7 Hal Penting yang Dapat Diajarkan Orang Tua kepada Anak Sebelum Dewasa

Sabtu 22 Juni 2024, 15:00 WIB
Ilustrasi hal penting yang dapat diajarkan orang tua kepada anak (Sumber : Pexels.com/@August de Richelieu)

Ilustrasi hal penting yang dapat diajarkan orang tua kepada anak (Sumber : Pexels.com/@August de Richelieu)

SUKABUMIUPDATE.com - Anak-anak yang telah diajarkan keterampilan sosial penting, akan cenderung memiliki kehidupan lebih sehat dan lebih sukses saat dewasa nanti. Semua itu berkat pendidikan, pekerjaan, dan kualitas hidup yang lebih baik secara keseluruhan.

Hal ini membuktikan bahwa, betapa pentingnya mengajari anak-anak suatu keterampilan yang sangat dibutuhkan saat dewasa nanti sejak usia dini. Sehingga mereka dapat hidup dengan lebih baik sebagai orang dewasa, dan bisa menjadi orang lebih baik secara umum.

Kami telah merangkum dari laman medicinenet tentang beberapa hal yang dapat orang tua ajarkan kepada anak sejak dini, agar mereka tumbuh menjadi seorang dewasa yang lebih baik:

Baca Juga: Kadar Gula Darah Terkendali, 4 Makanan Manis yang Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes

1. Berurusan dengan Kesulitan

Pada titik tertentu dalam kehidupan anak, mereka akan menghadapi kesulitan yang disebabkan oleh orang lain. Mungkin teman sebaya di sekolah atau bahkan figur otoritas, seperti guru.

Orang tua dapat membantu anak-anak dengan memberi pemahaman bahwa kesulitan bukanlah cerminan dari sesuatu yang salah dalam dirinya.

2. Regulasi diri

Anak-anak merasakan stres sama seperti kita. Perbedaannya adalah seiring berjalannya waktu, orang dewasa telah mengembangkan teknik mengatasi masalah untuk membantu mengatur perasaan dan emosi. Akan tetapi, dibutuhkan waktu dan latihan bagi anak-anak agar bisa mengembangkan keterampilan ini.

Orang tua dapat mempraktikkan pengaturan diri dengan merespons anak-anak dengan kesabaran dan tujuan, bukan impulsif.

3. Berkebun

Baik itu buah-buahan, sayuran, atau bunga, mempelajari cara berkebun adalah keterampilan hidup yang berharga. Biarkan anak pergi berbelanja bersama Anda untuk membeli tanah, benih, dan perlengkapan lainnya.

Ajari mereka untuk mengetahui berapa lama waktu yang dibutuhkan tanaman agar bisa tumbuh dan berkembang. Beritahu juga berapa lama waktu yang dibutuhkan buah supaya dapat matang hingga bisa dipanen.

Baca Juga: Mulai 1 Juli! Catat Jadwal Baru KA Pangrango Bogor-Sukabumi, Lebih Efisien 14 Menit

4. Cara Memasak

Tampaknya jauh lebih mudah membiarkan anak bermain sambil Anda memasak. Karena ini akan lebih cepat, lebih rapi, dan lebih terorganisir tanpa bantuan yang ingin mereka tawarkan.

Tapi memasak adalah keterampilan hidup yang penting. Berapapun usia anak, mereka dapat membantu orang tua di dapur.

Balita dan anak kecil dapat membantu mencuci buah dan sayuran, mengaduk bahan-bahan dalam mangkuk, dan menaburkan bumbu pada makanan sebelum dimasak. Anak yang lebih besar bisa membantu mengukur bahan, mengiris sayuran, dan mengikuti petunjuk resep.

5. Cara Menjahit

Ini mungkin tampak seperti keterampilan sederhana, namun tidak semua orang tahu cara menjahit. Ajari mereka cara membuat simpul tali setelah selesai melakukan perbaikan dan cara menyimpan perlengkapan menjahit dengan aman.

6. Pelajari Pertolongan Pertama

Ketika anak-anak terluka, kemungkinan besar orang tua akan membersihkan luka atau goresannya, dengan mengoleskan salep, dan menutupnya dengan plester.

Namun lebih baik, ajari mereka tentang setiap produk pertolongan pertama yang digunakan dan mengapa perawatan luka itu penting.

Ajari juga cara membersihkan luka atau goresan dengan sabun dan air untuk menghilangkan kotoran, lalu mengaplikasikan setiap produk secara mandiri.

Baca Juga: Simpel, Ini 5 Resep Menu Makan Pagi Ramah Asam Urat dan Cara Membuatnya

7. Ajarkan Keselamatan Kebakaran

Bicarakan dengan anak-anak tentang apa yang harus dilakukan jika terjadi kebakaran. Mereka perlu mengetahui cara memadamkan api dengan aman, namun juga perlu mengetahui cara menjauh dari api.

Orang tua dapat berbicara tentang teknik stop, drop, dan roll jika sedang kebakaran. Ambil langkah lebih jauh dan bantu mereka memahami cara keluar dari rumah menggunakan semua jendela dan pintu jika terjadi kebakaran yang menjebak anak-anak dalam satu ruangan.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi28 September 2024, 18:02 WIB

Pohon Tumbang di Cikembar, Lalu Lintas Cibadak-Palabuhanratu Sempat Terhambat

Hujan deras yang mengguyur wilayah Sukabumi sore ini mengakibatkan pohon tumbang di depan Armed 13 Kostrad Sukabumi, tepatnya di Kampung Kebon Jeruk RT 3/10, Desa Sukamulya, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi
Pohon tumbang di Cikembar saat di evakuasi oleh BPBD Kabupaten Sukabumi | Foto : Istimewa
Entertainment28 September 2024, 18:00 WIB

Profil Anggota Girl Grup Secret Number yang Konser di Jakarta Hari Ini

Girl grup Secret Number akan menggelar konser pertama mereka di Indonesia hari ini, Sabtu, 28 September 2024 di di Tennis Indoor, Senayan, Jakarta Pusat.
Profil Anggota Girl Grup Secret Number yang Konser di Jakarta Hari Ini (Sumber : Instagram/@secretnumber.official)
DPRD Kab. Sukabumi28 September 2024, 17:54 WIB

DPRD Sukabumi Turut Berduka, Desak KBRI di Suriah Selidiki Kematian TKW Asal Cikakak

Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi, Budi Azhar Mutawali, meminta KBRI di Suriah agar melakukan penyelidikan terkait penyebab kematian Sri Erni Juniarti (40), seorang Tenaga Kerja Wanita (TKW) asal Sukabumi
Budi Azhar Mutawali, Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Musik28 September 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Di Balik Pertanda dari Kaleb J, Cinta Kita Tak Berpihak

Musisi Kaleb J baru saja merilis single terbaru berjudul Di Balik Pertanda pada 22 Agustus 2024, yang merupakan bagian dari mini album terbarunya Off Guard.
Lirik Lagu Di Balik Pertanda dari Kaleb J, Cinta Kita Tak Berpihak (Sumber : Youtube | PASSION VIBE)
Sukabumi28 September 2024, 16:58 WIB

5 Hari Sebelum Kabar Meninggal, TKW Asal Cikakak Sukabumi Curhat Disiksa Majikan

Sri Erni Juniarti (40), warga Desa Cimaja, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi, yang dilaporkan meninggal dunia saat bekerja di Suriah. Erni diduga mengalami kekerasan dari majikannya sebelum kematiannya.
Bambang Permadi memperlihatkan foto Erni Juniarti (40 tahun), TKW asal Kampung Cimaja, Desa Cimaja, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi, yang dikabarkan meninggal dunia di Suriah. (Sumber : SU/Ilyas)
Sukabumi28 September 2024, 16:37 WIB

Cerita Penjual Sate di Parungkuda, Pendapatan Menurun Imbas Pembukaan Tol Bocimi

Pembukaan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) Seksi 2 ruas Cigombong-Cibadak pada Selasa, 24 September 2024, membawa dampak signifikan terhadap aktivitas ekonomi di sepanjang Jalan Nasional Sukabumi-Bogor
Adep Supriyatna (52 tahun) penjual sate di jalan nasional Sukabumi-Bogor | Foto : Ibnu Sanubari
Food & Travel28 September 2024, 16:19 WIB

Dekat Dari Exit Tol Bocimi, 7 Rekomendasi Wisata Alam di Kadudampit Sukabumi

Ada beberapa tempat wisata alam di Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, di antaranya:
Rekomendasi tujuh tempat wisata di Kadudampit Kabupaten Sukabumi | Foto : Istimewa
Entertainment28 September 2024, 16:00 WIB

Kronologi Kasus Sean 'Diddy' Combs yang Diduga Terlibat Kejahatan Seksual

baru-baru ini Sean ‘Diddy’ Combs menghadapi gugatan ke-11 yang diajukan oleh Thalia Graves. Graves melaporkan Diddy atas tuduhan kekerasan seksual terhadapnya dan menjual video penyerangan seksual secara ilegal.
Sean 'Diddy' Combs Ditangkap FBI atas Dugaan Terlibat Kekerasan Seksual (Sumber : Istimewa)
Sukabumi28 September 2024, 15:15 WIB

TKW Asal Cikakak Sukabumi Meninggal di Suriah, Keluarga Minta Jenazah Dipulangkan

TKW asal Cikakak Sukabumi Sri Erni Juniarti dikabarkan meninggal karena terjatuh saat bekerja di Suriah.
Bambang Permadi memperlihatkan foto Sri Erni Juniarti (40 tahun), TKW asal Kampung Cimaja, Desa Cimaja, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi, yang dikabarkan meninggal dunia di Suriah. (Sumber : SU/Ilyas)
Entertainment28 September 2024, 15:00 WIB

Chikita Meidy Buka Suara Usai Dilaporkan atas Pencemaran Nama Baik Oleh Sahabatnya

Mantan penyanyi cilik, Chikita Meidy dilaporkan oleh sahabatnya sendiri, Shilda Oktavia Rosa atas kasus dugaan pencemaran nama baik ke Polda Metro Jaya.
Chikita Meidy Buka Suara Usai Dilaporkan atas Pencemaran Nama Baik Oleh Sahabatnya (Sumber : Instagram/@chikitameidy)