7 Kebiasaan Buruk yang Menyebabkan Penyakit Jantung, Hindari Jika Ingin Selamat!

Kamis 20 Juni 2024, 20:15 WIB
Ilustrasi Salah satu kebiasaan buruk yang sebabkan penyakit jantung yaitu makan berlebihan (Sumber : Freepik.com/@wayhomestudio)

Ilustrasi Salah satu kebiasaan buruk yang sebabkan penyakit jantung yaitu makan berlebihan (Sumber : Freepik.com/@wayhomestudio)

SUKABUMIUPDATE.com - Bagian tubuh yang menjadi sumber kehidupan adalah jantung. Maka dari itu, perlu menjaga kesehatan agar jantung juga menjadi sehat serta terbebas dari penyakit.

Namun, terkadang banyak orang lupa dan melakukan kebiasaan buruk yang justru mengancam terserang penyakit jantung. Jika jantung sudah tidak sehat, maka tubuh pun berisiko untuk terkena komplikasi lainnya.

Menjaga jantung tentu banyak caranya. Salah satunya dengan mengadopsi pola hidup sehat dan menghindari kebiasaan buruk agar tidak terserang penyakit jantung.

Mengutip dari laman The Health Site, serangan jantung terjadi ketika tubuh kekurangan atau ada penyumbatan total suplai darah di arteri. Hal ini bisa terjadi akibat adanya kebiasaan buruk yang dilakukan. Berikut 7 kebiasaan buruk yang menyebabkan penyakit jantung, menurut laman tersebut:

Baca Juga: 6 Kebiasaan Ini yang Meningkatkan Lonjakan Gula Darah, Bukan Hanya Makanan Manis!

1. Merokok

Kebiasaan buruk seperti merokok dapat merusak pembuluh jantung dan menyebabkan pembekuan darah, sehingga hal ini membuat seseorang terkena serangan jantung.

2. Konsumsi Alkohol

Menurut British Heart Foundation, kebiasaan buruk minum alkohol yang berlebihan akan membuat tekanan darah tinggi dan akhirnya menyebabkan serangan jantung.

3. Diet yang Buruk

Makanan yang tidak sehat dapat meningkatkan kolesterol "jahat" atau LDL dalam darah. Hal ini meningkatkan risiko penyakit jantung seperti serangan jantung dan stroke.

Oleh karena itu, kebiasaan makan yang buruk akan menjadi faktor paling berpengaruh pada jantung dan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Baca Juga: 8 Tips Makan Malam yang Aman untuk Menjaga Kadar Gula Darah dan Contoh Menunya

4. Kurangnya Aktivitas Fisik

Orang yang sedikit atau tidak melakukan aktivitas fisik sama sekali beresiko lebih tinggi mengalami serangan jantung. Oleh sebab itu, menambah aktivitas fisik yang positif seperti olahraga merupakan hal baik bagi kesehatan jantung.

5. Asupan Garam Tinggi

Terlalu banyak natrium menyebabkan hipertensi. Jika sudah pada tahap hipertensi, sangat mungkin menjadi penyebab serangan jantung.

Dengan mengatur asupan garam dan menghindari kelebihan natrium, maka kita bisa membuat tubuh lebih sehat dan jantung juga terjaga.

6. Kebiasaan Tidur yang Buruk

Menurut Harvard Health, kurang tidur dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon dan tekanan darah tinggi pada tubuh. Hal ini tentu pada akhirnya bisa meningkatkan resiko serangan jantung dan penyakit jantung lainnya.

Baca Juga: Kadar Gula Darah Terkendali, 4 Makanan Manis yang Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes

7. Makan Berlebihan

Makan terlalu banyak tanpa pembakaran kalori akan menyebabkan penumpukan lemak dan pembekuan darah. Yang pada akhirnya akan menyebabkan serangan jantung.

Hindarilah kebiasaan buruk agar tubuh tetap sehat dan bugar, sehingga jantung juga sehat serta terhindar dari penyakit yang membahayakan. Menjaga pola makan dan rutin berolahraga dengan porsi yang sesuai akan membuat tubuh lebih sehat dan terjaga dari segala penyakit.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat30 Juni 2024, 10:00 WIB

Mengenal Apa Itu Clean Eeating dalam Pola Makan Sehat, Sudah Tahu?

Istilah Clean Eeating dan diet bersih menjadi interpretasi oleh konsumen sekaligus pemasaran produk "bersih" oleh industri makanan yang dapat sangat bervariasi.
Ilustrasi. Clean Eating (Sumber : Pexels/ShameelMukkath)
Nasional30 Juni 2024, 09:58 WIB

Pusat Data Nasional Diretas, PUI Sebut Malapetaka yang Mengancam Integritas Bangsa

Peretasan Pusat Data Nasional ini tidak hanya merugikan PUI sebagai salah satu korban, tetapi juga mengancam integritas dan keamanan data seluruh bangsa.
Ilustrasi. PUI menyoroti peretasan Pusat Data Nasional (PDN). (Sumber : Facebook)
Sukabumi30 Juni 2024, 09:28 WIB

Pernah Makan Korban, Jembatan Rusak di Cireunghas Sukabumi Dikeluhkan Warga

Jembatan rusak di Cireunghas Sukabumi ini dikeluhkan warga karena kondisinya memprihatinkan dan pernah makan korban.
Kondisi jembatan dengan lebar sekitar 60 centimeter serta panjang 15 meter di Kampung Bandang, Rt 12/04, Desa Tegal Panjang, Kecamatan Cireunghas, Kabupaten Sukabumi. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Life30 Juni 2024, 09:00 WIB

9 Sikap Agar Kamu Bisa Berdamai dengan Masa Lalu dan Hidup Bahagia

Semoga tips-tips ini dapat membantu kamu berdamai dengan masa lalu dan menjalani hidup yang lebih bahagia!
Ilustrasi - Semoga tips-tips ini dapat membantu kamu berdamai dengan masa lalu dan menjalani hidup yang lebih bahagia! (Sumber : Freepik.com/@cookie_studio)
Life30 Juni 2024, 08:00 WIB

Public Speaking untuk Pemula Tak Hanya Materi Presentasi, Cek 10 Tips Ini!

Dengan mengikuti tips-tips ini dan terus berlatih, Anda akan semakin percaya diri dan mahir dalam public speaking.
Ilustrasi. Tips Public Speaking untuk Pemula (Sumber : Freepik/wavebreakmedia_micro)
Food & Travel30 Juni 2024, 07:00 WIB

Resep Sandwich Salad Telur Sehat dari Ahli Diet, Bikinnya Cuma 20 Menit!

Sehat! Resep Sandwich Salad Telur ini sudah diulas langsung oleh Ahli Diet Emily Lachtrupp!
Ilustrasi. Resep Sandwich Salad Telur Sehat (Sumber : Pexels/SuzyHazelwood)
Science30 Juni 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 30 Juni 2024, Cek Dulu Yuk Langit Sebelum Keluar Rumah

Prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat 30 Juni 2024 dimana cuaca berawan berpotensi terjadi di berbagai wilayah termasuk Sukabumi dan sekitarnya.
Ilustrasi - Prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat 30 Juni 2024 dimana cuaca berawan berpotensi terjadi di berbagai wilayah termasuk Sukabumi dan sekitarnya. (Sumber : pexels.com/Gabriela Palai)
Sukabumi29 Juni 2024, 23:28 WIB

Warga Dengar Ledakan, Tiang Listrik Ambruk di Cemerlang Sempat Bikin Padam Sukabumi

Ketika peristiwa terjadi, terdengar suara ledakan dibarengi cahaya seperti kilat.
Tiang listrik yang ambruk di Jalan Cemerlang, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi, Sabtu malam (29/6/2024). | Foto: SU/Asep Awaludin
Sukabumi29 Juni 2024, 23:04 WIB

Longsor Masih Tutup Jalan di Jampangtengah Sukabumi, Ruko Ikut Tertimbun

Longsor ini sepanjang 2 hingga 8 meter, lebar 2 sampai 4 meter, dan tinggi 3 meter.
Ruko yang tertimbun longsor di Kampung Nagrog, Desa Bantaragung, Kecamatan Jampangengah, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (29/6/2024) . | Foto: Istimewa
Life29 Juni 2024, 22:30 WIB

Memberi Tanpa Mengharap, 5 Ciri Wanita yang Benar-Benar Tulus Menurut Psikologi

Wanita yang benar-benar tulus akan menunjukkan sikap dan perilaku ini dalam kehidupan sehari-hari.
Ilustrasi - Wanita yang benar-benar tulus dapat dikenali dari ciri-cirinya. (Sumber : Pexels.com/@Mental Health America)