6 Tips Agar Kualitas Tidur Lebih Baik, Tubuh Sehat dan Bugar Saat Bangun

Kamis 20 Juni 2024, 10:15 WIB
Ilustrasi Cobalah beberapa tips agar bisa mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik (Sumber : Freepik.com/@jcomp)

Ilustrasi Cobalah beberapa tips agar bisa mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik (Sumber : Freepik.com/@jcomp)

SUKABUMIUPDATE.com - Hampir setiap orang memiliki masalah pada kualitas tidur. Ada banyak faktor yang menyebabkannya, dan ada banyak cara untuk menyelesaikannya juga.

Menjaga kualitas tidur sama dengan menjaga kesehatan tubuh. Sebab, porsi istirahat yang cukup akan membantu pembaharuan sel pada sistem tubuh yang bermanfaat bagi tubuh itu sendiri.

Jika kualitas tidur baik, maka kesehatan tubuh akan terjaga dan kita bisa merasa bugar setiap bangun pagi. Itulah yang membuat tidur berkualitas sangat mempengaruhi kehidupan sehari-hari manusia.

Baca Juga: Kadar Gula Darah Terkendali, 4 Makanan Manis yang Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes

Mengutip dari laman Mayo Clinic, banyak faktor yang dapat mengganggu tidur malam yang nyenyak. Mulai dari stres pekerjaan dan tanggung jawab keluarga hingga penyakit. Tak heran, jika kualitas tidur terkadang sulit dipahami.

Banyak orang mungkin tidak bisa mengendalikan faktor-faktor yang mengganggu tidur mereka. Namun, kita bisa menerapkan kebiasaan yang mendorong tidur lebih nyenyak. Mulailah dengan tips sederhana berikut ini:

1. Patuhi Jadwal Tidur

Usahakan waktu untuk tidur tidak lebih dari delapan jam. Jumlah tidur yang dianjurkan bagi orang dewasa sehat adalah minimal tujuh jam. Karena sebagian orang tidak memerlukan waktu lebih dari delapan jam di tempat tidur hanya agar bisa mendapatkan istirahat yang cukup.

Sebaiknya, pergilah untuk tidur dan bangun pada waktu yang setiap hari, termasuk ketika akhir pekan. Sebab, memiliki sikap konsisten dapat memperkuat siklus tidur-bangun tubuh.

Baca Juga: 5 Olahan Daging Lebaran yang Sebaiknya Tidak Dimakan Penderita Gula Darah Tinggi

2. Perhatikan Makanan dan Minuman yang Dikonsumsi

Jangan tidur dalam keadaan lapar atau terlalu kenyang. Sebaiknya, menghindari makanan berat atau besar beberapa jam sebelum tidur. Karena ketidaknyamanan di perut mungkin membuat kita tetap terjaga.

Nikotin, kafein, dan alkohol juga patut diwaspadai. Efek stimulasi nikotin dan kafein memerlukan waktu berjam-jam untuk hilang dan dapat mengganggu tidur. Meskipun alkohol mungkin membuat mengantuk pada awalnya, namun alkohol juga dapat mengganggu tidur di malam hari.

3. Ciptakan Lingkungan yang Tenang

Jagalah ruangan tetap sejuk, gelap, dan tenang. Paparan cahaya di malam hari mungkin membuat kita lebih sulit tertidur. Jadi, sebelum tidur alangkah baiknya hindari penggunaan layar yang memancarkan cahaya dalam waktu lama.

Coba untuk mempertimbangkan menggunakan tirai penggelap ruangan, kipas angin, penutup telinga dan mata, atau perangkat lain, yang bisa menciptakan lingkungan sesuai dengan kebutuhan diri sendiri.

Melakukan aktivitas yang menenangkan sebelum tidur seperti mandi atau menggunakan teknik relaksasi, dapat meningkatkan kualitas tidur.

Baca Juga: 5 Aturan Makan Nasi Bagi Penderita Diabetes Agar Kadar Gula Darah Aman

4. Batasi Tidur Siang Hari

Tidur siang yang lama dapat mengganggu tidur malam hari. Batasi tidur siang tidak lebih dari satu jam dan hindari tidur siang di sore hari.

Namun, jika Anda bekerja di malam hari, mungkin perlu tidur siang sebelum bekerja untuk membantu kekurangan jam tidur.

5. Kelola Kekhawatiran

Cobalah untuk menyelesaikan kekhawatiran atau kecemasan yang dirasakan sebelum tidur. Catat apa yang ada dalam pikiran agar bisa diselesaikan lagi esok pagi.

Manajemen stres mungkin bisa membantu. Mulailah dengan hal-hal mendasar, seperti mengatur, menetapkan prioritas, dan mendelegasikan tugas. Selain itu, meditasi juga dapat meredakan kecemasan.

Baca Juga: 8 Makanan Lebaran yang Sebaiknya Tidak Dimakan Penderita Gula Darah Tinggi

6. Sertakan Aktivitas Fisik dalam Rutinitas Harian

Aktivitas fisik yang teratur dapat meningkatkan kualitas tidur. Akan tetapi, jangan beraktivitas terlalu dekat dengan waktu tidur. Menghabiskan waktu di luar setiap hari mungkin juga bisa membantu.

Jika sering sulit tidur, hubungi penyedia layanan kesehatan atau dokter. Mengidentifikasi dan mengobati penyebab yang mendasarinya bisa membantu mendapatkan tidur lebih baik dan layak untuk dirasakan.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi16 September 2024, 23:43 WIB

Kompor Ditinggal saat Memasak, Rumah Warga di Cicurug Sukabumi Hangus Terbakar

Berikut kronologi kebakaran rumah di Cicurug Sukabumi. Api diduga berasal dari kompor yang ditinggal saat memasak oleh penghuni.
Tim Damkar saat memadamkan api di rumah warga Cicurug Sukabumi yang terbakar. (Sumber : SU/Ibnu)
Sukabumi16 September 2024, 21:03 WIB

Pemotor di Palabuhanratu Sukabumi Kaget Disetop Polisi, Tahunya Dapat Helm Gratis

Para pengendara yang melintas di Palabuhanratu Sukabumi dibuat kaget karena disetop polisi. Ternyata diberi helm gratis dan Cokelat. Ini tujuannya
Kapolres Sukabumi AKBP Dr Samian bersama isteri saat memberikan helm gratis bagi pemotor di Palabuhanratu. (Sumber : SU/Ilyas)
Film16 September 2024, 21:00 WIB

Sinopsis Film Malam Keramat, Teror Mistis Mengerikan di Rumah Mewah

Malam Keramat akan menjadi film horor selanjutnya yang akan menghiasi layar lebar pada bulan ini. Film tersebut telah tayang di seluruh bioskop Indonesia pada Kamis, 12 September 2024.
Sinopsis Film Malam Keramat, Teror Mistis Mengerikan di Rumah Mewah (Sumber : Instagram/@helroadfilms)
Jawa Barat16 September 2024, 20:03 WIB

Polisi Ungkap Penyebab Kemacetan Parah di Puncak Bogor saat Libur Maulid Nabi

Berikut penyebab kemacetan parah di Puncak Bogor saat libur maulid nabi menurut kepolisian.
Puncak Bogor macet parah hingga kendaraan tak bisa bergerak sama sekali. (Sumber : X@Ari_is1to /@baisunn)
Entertainment16 September 2024, 20:00 WIB

Tidak Ikut Comeback dan Tur Konser, Jeonghan SEVENTEEN Mulai Wajib Militer September

Jeonghan SEVENTEEN secara resmi akan mulai menjalani wajib militer pada Kamis, 26 September 2024. Pengumuman tersebut diberitahukan langsung oleh agensinya, Pledis Entertainment.
Tidak Ikut Comeback dan Tur Konser, Jeonghan SEVENTEEN Mulai Wajib Militer September (Sumber : Instagram/@jeonghaniyoo_n)
Science16 September 2024, 19:15 WIB

Hanya 5% yang Baru di Eksplorasi, 7 Fakta Sains Menarik Tentang Lautan

Lautan masih menyimpan sejumlah misteri yang belum terpecahkan hingga saat ini.
Ilustrasi - Lautan masih menyimpan sejumlah misteri yang belum terpecahkan hingga saat ini. (Sumber : Pixabay.com/@TANK153).
Sukabumi16 September 2024, 19:07 WIB

Pelajar yang Terseret Ombak di Pantai Cipatuguran Sukabumi Belum Ditemukan

Tim SAR gabungan pakai aqua eye hingga drone dalam pencarian pelajar Sukabumi yang hilang terseret ombak di Pantai Cipatuguran.
Proses pencarian oleh tim SAR di tengah laut Pantai Cipatuguran Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Film16 September 2024, 19:00 WIB

Spin Off Hospital Playlist, Wise Resident Life Dipastikan Batal Tayang Tahun Ini

Drama korea Wise Resident Life yang merupakan spin-off dari drakor Hospital Playlist dipastikan tidak akan tayang tahun ini, karena permasalahan dunia medis yang terjadi di Korea Selatan saat ini.
Spin Off Hospital Playlist, Wise Resident Life Dipastikan Batal Tayang Tahun Ini (Sumber : Istimewa)
Entertainment16 September 2024, 18:30 WIB

Hoki! Unggahan Mutia Ayu di Instagram Diposting Ulang Oleh Bruno Mars

Pengalaman yang tidak akan pernah terlupakan dialami oleh Mutia Ayu yang beruntung ketika Bruno Mars tersenyum ke arahnya sampai postingan yang ia unggah dibagikan ulang oleh pelantun Versace on the Floor
Hoki! Unggahan Mutia Ayu di Instagram Diposting Ulang Oleh Bruno Mars (Sumber : Instagram/@mutia_ayu)
Life16 September 2024, 18:00 WIB

Padamnya Api Keabadian, 5 Peristiwa Luar Biasa Saat Kelahiran Nabi Muhammad SAW

Kelahiran Nabi Muhammad SAW diiringi dengan sejumlah peristiwa besar yang patut diketahui oleh Umat Muslim.
Ilustrasi - Kelahiran Nabi Muhammad SAW diiringi dengan sejumlah peristiwa besar yang patut diketahui oleh Umat Muslim. (Sumber : Freepik.com/Ist).