8 Tips Mengasuh Anak Saat Bunda Sedang Sakit, Yuk Terapkan di Rumah

Rabu 19 Juni 2024, 12:15 WIB
Ilustrasi tips mengasuh anak saat bunda sedang sakit (Sumber : Pexels.com/@Gustavo Fring)

Ilustrasi tips mengasuh anak saat bunda sedang sakit (Sumber : Pexels.com/@Gustavo Fring)

SUKABUMIUPDATE.com - Ketika badan terasa tidak berdaya dalam keadaan sakit, menjaga kebersihan yang ketat sangatlah penting, terutama di dalam rumah tangga. Karena saat sakit melanda, tubuh orang tua dipenuhi dengan bakteri dan virus yang dimana hal tersebut ditakutkan akan menular pada si kecil.

Maka dari itu, untuk mengatasi hal yang tidak diinginkan terjadi pada si kecil, lakukan langkah-langkah praktis bagi orang tua yang sedang sakit agar bisa menjaga kesehatan keluarga mereka, mulai dari kebersihan tangan, pemakaian masker hingga strategi isolasi yang bijaksana.

Karena dengan memprioritaskan langkah-langkah tersebut, setiap orang tua dapat memastikan perisai pelindung terhadap penyebaran penyakit, mendorong lingkungan rumah yang lebih aman, dan sehat untuk semua anggota keluarga.

Merangkum dari laman Gleneagles, berikut beberapa tips yang bisa Bunda lakukan dalam mengasuh anak saat sedang sakit :

Baca Juga: 8 Makanan Lebaran yang Sebaiknya Tidak Dimakan Penderita Gula Darah Tinggi

1. Mempraktikkan Kebersihan Pernapasan

Tutup mulut dan hidung dengan tisu atau siku yang ditekuk saat batuk atau bersin. Buanglah tisu yang telah digunakan dengan segera dan cucilah tangan secara seksama untuk mencegah penyebaran percikan virus dari pernapasan dan patogen di udara.

2. Mencuci Tangan

Lakukanlah rutinitas mencuci tangan secara teratur dengan sabun dan air, terutama setelah batuk, bersin, atau membuang ingus.

Jika sabun dan air tidak tersedia, gunakan pembersih tangan berbasis alkohol dengan kandungan alkohol minimal 60% untuk mendesinfeksi tangan. Ajak juga anggota keluarga lainnya untuk melakukan hal yang sama.

3. Menggunakan Masker

Menggunakan masker, terutama saat melakukan kontak dekat dengan orang lain di dalam rumah, dapat membantu mencegah penyebaran percikan pernapasan yang mungkin mengandung virus atau bakteri.

Hal ini sangat penting terutama jika orang tua yang sakit perlu merawat anak-anak mereka atau berinteraksi secara dekat dengan anggota keluarga lainnya.

Baca Juga: Kadar Gula Darah Terkendali, 4 Makanan Manis yang Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes

4. Disinfeksi Permukaan yang Sering Disentuh

Secara teratur bersihkan dan desinfeksi peralatan atau benda-benda yang sering disentuh di dalam rumah, seperti gagang pintu, saklar lampu, meja dapur, dan perangkat elektronik, karena virus dan bakteri dapat bertahan di permukaan tersebut dalam waktu yang cukup lama.

5. Batasi Kontak Langsung

Para Bunda yang sedang sakit setidaknya cobalah untuk mengurangi kontak dekat dengan anak-anak dan anggota keluarga lain, terutama kalau mereka rentan terkena penyakit dan atau memiliki sistem kekebalan tubuh lemah.

Kalau memungkinkan, orang tua yang sakit harus coba mengisolasi diri mereka sendiri di dalam rumah dengan tinggal di kamar terpisah hingga menggunakan kamar mandi yang terpisah.

6. Mempertahankan Rutinitas Menyusui

Bahkan ketika dalam kondisi sakit, ibu menyusui harus tetap melanjutkan rutinitasnya kecuali jika direkomendasikan lain oleh penyedia layanan kesehatan atau dokter.

Karena, ASI kaya akan antibodi dan zat-zat yang meningkatkan kekebalan tubuh. Ketika Bunda jatuh sakit, tubuh akan menghasilkan antibodi spesifik untuk melawan infeksi.

Selain itu, menyusui memungkinkan ibu untuk memberikan antibodi ini kepada bayinya, sehingga dapat memberikan perlindungan ekstra.

Baca Juga: 6 Kebiasaan Ini yang Meningkatkan Lonjakan Gula Darah, Bukan Hanya Makanan Manis!

7. Tetap Terinformasi Tentang Vaksinasi

Tetap ikuti perkembangan vaksinasi bayi. Karena menjaga bayi tetap ter vaksinasi dapat membantu melindungi mereka dari serangan penyakit serius dan mengurangi risiko komplikasi.

8. Meminta Nasihat Medis

Jika gejala terus berlanjut atau memburuk, apalagi ada kekhawatiran terhadap kesehatan anggota keluarga yang lain, segera dapatkan bantuan medis. Karena tenaga kesehatan atau dokter bisa memberikan penjelasan dalam menangani gejala serta cara mencegah penyebaran penyakit di rumah.

Meskipun tidak selalu mungkin untuk sepenuhnya menghindari penyebaran penyakit dari orang tua kepada anak-anak yang berada di bawah pengasuhan, namun kepatuhan menjaga kebersihan yang tekun dapat secara signifikan mengurangi risiko penularan.

Selain itu, mengikuti saran medis dan mencari pengobatan yang tepat untuk penyakit dapat membantu meminimalkan penyebaran infeksi, sehingga menciptakan lingkungan rumah lebih aman dan sehat bagi semua orang.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi07 Juli 2024, 21:24 WIB

Identitas Korban dan Kronologi Balap Motor Berujung Maut di Pantai Palangpang Sukabumi

Polisi mengungkap identitas korban dan kronologi kecelakaan dalam aksi balap motor di trek pesisir Pantai Palangpang Sukabumi, Minggu (7/7/2024).
Tangkapan layar video balap motor di trek pesisir Pantai Palangpang Sukabumi Sabtu (6/7/2024). (Sumber : Istimewa)
Life07 Juli 2024, 21:00 WIB

10 Tips Membesarkan Anak dengan Penuh Kasih Sayang, Jangan Bosan Beri Dukungan!

Perhatikan kesehatan mental anak dan ajarkan cara-cara untuk mengatasi stres dan kecemasan agar anak tumbuh bahagia.
Ilustrasi. Keluarga Bahagia. Tips Membesarkan Anak dengan Penuh Kasih Sayang, Salah Satunya Jangan Bosan Beri Dukungan Ya! (Sumber : Freepik/@our-team)
Film07 Juli 2024, 20:00 WIB

5 Anime Dark Comedy Terbaik, Humor Gelap yang Siap Menghibur Anda

Anime dark comedy sering memiliki karakter yang eksentrik atau aneh yang berperilaku dengan cara yang tidak terduga.
Aniem Zom - Anime dark comedy sering memiliki karakter yang eksentrik atau aneh yang berperilaku dengan cara yang tidak terduga. (Sumber : crunchyroll.com).
Sukabumi07 Juli 2024, 19:52 WIB

Masih Berkeliaran Bawa Golok, ODGJ Pembacok Tetangga di Sukabumi Terus Diburu

Kades Jayanti Nandang mengatakan, pihaknya bersama kepolisian saat ini masih mencari Opa, ODGJ pembacok tetangga di Palabuhanratu Sukabumi.
Tampang Opa, ODGJ terduga pelaku pembacokan tetangga di Palabuhanratu Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sehat07 Juli 2024, 19:00 WIB

Rebusan Teh Serai: Khasiat untuk Hipertensi Hingga Menurunkan Kolesterol Jahat

eh serai menyimpan beragam manfaat kesehatan bagi tubuh manusia.
Ilustrasi - eh serai menyimpan beragam manfaat kesehatan bagi tubuh manusia. (Sumber : Freepik.com/@jcomp).
Sukabumi07 Juli 2024, 18:46 WIB

Balap Motor Pasir Pantai di Palangpang Sukabumi Diwarnai Kecelakaan, Satu Pembalap Tewas

Balap Motor di Pantai Palangpang Sukabumi berujung maut, satu pembalap dilaporkan tewas, satu lainnya kritis usai alami kecelakaan mengerikan.
Salah satu motor pembalap yang terlibat kecelakaan maut dalam lomba balap motor di pesisir pantai Palangpang Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Life07 Juli 2024, 18:00 WIB

Panduan Sholat Taubat dan Doa Awal Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 H

Bulan Muharram menjadi momen yang tepat untuk memperbaiki diri dan bertaubat menuju pribadi yang lebih baik.
Bulan Muharram menjadi momen yang tepat untuk memperbaiki diri dan bertaubat menuju pribadi yang lebih baik. | Sumber: Freepik (rawpixel.com)
DPRD Kab. Sukabumi07 Juli 2024, 17:56 WIB

Wakil Ketua DPRD M Sodikin Apresiasi Launching UPZ dan Badan Wakaf Kahmi Sukabumi

Mohammad Sodikin berharap melalui kedua lembaga tersebut, MD Kahmi Sukabumi bisa lebih berkontribusi secara nyata untuk umat.
Wakil Ketua DPRD kabupaten Sukabumi, Mohammad Sodikin, menghadiri acara launching UPZ dan Badan Wakaf MD Kahmi Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi07 Juli 2024, 17:36 WIB

Identitas Tengkorak Manusia di Cioray Sukabumi Masih Belum Terungkap

Polisi masih kesulitan mengungkap identitas tengkorak manusia yang ditemukan di Kampung Cioray Cikembar Sukabumi.
Lokasi penemuan tengkorak manusia di Cioray Sukabumi jaraknya sekitar 100 meter dari pemukiman warga | Foto : Ibnu Sanubari
Musik07 Juli 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Walau Sakit dari Vagetoz, “Kau yang Sedang ku Cinta Harus Kutinggalkan”

Lagu ini menggambarkan perasaan cinta yang mendalam dan pengorbanan yang besar.
Lagu ini menggambarkan perasaan cinta yang mendalam dan pengorbanan yang besar.  (Sumber : YouTube/@Vagetoz Official)