Bukan Mainan, Inilah 10 Hal Penting yang Dibutuhkan Setiap Anak Dari Orang Tuanya

Sabtu 22 Juni 2024, 14:30 WIB
Ilustrasi hal penting yang dibutuhkan anak dari orang tuanya (Sumber : Pexels.com/@Emma Bauso)

Ilustrasi hal penting yang dibutuhkan anak dari orang tuanya (Sumber : Pexels.com/@Emma Bauso)

SUKABUMIUPDATE.com - Banyak dari kita sebagai orang tua menganggap bahwa anak hanya membutuhkan mainan yang banyak. Padahal yang dibutuhkan mereka tidak serta merta perihal mainan.

Akan tetapi, selain daripada itu lebih banyak lagi prioritas kebutuhan anak yang harus orangtua pahami. Hal ini disebabkan agar ia tumbuh dengan fisik dan juga emosional yang baik.

Dilansir dari laman medicinenet, berikut ini merupakan kebutuhan anak yang harus orangtua pahami:

Baca Juga: Mulai 1 Juli! Catat Jadwal Baru KA Pangrango Bogor-Sukabumi, Lebih Efisien 14 Menit

1. Waktu Berkualitas

Menghabiskan banyak waktu berkualitas dengan anak-anak dapat memberikan kesempatan untuk memenuhi kebutuhan dan menemukan siapa mereka.

Berikut beberapa cara agar dapat meluangkan lebih banyak waktu untuk anak:

  • Libatkan anak dalam proyek di sekitar rumah
  • Masak bersama anak-anak
  • Berjalan-jalan bersama
  • Membaca buku
  • Biarkan anak membantu pekerjaan rumah
  • Lakukan hobi bersama anak

2. Rasa Aman

Anak-anak membutuhkan rasa aman. Mereka perlu merasa aman dan sehat serta kebutuhan dasarnya terpenuhi.

Jika kebutuhan dasar seorang anak tidak terpenuhi dalam jangka waktu tiga tahun pertama pertumbuhannya, hal ini dapat berdampak seumur hidup seperti penyalahgunaan narkoba dan kemiskinan yang mengganggu pemenuhan kebutuhan dasar dapat mengubah otak anak.

3. Kasih Sayang

Sentuhan fisik membantu bayi tidur lebih nyenyak dan mendukung perkembangan otaknya. Sebuah penelitian yang mengamati 500 bayi hingga mereka berusia 30-an menemukan bahwa bayi yang ibunya paling penuh kasih sayang cenderung tidak tumbuh menjadi orang cemas, tertekan secara emosional, atau bermusuhan.

Hal ini mungkin terjadi karena kasih sayang fisik melepaskan hormon yang disebut oksitosin, yang penting dalam membangun ikatan sosial. Anak-anak dengan tingkat oksitosin lebih tinggi akan siap untuk interaksi sosial dan hubungan lebih baik di masa depan.

Baca Juga: Kadar Gula Darah Terkendali, 4 Makanan Manis yang Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes

4. Bantuan Emosional

Anak membutuhkan dukungan emosional karena belum memiliki keterampilan baik dalam mengatasi emosinya sendiri. Mereka memerlukan bantuan untuk belajar bagaimana mengatur diri sendiri.

Salah satu cara yang dapat orang tua lakukan adalah dengan memberikan teladan. Cara lain yang bermanfaat untuk memberikan dukungan emosional kepada anak yaitu bisa membantu mereka menyadari emosinya sejak dini sebelum menjadi berlebihan.

Dorong anak Anda untuk menentukan peringkat emosinya pada skala 1 hingga 10 dan mulailah menghadapinya sebelum emosi tersebut menjadi tidak terkendali.

5. Pendidikan

Pendidikan yang baik akan membuka pintu bagi anak-anak. Ini mengajarkan mereka untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan logis.

Sehingga, pendidikan yang lebih baik akan menghasilkan pekerjaan lebih baik dan peningkatan potensi. Tingkat pendidikan lebih tinggi juga dikaitkan dengan hidup yang lebih lama dan lebih sehat.

6. Struktur dan Rutinitas

Struktur dan rutinitas bisa membantu anak berkembang. Anak-anak akan melakukan yang terbaik jika mereka tahu apa yang diharapkan. Dengan memberikan rutinitas secara konsisten akan memberikan manfaat berikut:

  • Peningkatan perkembangan otak, yang membantu anak-anak membaca, berpikir, belajar, mengingat, menalar, dan memperhatikan
  • Tidur dan istirahat yang cukup
  • Meningkatkan kemandirian dalam rutinitas sehari-hari
  • Keterampilan mengatasi yang lebih baik karena mereka merasa lebih
    keamanan dan konsistensi
  • Keterampilan manajemen waktu
  • Kebiasaan sehat
  • Perilaku yang bertanggung jawab

Baca Juga: Simpel, Ini 5 Resep Menu Makan Pagi Ramah Asam Urat dan Cara Membuatnya

7. Kesehatan

Semua anak memerlukan akses terhadap pelayanan kesehatan. Anak-anak mempunyai risiko lebih tinggi terkena penyakit dan kondisi yang dapat dicegah tanpa akses terhadap pelayanan kesehatan atau dokter berkualitas baik.

Pelayanan kesehatan yang baik mempengaruhi kesehatan fisik dan emosional, pertumbuhan dan perkembangan anak, serta kemampuan mereka untuk mencapai potensi penuh sebagai orang dewasa.

8. Panutan yang Baik

Anak-anak mencari teladan untuk mengetahui bagaimana berperilaku baik di sekolah, dalam situasi sosial, dan dalam kehidupan. Mereka meniru perilaku, penampilan, dan kebiasaan panutan, terutama orang tua.

9. Harga Diri

Membantu anak merasa nyaman dengan dirinya sendiri akan membantunya merasa lebih percaya diri dalam mencoba hal baru. Mereka dapat mengatasi kesalahan dan mencoba lagi ketika ada masalah.

Bantu anak mengembangkan harga diri yang tinggi dengan melakukan hal berikut:

  • Ajari mereka cara melakukan sesuatu
  • Pujilah usaha mereka, bukan hasilnya
  • Jangan mengkritik dengan kasar
  • Fokus pada kekuatan mereka
  • Biarkan mereka membantu orang lain
  • Modelkan perilaku yang ingin Anda lihat

Baca Juga: 8 Kebiasaan Baik yang Dilakukan Orang-orang Berkelas Menurut Psikologi

10. Bermain

Bermain sangat penting untuk menunjang perkembangan emosional, sosial, fisik, dan intelektual anak. Melalui bermain, anak-anak dapat menciptakan dunia yang bisa dikendalikan dan ditaklukkan.

Mereka juga dapat mencoba peran orang dewasa dan belajar berkolaborasi. Dengan bermain, memungkinkan anak-anak mengembangkan kepercayaan diri dan ketahanan.

Dengan bermain bersama anak-anak lain, mereka akan belajar bekerja sama dalam kelompok, yang membantunya belajar berbagi, bernegosiasi, menyelesaikan konflik, dan mengadvokasi diri sendiri.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Nasional02 Juli 2024, 22:17 WIB

Ombudsman Ingatkan Sekolah Tidak Menjual Seragam pada PPDB

Lembaga pengawasan Ombudsman perwakilan NTB mengingatkan agar sekolah tidak menjual baju seragam maupun bahan baju seragam pada pelaksanaan PPDB.
Ilustrasi bahan seragam sekolah | Foto : Pixabay
Sukabumi Memilih02 Juli 2024, 21:51 WIB

Rayu PKS Gabung Koalisi Sulanjana, Fikri Bertemu Sodikin Untuk Pilkada Sukabumi

Tokoh muda yang siap menjadi Bakal calon (Bacalon) Wakil Bupati Sukabumi, Fikri Abdul Aziz  bertemu dengan Ketua DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Sukabumi, M Sodikin.
Bakal Calon Wakil Bupati, Fikri Abdul Aziz dan M. Sodikin saat bertemu membahas Pilkada Sukabumi 2024 | Foto : Sukabumi Update
Sukabumi02 Juli 2024, 21:11 WIB

Bupati Sukabumi Akan Serahkan Raperda LPj APBD 2023 ke Gubernur untuk Evaluasi

Bupati Sukabumi, Marwan Hamami, mengumumkan bahwa Raperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2023 telah resmi disahkan menjadi Peraturan Daerah (Perda)
Marwan Hamami, Bupati Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Life02 Juli 2024, 21:00 WIB

10 Bahasa Tubuh Wanita yang Diam-diam Menyukaimu, Dia Memendam Rasa!

Bahasa tubuh adalah salah satu cara terbaik untuk memahami perasaan seseorang, dan wanita sering kali menunjukkan melalui tanda-tandanya.
Ilustrasi - Bahasa tubuh adalah salah satu cara terbaik untuk memahami perasaan seseorang, dan wanita sering kali menunjukkan melalui tanda-tandanya. (Sumber : Freepik.com).
Nasional02 Juli 2024, 20:41 WIB

Hacker Bakal Berikan Kunci Enkripsi Pusat Data Nasional yang Diretas

Kelompok hacker, Brain Chiper, yang diduga meretas Pusat Data Nasional (PDNS), membuat pengumuman yang mengejutkan publik. Hal itu diungkap akun perusahaan intelijen siber @stealthmole_int di X.
Brain Chiper, yang diduga peretas Pusat Data Nasional (PDNS), menyebutkan bahwa kunci untuk membuka akses enkripsi PDNS 2 akan diberikan pada Rabu, 3 Juli 2024 | Foto : Ilustrasi
DPRD Kab. Sukabumi02 Juli 2024, 20:06 WIB

Paripurna DPRD Kabupaten Sukabumi Tetapkan Laporan APBD 2023 Menjadi Perda

DPRD Kabupatem Sukabumi, menggelar Rapat Paripurna untuk menetapkan hasil laporan tentang pertanggungjawaban pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2023, menjadi peraturan daerah (Perda).
Rapat Pipurna DPRD Kabupaten Sukabumi tentang pertanggungjawaban pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2023 | Foto : Istimewa
Gadget02 Juli 2024, 20:00 WIB

3 Rekomendasi HP dengan RAM Besar Harga Mulai Rp3 Jutaan Saja!

HP dengan RAM besar memungkinkan Anda untuk menjalankan aplikasi-aplikasi produktivitas dengan lancar dan tanpa hambatan.
Ilustrasi - HP dengan RAM besar memungkinkan Anda untuk menjalankan aplikasi-aplikasi produktivitas dengan lancar dan tanpa hambatan. (Sumber : samsung.com/Mi.co.id).
Nasional02 Juli 2024, 19:05 WIB

Penjambret Beraksi Di Jakarta Ditangkap Di Sukabumi: Ini Kronologi dan Identitasnya

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Komisaris Besar Ade Ary Syam Indradi mengatakan pihaknya telah menangkap dua penjambret yang beraksi di arena Car Free Day Jalan Sudirman, Jakarta Pusat
Penjambret tertangkap kamera fotografer saat beraksi di car fre day di Sudirman Jakarta | Foto : @zakwanoe di X (Twitter)
Sehat02 Juli 2024, 19:00 WIB

Rebusan Daun Salam untuk Mengobati Asam Urat, Gula Darah dan Kolesterol

Rebusan daun salam dipercaya dapat membantu mengobati berbagai penyakit seperti asam urat, gula darah dan kolesterol.
Ilustrasi - Rebusan daun salam dipercaya dapat membantu mengobati berbagai penyakit seperti asam urat, gula darah dan kolesterol. (Sumber : YouTube/@Classic Bakes).
Sukabumi Memilih02 Juli 2024, 18:18 WIB

Bersaing di Pilbup Sukabumi, Asjap dan Iyos Kompak Hadiri Acara DPP Golkar: Ini Kata Relawan

Bakal calon bupati Sukabumi, Asep Japar dan Iyos Somantri kompak menghadiri acara DPP Partai Golkar, pada Minggu 30 Juni 2024, di Jakarta.
Asep Japar dan Iyos Somantri kompak hadiri acara DPP Partai Golkar | Foto : Istimewa