Memahami Kram Perut Saat Hamil Trimester Ketiga: 3 Penyebab Umum yang Perlu Bunda Ketahui

Sabtu 08 Juni 2024, 11:30 WIB
Ilustrasi - Penyebab kram perut saat kehamilan di trimester ketiga. (Sumber : Pexels.com/@Helena Lopes).

Ilustrasi - Penyebab kram perut saat kehamilan di trimester ketiga. (Sumber : Pexels.com/@Helena Lopes).

SUKABUMIUPDATE.com - Saat memasuki trimester ketiga, tubuh Anda akan sangat sibuk melakukan banyak hal sehingga kram pada perut mungkin mulai terasa seperti bagian dari rutinitas Anda.

Mulai dari tendangan bayi dan gangguan pencernaan hingga kontraksi "latihan" dan bahkan persalinan prematur, dan ada banyak alasan mengapa kram terjadi pada tahap akhir ini.

Anda mungkin juga bertanya-tanya apakah kram perut saat hamil disebabkan oleh peregangan dan pertumbuhan rahim yang normal atau merupakan tanda dari sesuatu yang salah. Selain itu, ada beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab kram, dan tubuh berubah dengan cepat selama kehamilan.

Berikut beberapa alasan yang menjadi penyebab kram perut terjadi selama kehamilan di trimester ketiga, dihimpun dari laman parenting:

1.Kontraksi Braxton Hicks

Kram pada trimester ketiga berupa kontraksi Braxton Hicks, dan ini sangat umum terjadi. Kontraksi "palsu" atau kontraksi yang dipraktikkan ini tidak benar-benar berkembang menjadi persalinan, namun dapat membantu mempersiapkan tubuh Anda untuk melahirkan.

Meskipun kontraksi Braxton Hicks hanya berlangsung antara 30 detik hingga dua menit, namun seringkali dapat meredakan gejalanya dengan minum air, mengubah posisi, dan istirahat.

2. Persalinan Prematur

Tentu saja, jika kram pada trimester ketiga tidak segera mereda dan terus berlanjut, bisa jadi Anda mengalami persalinan prematur, yaitu persalinan yang dimulai sebelum usia kehamilan 37 minggu. Beberapa tanda-tanda persalinan prematur antara lain :

  • Perubahan keputihan
  • Pemecahan air
  • Kontraksi teratur
  • Tekanan di panggul
  • Sakit pinggang bagian bawah
  • Kram, terkadang disertai diare

Jika ini terjadi, segera hubungi penyedia layanan kesehatan, karena mereka mungkin ingin mengevaluasi apa yang sedang Anda alami.

3. Penyebab Lain Kram di Akhir Kehamilan

Ada penyebab serius kram lainnya di akhir kehamilan, termasuk solusio plasenta yaitu ketika plasenta terpisah dari dinding rahim.

Maka dari itu, hubungi segera penyedia layanan kesehatan dan dapatkan bantuan medis untuk mengatasi kram selama kehamilan yang disertai pendarahan, nyeri hebat, sesak napas, atau gejala mengkhawatirkan lainnya.

Perlu kita ketahui bersama, terkadang kram perut saat kehamilan merupakan hal yang normal selama kehamilan. Serta beberapa skenario ketika kram saat hamil sering terjadi dan umumnya tidak perlu dikhawatirkan, antara lain:

  • Setelah berhubungan seks
  • Ketika mengubah posisi membuat kram menjadi lebih baik atau lebih buruk (biasanya menunjukkan peregangan atau nyeri ligamen bundar)
  • Jika Anda merasa lebih baik setelah buang angin (menunjukkan masalah gastrointestinal dan bukan masalah rahim)

 

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Food & Travel04 Juli 2024, 06:00 WIB

278 Kalori/Porsi, Resep Pumpkin Pie Bebas Gula untuk Makanan Penutup Sehat

Pumpkin Pie terbuat dari labu yang telah dihaluskan dan dicampur dengan berbagai bahan.
Ilustrasi. Pumpkin Pie Bebas Gula (Sumber : Pexels/MikeBird)
Science04 Juli 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 4 Juli 2024, Langit Sukabumi Siang-Dini Hari Berawan

BMKG Jawa Barat memprediksi pada Kamis 4 Juli 2024 Sukabumi dalam kondisi berawan dari siang hingga dini hari.
Ilustrasi - BMKG Jawa Barat memprediksi pada Kamis 4 Juli 2024 Sukabumi dalam kondisi berawan dari siang hingga dini hari. (Sumber : Pixabay.com/fietzfotos)
Sukabumi03 Juli 2024, 23:14 WIB

Warga Nangerang Sukabumi Gotong Royong Perbaiki Jembatan Putus Akibat Banjir

Warga Nangerang Sukabumi secara swadaya berinisiatif perbaiki sendiri jembatan bambu yang putus akibat banjir. Berharap pemda bangun jembatan permanen.
Potret warga inisiatif perbaiki sendiri jembatan bambu yang putus akibat banjir di Desa Nangerang Jampangtengah Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Nasional03 Juli 2024, 21:37 WIB

Dipecat DKPP dari Jabatan Ketua KPU, Hasyim Asy'ari Ucap Alhamdulillah

Respons Hasyim Asy'ari usai dipecat dari jabatan Ketua KPU RI oleh DKPP karena terbukti melanggar kode etik dalam kasus asusila.
Eks Ketua KPU Hasyim Asy'ari menanggapi putusan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP). | Sumber Foto: Suara.com/Novian.
Life03 Juli 2024, 21:00 WIB

6 Bahasa Tubuh Wanita yang Sedang Jatuh Cinta Kepadamu, Yuk Kenali

Wanita yang jatuh cinta sering kali menunjukkan bahasa tubuh yang halus namun jelas.
Ilustrasi - Wanita yang jatuh cinta sering kali menunjukkan bahasa tubuh yang halus namun jelas. (Sumber : Freepik/freepik)
Sukabumi03 Juli 2024, 20:39 WIB

Dinas PU Kabupaten Sukabumi Muluskan Jalan Alternatif Cibadak-Nagrak

Dinas PU Kabupaten Sukabumi rampungkan perbaikan ruas Karangtengah-Sinagar. Jalan alternatif Cibadak-Nagrak mulus tak berlubang.
Dinas PU Kabupaten Sukabumi pastikan perbaikan jalan alternatif Cibadak-Nagrak rampung. (Sumber : Istimewa)
Sehat03 Juli 2024, 20:30 WIB

Makan Enak dengan 11 Karbohidrat Sehat untuk Penderita Diabetes: Gula Darah Stabil

Tidak semua karbohidrat buruk bagi penderita diabetes. Ada beberapa pilihan karbohidrat terbaik yang direkomendasikan oleh ahli diet.
Iustrasi - Tidak semua karbohidrat buruk bagi penderita diabetes. Ada beberapa pilihan karbohidrat terbaik yang direkomendasikan oleh ahli diet. (Sumber : Freepik/@topntp26)
Sukabumi03 Juli 2024, 20:16 WIB

Disdik Kabupaten Sukabumi Raih Penghargaan P4GN dari BNNK

Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi, menerima penghargaan Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika tingkat Kabupaten Sukabumi dari BNNK Sukabumi
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi, Eka Nandang Nugraha saat menerima pengharagaan P4GN tahun 2024 | Foto : Istimewa
Life03 Juli 2024, 20:15 WIB

Punya Masalah Berat Badan? Simak 5 Olahraga yang Aman Untuk Orang Obesitas

Orang yang memiliki berat badan berlebih atau hingga obesitas, perlu menentukan olahraga dengan tepat dan minim cedera, namun tetap berdampak menurunkan berat badan dan lemak di tubuhnya.
Ilustrasi nilah waktu yang tepat untuk olahraga menurunkan berat badan menurut ahli (Sumber : Freepik.com/@studioredcup)
Jawa Barat03 Juli 2024, 20:14 WIB

260 Calon Siswa SMA/SMK Dicoret dari PPDB Jabar 2024 usai Ketahuan Curangi Domisili

Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin menyebut total 260 calon siswa SMA/SMK yang dianulir kelulusannya di PPDB Jabar 2024 karena ketahuan curangi domisili.
Ilustrasi pelajar baru. Koordinator nasional JPPI Ubaid Matraji menyebut  kecurangan ini akan terus berulang di tahun-tahun berikutnya, di semua jalur selama tidak ada perubahan sistem PPDB. (Sumber : istimewa)