Ingin Hati Tenang dan Damai? Tinggalkan 6 Kebiasaan Buruk Ini Seumur Hidup

Rabu 05 Juni 2024, 21:15 WIB
Ilustrasi kebiasaan buruk yang harus ditinggalkan agar hati tenang dan damai (Sumber : Pexels.com/@Mikegonzález)

Ilustrasi kebiasaan buruk yang harus ditinggalkan agar hati tenang dan damai (Sumber : Pexels.com/@Mikegonzález)

SUKABUMIUPDATE.com - Mewujudkan suasana hati yang tenang dan damai tentu saja merupakan impian semua orang, mengingat tidak setiap individu mampu merasakannya dalam hidup.

Karena itu, penting mengetahui beberapa kebiasaan buruk yang mesti ditinggalkan agar tidak menjadi penghalang untuk ketenangan serta kedamaian hati seseorang.

Lantas apa saja kebiasaan buruk yang harus ditinggalkan? Yuk simak merujuk dari berbagai sumber!

Baca Juga: Taklukkan Lonjakan Gula Darah: 11 Panduan Lengkap Mengelola dan Mencegahnya

1. Tinggalkan Kebiasaan Membandingkan Diri dengan Orang Lain

Sungguh sulit kebahagiaan itu diwujudkan apabila hidup masih terbiasa membandingkan diri dengan orang lain. Sebab, kebiasaan ini akan melahirkan rasa iri dengki, yang efeknya menjadi penyakit hati. Jadi, meninggalkan kebiasaan membandingkan diri akan membantu hati selalu tenang, karena tidak ada beban yang harus dipikirkan.

2. Hindari Kebiasaan Mengeluh

Kebiasaan mengeluh adalah gaya hidup buruk yang efek negatifnya bisa membuat perasaan selalu cemas. Akibat dari itu, pikiran sulit tenang dan suasana hati terganggu. Umumnya, hal ini disebabkan mental yang rapuh serta tidak siap menerima kerasnya kehidupan.

Jadi, seseorang harus mulai melatih diri untuk memiliki mental tangguh agar tidak mudah mengeluh, sehingga hidup bisa dihadapi dengan penuh ketenangan.

Baca Juga: 9 Cara Menjaga Kualitas Tidur yang Baik untuk Penderita Asam Urat

3. Hindari Kebiasaan Boros

Gaya hidup boros memang kebiasaan yang mendatangkan kebahagiaan sementara. Karena ada dampak membuat hidup menjadi tidak bahagia dan miskin. Sebab, uang akan habis dikeluarkan untuk belanja yang tidak perlu.

Maka dari itu, kelola keuangan dengan baik agar bisa dikendalikan serta dijauhkan dari pengeluaran tidak perlu dan tentu saja berpengaruh terhadap kondisi mental menjadi baik.

4. Berhenti Bergosip

Jangan biasakan diri untuk bergosip. Sebab, kebiasaan ini sangat tidak baik dan seharusnya dihindari karena berdampak akan membuat iri hati serta tidak senang ketika melihat orang lain bahagia. Akhirnya, orang seperti ini selalu menyimpan perasaan buruk yang merusak ketenangan hidupnya sendiri.

5. Jangan Menunda Pekerjaan

Menunda pekerjaan juga bisa menjadi salah satu penyebab yang merusak ketenangan. Di awal mungkin dianggap biasa dan sepele, tapi ketika banyak hal ditunda pikiran tidak akan tenang dan harus menyelesaikan di waktu yang mepet.

Baca Juga: Cara Meracik Rebusan Kayu Manis untuk Menyembuhkan Penyakit Gula Darah Tinggi, Simpel!

6. Hindari Berteman dengan Orang Toxic

Lingkungan pertemanan juga sangat berpengaruh terhadap kondisi hati dan kesehatan pikiran. Jadi pilihlah untuk berteman dengan orang baik untuk bisa mendapatkan kebaikan serta aura positif.Sedangkan berada di lingkungan buruk, setidaknya akan membuat hidup dipenuhi pikiran negatif dan hati tidak tenang.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi Memilih06 Juli 2024, 19:26 WIB

Muraz-Andri Siap Deklarasi Pasangan untuk Pilkada Kota Sukabumi Awal Agustus

Pasangan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi, Mohamad Muraz dan Andri Setiawan Hamami, dikabarkan akan mengadakan deklarasi pasangan calon pada awal Agustus 2024
Pasangan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi, Mohamad Muraz dan Andri Setiawan Hamami | Foto : Istimewa
Entertainment06 Juli 2024, 19:00 WIB

Ada D.O EXO, Daftar Idol Kpop dan Aktor Korea yang Ke Indonesia Bulan Juli

Memasuki bulan Juli tentu saja disambut dengan sederet konser dan fanmeeting dari Idol Kpop maupun aktor atau aktris ternama dari Korea Selatan. Promotor Indonesia telah mengumumkan siapa saja yang akan datang kemari di bulan ini
Ada D.O EXO, Daftar Idol Kpop dan Aktor Korea yang Ke Indonesia Bulan Juli (Sumber : Instagram@/bohyunahn, @/d.o.hkyungsoo,@/xodiacofficial)
Sukabumi06 Juli 2024, 18:19 WIB

Goa Gelam Cidolog Sukabumi, Wisata Alam Bebatuan Unik yang Sarat Cerita

Goa Gelam, terletak di Kampung Cimapag, Desa Cikarang, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Sukabumi, menawarkan keindahan dan keunikan bebatuan alam yang tak biasa
Goa Gelam, terletak di Kampung Karangbentang, Desa Cikarang, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Life06 Juli 2024, 18:00 WIB

Doa Akhir dan Awal Tahun Baru Islam 1446 H, Jangan Lupa Baca!

Doa akhir dan awal tahun baru Islam ini dapat diamalkan dengan tujuan memohon rahmat, perlindungan dan ampunan dari Allah SWT.
Doa akhir dan awal tahun baru Islam ini dapat diamalkan dengan tujuan memohon rahmat, perlindungan dan ampunan dari Allah SWT. | Foto : Pixabay
Musik06 Juli 2024, 17:00 WIB

Lirik Terjemahan Lagu La La La Thats How It Goes Honne, Viral Jadi Backsound

Lagu La La La Thats How It Goes viral di TikTok terutama potongan lirik "La la la, la la la la la, Ooh, ooh, That's how it goes" yang dijadikan backsound video di aplikasi media sosial Instagram.
Ilustrasi. Gitar | Chord Gitar Before You Go Lewis Capaldi, Cover Lagu Galau Malam Minggu (Sumber : pixabay.com/@pvproductions)
Sukabumi06 Juli 2024, 16:09 WIB

Ojek di Parungkuda Sukabumi Ditipu, Anak Korban: Motor Itu Modal Nafkah Keluarga

Motor bebek supra x yang menjadi satu-satunya alat mencari nafkah keluarga hilang, ditipu oleh pelaku curanmor modus minta tolong.
Ilustrasi, Motor milik ojek di Parungkuda Sukabumi hilang ditipu pelaku curanmor (Sumber: istimewa)
Life06 Juli 2024, 16:00 WIB

12 Tips Menghangatkan Hubungan Bersama Pasangan yang Sudah Menikah Belasan Tahun

Luangkan waktu untuk berbicara secara terbuka dan jujur satu sama lain untuk meraih kebahagiaan bersama pasangan.
Ilustrasi. Tips Menghangatkan Hubungan Bersama Pasangan yang Sudah Menikah Belasan Tahun (Sumber : Pexels/JCarter)
Food & Travel06 Juli 2024, 15:22 WIB

Sisi Gelap Wisata di Geopark Ciletuh Sukabumi yang Katanya Tercipta Saat Tuhan Tersenyum

Geopark Ciletuh, sering digambarkan sebagai salah satu mahakarya alam Sukabumi yang "tercipta saat Tuhan tersenyum,".
Sisi gelap obyek wisata di kawasan geopark ciletuh Sukabumi | Foto : Istimewa
Aplikasi06 Juli 2024, 15:00 WIB

30 Link Twibbon Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 H, Cocok Dibagikan di Media Sosial

Penggunaan Twibbon Tahun Baru Islam dapat meningkatkan kesadaran masyarakat, terutama di media sosial, tentang momen penting bagi umat Islam ini.
Penggunaan Twibbon Tahun Baru Islam dapat meningkatkan kesadaran masyarakat, terutama di media sosial, tentang momen penting bagi umat Islam ini. (Sumber : twibbonize.com).
Sukabumi06 Juli 2024, 14:54 WIB

Pria di Palabuhanratu Sukabumi Dibacok Tetangga, Pelaku Diduga ODGJ

Peristiwa pembacokan terjadi bermula Mustopa alias Opa mendatangi rumah korban dengan cara mengetuk pintu. Setelah itu korban menbukan pintu, kemudian secara tiba tiba Opa langsung melakukan pembacokan.
ODGJ bacok tetangga di Palabuhanratu Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi