya.
Chikita Meidy Buka Suara Usai Dilaporkan atas Pencemaran Nama Baik Oleh Sahabatnya (Sumber : Instagram/@chikitameidy)