Lakukan 8 Cara Ini Untuk Membangun Kosakata Anak Agar Lebih Mudah Belajar Membaca

Rabu 05 Juni 2024, 16:15 WIB
Ilustrasi cara membangun kosakata anak agar bisa lancar dalam membaca (Sumber : Pexels.com/@Linakivaka)

Ilustrasi cara membangun kosakata anak agar bisa lancar dalam membaca (Sumber : Pexels.com/@Linakivaka)

SUKABUMIUPDATE.com - Sebelum seorang anak belajar membaca, mereka perlu memiliki pemahaman yang baik dan menyeluruh tentang kata-kata dasar serta artinya. Meskipun mungkin terdengar agak berlebihan, tapi ada cara yang sangat mudah untuk membangun kosakata anak prasekolah agar bisa memperkenalkan konsep membaca awal.

Mulai dari membacakan buku dengan suara keras untuk anak prasekolah hingga sekadar terlibat dalam percakapan, bisa membantu si kecil mempelajari kata-kata, cara kerjanya, apa artinya, persamaannya, perbedaannya, dan masih banyak lagi.

Orang tua dapat membantu keterampilan berbahasa bahkan ketika anak mengalami keterlambatan bicara. Faktanya, semakin banyak yang orang tua lakukan untuk membantu anak-anak mengatasi tantangan, maka semakin baik pula persiapan anak tersebut ketika memasuki taman kanak-kanak.

Baca Juga: Taklukkan Lonjakan Gula Darah: 11 Panduan Lengkap Mengelola dan Mencegahnya

Ada beberapa aktivitas pengembangan kosa kata yang mudah dan menyenangkan untuk dilakukan oleh orang tua serta anak setiap hari, sehingga bisa membantu mengajari si kecil kata-kata baru.

Merangkum dari laman verywellfamily.com, berikut beberapa cara untuk membangun kosa kata agar lebih mudah membaca:

1. Kunjungi Perpustakaan Terdekat

Jika mencari tempat yang bagus untuk mulai membangun kosa kata anak prasekolah dan keterampilan membaca awal, Anda bisa mengunjungi perpustakaan setempat. Sebuah penelitian menunjukkan korelasi yang kuat antara penggunaan perpustakaan dan keterampilan membangun literasi pada anak kecil.

2. Pengganti Sinonim

Cara mudah untuk memperkenalkan anak pada kata-kata baru adalah dengan menggunakannya sendiri melalui ucapan ayah atau ibu ketika mengajarkan membaca. Bagaimanapun, orang tua adalah panutan pertama dan terbaik bagi anak.

Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan mengganti sinonim berbagai kata. Meskipun sinonim biasanya merupakan kata-kata yang memiliki arti sama, tapi sering kali sinonim lebih deskriptif daripada kata aslinya.

Baca Juga: 9 Cara Menjaga Kualitas Tidur yang Baik untuk Penderita Asam Urat

3. Ajarkan dan Perkuat Alfabet

Menyanyikan lagu ABC dapat memberikan penguatan dan kepercayaan diri kepada anak-anak yang sedang mempelajari alfabet. Orang tua juga bisa memainkan sebuah permainan huruf.

Seperti kalimat “Saya Akan Piknik atau Permainan Alfabet” di mana ayah ataupun ibu memberi nama item yang dimulai dengan huruf sesuai urutan abjad. Si kecil mungkin juga menikmati permainan yang berfokus pada pengembangan keterampilan alfabet.

4. Gunakan Kata-kata Deskriptif

Dalam hal meningkatkan kosakata anak agar lebih baik, maka harus semakin banyak kata yang didengar anak Anda setiap hari. Karena semakin banyak pula ia akan belajar, sehingga akhirnya bisa menggunakan kata itu sendiri.

5. Buat Label

Jika Anda ingin si kecil mempelajari lebih banyak kata, lakukanlah dengan mudah. Selain sering mengucapkannya, cobalah untuk menunjukkan dengan membuat sebuah label.

Kembangkan pemahaman dasar mereka tentang kata-kata terkenal dengan menggunakan pembuat label untuk memberi nama item yang umum digunakan, sehingga anak-anak belajar mengenali seperti apa kata tersebut.

Baca Juga: Cara Meracik Rebusan Kayu Manis untuk Menyembuhkan Penyakit Gula Darah Tinggi, Simpel!

6. Menjadi Penyortir Super

Melihat adalah belajar dalam memperkenalkan kata-kata baru. Mengajari si kecil cara menyortir dan mengkategorikan suatu kata akan membantu pemikiran logis mereka serta membangun kosa katanya.
Cara yang baik untuk membantu anak-anak prasekolah mempelajari kata-kata baru adalah dengan memahami apa yang mereka dengar dan membantu memvisualisasikannya. Gunakan kartu flash atau potongan gambar dari majalah untuk permainan ini.

7. Latihan Sajak

Bersajak tidak hanya menyenangkan, tetapi juga merupakan cara mudah untuk membuat anak berpikir tentang bagaimana kata-kata yang berbeda dapat berhubungan satu sama lain.

8. Membaca dengan Keras Bersama

Selain menjadi cara yang bagus untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama si kecil, membaca dengan suara keras adalah cara yang bagus juga untuk mengenalkan mereka pada kata-kata baru.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi04 Juli 2024, 11:07 WIB

Kuras Penampungan Air, Perumdam Purabaya-Sagaranten Sukabumi Tangani Dampak Banjir

Perumdam TJM Sukabumi Cabang Purabaya-Sagaranten menyiapkan petugas WTP.
Gedung Perumdam TJM Sukabumi Cabang Purabaya-Sagaranten. | Foto: Istimewa
Sehat04 Juli 2024, 11:00 WIB

Bisa Encok! 4 Masalah Sendi Akibat Obesitas Salah Satunya Nyeri Asam Urat!

Obesitas merupakan faktor risiko utama osteoartritis pada lutut, pinggul, dan pergelangan kaki.
Ilustrasi. Obesitas merupakan faktor risiko utama osteoartritis pada lutut, pinggul, dan pergelangan kaki. (Sumber : Freepik/@freepik)
Life04 Juli 2024, 10:44 WIB

Susah Kaya! 10 Kebiasaan Miskin Orang Biasa yang Membuat Hidupnya Sulit Sukses

Orang miskin biasanya terlalu mengandalkan bantuan dari keluarga atau teman tanpa mencoba mandiri secara finansial.
Ilustrasi. Malas Investasi, contoh kebiasaan miskin orang biasa yang membuat hidupnya sulit kaya.(Sumber : Freepik)
Life04 Juli 2024, 10:30 WIB

15 Kegiatan Bersama Pasangan Untuk Bisa Mengembalikan Cinta yang Hilang

Ketika menjalin hubungan pasti yang dipikirkan oleh pasangan adalah bagaimana cara untuk mempertahankan cinta serta kebahagiaan di dalamnya. Akan tetapi, pada perjalanannya pasti ada hambatan serta rintangan.
Ilustrasi Liburan menjadi salah satu kegiatan untuk mengembalikan cinta dalam hubungan pada pasangan (Sumber : freepik.com/@marymarkevich)
Gadget04 Juli 2024, 10:07 WIB

Ada Samsung dan Apple, Daftar 35 HP yang Tidak Bisa Lagi Menggunakan WhatsApp

Langkah ini bertujuan meningkatkan kinerja dan keamanan aplikasi.
(Foto Ilustrasi) WhatsApp mengumumkan perubahan signifikan dalam persyaratan sistem minimum penggunaannya. | Foto: Pixabay
Life04 Juli 2024, 10:00 WIB

10 Ciri Orang yang Memiliki Mental Kuat, Tak Pernah Goyah di Tengah Cobaan

Orang yang memiliki mental kuat sangat yakin pada diri sendiri dan kemampuan mereka untuk mengatasi rintangan apa pun yang datang.
Ilustrasi - Orang yang memiliki mental kuat sangat yakin pada diri sendiri dan kemampuan mereka untuk mengatasi rintangan apa pun yang datang. | (Sumber : Freepik.com)
Musik04 Juli 2024, 09:46 WIB

Bersanding dengan Kampus Besar Se-Indonesia, PSM UMMI Sukabumi Jadi Finalis LPSMN 2024

Syarif Firdaus mengatakan LPSMN merupakan lomba yang dilaksanakan 2 tahun sekali oleh Badan Pusat Talenta Infonesia di bawah naungan Pusat Prestasi Nasional.
PSM Simfoni UMMI masuk sebagai finalis bersama 29 perguruan tinggi se-Indonesia. | Foto: UMMI
Nasional04 Juli 2024, 09:43 WIB

Tim PKM Mahasiswa Asal Sukabumi Ciptakan Alat Deteksi Dini Kanker Kandung Kemih

Alat Deteksi Dini Kanker Kandung Kemih Berbasis Quantum Dots dengan Fluorescence Resonance Energy Transfer Terintegrasi Application Programming Interface Klasifikasi Fuzzy Logic ini diciptakan oleh tim PKM UB yang diketuai oleh mahasiswa asal Sukabumi.
Alat Deteksi Dini Kanker Kandung Kemih Berbasis Quantum Dots dengan Fluorescence Resonance Energy Transfer Terintegrasi Application Programming Interface Klasifikasi Fuzzy Logic (Sumber : Istimewa)
Inspirasi04 Juli 2024, 09:26 WIB

Lewat Program Diskumindag, Pemkot Sukabumi Gelar Pelatihan Ekonomi Kreatif

Pelatihan ini diharapkan memberikan pengetahuan dan pemahaman untuk peserta.
Diskumindag Kota Sukabumi pada Rabu, 3 Juli 2024, mengadakan pelatihan kewirausahaan bagi pelaku ekonomi kreatif. | Foto: Website Pemkot Sukabumi
Sehat04 Juli 2024, 09:00 WIB

8 Manfaat Blewah untuk Kesehatan, Mencegah Dehidrasi Hingga Mengatur Tekanan Darah

Blewah dengan segudang manfaat kesehatannya, terbukti menjadi tambahan bergizi untuk diet seseorang.
Ilustrasi - Blewah dengan segudang manfaat kesehatannya, terbukti menjadi tambahan bergizi untuk diet seseorang. (Sumber : Pixabay.com/@colibri5).