Tanda Orang Cerdas Secara Emosional Tidak Bakal Lakukan 6 Hal Ini, Kamu Termasuk?

Kamis 13 Juni 2024, 18:45 WIB
Ilustrasi orang cerdas secara emosional yang tidak akan melakukan hal-hal aneh (Sumber : Pexels.com/@Alexandersuhorucov)

Ilustrasi orang cerdas secara emosional yang tidak akan melakukan hal-hal aneh (Sumber : Pexels.com/@Alexandersuhorucov)

SUKABUMIUPDATE.com - Menavigasi hubungan dunia yang kompleks tidak selalu mudah. Namun bila Anda dibekali dengan kecerdasan emosional, segala sesuatunya cenderung berjalan lebih lancar.

Kecerdasan emosional, atau EQ, adalah kemampuan untuk memahami dan mengelola emosi sendiri, serta mengenali serta mempengaruhi emosi orang-orang di sekitar.

Ini adalah unsur utama dalam membangun hubungan yang sehat dan memuaskan. Lalu, seperti apa tanda-tanda orang cerdas secara emosional? Yuk, kenali 5 hal ini, seperti dikutip dari laman ideapod.

Baca Juga: Asam Urat Tak Datang Lagi: 13 Tips Efektif Mencegahnya dengan Cara Alami

1. Tidak Menghindari Percakapan Sulit

Dalam dunia hubungan, komunikasi adalah kuncinya. Orang yang cerdas secara emosional memahami hal ini dan tidak menghindar dari percakapan yang sulit atau tidak nyaman.

Mereka tahu bahwa satu-satunya cara untuk benar-benar menyelesaikan masalah dan membangun ikatan yang lebih kuat dengan pasangannya adalah melakukan diskusi yang cukup lama.

Melakukan percakapan bukan tentang membuktikan siapa yang benar atau salah, namun lebih ke tentang memahami perspektif satu sama lain dan menemukan titik temu.

2. Tidak Menyembunyikan Kekurangan

Inilah sesuatu yang mungkin mengejutkan bahwa orang yang cerdas secara emosional tidak menyembunyikan kekurangan mereka dalam suatu hubungan.

Orang yang cerdas secara emosional tidak menampilkan kesempurnaan atau berusaha menampilkan diri mereka sebagai seseorang yang bukan diri mereka.

Mereka tahu bahwa setiap orang mempunyai kekurangan dan ketidaksempurnaan inilah yang menjadikan kita manusia. Orang-orang ini memahami bahwa berpura-pura menjadi sempurna hanya akan menghasilkan ekspektasi yang tidak realistis dan dapat berujung pada kekecewaan.

Baca Juga: Gula Darah Normal dan Hidup Sehat, 9 Makanan yang Baik untuk Penderita Diabetes

3. Tidak Menyimpan Dendam

Orang-orang yang cerdas secara emosional dalam hubungan bakal tidak menyimpan dendam. Pasalnya bagi mereka, memendam kemarahan dan kebencian bisa menjadi racun yang akan menciptakan penghalang serta mencegah penyembuhan maupun pertumbuhan.

Pasangan paling sukses adalah mereka yang tahu cara melepaskan rasa sakit di masa lalu dan memahami bahwa pengampunan adalah anugerah yang mereka berikan kepada diri sendiri.

Ketika orang yang cerdas secara emosional disakiti, mereka bakal mengungkapkan perasaan, mencari pengertian, dan penyelesaian, lalu melepaskannya.

4. Tidak Mengabaikan Kebutuhan Pasangan

Suatu hubungan adalah kemitraan dan itu membutuhkan keseimbangan antara memberi dan menerima.
Orang yang cerdas secara emosional akan memahami hal-hal tersebut, lalu mereka tidak hanya fokus pada kebutuhan maupun keinginan diri sendiri, tetapi berusaha agar bisa memahami dan memenuhi segala sesuatu mengenai pasangannya juga.

Mereka memperhatikan perasaan, keinginan, dan kebutuhan pasangannya dalam hubungan tersebut dengan mempertimbangkan sudut pandang pasangan, lalu berusaha memastikan kedua belah pihak merasa dihargai maupun diperhatikan.

Baca Juga: Jangan Mudah Tertipu! 8 Ciri Orang yang Tidak Suka dengan Kita Meski Sikapnya Baik

5. Tidak Mempermainkan Pikiran

Sederhananya, permainan pikiran bersifat manipulatif dan destruktif. Hal-hal tersebut menciptakan drama yang tidak perlu dan dapat menyebabkan kerusakan besar pada suatu hubungan.

Ketika emosi digunakan sebagai senjata, hal itu mengikis kepercayaan dan rasa hormat di antara pasangan.

6. Tidak Takut Sendirian

Orang yang cerdas secara emosional tidak takut sendirian karena mereka memahami nilai cinta diri serta kepedulian terhadap diri sendiri, dan tahu bahwa melajang bukanlah sebuah kutukan, melainkan sebuah kesempatan untuk berkembang secara pribadi.

Mereka tidak melihat suatu hubungan sebagai keharusan untuk melengkapi atau membuat mereka bahagia.

Orang-orang ini tidak bertahan dalam hubungan yang tidak berhasil karena takut sendirian, bahkan lebih memilih melajang daripada berada dalam hubungan tidak sehat atau tidak memuaskan.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Science05 Juli 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 5 Juli 2024, Semua Wilayah Berpotensi Hujan di Siang Hari

Prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat 5 Juli 2024 dimana cuaca hujan di siang hari berpotensi terjadi di berbagai wilayah termasuk Sukabumi dan sekitarnya.
Prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat 5 Juli 2024 dimana cuaca hujan di siang hari berpotensi terjadi di berbagai wilayah termasuk Sukabumi dan sekitarnya. (Sumber : Pixabay.com/@Horacio30)
Jawa Barat04 Juli 2024, 23:13 WIB

Audiensi ke Sekda Jabar, Pemkab Sukabumi Bahas Persiapan Pelaksanaan HCS 2024

Jelang event HCS 2024, Pemkab Sukabumi bertemu Sekda Jabar Herman Suryatman untuk meminta dukungan.
Momen Sekda Jabar terima audiensi Pemkab Sukabumi terkait pelaksanaan event HCS 2024. (Sumber : Dokpim Pemkab Sukabumi)
Internasional04 Juli 2024, 22:38 WIB

Hotel Van der Valk Belanda, Saksi Bisu Membaranya Asmara Ketua KPU Hasyim Asy'ari

Hotel Van der Valk yang berdiri megah di Den Haag Belanda, menjadi saksi bisu kasus asusila yang melibatkan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy'ari
Ilustrasi kamar hotel van der valk saat Hasyim Asy'ari bersama CAT  | Foto : Pixabay
Sukabumi04 Juli 2024, 21:50 WIB

Rumah di Parakansalak Sukabumi Roboh Usai Diguyur Hujan Deras Disertai Angin Kencang

Dapur rumah warga di Parakansalak Sukabumi roboh usai diguyur hujan deras disertai angin kencang pada Kamis (4/7/2024) dini hari.
P2BK tengah melakukan asesmen di lokasi rumah roboh yang berada di Kampung Kebonmuncang RT 3/5, Parakansalak Sukabumi, Kamis (4/7/2024). (Sumber : Istimewa)
Life04 Juli 2024, 21:00 WIB

11 Bahasa Tubuh Wanita Menandakan Dia Jatuh Cinta Pada Anda, Perasaan Tersembunyi!

Beberapa wanita menunjukan rasa sukanya dengan bahasa tubuhnya yang menggemaskan.
Ilustrasi - Beberapa wanita menunjukan rasa sukanya dengan bahasa tubuhnya yang menggemaskan. (Sumber : Freepik.com/@rawpixel.com).
Sukabumi04 Juli 2024, 20:47 WIB

Dispar Pastikan Pelaku Pariwisata dan Ekraf Sukabumi Komit Sukseskan Event HCS 2024

Penyelenggaraan HCS merupakan momen bagi pelaku pariwisata dan ekraf untuk menunjukkan potensi wisata di Kabupaten Sukabumi.
Stakeholder Pariwisata dan Ekonomi kreatif atau Ekraf di Kabupaten Sukabumi komitmen sukseskan Event HCS 2024. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi04 Juli 2024, 20:31 WIB

Warga Mangkalaya Sukabumi Protes: Drainase Baru Sepekan Dibangun Sudah Rusak

Warga Kampung Mangkalaya, Rt 02/05, Desa Cibolang, Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi keluhkan hasil pembangunan drainase yang sudah rusak kurang dari sepekan pengerjaan.
Warga saat menunjukan hasil pembangunan drainase yang rusak di Kampung Mangkalaya, Rt 02/05, Desa Cibolang, Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi. Kamis (4/7/2024) | Foto : Asep Awaludin
Sehat04 Juli 2024, 20:00 WIB

Kiwi Hingga Jeruk Nipis, 5 Buah yang Bantu Menjaga Kesehatan Tulang

Ada beberapa buah yang membantu meningkatkan kesehatan tulang.
Ilustrasi - Ada beberapa buah yang membantu meningkatkan kesehatan tulang.(Sumber : pexels.com/Dmitry Demidov)
Sukabumi04 Juli 2024, 19:38 WIB

Jalan Desa di Jampangtengah Sukabumi Amblas Akibat Hujan, Aktivitas Warga Terganggu

Jalan desa di Bantaragung Jampangtengah Sukabumi yang amblas akibat hujan deras ini butuh penanganan segera.
Kondisi jalan desa di Desa Bantaragung, Kecamatan Jampangtengah Sukabumi yang amblas. (Sumber : Istimewa)
Life04 Juli 2024, 19:00 WIB

Minta Maaf, Tolong & Terima Kasih, 10 Cara Membangun Karakter Anak Sopan Santun

Proses membangun karakter anak membutuhkan waktu. Bersabarlah dan terus berikan bimbingan yang positif demi membangun karakter anak yang berkualitas.
Ilustrasi. Parenting. Bersabarlah dan terus berikan bimbingan yang positif demi membangun karakter anak yang berkualitas. (Sumber : Freepik/@freepik)