Ingin Panjang Umur? Terapkan 6 Kebiasaan Sehat Ini dengan Istiqomah Setiap Hari

Jumat 07 Juni 2024, 18:15 WIB
Ilustrasi Sejumlah kebiasaan sehat yang dapat membantu diri panjang umur (Sumber : Pexels.com/@ ANTONISHKRABAproduction)

Ilustrasi Sejumlah kebiasaan sehat yang dapat membantu diri panjang umur (Sumber : Pexels.com/@ ANTONISHKRABAproduction)

SUKABUMIUPDATE.com - Penting diketahui bahwa kebiasaan sehat yang diterapkan sehari-hari akan menjadikan fisik jauh lebih sehat, termasuk bisa membuat panjang umur.

Sebaliknya, sering menerapkan kebiasaan tidak sehat akan berbahaya bagi kesehatan fisik, mental, dan bahkan bisa memperpendek umur seseorang.

Itulah kenapa, panjang umur tidaknya seseorang salah satunya dipengaruhi faktor seberapa konsisten menerapkan kebiasaan sehat.

Lantas apa saja kebiasaan sehat yang mesti diterapkan? Yuk simak merujuk penjelasan dari berbagai sumber!

Baca Juga: 11 Ciri Orang yang Memiliki Luka Batin, Apakah Kamu Salah Satunya?

1. Tidur yang Cukup

Banyak studi menerangkan bahwa memiliki kualitas tidur yang baik akan mempengaruhi kesehatan, salah satunya terhindar dari gejala stres, depresi, dan penyakit jantung yang bisa berujung kematian.

Oleh sebab itu, hindari begadang di malam hari dan usahakan menjaga kualitas tidur minimal dalam sehari-semalam tidur 6-8 jam. Dengan begitu, potensi harapan hidup panjang lebih memungkinkan.

2. Konsumsi Sayuran dan Buah-buahan

Menurut penelitian British Journal of Nutrition, sering mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan dapat meningkatkan harapan hidup lebih panjang serta menurunkan resiko kematian dini. Selain itu, manfaatnya juga bisa menurunkan risiko kanker, penyakit jantung, sindroma metabolik, dan depresi.

Untuk itu, mulai sekarang penting menghindari asupan yang di dalamnya mengandung pewarna, pengawet, lemak jenuh, dan tinggi garam yang sejatinya buruk bagi kesehatan itu sendiri.

Baca Juga: 9 Kategori Ikan Laut Rendah Purin yang Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat

3. Hindari Merokok

Sudah menjadi rahasia umum bahwa merokok dapat memunculkan resiko penyakit yang berbahaya bagi kesehatan, seperti stroke, penyakit jantung, impotensi, kanker dan kematian dini.

Dalam jurnal Archives of Internal Medicine disebutkan, harapan hidup orang yang tidak merokok lebih tinggi dibandingkan mereka yang kecanduan merokok.

Itu sebabnya, penting untuk menghindari kebiasaan merokok. Jika pun sudah kecanduan, harus berusaha berhenti meski caranya harus pelan-pelan.

4. Olahraga Secara Teratur

Kebiasaan berolahraga jelas bermanfaat untuk kesehatan, salah satunya mencegah munculnya ragam penyakit di dalam tubuh. Selain itu, rutin olahraga akan menurunkan tekanan darah, resiko stroke, dan mengurangi resiko penyakit kanker.

Lantaran mendorong fisik lebih sehat, tidak heran jika rutin olahraga dapat meningkatkan kualitas harapan tidur lebih panjang, daripada mereka yang jarang atau tidak pernah berolahraga.

5. Hindari Stres

Membiarkan stres terus membebani pikiran tentu bisa berdampak buruk bagi kesehatan, bahkan bisa menimbulkan ragam penyakit, seperti jantung, stroke, diabetes, depresi, dan kanker. Jadi, mengendalikan stres adalah cara sehat untuk mencegah semua resiko penyakit seperti di atas.

Baca Juga: 6 Minuman Terbaik Untuk Atasi Kadar Gula Darah Tinggi, Bisa Dibuat di Rumah!

6. Sering Melakukan Sesuatu yang Menyenangkan

Tentu saja, melakukan sesuatu yang menyenangkan adalah terapi mandiri untuk bisa bisa menenangkan pikiran, seperti mendengarkan musik, berenang, dan aktivitas lainnya yang sesuai hobi.

Ini artinya, seseorang harus selalu dalam keadaan tenang, damai, dan bahagia. Karena semakin bahagia suasana hati, maka akan membuat diri lebih cerah menjalani hidup dan terhindar dari resiko stres dan depresi.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Food & Travel04 Juli 2024, 08:30 WIB

Kadar Purin Tinggi! 10 Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Penderita Asam Urat

Ketahui apa saja daftar makanan yang harus dihindari penderita asam urat (terutama karena kandungan purinnya tinggi) untuk mengelola kondisi kesehatan dan mengurangi risiko serangan asam urat.
Ilustrasi. Kandungan purin daging merah yang tinggi dapat meningkatkan kadar asam urat. (Sumber : Freepik/@stockking)
Sehat04 Juli 2024, 08:00 WIB

Atur Porsi Makan, 15 Tips Terbaik Menurunkan Berat Badan dengan Cara yang Sehat

Pastikan mendapatkan tidur yang cukup, sekitar 7-9 jam per malam agar berat badan bisa turun dengan cara yang sehat.
Ilustrasi. Kombinasikan latihan kardio dengan latihan kekuatan untuk membakar kalori dan membangun otot sehingga bisa menurunkan berat badan dengan sehat. (Sumber : Pexels/JessicaMonte)
Food & Travel04 Juli 2024, 07:00 WIB

Camilan untuk Menurunkan Berat Badan, Apakah Ngemil Itu Sehat?

Diet untuk menurunkan berat badan tidak harus berarti mengabaikan camilan lezat. Lantas, Apakah Ngemil Itu Sehat?
Ilustrasi. Camilan untuk Menurunkan Berat Badan, Apakah Ngemil Itu Sehat? (Sumber : Pexels/shvetsproduction)
Food & Travel04 Juli 2024, 06:00 WIB

278 Kalori/Porsi, Resep Pumpkin Pie Bebas Gula untuk Makanan Penutup Sehat

Pumpkin Pie terbuat dari labu yang telah dihaluskan dan dicampur dengan berbagai bahan.
Ilustrasi. Pumpkin Pie Bebas Gula (Sumber : Pexels/MikeBird)
Science04 Juli 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 4 Juli 2024, Langit Sukabumi Siang-Dini Hari Berawan

BMKG Jawa Barat memprediksi pada Kamis 4 Juli 2024 Sukabumi dalam kondisi berawan dari siang hingga dini hari.
Ilustrasi - BMKG Jawa Barat memprediksi pada Kamis 4 Juli 2024 Sukabumi dalam kondisi berawan dari siang hingga dini hari. (Sumber : Pixabay.com/fietzfotos)
Sukabumi03 Juli 2024, 23:14 WIB

Warga Nangerang Sukabumi Gotong Royong Perbaiki Jembatan Putus Akibat Banjir

Warga Nangerang Sukabumi secara swadaya berinisiatif perbaiki sendiri jembatan bambu yang putus akibat banjir. Berharap pemda bangun jembatan permanen.
Potret warga inisiatif perbaiki sendiri jembatan bambu yang putus akibat banjir di Desa Nangerang Jampangtengah Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Nasional03 Juli 2024, 21:37 WIB

Dipecat DKPP dari Jabatan Ketua KPU, Hasyim Asy'ari Ucap Alhamdulillah

Respons Hasyim Asy'ari usai dipecat dari jabatan Ketua KPU RI oleh DKPP karena terbukti melanggar kode etik dalam kasus asusila.
Eks Ketua KPU Hasyim Asy'ari menanggapi putusan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP). | Sumber Foto: Suara.com/Novian.
Life03 Juli 2024, 21:00 WIB

6 Bahasa Tubuh Wanita yang Sedang Jatuh Cinta Kepadamu, Yuk Kenali

Wanita yang jatuh cinta sering kali menunjukkan bahasa tubuh yang halus namun jelas.
Ilustrasi - Wanita yang jatuh cinta sering kali menunjukkan bahasa tubuh yang halus namun jelas. (Sumber : Freepik/freepik)
Sukabumi03 Juli 2024, 20:39 WIB

Dinas PU Kabupaten Sukabumi Muluskan Jalan Alternatif Cibadak-Nagrak

Dinas PU Kabupaten Sukabumi rampungkan perbaikan ruas Karangtengah-Sinagar. Jalan alternatif Cibadak-Nagrak mulus tak berlubang.
Dinas PU Kabupaten Sukabumi pastikan perbaikan jalan alternatif Cibadak-Nagrak rampung. (Sumber : Istimewa)
Sehat03 Juli 2024, 20:30 WIB

Makan Enak dengan 11 Karbohidrat Sehat untuk Penderita Diabetes: Gula Darah Stabil

Tidak semua karbohidrat buruk bagi penderita diabetes. Ada beberapa pilihan karbohidrat terbaik yang direkomendasikan oleh ahli diet.
Iustrasi - Tidak semua karbohidrat buruk bagi penderita diabetes. Ada beberapa pilihan karbohidrat terbaik yang direkomendasikan oleh ahli diet. (Sumber : Freepik/@topntp26)