Bagaimana Sekolah Bisa Mengidentifikasi Anak Berbakat? Berikut 4 Tes yang Dapat Dilakukan

Sabtu 15 Juni 2024, 13:30 WIB
Ilustrasi pihak sekolah bisa mengidentifikasi anak-anak berbakat (Sumber : Pexels.com/@Katerina Holmes)

Ilustrasi pihak sekolah bisa mengidentifikasi anak-anak berbakat (Sumber : Pexels.com/@Katerina Holmes)

SUKABUMIUPDATE.com - Meskipun orang tua mungkin bertanya-tanya seperti apa rupa anak-anak berbakat agar bisa melihat apakah anaknya memiliki hal tersebut. Karena Mengkategorikan seorang anak sebagai anak berbakat sulit dilakukan karena tidak semua orang sepakat dengan definisi "berbakat".

Namun, para psikolog dan pendidik telah cukup meneliti anak-anak berbakat dengan memberikan gambaran tentang sifat-sifat yang cenderung dimiliki anak-anak tersebut. Sekolah melihat ciri-ciri ini bersama dengan tes IQ dan skor prestasi lainnya untuk membantu mengidentifikasi siswa berbakat.

Namun, tidak semua memerintah mengamanatkan program berbakat di sekolah, dan hanya 29 negara bagian yang memiliki perintah atau dana agar bisa dialokasikan untuk program berbakat.

Baca Juga: 9 Kategori Ikan Laut Rendah Purin yang Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat

Kepala sekolah atau administrator distrik sekolah anak-anak dapat memberikan rincian tentang pendidikan berbakat yang tersedia di sekolah anak Anda.

Mengutip dari laman verywellfamily, berikut beberapa hal yang dapat pihak sekolah lakukan untuk mengidentifikasi anak berbakat :

1. Skor IQ

Tes Intelligence Quotient (IQ) dapat digunakan untuk menentukan keberbakatan pada beberapa anak. Bergantung pada tes mana yang digunakan, rentang IQ berbakat adalah sebagai berikut:

  • Berbakat ringan: 115 hingga 129
  • Berbakat sedang: 130 hingga 144
  • Sangat berbakat: 145 hingga 159
  • Sangat berbakat: 160 hingga 179
  • Sangat berbakat: 180 atau lebih tinggi

Rentang ini didasarkan pada kurva standar. Kebanyakan orang berada dalam kisaran antara 85 dan 115, dengan 100 adalah norma absolut. Kisaran ini dianggap normal.

Semakin jauh dari norma absolut 100 seorang anak, semakin besar pula kebutuhan akan akomodasi pendidikan khusus, terlepas dari apakah jaraknya di atas atau di bawah 100.

Baca Juga: 11 Kebiasaan Orang Sukses di Pagi Hari yang Membuat Hidupnya Terlihat Sempurna

2. Bakat Luar Biasa

Bakat luar biasa adalah kemampuan untuk melakukan suatu keterampilan pada tingkat yang biasanya baru dicapai ketika usia lanjut, kadang-kadang sampai bisa usia dewasa.

Anak usia 3 tahun mungkin membaca seperti anak kelas tiga, atau anak usia 9 tahun mungkin bermain piano seperti anak berusia 18 tahun yang telah belajar selama bertahun-tahun.

3. Prestasi Tinggi

Anak-anak berbakat biasanya tidak selalu berprestasi tinggi. Bahkan ketika tidak mendapat nilai bagus di kelas, mereka cenderung mendapat nilai tinggi dalam tes prestasi, paling sering pada kisaran persentil 95–99.

Anak-anak ini senang belajar. Minat mereka dalam belajar dikombinasikan dengan kemampuan untuk mengambil konsep-konsep baru dengan cepat dan mengingatnya dengan mudah akan memungkinkan anak-anak berbakat untuk berhasil.

Namun, anak-anak berbakat sering kali tidak termotivasi untuk berhasil di sekolah karena penghargaan eksternal seperti nilai. Sebaliknya, orang yang berprestasi tinggi termotivasi oleh hal-hal seperti pujian, nilai tinggi, dan penghargaan dari rekan-rekan mereka.

Baca Juga: Bebas Diabetes, 5 Rutinitas Sehat yang Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah Tinggi

4. Tantangan Identifikasi

Ada ciri-ciri tertentu yang terlihat pada anak-anak berbakat yang tidak atau tidak dapat diuji oleh sekolah.

Sensitivitas yang meningkat sangat umum terjadi pada anak-anak berbakat sehingga merupakan salah satu ciri yang membedakan mereka dari anak-anak lainnya.

Anak-anak berbakat mungkin sensitif secara emosional, menangisi apa yang dianggap sepele oleh orang lain, atau mungkin sensitif secara fisik, seperti terganggu oleh label kaos atau jahitan kaos kaki.

Motivasi intrinsik berarti siswa berbakat mendapatkan motivasinya dari dalam, bukan dari imbalan eksternal seperti stiker atau bahkan nilai. Mereka termotivasi oleh minat dan tantangan. Bahkan jika anak berbakat tidak berprestasi di sekolah, mereka mungkin masih belajar dan berprestasi sendiri di rumah.

Baca Juga: 6 Bahasa Tubuh Orang yang Sedang Berbohong Kepada Kita, Ini Tandanya!

Selain itu, ketidaksesuaian membuat anak-anak berbakat merasa tidak perlu menyesuaikan diri, mengikuti aturan, atau menyelesaikan pekerjaan rumah yang mereka anggap tidak berarti. Karakteristik ini dapat menimbulkan akibat yang ironis yaitu rendahnya prestasi akademis, yang mungkin membuat frustasi baik bagi anak maupun orang tua.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi06 Juli 2024, 21:03 WIB

Pawai Obor dan Tablig Akbar, Gebyar Tahun Baru Islam 1446 H di Desa Rambay Sukabumi

Warga dari enam kedusunan di Desa Rambay, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi, memperingati 1 Muharam 1446 H
Gebyar 1 Muharam 1446 H di Desa Rambay Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Film06 Juli 2024, 21:00 WIB

Jimin dan Jungkook BTS akan Membintangi Acara Perjalanan Are You Sure

Dua member BTS yaitu Jimin dan Jungkook mengejutkan penggemar dengan merilis sebuah acara perjalanan bernama Are You Sure?!, yang akan tayang di Disney+ pada 8 Agustus 2024 mendatang.
Keliling Dunia, Jimin dan Jungkook BTS akan Membintangi Acara Perjalanan Are You Sure (Sumber : Instagram @/disneyplushotstarid)
Sukabumi06 Juli 2024, 20:53 WIB

Ribuan Warga Pawai Obor Rayakan Tahun Baru Islam 1446 H di Sagaranten Sukabumi

alam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 H, berbagai lapisan masyarakat dari 12 desa di Kecamatan Sagaranten, Kabupaten Sukabumi
Pawai obor meriahkan malam tahun baru Islam 1446 H di Sagaranten Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi Memilih06 Juli 2024, 20:29 WIB

Pelaku UMKM dan Pengusaha Jasa Konstruksi Sukabumi Dukung Iyos Somantri di Pilkada

Puluhan pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) serta pengusaha jasa di Kabupaten Sukabumi menyatakan dukungannya kepada Iyos Somantri sebagai bakal calon Bupati Sukabumi.
Pengusaha dukung Iyos Somantri di Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024 | Foto : Istimewa
Film06 Juli 2024, 20:00 WIB

5 Rekomendasi Anime Sci-Fi yang Seru dan Layak Ditonton Kembali

Anime Sci-Fi, atau singkatan dari Science Fiction, adalah genre anime yang mengangkat cerita-cerita fiksi ilmiah dengan berbagai macam tema dan subgenre.
Gintama -  Anime Sci-Fi, atau singkatan dari Science Fiction, adalah genre anime yang mengangkat cerita-cerita fiksi ilmiah dengan berbagai macam tema dan subgenre. (Sumber : crunchyroll.com).
Sukabumi Memilih06 Juli 2024, 19:26 WIB

Muraz-Andri Deklarasi Awal Agustus 2024, Koalisi Demokrat Golkar di Pilkada Kota Sukabumi

Pasangan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi, Mohamad Muraz dan Andri Setiawan Hamami, dikabarkan akan mengadakan deklarasi pasangan calon pada awal Agustus 2024
Pasangan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi, Mohamad Muraz dan Andri Setiawan Hamami | Foto : Istimewa
Entertainment06 Juli 2024, 19:00 WIB

Ada D.O EXO, Daftar Idol Kpop dan Aktor Korea yang Ke Indonesia Bulan Juli

Memasuki bulan Juli tentu saja disambut dengan sederet konser dan fanmeeting dari Idol Kpop maupun aktor atau aktris ternama dari Korea Selatan. Promotor Indonesia telah mengumumkan siapa saja yang akan datang kemari di bulan ini
Ada D.O EXO, Daftar Idol Kpop dan Aktor Korea yang Ke Indonesia Bulan Juli (Sumber : Instagram@/bohyunahn, @/d.o.hkyungsoo,@/xodiacofficial)
Sukabumi06 Juli 2024, 18:19 WIB

Goa Gelam Cidolog Sukabumi, Wisata Alam Bebatuan Unik yang Sarat Cerita

Goa Gelam, terletak di Kampung Cimapag, Desa Cikarang, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Sukabumi, menawarkan keindahan dan keunikan bebatuan alam yang tak biasa
Goa Gelam, terletak di Kampung Karangbentang, Desa Cikarang, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Life06 Juli 2024, 18:00 WIB

Doa Akhir dan Awal Tahun Baru Islam 1446 H, Jangan Lupa Baca!

Doa akhir dan awal tahun baru Islam ini dapat diamalkan dengan tujuan memohon rahmat, perlindungan dan ampunan dari Allah SWT.
Doa akhir dan awal tahun baru Islam ini dapat diamalkan dengan tujuan memohon rahmat, perlindungan dan ampunan dari Allah SWT. | Foto : Pixabay
Musik06 Juli 2024, 17:00 WIB

Lirik Terjemahan Lagu La La La Thats How It Goes Honne, Viral Jadi Backsound

Lagu La La La Thats How It Goes viral di TikTok terutama potongan lirik "La la la, la la la la la, Ooh, ooh, That's how it goes" yang dijadikan backsound video di aplikasi media sosial Instagram.
Ilustrasi. Gitar | Chord Gitar Before You Go Lewis Capaldi, Cover Lagu Galau Malam Minggu (Sumber : pixabay.com/@pvproductions)