5 Tanda-tanda Seseorang Sebenarnya Manipulatif, Salah Satunya Playing Victim

Kamis 13 Juni 2024, 18:15 WIB
Ilustrasi orang yang sebenarnya manipulatif, salah satunya suka playing victim (Sumber : Pexels.com/@Keiraburton)

Ilustrasi orang yang sebenarnya manipulatif, salah satunya suka playing victim (Sumber : Pexels.com/@Keiraburton)

SUKABUMIUPDATE.com - Berhadapan dengan seorang manipulatif kerap kali dapat menguras emosi dan membingungkan.

Perilaku manipulatif seringkali melibatkan taktik halus dan licik yang dapat membuat seseorang mempertanyakan persepsinya sendiri.

Orang-orang manipulatif ini mungkin tampak menawan dan tulus, hanya untuk kemudian mengungkapkan niat mereka yang sebenarnya.

Manipulasi bukan hanya karakteristik pribadi, namun lebih ke taktik psikologis yang digunakan sebagian orang untuk mendapatkan kendali atau keuntungan dari seseorang.

Lantas, seperti apa tanda-tanda seseorang sebenarnya manipulatif? Yuk, simak uraian berikut, merujuk pada laman ideapod:

Baca Juga: Asam Urat Tak Datang Lagi: 13 Tips Efektif Mencegahnya dengan Cara Alami

1. Terlalu Murah Hati

Mungkin terasa aneh untuk mengasosiasikan kemurahan hati dengan manipulasi, namun ini adalah taktik yang umum digunakan. Manipulator, dalam beberapa kasus, mungkin menghujani seseorang dengan hadiah, kebaikan, dan perhatian pada tahap awal suatu hubungan.

Kalau dilihat secara langsung mungkin tampak sebagai tindakan kebaikan atau kasih sayang begitu tulus, namun kemurahan hati yang berlebihan ini bisa mempunyai tujuan lebih gelap, yang sering digunakan untuk menciptakan rasa kewajiban atau hutang.

Meskipun menghargai sikap baik hati adalah hal yang baik, berhati-hatilah jika hal itu mulai terasa seperti ada ikatan. Sejatinya, kemurahan hati tidak boleh digunakan sebagai alat tawar-menawar.

2. Playing Victim

Berurusan dengan seseorang yang terus-menerus berperan sebagai korban atau playing victim bisa jadi cukup menantang. Sulit melihat orang yang Anda sayangi kesakitan, dan naluri alaminya akan muncul dengan menghibur dan mendukung mereka.

Individu yang manipulatif seringkali memanfaatkan hal ini untuk keuntungan mereka dengan terus-menerus menggambarkan diri sebagai korban, apapun situasinya. Penting untuk diingat bahwa setiap orang menghadapi tantangan dan tidak masalah untuk menawarkan dukungan.

Namun, jika Anda memperhatikan seseorang terus-menerus berada dalam krisis atau kisahnya sering kali tidak sesuai harapan, itu bisa jadi merupakan tanda manipulasi.

Baca Juga: Gula Darah Normal dan Hidup Sehat, 9 Makanan yang Baik untuk Penderita Diabetes

3. Tidak Mau Mengakui Kesalahan

Kita semua pernah menjumpai seseorang yang tidak bisa menerima bahwa mereka salah, yang mana ini adalah pengalaman membuat frustasi.

Orang yang manipulatif sering kali termasuk dalam kategori ini, di mana mau memutarbalikkan fakta, mengubah topik pembicaraan, atau langsung menyangkal bukti untuk menghindari pengakuan bahwa mereka melakukan kesalahan.

Perilaku ini tidak hanya menjengkelkan, tetapi juga membuat Anda mempertanyakan persepsi sendiri tentang kenyataan. Teknik ini dikenal dengan sebutan gaslighting, yaitu suatu bentuk manipulasi psikologis dimana seseorang membuat orang lain mempertanyakan kewarasan, ingatan, atau persepsinya.

Jika Anda terus-menerus merasa bingung atau ragu-ragu setelah berinteraksi dengan orang tertentu, itu mungkin pertanda dirimu sedang dimanipulasi.

4. Kerap Membuat Insecure

Ketidakamanan bisa menjadi alat yang ampuh di tangan seorang manipulator, dengan secara halus melemahkan rasa percaya diri, sehingga, mereka dapat membuat Anda lebih rentan terhadap pengaruhnya.

Orang yang manipulatif mungkin akan berkomentar begitu saja tentang betapa kompetitifnya bidang yang seseorang geluti atau berapa banyak orang yang gagal dalam posisi tertentu.

Komentar-komentar ini dapat menanamkan benih keraguan dalam pikiran, membuat mempertanyakan kemampuan dan keputusan seseorang.

Teknik manipulasi ini bukan tentang kritik yang membangun atau perhatian tulus, ini tentang menciptakan keraguan diri untuk mendapatkan kendali.

Baca Juga: Jangan Mudah Tertipu! 8 Ciri Orang yang Tidak Suka dengan Kita Meski Sikapnya Baik

5. Sikap Cepat Berubah dalam Waktu Dekat

Perilaku tak terduga ini bisa membuat seseorang merasa seperti berjalan di atas cangkang telur, terus-menerus tidak yakin di mana dia berdiri.

Ini bukanlah tanda hubungan yang sehat yakini manipulasi emosional, sebuah strategi yang sering digunakan untuk membuat seseorang terus menebak-nebak, kehilangan keseimbangan, dan terus-menerus kebingungan.

Sikap ketidakkonsistenan ini bukanlah hal yang normal dan tidak dapat diterima. Jangan memaafkan perilaku mereka atau menyalahkan diri sendiri atas fluktuasi mereka.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Science05 Juli 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 5 Juli 2024, Semua Wilayah Berpotensi Hujan di Siang Hari

Prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat 5 Juli 2024 dimana cuaca hujan di siang hari berpotensi terjadi di berbagai wilayah termasuk Sukabumi dan sekitarnya.
Prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat 5 Juli 2024 dimana cuaca hujan di siang hari berpotensi terjadi di berbagai wilayah termasuk Sukabumi dan sekitarnya. (Sumber : Pixabay.com/@Horacio30)
Jawa Barat04 Juli 2024, 23:13 WIB

Audiensi ke Sekda Jabar, Pemkab Sukabumi Bahas Persiapan Pelaksanaan HCS 2024

Jelang event HCS 2024, Pemkab Sukabumi bertemu Sekda Jabar Herman Suryatman untuk meminta dukungan.
Momen Sekda Jabar terima audiensi Pemkab Sukabumi terkait pelaksanaan event HCS 2024. (Sumber : Dokpim Pemkab Sukabumi)
Internasional04 Juli 2024, 22:38 WIB

Hotel Van der Valk Belanda, Saksi Bisu Membaranya Asmara Ketua KPU Hasyim Asy'ari

Hotel Van der Valk yang berdiri megah di Den Haag Belanda, menjadi saksi bisu kasus asusila yang melibatkan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy'ari
Ilustrasi kamar hotel van der valk saat Hasyim Asy'ari bersama CAT  | Foto : Pixabay
Sukabumi04 Juli 2024, 21:50 WIB

Rumah di Parakansalak Sukabumi Roboh Usai Diguyur Hujan Deras Disertai Angin Kencang

Dapur rumah warga di Parakansalak Sukabumi roboh usai diguyur hujan deras disertai angin kencang pada Kamis (4/7/2024) dini hari.
P2BK tengah melakukan asesmen di lokasi rumah roboh yang berada di Kampung Kebonmuncang RT 3/5, Parakansalak Sukabumi, Kamis (4/7/2024). (Sumber : Istimewa)
Life04 Juli 2024, 21:00 WIB

11 Bahasa Tubuh Wanita Menandakan Dia Jatuh Cinta Pada Anda, Perasaan Tersembunyi!

Beberapa wanita menunjukan rasa sukanya dengan bahasa tubuhnya yang menggemaskan.
Ilustrasi - Beberapa wanita menunjukan rasa sukanya dengan bahasa tubuhnya yang menggemaskan. (Sumber : Freepik.com/@rawpixel.com).
Sukabumi04 Juli 2024, 20:47 WIB

Dispar Pastikan Pelaku Pariwisata dan Ekraf Sukabumi Komit Sukseskan Event HCS 2024

Penyelenggaraan HCS merupakan momen bagi pelaku pariwisata dan ekraf untuk menunjukkan potensi wisata di Kabupaten Sukabumi.
Stakeholder Pariwisata dan Ekonomi kreatif atau Ekraf di Kabupaten Sukabumi komitmen sukseskan Event HCS 2024. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi04 Juli 2024, 20:31 WIB

Warga Mangkalaya Sukabumi Protes: Drainase Baru Sepekan Dibangun Sudah Rusak

Warga Kampung Mangkalaya, Rt 02/05, Desa Cibolang, Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi keluhkan hasil pembangunan drainase yang sudah rusak kurang dari sepekan pengerjaan.
Warga saat menunjukan hasil pembangunan drainase yang rusak di Kampung Mangkalaya, Rt 02/05, Desa Cibolang, Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi. Kamis (4/7/2024) | Foto : Asep Awaludin
Sehat04 Juli 2024, 20:00 WIB

Kiwi Hingga Jeruk Nipis, 5 Buah yang Bantu Menjaga Kesehatan Tulang

Ada beberapa buah yang membantu meningkatkan kesehatan tulang.
Ilustrasi - Ada beberapa buah yang membantu meningkatkan kesehatan tulang.(Sumber : pexels.com/Dmitry Demidov)
Sukabumi04 Juli 2024, 19:38 WIB

Jalan Desa di Jampangtengah Sukabumi Amblas Akibat Hujan, Aktivitas Warga Terganggu

Jalan desa di Bantaragung Jampangtengah Sukabumi yang amblas akibat hujan deras ini butuh penanganan segera.
Kondisi jalan desa di Desa Bantaragung, Kecamatan Jampangtengah Sukabumi yang amblas. (Sumber : Istimewa)
Life04 Juli 2024, 19:00 WIB

Minta Maaf, Tolong & Terima Kasih, 10 Cara Membangun Karakter Anak Sopan Santun

Proses membangun karakter anak membutuhkan waktu. Bersabarlah dan terus berikan bimbingan yang positif demi membangun karakter anak yang berkualitas.
Ilustrasi. Parenting. Bersabarlah dan terus berikan bimbingan yang positif demi membangun karakter anak yang berkualitas. (Sumber : Freepik/@freepik)