10 Strategi Untuk Mengatasi Kebiasaan Yang Tidak Sehat, Yuk Cobain

Jumat 07 Juni 2024, 14:15 WIB
Ilustrasi merokok adalah salah satu kebiasaan tidak sehat perlu dihindar dengan strategi (Sumber : pixabay.com/@akitoyamada61)

Ilustrasi merokok adalah salah satu kebiasaan tidak sehat perlu dihindar dengan strategi (Sumber : pixabay.com/@akitoyamada61)

SUKABUMIUPDATE.com - Mengatasi kebiasaan yang tidak sehat memerlukan pendekatan terstruktur dan komitmen kuat. Karena hal ini sering kali terbentuk dari rutinitas sehari-hari yang dilakukan berulang kali tanpa disadari.

Untuk mengubah kebiasaan ini, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mengidentifikasinya secara spesifik. Ini berarti memahami sepenuhnya kebiasaan yang ingin diubah, kapan kebiasaan tersebut biasanya terjadi, dimana melakukannya, dan mengapa melakukannya.

Misalnya, jika kebiasaan tidak sehat tersebut adalah merokok. Penting untuk mencatat setiap kali Anda merokok, situasi apa yang memicunya, dan perasaan yang dirasakan ketika melakukannya.

Baca Juga: 9 Kategori Ikan Laut Rendah Purin yang Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat

Dengan pemahaman yang mendalam tentang kebiasaan tersebut, Anda bisa mulai merencanakan langkah-langkah untuk mengubahnya. Bahkan identifikasi awal merupakan pondasi penting untuk strategi-strategi berikutnya yang akan membantu dalam perjalanan menuju pola hidup lebih sehat.

Berikut beberapa strategi yang dapat membantu untuk mengubah pola hidup lebih sehat dirangkum dari berbagai sumber:

1. Identifikasi Kebiasaan

Kenali kebiasaan tidak sehat yang ingin diubah. Buat catatan tentang kapan, di mana, dan mengapa kebiasaan tersebut muncul.

2. Tentukan Tujuan Spesifik

Tetapkan tujuan secara jelas dan spesifik. Misalnya, jika kebiasaan tidak sehat adalah makan makanan cepat saji, tentukan berapa kali dalam seminggu ingin mengurangi konsumsi makanan tersebut.

3. Pahami Pemicu

Identifikasi pemicu kebiasaan tidak sehat dapat berupa stres, kebosanan, atau situasi sosial tertentu. Dengan memahami pemicu, Anda bisa mencari cara untuk menghindari dan menghadapinya dengan cara yang lebih sehat.

Baca Juga: 11 Ciri Orang yang Memiliki Luka Batin, Apakah Kamu Salah Satunya?

4. Ganti dengan Kebiasaan Sehat

Kebiasaan buruk bisa digantikan dengan mencari alternatif yang lebih sehat, seperti jika Anda cenderung merokok saat stres, cobalah melakukan latihan pernapasan atau berjalan-jalan di sekitar rumah selama 30 menit.

5. Mulai dengan Langkah Kecil

Mulailah perubahan kecil yang dapat dicapai dan ditingkatkan seiring waktu. Misalnya, jika ingin mengurangi konsumsi gula, mulailah dengan mengurangi satu sendok gula dari kopi setiap hari.

6. Pantau Kemajuan

Buat jurnal atau gunakan aplikasi untuk memantau kemajuan Anda agar dapat melihat progres yang mungkin bisa memberikan motivasi tambahan.

7. Dukungan Sosial

Cari dukungan dari teman, keluarga, atau kelompok pendukung. Karena mereka dapat memberikan dorongan dan bantuan saat Anda merasa sulit.

Baca Juga: 6 Minuman Terbaik Untuk Atasi Kadar Gula Darah Tinggi, Bisa Dibuat di Rumah!

8. Konsisten dan Sabar

Perubahan tidak terjadi dalam semalam. Konsistensi adalah kunci, dan kesabaran sangat penting. Jika Anda merasa tidak mampu, jangan menyerah tapi coba evaluasi apa yang salah dan coba lagi.

9. Hadiahkan Diri Sendiri

Jangan lupa untuk memberikan penghargaan pada diri sendiri akan setiap kemajuan yang dicapai. Ini bisa dalam bentuk kecil, seperti waktu luang tambahan atau aktivitas menyenangkan.

10. Cari Bantuan Profesional

Jika kebiasaan tidak sehat sangat sulit diatasi, pertimbangkan untuk mencari bantuan dari profesional seperti psikolog, konselor, atau pelatih kesehatan.

Dengan strategi ini, bisa membuat perubahan positif yang berkelanjutan dalam hidup.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat04 Juli 2024, 09:00 WIB

8 Manfaat Blewah untuk Kesehatan, Mencegah Dehidrasi Hingga Mengatur Tekanan Darah

Blewah dengan segudang manfaat kesehatannya, terbukti menjadi tambahan bergizi untuk diet seseorang.
Ilustrasi - Blewah dengan segudang manfaat kesehatannya, terbukti menjadi tambahan bergizi untuk diet seseorang. (Sumber : Pixabay.com/@colibri5).
Food & Travel04 Juli 2024, 08:30 WIB

Kadar Purin Tinggi! 10 Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Penderita Asam Urat

Ketahui apa saja daftar makanan yang harus dihindari penderita asam urat (terutama karena kandungan purinnya tinggi) untuk mengelola kondisi kesehatan dan mengurangi risiko serangan asam urat.
Ilustrasi. Kandungan purin daging merah yang tinggi dapat meningkatkan kadar asam urat. (Sumber : Freepik/@stockking)
Sehat04 Juli 2024, 08:00 WIB

Atur Porsi Makan, 15 Tips Terbaik Menurunkan Berat Badan dengan Cara yang Sehat

Pastikan mendapatkan tidur yang cukup, sekitar 7-9 jam per malam agar berat badan bisa turun dengan cara yang sehat.
Ilustrasi. Kombinasikan latihan kardio dengan latihan kekuatan untuk membakar kalori dan membangun otot sehingga bisa menurunkan berat badan dengan sehat. (Sumber : Pexels/JessicaMonte)
Food & Travel04 Juli 2024, 07:00 WIB

Camilan untuk Menurunkan Berat Badan, Apakah Ngemil Itu Sehat?

Diet untuk menurunkan berat badan tidak harus berarti mengabaikan camilan lezat. Lantas, Apakah Ngemil Itu Sehat?
Ilustrasi. Camilan untuk Menurunkan Berat Badan, Apakah Ngemil Itu Sehat? (Sumber : Pexels/shvetsproduction)
Food & Travel04 Juli 2024, 06:00 WIB

278 Kalori/Porsi, Resep Pumpkin Pie Bebas Gula untuk Makanan Penutup Sehat

Pumpkin Pie terbuat dari labu yang telah dihaluskan dan dicampur dengan berbagai bahan.
Ilustrasi. Pumpkin Pie Bebas Gula (Sumber : Pexels/MikeBird)
Science04 Juli 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 4 Juli 2024, Langit Sukabumi Siang-Dini Hari Berawan

BMKG Jawa Barat memprediksi pada Kamis 4 Juli 2024 Sukabumi dalam kondisi berawan dari siang hingga dini hari.
Ilustrasi - BMKG Jawa Barat memprediksi pada Kamis 4 Juli 2024 Sukabumi dalam kondisi berawan dari siang hingga dini hari. (Sumber : Pixabay.com/fietzfotos)
Sukabumi03 Juli 2024, 23:14 WIB

Warga Nangerang Sukabumi Gotong Royong Perbaiki Jembatan Putus Akibat Banjir

Warga Nangerang Sukabumi secara swadaya berinisiatif perbaiki sendiri jembatan bambu yang putus akibat banjir. Berharap pemda bangun jembatan permanen.
Potret warga inisiatif perbaiki sendiri jembatan bambu yang putus akibat banjir di Desa Nangerang Jampangtengah Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Nasional03 Juli 2024, 21:37 WIB

Dipecat DKPP dari Jabatan Ketua KPU, Hasyim Asy'ari Ucap Alhamdulillah

Respons Hasyim Asy'ari usai dipecat dari jabatan Ketua KPU RI oleh DKPP karena terbukti melanggar kode etik dalam kasus asusila.
Eks Ketua KPU Hasyim Asy'ari menanggapi putusan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP). | Sumber Foto: Suara.com/Novian.
Life03 Juli 2024, 21:00 WIB

6 Bahasa Tubuh Wanita yang Sedang Jatuh Cinta Kepadamu, Yuk Kenali

Wanita yang jatuh cinta sering kali menunjukkan bahasa tubuh yang halus namun jelas.
Ilustrasi - Wanita yang jatuh cinta sering kali menunjukkan bahasa tubuh yang halus namun jelas. (Sumber : Freepik/freepik)
Sukabumi03 Juli 2024, 20:39 WIB

Dinas PU Kabupaten Sukabumi Muluskan Jalan Alternatif Cibadak-Nagrak

Dinas PU Kabupaten Sukabumi rampungkan perbaikan ruas Karangtengah-Sinagar. Jalan alternatif Cibadak-Nagrak mulus tak berlubang.
Dinas PU Kabupaten Sukabumi pastikan perbaikan jalan alternatif Cibadak-Nagrak rampung. (Sumber : Istimewa)