Jangan Abai! Ini 6 Tanda Halus Lelah Secara Emosional yang Perlu Diperhatikan

Senin 10 Juni 2024, 18:15 WIB
Ilustrasi seseorang yang  mengalami tanda halus lelah secara emosional (Sumber : pexels.com/@NathanCowley)

Ilustrasi seseorang yang mengalami tanda halus lelah secara emosional (Sumber : pexels.com/@NathanCowley)

SUKABUMIUPDATE.com - Apabila seseorang mengalami lelah secara terus-menerus, hal itu mungkin bukan sekadar kelelahan, namun bisa menjadi sesuatu yang lebih serius yakni lelah emosional.

Emosi manusia adalah jaringan yang kompleks, yang mana terhubung dengan spektrum perasaan secara luas, dan terkadang perasaan itu bisa menguasai siapa saja.

Bagian sulit adalah lelah emosional yang justru tidak selalu terlihat jelas, karena kerap kali menyusup ke dalam diri dengan menunjukkan berupa tanda-tanda halus yang perlu diperhatikan.

Lantas, apa tanda-tanda orang yang mengalami lelah emosional? Yuk, simak ulasan selengkapnya, seperti dikutip dari laman hack spirit:

Baca Juga: Bebas Nyeri Sendi, 5 Jenis Camilan Rendah Purin yang Ramah untuk Kadar Asam Urat

1. Selalu Lelah

Pernahkah mengalami hari-hari ketika Anda bangun dengan perasaan lebih lelah dibandingkan saat tidur?

Bukan hanya kelelahan fisik yang dibicarakan di sini, namun lelah mendalam dan tak henti-hentinya seperti meresap ke dalam jiwa, hingga membuat tugas paling sederhana pun terasa seperti mendaki Gunung Everest.

Kelelahan emosional menguras tenaga dari dalam ke luar. Bukan tubuh yang lelah, melainkan semangat dan itu jauh lebih sulit untuk dipulihkan.

2. Produktivitas Menurun

Kelelahan bukan hanya tentang perasaan, namun dapat memberikan efek nyata pada kehidupan kerja. Menurut penelitian, kelelahan dikaitkan dengan penurunan produktivitas dan kualitas kerja yang signifikan.

Ketika lelah secara emosional, akan ada saat di mana mulai melewatkan tenggat waktu, kreativitas berkurang, dan tugas-tugas yang tadinya tampak mudah kini terasa seperti tantangan yang tidak dapat diatasi.

Baca Juga: 7 Cara Menghindari Lonjakan Kadar Gula Darah Setelah Makan Malam

3. Menjadi Terlalu Kritis

Kelelahan mental punya cara licik untuk mengubah perspektif tentang suatu hal yang membuat seseorang lebih rentan memikirkan aspek-aspek negatif dalam hidup, sehingga menyebabkannya menjadi terlalu kritis atau sinis.

Seseorang bisa jadi mulai rewel pada hal-hal sepele, lebih fokus pada kekurangan orang lain, atau menjadi pesimis terhadap masa depan.

Jadi, apabila tengah terjebak dalam siklus negatif dan kritik, inilah saatnya untuk berhenti sejenak dan merenung.

4. Mengabaikan Kebutuhan Sendiri

Ketika seseorang mengalami lelah emosional, maka tanpa sadar dia mulai melewatkan makan karena terlalu sibuk atau berhenti berolahraga karena tidak punya waktu. Sebelum Anda menyadarinya, mengabaikan kebutuhan dasar, percayalah itu adalah tanda bahaya.

Ketika sedang melalui fase stres, seseorang cenderung sepenuhnya mengabaikan kebutuhan sendiri, karena terlalu fokus menjalani hari-hari hingga lupa makan dengan benar, berhenti istirahat, dan tidur hanya tinggal kenangan.

Baca Juga: 6 Sayuran Ini Tidak Boleh Dimakan Penderita Asam Urat, Cek Alasannya!

5. Lebih Mudah Tersinggung dari Biasanya

Kelelahan emosional justru bisa membuat seseorang semakin mudah tersinggung. Ketika sudah merasa lelah dan kewalahan, gangguan kecil akan mudah membuatnya kesal serta memicu reaksi jauh lebih intens daripada yang seharusnya terjadi.

Hal-hal kecil yang pada awalnya tidak mengganggu sebelumnya, namun pada saat seseorang mengalami kelelahan, kesabaran bakal menipis dan tingkat toleransi menurun.

6. Merasa Apatis

Sikap apatis atau perasaan tidak peduli pada apapun adalah tanda halus lainnya dari terkurasnya emosi. Hal ini seperti terjebak dalam ketidakpastian emosional, di mana tidak ada lagi sesuatu yang penting.

Ini bukan hanya tentang libur satu atau dua hari, namun lebih ke perasaan ketidakpedulian berkepanjangan yang diam-diam meresap ke dalam berbagai aspek kehidupan yang menghilangkan antusiasme dan membuat merasa hampa.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Science05 Juli 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 5 Juli 2024, Semua Wilayah Berpotensi Hujan di Siang Hari

Prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat 5 Juli 2024 dimana cuaca hujan di siang hari berpotensi terjadi di berbagai wilayah termasuk Sukabumi dan sekitarnya.
Prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat 5 Juli 2024 dimana cuaca hujan di siang hari berpotensi terjadi di berbagai wilayah termasuk Sukabumi dan sekitarnya. (Sumber : Pixabay.com/@Horacio30)
Jawa Barat04 Juli 2024, 23:13 WIB

Audiensi ke Sekda Jabar, Pemkab Sukabumi Bahas Persiapan Pelaksanaan HCS 2024

Jelang event HCS 2024, Pemkab Sukabumi bertemu Sekda Jabar Herman Suryatman untuk meminta dukungan.
Momen Sekda Jabar terima audiensi Pemkab Sukabumi terkait pelaksanaan event HCS 2024. (Sumber : Dokpim Pemkab Sukabumi)
Internasional04 Juli 2024, 22:38 WIB

Hotel Van der Valk Belanda, Saksi Bisu Membaranya Asmara Ketua KPU Hasyim Asy'ari

Hotel Van der Valk yang berdiri megah di Den Haag Belanda, menjadi saksi bisu kasus asusila yang melibatkan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy'ari
Ilustrasi kamar hotel van der valk saat Hasyim Asy'ari bersama CAT  | Foto : Pixabay
Sukabumi04 Juli 2024, 21:50 WIB

Rumah di Parakansalak Sukabumi Roboh Usai Diguyur Hujan Deras Disertai Angin Kencang

Dapur rumah warga di Parakansalak Sukabumi roboh usai diguyur hujan deras disertai angin kencang pada Kamis (4/7/2024) dini hari.
P2BK tengah melakukan asesmen di lokasi rumah roboh yang berada di Kampung Kebonmuncang RT 3/5, Parakansalak Sukabumi, Kamis (4/7/2024). (Sumber : Istimewa)
Life04 Juli 2024, 21:00 WIB

11 Bahasa Tubuh Wanita Menandakan Dia Jatuh Cinta Pada Anda, Perasaan Tersembunyi!

Beberapa wanita menunjukan rasa sukanya dengan bahasa tubuhnya yang menggemaskan.
Ilustrasi - Beberapa wanita menunjukan rasa sukanya dengan bahasa tubuhnya yang menggemaskan. (Sumber : Freepik.com/@rawpixel.com).
Sukabumi04 Juli 2024, 20:47 WIB

Dispar Pastikan Pelaku Pariwisata dan Ekraf Sukabumi Komit Sukseskan Event HCS 2024

Penyelenggaraan HCS merupakan momen bagi pelaku pariwisata dan ekraf untuk menunjukkan potensi wisata di Kabupaten Sukabumi.
Stakeholder Pariwisata dan Ekonomi kreatif atau Ekraf di Kabupaten Sukabumi komitmen sukseskan Event HCS 2024. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi04 Juli 2024, 20:31 WIB

Warga Mangkalaya Sukabumi Protes: Drainase Baru Sepekan Dibangun Sudah Rusak

Warga Kampung Mangkalaya, Rt 02/05, Desa Cibolang, Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi keluhkan hasil pembangunan drainase yang sudah rusak kurang dari sepekan pengerjaan.
Warga saat menunjukan hasil pembangunan drainase yang rusak di Kampung Mangkalaya, Rt 02/05, Desa Cibolang, Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi. Kamis (4/7/2024) | Foto : Asep Awaludin
Sehat04 Juli 2024, 20:00 WIB

Kiwi Hingga Jeruk Nipis, 5 Buah yang Bantu Menjaga Kesehatan Tulang

Ada beberapa buah yang membantu meningkatkan kesehatan tulang.
Ilustrasi - Ada beberapa buah yang membantu meningkatkan kesehatan tulang.(Sumber : pexels.com/Dmitry Demidov)
Sukabumi04 Juli 2024, 19:38 WIB

Jalan Desa di Jampangtengah Sukabumi Amblas Akibat Hujan, Aktivitas Warga Terganggu

Jalan desa di Bantaragung Jampangtengah Sukabumi yang amblas akibat hujan deras ini butuh penanganan segera.
Kondisi jalan desa di Desa Bantaragung, Kecamatan Jampangtengah Sukabumi yang amblas. (Sumber : Istimewa)
Life04 Juli 2024, 19:00 WIB

Minta Maaf, Tolong & Terima Kasih, 10 Cara Membangun Karakter Anak Sopan Santun

Proses membangun karakter anak membutuhkan waktu. Bersabarlah dan terus berikan bimbingan yang positif demi membangun karakter anak yang berkualitas.
Ilustrasi. Parenting. Bersabarlah dan terus berikan bimbingan yang positif demi membangun karakter anak yang berkualitas. (Sumber : Freepik/@freepik)